Intip Kelezatan 8 Hidangan Lebaran Khas Bugis


Fida  May 2, 2022  0 Comment

Lebaran tentu menjadi momen yang dinantikan oleh beberapa orang, khususnya umat muslim. Selain dikenal sebagai hari yang suci, lebaran juga menjadi momen dimana kamu dapat menikmati berbagai hidangan yang lezat dan khas. Masyarakat Bugis dikenal memiliki beberapa hidangan yang kerap disajikan saat lebaran tiba. Penasaran? Inilah daftar 8 rekomendasi hidangan lebaran khas Bugis yang sayang untuk kamu lewatkan.

1. Burasa’

burasa
travel.kompas.com

Burasa dikenal sebagai salah satu makanan khas yang juga kerap dipilih sebagai hidangan lebaran khas Bugis. Hidangan yang satu ini sudah cukup populer dan menjadi primadona, khususnya saat hari lebaran tiba. Burasa juga dikenal hampir mirip dengan hidangan ketupat.

Burasa dibuat dengan menggunakan beberapa bahan diantaranya beras pulen, santan, daun pandan, dan juga daun salam. Cara membuatnya adalah dengan cara memasak beras bersama dengan santan hingga setengah matang, kemudian ditambahkan dengan daun pandan atau daun salam. Hidangan yang satu ini juga dikenal khas karena dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Setelah itu, burasa kemudian diikat agar kuat dan tidak tumpah. Hidangan yang satu ini biasa disajikan dengan tambahan taburan kelapa kering, garam, gula, dan juga cabai.

Gotravelly

Nyari Kuliner Khas Di Muna? Ke Makanan Tradisional Raha Saja!

Kasoami Dan Hugu-Hugu Khas Buton, Olahan Singkong Penunda Lapar

2. Nasu Likku

nasu likku
makassar.tribunnews.com

Pernahkah kamu mengetahui kuliner dengan sebutan nasu likku? Nasu likku merupakan salah satu kuliner khas Bugis. Tidak jarang nasu likku juga dipilih sebagai salah satu hidangan lebaran khas Bugis yang wajib kamu coba. Sesuai dengan namanya, likku memiliki arti lengkuas dalam bahasa Bugis. Kuliner yang satu ini memang dibuat dengan menggunakan lengkuas muda sebagai bumbu utamanya.

Lengkuas diolah dengan cara dimasak menggunakan daging ayam, sereh, dan juga santan. Sebelum disajikan, hidangan yang satu ini terlebih dahulu ditambahkan dengan kelapa sangrai. Nasu likku tidak hanya dikenal lezat tetapi juga memiliki aroma yang sangat khas. Tampilannya yang sangat menggugah selera juga menjadikan hidangan ini sayang untuk kamu lewatkan.

3. Barongko

barongko
kompas.com

Hidangan lebaran khas Bugis berikutnya yang tidak kalah menarik untuk kamu coba adalah barongko. Pernahkah kamu mendengar sebutan kuliner yang satu ini sebelumnya? Barongko merupakan hidangan kue tradisional yang dibuat dengan menggunakan bahan utama pisang.

Cara membuat hidangan ini adalah dengan menghaluskan pisang kemudian dicampur dengan beberapa bahan lainnya seperti telur dan santan. Adonan yang telah dibuat kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan diolah dengan cara di kukus. Barongko ini lebih enak dinikmati dalam keadaan dingin sehingga sangat disarankan untuk menyimpan barongko dalam lemari es sebelum disajikan. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan tekstur kue yang lembut dan berair serta memiliki cita rasa manis. Selain dapat dengan mudah dijumpai saat hari lebaran tiba, barongko juga dapat kamu nikmati di hari-hari lainnya. Tana Ogi menjadi salah satu daerah dimana kamu dapat menjumpai banyaknya penjual barongko.

4. Bajabu

bajabu
ayam.resepolahan.com

Bajabu dikenal sebagai salah satu hidangan lebaran khas Bugis yang unik dan menarik untuk kamu coba. Hidangan yang satu ini juga kerap disebut dengan abon ikan kelapa. Biasanya, abon ikan kelapa dinikmati bersama dengan buras khas Bugis. Saat berkunjung ke Sulawesi Selatan, kamu tentu akan dapat dengan mudah menjumpai hidangan bajabu.

Bajabu menjadi salah satu kuliner yang wajib ada di meja makan saat hari lebaran tiba. Cita rasanya yang lezat dan menggugah selera menjadikan hidangan ini sangat cocok dinikmati oleh semua kalangan. Bagaimana, tertarik untuk mencoba lezatnya hidangan yang satu ini?

5. Coto Makassar

coto makassar
makassar.kompas.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan kuliner coto makassar. Coto makassar juga dikenal sebagai salah satu hidangan lebaran khas Bugis yang menarik untuk dicoba. Meskipun kuliner ini sangat mudah dijumpai di hari-hari biasa, tetapi adanya kuliner coto Makassar saat hari lebaran tiba juga menjadikan suasana semakin mengesankan.

Hidangan yang satu ini dikenal kaya akan rempah-rempah sehingga menawarkan cita rasa yang lezat dan gurih. Tidak hanya itu, kuahnya yang kental juga memberi sensasi nikmat tersendiri. Kuliner coto makassar biasa disajikan bersama dengan nasi atau ketupat. Hidangan yang satu ini juga banyak dicari khususnya saat hari raya tiba.

6. Nasu Itik Palekko

nasu itik palekko
cookpad.com

Rekomendasi hidangan lebaran khas Bugis berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah nasu itik palekko. Hidangan yang satu ini sangat mudah dijumpai di beberapa daerah seperti Pare pare, Sidrap, dan Pinrang. Sesuai dengan namanya, nasu itik palekko dibuat dengan menggunakan bahan utama daging itik atau bebek. Sudah tidak perlu diragukan lagi lezat dan gurihnya hidangan yang satu ini.

Itik yang digunakan untuk membuat hidangan ini juga menggunakan itik khusus yakni itik muda. Hidangan yang satu ini dibuat dengan menggunakan itik muda karena itik tua memiliki daging yang lebih keras. Proses memasaknya juga tidak sembarangan. Sebelum diolah, daging itik terlebih dahulu dicuci bersih dan dicampur dengan asam jawa. Hal itu bertujuan untuk menghilangkan bau amis pada itik. Selanjutnya itu diolah dengan berbagai rempah khas sehingga menghasilkan cita rasa rasa dan aroma yang menggugah selera.

7. Tumbu

tumbu
yummy.co.id

Tidak kalah menarik dengan berbagai hidangan lebaran khas Bugis lainnya, tumbu juga menjadi hidangan yang wajib ada di meja makan saat hari lebaran tiba. Hidangan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama beras ketan. Proses pengolahannya adalah dengan cara merendam beras ketan selama 3 hingga 4 jam, dan selanjutnya dikukus hingga matang.

Selanjutnya, siapkan santan kental dengan campuran garam yang telah dimasak hingga mendidih. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah dengan menuangkan santan pada ketan yang telah dikukus, itu barulah dicetak dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Tidak hanya memiliki tampilan yang unik dan menarik, cita rasanya yang lezat dan khas juga akan membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya.

8. Tape

Hidangan Lebaran khas Bugis
boneterkini.id

Hidangan khas Bugis yang wajib ada dan tidak boleh kamu lewatkan selanjutnya adalah tape. Tape ketan hitam merupakan salah satu hidangan khas Bugis yang populer dan banyak oleh masyarakat lokal maupun wisatawan.

Hidangan yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama ketan yang dikukus kemudian ditambahkan dengan ragi. Ragi yang dipilih untuk pembuatan tape adalah ragi yang berkualitas sehingga dapat menghasilkan tape dengan cita rasa lezat dan manis.

Nah itulah daftar 8 rekomendasi hidangan lebaran khas Bugis yang wajib ada dan menarik untuk kamu coba. Dari rekomendasi diatas, hidangan manakah yang tampak paling menggugah selera dan ingin kamu coba?



Leave a Reply