8 Makanan Khas Bone Yang Paling Enak Dan Mengugah Selera!


Fida  November 12, 2021  0 Comment

Bone merupakan salah satu daerah yang terletak di provinsi Sulawesi Selatan. Selain dikenal menawarkan banyaknya tempat wisata, Bone juga memiliki berbagai hidangan lezat yang sayang untuk dilewatkan. Ada banyak sekali pilihan makanan khas Bone yang bisa kamu coba mulai dari makanan berat hingga jajanan yang sangat menggugah selera. Beberapa makanan berat juga dibuat dengan rempah-rempah khas sehingga menghasilkan cita rasa yang tidak akan kamu jumpai di daerah lain. Berikut daftar 8 rekomendasi makanan khas Bone yang menarik untuk kamu coba.

1. Nasu Likku

nasu likku
minumkopi.com

Salah satu rekomendasi makanan khas Bone yang menarik untuk kamu coba adalah nasu likku. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama ayam kampung. Ayam kampung diolah hingga memiliki tekstur yang empuk dan khas saat dinikmati.

Nasu likku dikenal kaya akan rempah-rempah seperti merica, ketumbar, lengkuas, dan masih banyak lagi. Rempah-rempah tersebut kemudian dimasak bersama dengan ayam hingga meresap. Makanan yang satu ini biasa disajikan bersama dengan nasi putih atau burasa. Saat berkunjung ke kawasan Bone, tidak ada salahnya untuk mencoba lezatnya makanan nasu likku yang khas.

Gotravelly

Nyari Kuliner Khas Di Muna? Ke Makanan Tradisional Raha Saja!

Kasoami Dan Hugu-Hugu Khas Buton, Olahan Singkong Penunda Lapar

2. Tumbu

tumbu
hot.liputan6.com

Selain nasu likku, makanan khas Bone selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah tumbu. Tumbu merupakan makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan utama beras ketan dan santan. Makanan yang satu ini memiliki tampilan yang khas yakni dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Olahan beras ketan dimasukkan ke dalam daun pisang dan ditumbuk agar lebih padat.

Makanan khas yang satu ini cukup menarik minat wisatawan untuk mencobanya. Tumbu juga biasa disajikan saat acara selamatan, hari besar, atau hari raya. Makanan ini biasa dihidangkan bersama dengan tape serta nasu likku. Makanan khas yang satu ini tentu sayang untuk tidak kamu coba saat berkunjung ke daerah Bone.

3. Lawa Bale

lawa bale
cookandrecipe.com

Salah satu rekomendasi makanan khas Bone yang menarik untuk kamu coba adalah lawa bale. Menu makanan yang satu ini tentu sudah tidak asing didengar, terlebih oleh masyarakat yang bermukim di pinggir laut. Jika kita mengenal sashimi atau sushi dari Jepang, maka lawa bale adalah sushi versi Bone.

Lawa Bale dibuat dengan menggunakan bahan utama ikan mentah. Ikan yang digunakan untuk pembuatan makanan ini adalah ikan tertentu. Tekstur daging serta kesegaran ikan menjadi hal yang perlu diperhatikan untuk membuat menu makanan yang satu ini. Lawa bale diolah dengan direndam di air asam cuka selama 15 hingga 30 menit untuk menghilangkan bau amis. Proses selanjutnya adalah dengan cara mencampurkan daging ikan dengan kelapa parut. Perpaduan cita rasa segar dan gurih akan kamu rasakan saat mencoba makanan yang satu ini. Terdapat dua jenis kelapa parut yang digunakan yakni kelapa parut yang dibakar atau kelapa parut yang disangrai terlebih dahulu. Saat berkunjung ke kawasan Bone, makanan yang satu ini tentu sangat menarik untuk kamu coba.

4. Bandang Bandang

Ada banyak pilihan makanan khas Bone yang bisa kamu coba, salah satunya adalah bandang bandang. Makanan yang satu ini merupakan kue tradisional yang populer dan masih banyak diburu hingga saat ini. Bandang bandang memiliki tampilan yang unik dan tradisional yakni dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Memiliki tekstur yang basah, ini dibuat dengan menggunakan bahan utama pisang dan tepung.

Makanan ini akan dengan mudah kamu jumpai pada acara tertentu. Bandang bandang memiliki cita rasa manis serta dikenal cukup mengenyangkan. Benar saja, kue ini memang memiliki tampilan yang mirip dengan kue Nagasari di pulau Jawa. Tertarik untuk mencoba lezat dan uniknya bandang bandang?

5. Bolu Cukke

bolu cukke
shopee.co.id

Rekomendasi makanan khas Bone yang sayang untuk kamu lewatkan adalah bolu cukke. Makanan yang satu ini menjadi kue favorit warga lokal maupun wisatawan yang datang ke daerah Bone. Bolu juga merupakan kue tradisional yang dikenal memiliki cita rasa manis. Banyak wisatawan yang memilih kue ini sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang setelah berkunjung ke daerah Bone.

Bolu cukke memiliki tekstur yang lembut saat dinikmati. Makanan yang satu ini tentu cocok dipilih sebagai teman untuk bersantai bersama dengan 1 gelas teh atau kopi. Bentuknya yang mungil dan khas tentu membuat siapapun tertarik untuk mencobanya. Makanan yang satu ini sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke daerah Bone.

6. Nasu Poppo

nasu poppo
boneterkini.id

Rekomendasi makanan khas Bone yang bisa kamu coba selanjutnya adalah nasu poppo. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama daging ayam. Jika dilihat sekilas, makanan ini memang memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan opor ayam yang populer di pulau Jawa. Tetapi sebenarnya sangatlah berbeda.

Nasu poppo dibuat dengan berbagai rempah yang khas. Beberapa rempah yang digunakan diantaranya sereh, daun salam, hingga biji buah pala. Proses pengolahan yang masih menggunakan cara tradisional juga menghasilkan kelezatan tersendiri. Tidak hanya diminati oleh warga lokal Bone, yang satu ini juga kerap diburu oleh wisatawan yang datang ke Bone.

7. Burasa

Makanan Khas Bone
katalogkuliner.com

Pernah mendengar sebutan makanan burasa? Burasa merupakan salah satu makanan khas Bone yang memiliki tampilan menyerupai lontong tetapi memiliki tekstur yang lebih lembut. Makanan khas Bone yang satu ini memiliki tampilan yang khas yakni dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Karena dibungkus dengan menggunakan daun pisang, heran jika makanan ini memiliki aroma sedap tersendiri.

Burasa biasa disajikan pada saat acara tertentu seperti hari besar atau lebaran. Saat berkunjung ke daerah Bone, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mencoba lezatnya makanan yang satu ini. Kamu dapat menikmati burasa dengan berbagai makanan pendamping lainnya.

8. Sop Konro

sop konro
kompas.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan makanan sop konro. Makanan yang satu ini dikenal sebagai salah satu makanan khas Bone yang menarik untuk kamu coba. Kamu akan dimanjakan dengan lezatnya iga sapi atau daging sapi yang berpadu dengan kuah lezat berwarna coklat kehitaman.

Sop konro biasa dinikmati bersama dengan ketupat untuk memberikan sensasi kenyang. Lezatnya makanan yang satu ini sayang untuk tidak kamu coba saat berkunjung ke Bone. Kamu dapat dengan mudah menjumpai makanan sop konro di berbagai tempat makan di daerah Bone.

Nah itulah daftar 8 rekomendasi makanan khas Bone yang dikenal lezat dan sayang untuk dilewatkan. Saat berkesempatan untuk berkunjung ke daerah Bone, makanan manakah yang tampak paling menggugah selera dan ingin kamu coba?



Leave a Reply