7 Tugu Terkenal di Indonesia Dijadikan Spot ikonik


prita  January 16, 2021  0 Comment

Indonesia tak hanya dikenal memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa namun juga memiliki potensi luar biasa dalam wisata sejarah dan budaya. Hampir seluruh kota di Indonesia memiliki tugu atau landmark yang menjadi ciri khas dari kota tersebut. Tugu-tugu tersebut dikenal sangat bersejarah juga kaya budaya. Kebanyakan dari tugu paling terkenal di Indonesia dibangun untuk mengenang perjuangan para pahlawan pada jaman penjajahan atau menjelaskan tentang kota tersebut.

Terdapat ratusan tugu yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dan tentunya tidak mudah untuk mengenali masing-masing landmark tersebut. Biasanya wisatawan yang berkunjung pada suatu kota akan berfoto di depan landmark atau tugu yang paling terkenal di kota tersebut agar menjadi kenangan jika ia pernah berkunjung ke kota tersebut. Beberapa kota di Indonesia memiliki tugu atau landmark yang sangat ikonik juga instagenik, untuk itu jika kamu berkunjung kesana kamu harus berfoto di depan tugu tersebut. Nah, berikut ini adalah 7 daftar tugu paling terkenal di Indonesia yang saying sekali untuk dilewatkan.

7 Tugu Terkenal di Indonesia

1. Tugu Monas, Jakarta

Tugu Terkenal di Indonesia
tirto.id

Tugu paling terkenal di Indonesia yang pertama sudah pasti adalah Tugu Monas. Tugu ini tak hanya menjadi ikon kota Jakarta namun juga menjadi ikon Indonesia, mengingat monument ini dibangun untuk memperingati jasa para pahlawan Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Monumen yang dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961 ini memiliki tinggi mencapai 132 meter dengan puncak berupa lidah api yang dilapisi dengan emas, hal ini menunjukkan semangat perjuangan dari para pahlawan. Selain tugu, kawasan Monas juga memiliki sebuah museum yang berisikan diorama-diorama yang menunjukkan kondisi Indonesia pada jaman pra-sejarah sampai masa Orde Baru.

review wisata

Jelajah Monumen Tugu Pahlawan & Museum 10 November Surabaya

Alun-Alun Tugu Malang: Ikon Kota Malang Yang Sarat Akan Sejarah

2. Tugu Pahlawan, Surabaya

tugu pahlawan
wisatacoi.com

Bila Jakarta memiliki Tugu Monas sebagai ikonnya, maka kota Surabaya memiliki tugu yang ikonik juga bernama Tugu Pahlawan. Tugu Pahlawan ini dibangun untuk memperingati pertempuran 10 November 1945 di kota Surabaya yang membuatnya ditetapkan sebagai Hari Pahlawan dan kota Surabaya dijuluki sebagai Kota Pahlawan.

Tugu Pahlawan ini juga menjadi salah satu tugu paling terkenal di Indonesia. Tugu ini memiliki bentuk menyerupai paku terbalik setinggi 41,15 meter. Pada bagian tubuh tunya terdapat 10 lengkungan dan terbagi atas 11 ruas. Angka tersebut merupakan symbol dari tanggal terjadinya pertempuran 10 November di kota Surabaya.

3. Tugu Jogja, Yogyakarta

tugu jogja
travelspromo.com

Tugu paling terkenal di Indonesia selanjutnya bisa kamu temukan di kota Jogja, yaitu Tugu Jogja. Tugu yang berada di persimpangan Jalan Jendral Sudirman dan Jalan Margo Utomo ini menjadi ikon kota Jogja yang paling populer meskipun ternyata bukanlah tugu pertama yang berdiri di lokasi ini.

Sebelumnya terdapat sebuah tugu juga disini yang dibangun oleh Pemerintahan Sultan Hamengkubuwana I bernama Tugu Golong-Gilig dan runtuh akibat gempa. Kemudian Pemerintah Belanda membangun sebuah tugu di lokasi yang sama dan dikenal sebagai Tugu Jogja ini.

Tugu yang dikenal dengan nama Tugu Pal Putih ini selain sangat populer sebagai landmark kota yang bersejarah, tapi juga memiliki cerita magis. Konon tugu ini menghubungkan laut selatan, Keraton Jogja dan Gunung Merapi karena lokasinya yang berada satu garis lurus.

4. Tugu Muda, Semarang

Tugu Terkenal di Indonesia
semarangwingkorolls.net

Dari Jogja bergeser sedikit menuju Kota Semarang. Ibukota Provinsi Jawa Tengah ini pun memiliki sebuah tugu paling terkenal di Indonesia bernama Tugu Muda.

Tugu Muda ini berada teat di depan Lawang Sewu yang juga merupakan landmark populer di Kota Lumpia ini. Kedua landmark terkenal ini hanya berjarak beberapa langkah saja, maka tak heran jika wisatawan yang berkunjung ke Lawang Sewu selalu menyempatkan untuk berkunjung ke Tugu Muda ini.

Tugu Muda Semarang merupakan sebuah monument peringatan yang mana pembangunannya bertujuan untuk mengenang perjuangan para perjuang di Semarang yang melakukan Pertempuran Lima Hari di Semarang pada tanggal 15 Oktober 1945 hingga 20 Oktober 1945.

5. Garuda Wisnu Kencana, Bali

garuda wisnu kencana
thejakartapost.com

Tugu paling terkenal di Indonesia yang satu ini baru-baru ini sangat ramai diperbincangkan karena ukurannya yang luar biasa sehingga menjadikannya sebagai ikon Pulau Bali yang menarik untuk dikunjungi.

Garuda Wisnu Kencana atau yang sering disebut sebagai GWK ini merupakan sebuah monument ikonik di Pulau Bali yang memiliki ketinggian mencapai 120 meter dan merupakan hasil karya pematung terkenal asal Bali yaitu I Nyoman Nuarta. Monumen yang diresmikan pada tanggal 22 September 2018 ini menjadi landmark Indonesia yang sangat megah dengan menggambarkan Dewa Wisnu yang tengah mengendarai Garuda. Saking megahnya, konon monument Garuda Wisnu Kencana ini lebih tinggi daripada Patung Liberty yang ada di Amerika Serikat.

6. Jam Gadang, Bukittinggi

jam gadang
netralnews.com

Tugu paling terkenal di Indonesia yang wajib kamu kunjungi selanjutnya adalah Jam Gadang yang berada di kota Bukittingi, Sumatera Barat. Tugu Jam Gadang ini karap kali disebut sebagai Big Ben nya Indonesia karena memiliki bentuk yang sama megahnya.

Jam Gadang tak hanya menjadi ikon kota Bukittinggi namun juga menjadi ikon Provinsi Sumatera Barat. Monumen jam yang dibangun pada tahun 1926 ini merupakan hadiah yang diberikan oleh Ratu Belanda untuk Rook Maker, yaitu seorang sekretaris daerah Fort de Kock yang kini menjadi kota Bukittinggi.

Menara Jam Gadang ini memiliki tinggi sekitar 26 meter dengan empat sisi menara yang terdapat jam raksasa berdiameter 80 centimeter. Mesin dari jam ini didatangkan langsung dari Belanda. Lalu pada bagian menara ini memiliki bentuk Rumah Gadang yang merupakan rumah adat Minangkabau.

7. Tugu Khatulistiwa, Pontianak

Tugu Terkenal di Indonesia
backpackerjakarta.com

Tugu paling terkenal di Indonesia yang terakhir adalah Tugu Khatulistiwa yang berada di kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Indonesia merupakan salah satu Negara di dunia yang dilalui oleh garis khatulistiwa dan kota Pontianak adalah salah satu kota di Indonesia yang dilalui oleh garis ini. Untuk itu, sebagai penanda dan titik garis maka dibangun sebuah tugu bernama Tugu Khatulistiwa yang saat ini juga menjadi landmark terkenal di kota Pontianak.

Jika kamu berkunjung ke Tugu Khatulistiwa ini kamu bisa merasakan sebuah pengalaman unik yaitu menyaksikan kulminasi matahari. Fenomena ini adalah dimana matahari tepat berada diatas  kepala sehingga kamu tidak bisa melihat bayangan sama sekali. Fenomena kulminasi matahari ini tidak berlangsung sepanjang tahun, melainkan pada waktu tertentu saja. Bila kamu ingin mencobanya, kamu bisa datang ke Tugu Khatulistiwa sekitar tanggal 21-23 Maret atau 21-23 September.

Sebenarnya masih ada banyak sekali tugu paling terkenal di Indonesia yang juga tak kalah menarik untuk dikunjungi. Namun, 7 tugu-tugu diatas adalah yang paling populer dan terkenal hingga mancanegara. Untuk itu, jika kamu kebetulan berkunjung ke kota-kota tersebut, jangan lupa sempatkan untuk berfoto di depan tugunya ya. Tugu mana nih yang udah pernah kamu kunjungi?



Leave a Reply