9 Es Legendaris di Malang Rasanya Bikin Mabuk Kepayang


prita  June 14, 2021  0 Comment

Kota Malang memang terkenal dengan kelezatan bakso dan cwie mie-nya sehingga membuat kota Malang menjadi salah satu destinasi kuliner yang sering dikunjungi. Apalagi Kota Apel ini menawarkan banyak sekali destinasi wisata alam dan wisata budaya yang menyenangkan untuk dijelajahi. Tak hanya bisa mencicipi kuliner bakso dan cwie mie, kota Malang juga menawarkan kuliner es yang legendaris karena sudah ada sejak puluhan tahun lalu, bahkan ada yang berdiri sejak zaman colonial Belanda, lho. Nah, berikut ini adalah es legendaris di Malang yang sayang untuk dilewatkan.

1. Es Krim Oen

Es Krim Oen
malangculinary.com

Jika berbicara soal es legendaris di Malang, tentunya yang ada dalam pikiran adalah Toko Es Krim Oen. Es krim yang satu ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, tepatnya tahun 1930.

Dari luar kamu bisa melihat gaya bangunannya yang klasik dan bergaya Belanda yang kental. Bahkan nama tokonya pun masih menggunakan Bahasa Belanda. Tak hanya bangunan, perabotan yang ada dalam toko ini pun masih jadul. Menu es krim disini adalah andalannya, pasalnya es krim disini masih menggunakan resep kuno dan rasanya tidak pernah berubah. Kamu juga bisa memilih ragam pilihan rasa, seperti cokelat, vanilla, strawberry, gula jawa dan durian.

Alamat: Jalan Jendral Basuki Rahmat No 5, Malang

gotravelly

Uniccrab: Good Food Meets Good Friends

Rujak Manis Semeru: Kuliner Legendaris Kota Malang Yang Istimewa

2. Es Tawon Kidul Dalem

Es Tawon Kidul Dalem
ngalam.co

Es legendaris di Malang yang wajib untuk kamu coba selanjutnya adalah Es Tawon Kidul Dalem. Es Tawon Kidul Dale mini sudah ada sejak tahun 1955 dan rasa es yang disajikan tidak berubah sampai saat ini.

Diberi nama Es Tawon karena ada banyak tawon yang mengerubungi warung ini, hal ini dikarenakan bahwa gula yang digunakan adalah gula asli dari tebu. Es Tawon ini terdiri dari kacang hijau, dawet, cincau, mutiara, blewah yang kemudian disiram dengan sirup merah yang nikmat. Kamu pun bisa mencoba varian es lainnya, seperti es kacang hijau, es dawet, es alpukat dan lainnya.

Alamat: Jalan K. H. Zainul Arifin Gang Taqwa No 1, Malang

3. Es Santan Ketan Hitam

Es Santan Ketan Hitam
twitter.com

Es Santan Ketan Hitam juga menjadi salah satu es legendaris di Malang yang patut untuk dicicipi. Meskipun warung es ini terlihat sederhana dengan gerobak minuman, namun kesegarannya tak lekang oleh zaman.

Sesuai dengan namanya, es ini terbuat dari santan yang dibekukan, kemudian ditambahkan dengan ketan hitam dan dawet berwarna merah serta diguyur dengan sirup. Tak lupa es inidiberi topping berupa roti tawar. Rasa dari es santan ini adalah perpaduan dari gurihnya santan dan manisnya ketan hitam. Istimewanya lagi, kamu tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati minuman ini, karena segelas es santan ketan hitam ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 5.000,- saja.

Alamat: Jalan Sempu (Belakang SMPN 19), Malang

4. Es Teler Dempo

Es Teler Dempo
phinemo.com

Es legendaris di Malang yang wajib untuk kamu coba selanjutnya adalah Es Teler Dempo. Es Teler Dempo ini sudah ada sejak tahun 1978 dan sekarang warungnya dikelola oleh generasi kedua.

Menu andalannya masih sama sejak dulu sampai sekarang, yaitu Es Teler Durian. Seporsi es teler ini berisikan empat biji durian yang membuatnya terasa semakin nikmat, apalagi durian yang digunakan adalah durian lokal. Kamu yang tidak suka durian pun masih bisa mampir kesini untuk mencoba varian lainnya, yaitu es buah, es campur, es degan dan lainnya.

Alamat: Jalan Gede, Oro-oro Dowo, Klojen, Malang

5. Es Kacang Top Ternate

 Es Kacang Top Ternate
nengbiker.com

Es Kacang Top Ternate atau yang sering disingkat dengan nama Es KTT ini juga masuk dalam daftar es legendaris di Malang yang wajib untuk dicoba saat berlibur ke kota Apel tersebut. Kedai es ini telah berdiri sejak tahunn 1992 dan dikenal menyajikan es yang rasanya tidak pernah berubah.

Es Kacang Top Ternate ini dikenal berbeda dengan sajian es lainnya yang ada di kota Malang. Es ini didominasi dengan bahan kacang merah dan campuran rempah khas Maluku. Komposisinya yang unik tersebut membuat siapapun penasaran dan ingin mencobanya. Tak hanya bisa mencicipi Es KTT Original, kamu juga bisa mencicipi varian ES KTT lainnya, seperti dengan tambahan kacang double, campuran alpukat, es pisang ijo, es campur dan masih banyak lagi lainnya.

Alamat: Jalan Bendungan Sutami No 33, Malang

6. Es Talun

 Es Talun
kayakuliner.com

Kalau kamu main-main ke kawasan Kampeng Heritage Kajoetangan, di sekitar sana kamu bisa menemukan salah satu es legendaris di Malang, yaitu Es Talun. Depot Es Talun ini teah berdiri sejak tahun 1950 dan sampai saat ini masih menjadi favorit warga Malang dan wisatawan yang berlibur ke Malang.

Depot Es Talun ini menawarkan berbagai varian es yang bisa membuat harimu semakin segar, seperti Es Campur, Es Buah, Es Teler dan aneka jus buah. Mampir ke Depot Es Talun ini tentu bisa menjadi pilihan setelah lelah menyusuri indahnya Kampoeng Heritage Kajoetangan.

Alamat: Jalan Kawi, Klojen, Malang

7. Es Campur Rampal

Es Campur Rampal
m.merdeka.com

Es legendaris di Malang yang sayang untuk kamu lewatkan selanjutnya adalah Es Campur Rampal. Es Campur Rampal ini menjadi salah satu warung es yang cukup banyak digemari tak hanya oleh masyarakat setempat, namun juga wisatawan yang berlibur ke Malang.

Warung es campur ini memang terlihat sederhana, namun es yang disajikan sangatlah istimewa dan segar. Es Campur Rampal ini terdiri dari kacang hijau, mutiara, tape, serutan kelapa yang kemudian diberi parutan es batu dan susu kental manis.

Alamat: Jalan Jendral Urip Sumoharjo, Malang

8. Es Fosco Depot Hok Lay

Rekomendasi Es Legendaris di Malang
alinea.id

Pernahkah kamu mendengar soal Es Fosco? Es Fosco ini merupakan salah satu es legendaris di Malang yang menjadi favorit banyak orang. Es Fosco ini bisa kamu temukan di salah satu depot legendaris kota Malang, yaitu Depot Hok Lay.

Es Fosco ini merupakan minuman yang terbuat dari campuran susu sapi murni, cokelat dan gula. Menariknya, minuman ini disajikan dengan menggunakan botol Coca Cola versi lawas dan memiliki rasa yang unik. Rasa dari es fosco ini segar, manis dan sama sekali tidak membuat eneg yang meminumnya. Sebagai teman minum, kamu bisa memesan cwie mie dan lumpia goreng yang terkenal sebagai menu andalan di depot ini.

Alamat: Jalan KH Ahmad Dahlan 10, Malang

9. Es Gunung Kepanjen

Es Legendaris di Malang
photomalang.com

Es legendaris di Malang yang terakhir adalah Es Gunung Kepanjen. Es Gunung Kepanjen ini berada di kawasan Pasar Kepanjen yang memang terkenal sejak belasan tahun lalu menyajikan es nikmat dan segar.

Es Gunung merupakan es campur dengan berbagai isian buah-buahan, seperti jeruk, melon, anggur, tape, cao dengan tambahan es batu yang diserut hingga bentuknya mengerucut bagaikan gunung. Depot ini tak hanya menyajikan es saja, disini kamu juga bisa memesan bakso dan mie yang rasanya tak kalah nikmat.

Alamat: Jalan A. Yani No 35, Malang



Leave a Reply