Semburat Rasa Segar 7 Minuman Khas Medan


Fida  May 2, 2021  0 Comment

Minuman khas Medan selain segar juga dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan. Medan menjadi salah satu daerah yang dikenal menawarkan banyak tempat wisata. Tidak heran jika kota yang satu ini kerap menjadi pilihan wisatawan untuk berlibur. Selain mengunjungi tempat wisata, Anda juga bisa menikmati lezatnya makanan khas saat berkunjung ke kota yang satu ini.

Ada berbagai hidangan khas Medan yang akan memanjakan Anda selama berada disana. Cita rasa lezat dan menggugah selera menjadikan kuliner khas Medan sayang untuk Anda lewatkan. Tidak hanya dikenal dengan makanannya yang lezat, Medan juga menawarkan berbagai minuman khas yang bisa Anda coba.

1. Sirup Markisa

sirup markisa khas medan
indonesian.alibaba.com

Salah satu minuman khas Medan yang sayang untuk tidak Anda coba adalah sirup markisa. Markisa merupakan salah satu buah yang khas dari daerah Berastagi yakni di dataran tinggi Tanah Karo. Yang satu ini diolah menjadi berbagai makanan dan minuman salah satunya adalah sirup markisa. Sirup markisa sangat mudah dijumpai saat perayaan tahun baru atau lebaran tiba.

Karena buahnya yang segar, sirup markisa juga menawarkan kesegaran luar biasa. Minuman ini dapat dinikmati dalam keadaan hangat maupun dingin dengan tambahan es batu. Untuk menjumpai sirup markisa tidaklah sulit, anda dapat membelinya di minimarket, supermarket, warung, hingga toko oleh-oleh. Minuman yang merupakan salah satu minuman kebanggaan orang Medan ini wajib Anda coba saat datang ke Medan. Anda dapat membeli sirup markisa dengan harga 8 hingga 15 ribuan per botol. Selain cocok dinikmati saat berkunjung ke Medan, minuman yang satu ini juga banyak dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang oleh wisatawan.

Review kuliner

Mikie Funland (Mikie Holiday), Family Trip , Berastagi

Danau Siombak Salah Satu Ikon Wisata Kota Medan

2. Roco Timun

Roco Timun
guratgarut.com

Roco Timun menjadi salah satu minuman khas Medan yang menawarkan kesegaran luar biasa. Satu ini menawarkan cita rasa manis dan cocok dinikmati untuk melepas dahaga saat siang hari. Cara pembuatan minuman yang satu ini adalah menggunakan buah ketimun yang dicampur dengan gula merah lalu direbus. Adanya tambahan daun pandan juga membuat aroma semakin sedap.

Roco timun disajikan dengan berbagai isian lain seperti biji selasih dan juga nata de coco. Anda tidak akan kesulitan mencari minuman ini saat berada di Medan. Pasalnya, anda akan dengan mudah menjumpainya di restoran maupun warung makan. Harga yang ditawarkan untuk satu gelas roco timun terbilang cukup terjangkau. Selain memiliki tampilan yang menarik dan menggugah selera, minuman yang satu ini juga menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Saat berada di Medan, lezatnya minuman roco timun sayang untuk Anda lewatkan.

3. Jus Martebe

Jus Martebe
lifestyle.okezone.com

Salah satu minuman khas Medan yang sayang untuk tidak Anda coba adalah jus martebe. Beberapa dari anda tentu asing dengan nama minuman yang satu ini. Nama martebe diambil dari bahan dasar pembuatan minuman ini yakni markisa terong Belanda. Markisa dan terong Belanda merupakan 2 buah khas dari Tanah Karo. Jus martebe menjadi salah satu minuman favorit warga Medan. Tidak jarang juga wisatawan yang datang ke Medan penasaran dengan minuman yang satu ini.

Anda dapat dengan mudah menjumpai minuman jus martebe saat berada di Medan, baik di gerai jus pinggir jalan maupun di restoran atau rumah makan. Harga dari jus martebe juga cukup terjangkau yakni mulai dari Rp 5.000,- per cup. Minuman yang satu ini menawarkan cita rasa yang sedikit asam namun sangat menyegarkan. Tampilannya yang menggugah selera serta kaya akan manfaat menjadikan minuman yang satu ini sayang untuk Anda lewatkan saat berada di Medan.

4. Es Kolak Durian

 Es Kolak Durian
id.theasianparent.com

Bagi Anda pecinta buah durian, menikmati salah satu minuman khas Medan yakni es kolak durian menjadi pilihan tepat yang bisa Anda coba saat berada di Medan. Sesuai dengan namanya, minuman yang satu ini menggunakan buah durian sebagai bahan utamanya. Buah durian disajikan bersama dengan tambahan isian lain seperti ketan putih, gula merah, santan, serta es batu. Adanya tambahan agar-agar serta isian lainnya juga menjadikan minuman yang satu ini semakin menggugah selera.

Anda akan dengan mudah menjumpai minuman yang satu ini saat berada di Medan, khususnya di Jalan Doktor Mansyur, kawasan kampus Universitas Sumatera Utara. Kolak durian dijual dengan harga berkisar Rp 8.000,- hingga Rp 10.000,- per porsi.

5. TST ( Teh Susu Telur )

Minuman Khas Medan
fimela.com

Teh Susu Telur atau yang disingkat dengan TST menjadi salah satu minuman khas Medan yang wajib Anda coba. Sesuai dengan namanya, minuman yang satu ini dibuat dengan bahan dasar teh, susu, dan telur. Meskipun bahan yang digunakan cukup sederhana dan cara pembuatannya terlihat mudah, tetapi jangan salah. Dibutuhkan skill khusus agar rasa amis pada telur tidak tercium.

Anda dapat dengan mudah menemukan minuman yang satu ini saat berada di Medan. Saat malam hari tiba, minuman ini tentu sangat menjamur dan dengan mudah Anda dapat membelinya. Selain memiliki cita rasa yang khas, minuman yang satu ini juga dipercaya memiliki banyak manfaat diantaranya dapat menambah tenaga dan stamina bagi kaum pria. Anda dapat menikmati minuman ini dengan harga yang cukup terjangkau yakni berkisar Rp 8.000,- hingga Rp 10.000,- per gelas.

6. Bandrek

Bandrek
yummy.co.id

Bandrek merupakan salah satu minuman khas Medan yang sering dipilih sebagai minuman penghangat. Minuman yang satu ini cukup mudah dijumpai saat malam hari yang cocok dikonsumsi saat cuaca dingin. Bandrek dibuat dengan bahan dasar jahe yang tentu memiliki cita rasa cenderung pedas. Tetapi hal itu tentu sangat nikmat di tenggorokan dan bermanfaat sebagai penghangat tubuh.

Anda tidak akan kesulitan mencarinya karena minuman yang satu ini sangat mudah dijumpai saat berada di Medan. Anda dapat menikmati minuman yang satu ini dengan harga berkisar Rp 5.000,- hingga Rp 10.000,- per porsi. Harganya yang terjangkau serta kaya akan manfaat menjadikan minuman yang satu ini sayang untuk dilewatkan saat berada di Medan.

7. Rujak Serut

Rujak Serut
yummy.co.id

Salah satu minuman khas Medan yang sayang untuk tidak Anda coba adalah rujak serut. Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan olahan yang satu ini. Rujak serut dibuat dengan serutan berbagai buah-buahan seperti timun, wortel, nanas, jeruk bali, bengkoang, jeruk nipis, cabai merah, serta sirup markisa.

Minuman yang satu ini menawarkan cita rasa segar serta banyak diburu oleh warga lokal maupun wisatawan. Untuk mendapatkan minuman yang satu ini tentu cukup mudah. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Memilih untuk mengkonsumsi minuman yang satu ini saat siang hari menjadi waktu yang tepat.

Nah, itulah 7 minuman khas Medan yang sayang untuk Anda lewatkan. Minuman manakah yang paling menggugah selera dan ingin Anda coba?



Leave a Reply