Suntuk, Penat, Bosan? Coba Cek 7 Tanda Kamu Butuh Piknik


Reni  March 7, 2020  0 Comment

Rasa lelah dan penat memang menjadi hal yang biasa dirasakan oleh semua orang dan mungkin itu salah satu tanda kamu butuh piknik. Setiap Individu pasti pernah merasakan bosan dengan rutinitas sehari-hari, entah itu bekerja ataupun kuliah. Untuk menyiasati rasa bosan, piknik adalah sebuah kegiatan yang wajib untuk dilakukan. Menurut kamus, piknik berarti bepergian ke suatu tempat di luar kota untuk bersenang-senang dengan membawa bekal makanan atau bertamasya. Namun, piknik sekarang memiliki arti yang lebih luas. Piknik juga diartikan sebagai meluangkan waktu di luar rutinitas untuk merelaksasi tubuh dan pikiran. Piknik memiliki banyak manfaat, seperti mampu meningkatkan kreativitas, mencegah tubuh dari berbagai penyakit hingga mampu meningkatkan produktivitas saat kamu kembali ke rutinitas sehari-hari. Tak hanya itu, piknik juga bisa menjauhkan stress dan meningkatkan kesehatan mental, lho. Apakah kamu sedang merasakan salah satu tandanya?

Perhatikan Tanda Kamu Butuh Piknik

1. Kurang Semangat dalam Bekerja

 Kurang Semangat dalam Bekerja
beritagar.id

Saat kamu mengerjakan rutinitas yang itu-itu saja memang terasa bosan, padahal perkerjaan yang kamu lakukan saat ini adalah pekerjaan yang kamu inginkan sejak dulu. Seiring berjalannya waktu, semangat yang dulu kamu miliki perlahan akan mulai luntur. Namun, jangan berpikir kalau kamu sudah tidak cocok dengan pekerjaan itu dan langsung ingin resign. Bisa saja hal itu adalah sebuah tanda kalau kamu butuh piknik.

Kamu bisa beristirahat sejenak agar rasa lelah dan kurang semangat bisa hilang dengan melakukan beberapa inovasi. Misalnya seperti menata ulang meja kerja, membuat goal baru ataupun mengajukan cuti untuk berlibur sebentar.

Baca juga :  10 Film Romantis Bertema Traveling, Bikin Pingin Jalan Ama Pasangan!
Gotravelly

Cozyfield Pondok Indah Mall, Tempat Nongkrong Yang Cozy Dan Nyaman Di Jakarta Selatan

Melaka Street Food: Segarnya Mango Smoothie Ice Cream Ini Bikin Lupa Diri

2. Pekerjaan tidak maksimal

Pekerjaan tidak maksimal
ekrut.com

Setiap harinya kamu selalu berkutat dengan tumpukan pekerjaan yang membuat otakmu dipaksa bekerja keras. Belum lagi, kalau kamu harus lembur dan pulang lebih larut dari biasanya. Sudah pasti rasa lelahnya luar biasa, apalagi kalau pagi harinya harus kembali bekerja.

Saat bangun di pagi hari, kamu pasti akan merasa tidak ingin membuka mata untuk kembali melanjutkan aktivitas dan ingin kembali tidur. Kalau kamu sudah merasakan ini setiap paginya, bisa jadi ini tanda kamu butuh piknik. Karena kalau kamu terus menerus harus bekerja sepanjang hari, maka tubuhmu akan semakin lelah dan kelelahan akan berakibat fatal pada kesehatan tubuh.

Untuk mengatasinya, kamu bisa bangun lebih awal dan sempatkan untuk jalan-jalan pagi di sekitar rumahmu untuk membuatmu lebih bersemangat setelahnya. Atau kamu bisa merencanakan liburan ke tempat yang sudah lama kamu inginkan.

3. Lebih sering marah untuk hal kecil

 Lebih sering marah untuk hal kecil
m.tribunnews.com

Tekanan dalam pekerjaan, target, deadline yang harus dicapai, menghadapi klien yang bawel atau mendengarkan omelan bos keseringan membuat hidup kamu penuh tekanan sehingga kamu lebih emosional. Kamu jadi akan lebih sensitif dan sering marah karena hal sepele. Terlebih jika kemarahanmu tanpa alasan yang jelas dan masuk akal.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menghirup napas dalam-dalam dan melakukan peregangan ringan untuk melenturkan otot yang tegang. Atau, kamu bisa beristirahat sejenak dengan mengajukan cuti untuk sejenak pergi berlibur karena hal ini juga bisa jadi tanda kamu butuh piknik.

4. Merasa Iri saat melihat teman liburan

Merasa Iri saat melihat teman liburan
liputan6.com

Normalnya, saat melihat teman yang sedang liburan, kamu akan ikut merasa senang. Tapi, kamu malah sebaliknya, merasa sedih dan sangat ingin ikut temanmu liburan. Hal itu juga jadi salah satu pertanda kamu butuh piknik.

Baca juga :  10 Air Terjun Paling Indah di Norwegia Bikin Hati Bahagia

Nah, untuk mengatasinya kamu bisa langsung mengajukan cuti untuk berlibur karena setiap perusahaan memberikan hak cuti ke setiap karyawannya dalam kurun waktu satu tahun dengan jumlah yang bervariasi. Jatah cuti ini bisa kamu manfaatkan, apalagi kalau kamu masih memiliki tersisa banyak berarti kamu harus sering-sering piknik.

5. Menjadi Pelupa

Menjadi Pelupa
merdeka.com

Kamu sering melupkan janji atau rencana yang telah dibuat? Ada kemungkinan kalau mental kamu lagi tertekan lho atau tanda kalua kamu butuh piknik.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa stress kronis bisa mendatangkan dampak negative langsung pada memori spasial yang bertanggung jawab untuk membantu mengingat lokasi dan menghubungkan objek.

Apabila kamu telah melewatkan rencana yang sudah kamu janjikan untuk ketiga kalinya, maka sudah saatnya kamu mengambil waktu untuk istirahat sejenak dan melemaskan pikiran. Kamu juga bisa menyegarkan pikiran dengan pergi piknik bersama orang terdekat ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya.

6. Kurang Fokus

 Kurang Fokus
wolipop.detik.com

Saat tubuhmu sedang lelah, biasanya konsentrasimu akan mulai berkurang. Saat itulah kamu akan menjadi kurang focus dan kurang memperhatikan sekitar. Seperti misalnya tong sampah yang sehari-hari berada disana bisa saja tak tertangkap matamu hingga kamu menabraknya.

Selain kurang focus, emosimu juga lebih labil. Saat orang lain tak sengaja menabrakmu, kamu langsung kesal dan rasanya ingin marah. Tidak peduli orang itu yang salah atau kamu yang kurang fokus.

Kurang fokus juga bisa menjadi tanda kamu butuh piknik, lho. Untuk menghindarinya, kamu bisa beristirahat sejenak atau menyegarkan otak dengan piknik agar konsentrasimu kembali.

7. Lupa kapan terakhir liburan

lupa kapan terakhir liburan
pikiran-rakyat.com

Salah satu tanda kamu butuh piknik adalah saat kamu sudah lupa kapan terakhir kamu liburan. Saat orang lain bertanya, kapan terakhir kamu liburan, kamu akan bingung dan kesulitan menjawab karena kamu sendiri tidak ingat kapan terakhir kali pergi berlibur.

Baca juga :  Nggak Hanya Tahu, Berikut 10 Oleh-oleh Khas Kediri

Coba cek kembali kapan terakhir kamu liburan dan akan semakin seru kalau kamu mencoba untuk liburan ke destinasi yang lumayan jauh, bahkan hingga ke luar negeri. Tapi kalau kamu masih belum bisa pergi ke destinasi yang jauh, kamu bisa mulai pergi ke destinasi yang dekat, misalnya masih di sekitaran Indonesia saja.

Nah, bagaimana? Apakah kamu merasa sedang mengalami salah satu dari tanda kurang piknik ini? Atau bahkan lebih? Jika iya, itu artinya kamu harus segera mengajukan cuti kantor dan mengemas ranselmu untuk pergi ke destinasi impianmu. Jangan lupa manfaatkan waktumu untuk segera berlibur ke tempat yang kamu inginkan agar kamu bisa menyegarkan pikiran dan istirahat sejenak dari rutinitas sehari-harimu yang padat.



Leave a Reply