Alun-Alun Tugu Malang: Ikon Kota Malang yang Sarat Akan Sejarah

alun alun tugu malang

gizeline | Traveler
Malang, Jawa Timur, Indonesia | City Trip
29 Apr 2020


Alun-Alun Tugu Malang: Ikon Kota Malang yang Sarat Akan Sejarah
Alun-alun Tugu Malang seolah menjadi ikon dari Kota Apel ini. Bentuknya yang unik dan taman cantik yang mengelilinginya tentu mampu menjadi daya tarik. Tapi, dibaliknya tersimpah sejarah menarik untuk diulik..

How to Get There

Kenyang sarapan di Bubur Ayam Endri, perjalanan di Kota Malang dilanjutkan menuju Alun-Alun Tugu Malang. Kalian yang pernah main ke Malang udah pasti tau dong sama tempat yang satu ini, karena Tugu Malang menjadi ikon kota Malang yang wajib dikunjungi. Alun-Alun Tugu Malang berada di tengah kota Malang, tepatnya di Jalan Tugu. Aksesnya gampang banget kok guys, kalian bisa lewat Jalan Suropati, Jalan Kartanegara maupun Jalan Kahuripan. Atau kalian juga bisa lewat Jalan Simpang Majapahit dari arah Alun-Alun Merdeka dan Jalan Gajahmada yang terhubung ke Stasiun Kota Baru.

Kalian bisa naik kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi untuk menuju sini. Atau kalo kalian ngga pengen ribet, kalian bisa naik ojek online.

alun alun tugu malangTamannya pas di depan Balai Kota Malang

What to Do

Alun-Alun Tugu Malang ini berbentuk lingkaran dan telihat sangat bersih juga asri. Sama seperti halnya taman-taman kota lainnya, Alun-Alun Tugu Malang ini buka selama 24 jam dan sama sekali ngga dikenakan tiket masuk. Jadi kalian bisa datang kapanpun yang kalian mau dengan gratis.

alun alun tugu malang

Disebut dengan nama Alun-Alun Tugu karena disini kalian akan menemukan sebuah monument tugu yang berdiri tegak meruncing diatas kolam ikan yang dipenuhi teratai yang cantik. Di sekelilingnya, kalian bisa temukan taman yang luas dan asri dengan berbagai bunga bermekaran dan pohon trembesi yang bikin teduh. Di beberapa titik ada bangku-bangku taman yang biasa digunakan pengunjung untuk bersantai atau duduk-duduk.

alun alun tugu malang

alun alun tugu malang

Dibalik keindahan dan keasrian dari Alun-Alun Tugu Malang ini ternyata tak lepas dari sejarah yang menarik untuk diulik, lho. Alun-alun Tugu ini dibangun di masa pemerintahan Kolonial Hindia Belanda yang awalnya diberi nama JP Coen Plein. Hal ini dikarenakan sebagai bentuk penghormatan kepada Gubernur Jendral Jaan Pieterzoen Coen yang juga dikenal sebagai pendiri Batavia atau Jakarta.

alun alun tugu malang

Saat itu, taman ini masih sangat sederhana. Hanya area melingkar yang berupa taman terbuka tanpa adanya tugu dan pagar di tepiannya. Juga belum ada air mancur di tengahnya seperti sekarang.

Taman ini kemudian menjadi saksi perkembangan kota Malang sejak dikuasai oleh Kolonial Belanda, termasuk saat status Malang berubah menjadi Kota Madya di tahun 1914. Begitupun saat dibangunnya gedung Balai Kota di tahun 1930an yang berada di sisi selatan taman.

Kemudian, setahun setelah kemerdekaan, ada sebuah inisiatif untuk mendirikan tugu di tengah Taman Jaan Pieterzoen Coen ini. Saat itu pun batu pertama pembangunan tugu ini diletakkan dan ditandatangani oleh Presiden Soekarno.

alun alun tugu malang

Saat tugu masih setengah jadi, tugu ini sempat dihancurkan oleh Belanda dalam Agresi Militer I. Tugu ini dihancurkan akibat Belanda merasa kesal dengan semangat arek-arek Malang dalam mempertahankan wilayahnya selama agresi berlangsung. Lalu, tujuh tahun kemudian monument di bangun kembali dan diresmikan oleh Presiden Soekarno. Hingga saat ini, Alun-Alun Tugu Malang masih dijaga dengan baik dan menjadi salah ikon kebanggaan kota Malang.

Meskipun tugu ini ngga semegah Tugu Pahlawan Surabaya atau Monumen Nasional Jakarta, namun tugu ini juga memiliki makna yang terkandung dalam setiap arsitekturnya. Ujung Monumen Tugu berbentuk bamboo tajam yang menjadi simbol bambu runcing, bambu runcing dikenal sebagai salah stau senjata legendaris Bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah.

alun alun tugu malang

Di bagian monumen juga terdapat aksen rantai yang merupakan lambing dari persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia. Kemudian, di bagian bawah monument yang berbentuk bintang terdiri dari 17 pondasi dengan 8 tingkat. Sementara tangganya berbentuk 4 dan membentuk sudut 5. Jika semua angka dikombinasikan, akan membentuk tanggal kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945.

alun alun tugu malang

Nah, menarik sekali kan cerita tentang Alun-Alun Tugu Malang ini? Disini, pengunjung akan disuguhkan taman cantik yang keren banget buat spot foto. Adem banget pokoknya guys!

So, kalo kalian lagi ada di Malang, belum afdol rasanya kalo ngga mampir dan berfoto di depan tugu bersejarah ini. Jangan lupa mampir ya guys!

Video by Gotravelly

Tips and Trick
  • Kalian kalo bawa kendaraan pribadi, bisa parkirkan kendaraan di SMAN 1 Malang.
  • Jangan lupa bawa kamera.
  • Jangan buang sampah sembarangan.
  • Jaga ketertiban disini.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY