7 Taman Nasional Indonesia yang Masuk Dalam Daftar UNESCO


prita  August 8, 2021  0 Comment

Indonesia punya banyak sekali tempat wisata yang menawarkan keindahan alam juga budayanya termasuk Taman Nasional Indonesia UNESCO. Bahkan sederet destinasi wisata di Indonesia telah masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia United Nations Educational, Science and Cultural Organization atau yang biasa disingkat UNESCO. UNESCO memang sebuah organisasi di bawah PBB yang khusus mengelola situs warisan dari berbagai Negara.

Salah satu kawasan yang masuk dalam warisan dunia UNESCO adalah taman nasional. Indonesia memang terkenal memiliki banyak taman nasional yang dianugerahi pemandangan alam menawan serta aneka ragam flora dan fauna yang unik. Bahkan beberapa diantaranya hanya bisa ditemukan di Indonesia. Nah, jika kamu tertarik ingin menjelajahi taman nasional di Indonesia, berikut ini adalah 7 taman nasional Indonesia yang telah terdaftar dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

1. Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Indonesia yang Masuk Dalam Daftar UNESCO
goodnewsfromindonesia.id

Taman nasional Indonesia pertama yang masuk dalam daftar UNESCO adalah Taman Nasional Lorentz. Taman nasional yang berada di ujung timur Indonesia ini merupakan pintu gerbang menuju puncak tertinggi di Indonesia, yaitu puncak Cartenz.

Puncak Cartenz memang dikenal sebagai salah satu dari tujuh gunung tertinggi di dunia dan menjadi satu-satunya tempat di Indonesia dimana kita bisa melihat salju abadi dan gletser. Jika kamu tak ingin mendaki puncak tertinggi di Indonesia ini, kamu pun bisa menikmati indahnya kawasan Taman Nasional Lorentz dan menemukan berbagai wisata alam yang indah. Seperti danau, pantai, hingga menamukan ragam flora dan fauna yang menarik di taman seluas 2,4 juta hektar ini.

paket wisata termurah

Jalan-Jalan Ke Taman Nasional Baluran, Afrika-Nya Indonesia

Pesona Keindahan Pantai Teluk Ijo Yang Masih Perawan

2. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Indonesia  Dalam Daftar UNESCO
pegipegi.com

Taman nasional Indonesia yang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO selanjutnya adalah Taman Nasional Ujung Kulon. Taman Nasional Ujung Kulon ini berada di Provinsi Banten dan masuk dalam wilayah semenanjung Ujung Kulon.

Taman nasional ini dikenal sebagai tempat hidup salah satu binatang langka di dunia, yaitu badak bercula satu. Tak hanya bisa melihat badak, disini kamu juga bisa menemukan beragam pemandangan yang indah dan beberapa destinasi wisata yang menarik. Misalnya seperti hutan mangrove, hutan pantai, hutan rawa air, hutan hujan tropis dan padang rumput yang indah. Terlebih lagi, taman nasional ini juga dianugerahi dengan tiga pulau dengan pantai berpasir putih yang cantik, yaitu Pulau Peucang, Pulau Badul dan Pulau Handeleum.

3. Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Indonesia yang Masuk Dalam Daftar UNESCO
news.okezone.com

Taman Nasional Komodo juga menjadi salah satu taman nasional Indonesia yang masuk dalam daftar Situs Warisan UNESCO pada tahun 1991 silam. Taman nasional ini memiliki tiga pulau utama yaitu Pulau Komodo, Pulau Padar dan Pulau Rinca. Tak hanya ketiga pulau tersebut, ada juga pulau-pulau kecil di sekitanya yang memiliki pemandangan tak kalah indah.

Ketiga pulau utama dalam taman nasional ini menjadi tempat hidup atau habitat Komodo, yaitu kadal pemakan daging terbesar di dunia dan hanya hidup di Indonesia. Disini kamu tak hanya bisa melihat komodo dengan jarak dekat, kamu juga bisa menikmati pemandangan alam yang luar biasa dan pemandangan bawah laut yang pastinya memanjakan mata. Kamu bisa berkunjung ke Pulau Komodo ini dengan merogoh kocek sekitar Rp 75.000 per orang untuk tiket masuknya yang mana harga tersebut masih belum termasuk dengan ongkos sewa perahu.

4. Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Indonesia yang Masuk Dalam Daftar UNESCO
backpackerjakarta.com

Taman nasional Indonesia yang satu ini juga tak kalah terkenal dengan taman nasional Indonesia lainnya. Taman Nasional Kerinci Seblat dikenal sebagai taman nasional terbesar di Pulau Sumatera karena lokasinya mencakup empat provinsi, yaitu Provinsi Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi dan Sumatera Selatan. Taman nasional ini juga masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

Disini kamu bisa menemukan pemandangan bukit barisan yang megah dan indah, salah satunya adalah Gunung Kerinci. Gunung Kerinci memang menjadi salah satu dari Indonesia Seven Summit yang banyak menjadi tujuan para pendaki Indonesia. Tak hanya itu, gunung ini memang menjadi gunung tertinggi di Sumatera.

Bila kamu tidak ingin mendaki gunung, kamu pun bisa menikmati beragam destinasi wisata alam yang indah, seperti Danau Gunung Tujuh yang menjadi danau tertinggi di Asia Tenggara. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat bunga terbesar di dunia, yaitu Rafflesia Arnoldi.

5. Taman Nasional Sembilang

Taman Nasional Indonesia yang Masuk Dalam Daftar UNESCO
bisniswisata.co.id

Taman Nasional Sembilang menjadi salah satu taman nasional Indonesia yang cukup menarik untuk dikunjungi. Taman nasional ini berada di perbatasan Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Jambi yang mana didominasi oleh hutan dan terdiri dari beragam jenis hutan.

Taman Nasional Sembilang ini memiliki hutan rawa gambut, hutan tepian Sungai dan hutan rawa air tawar yang pemandangannya indah. Selain bisa menikmati indahnya alam, kamu juga bisa melihat berbagai spesies burung yang unik. Jika kamu berkunjung pada bulan Oktober, kamu akan menemukan kawanan burung yang sedang bermigrasi dari Siberia. Selain burung, kawasan pesisir dan hutan di Taman Nasional Sembilang ini menjadi tempat harimau Sumatera yang saat ini terkenal sebagai hewan langka dan terancam punah. Untuk itu, taman nasional ini masuk dalam salah satu daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

6. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Indonesia yang Masuk Dalam Daftar UNESCO
beritasatu.com

Taman nasional Gunung Leuser merupakan salah satu taman nasional Indonesia yang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Taman nasional ini berada di Prosinsi Aceh dan Sumatera dan dikenal sebagai wisata alam serta tempat pengamatan Orangutan Sumatera, tepatnya di Bukit Lawang.

Selain menjadi rumah bagi orangutan, Taman Nasional Gunung Leuser ini juga menjadi tempat pelatihan gajah yang lokasinya berada di Kawasan Tangkahan. Disini kamu bisa menunggangi gajah sekaligus memandikan gajah.

7. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman Nasional Indonesia
commons.wikimedia.org

Taman nasional Indonesia yang terakhir juga masih berada di Pulau Sumatera, yaitu Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Taman nasional ini dibuat sebagai tempat khusus konservasi dan perlindungan bagi gajah, badak dan harimau Sumatera. Hal tersebt dikarenakan jumlah populasi dari binatang tersebut berkurang dan terancam punah.

Selain masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO, taman nasional ini juga masuk dalam Global 200 Ecoregions yang dibuat oleh WWF untuk habitat air tawar, laut dan darat di bumi dari sudut pandang biologi. Tak heran jika berkunjung kesini kamu juga bisa menikmati indahnya pemandangan alam yang akan membuatmu betah berlama-lama disini. Jika kamu ingin berkunjung kesini, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan ini buka setiap hari mulai jam 07.00 sampai jam 16.00 dengan harga tiket masuk sebesar Rp 65.000 per orang.

Itulah tadi 7 daftar taman nasional Indonesia yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO yang wajib dikunjungi. Taman nasional mana nih yang paling pengen kamu kunjungi?



Leave a Reply