Pecinta Gunung, Kamu Wajib Nanjak di 7 Puncak Tertinggi di Sulawesi


prita  April 27, 2020  3 Comments

Pulau Sulawesi memang terkenal dengan keindahan laut dan pantainya. Tapi, jika ditelisik lebih jauh, Sulawesi juga memiliki banyak sekali wisata gunung atau puncak yang kerap menjadi tujuan pendakian terfavorit. Jika Anda gemar mendaki, rasanya tak boleh untuk melewatkan sederet puncak tertinggi di Sulawesi ini. Mana sajakah? Berikut adalah daftar puncak tertinggi di Sulawesi

1. Gunung Latimojong

gunung latimojong
kompasiana.com

Puncak tertinggi di Sulawesi yang satu ini juga masuk dalam salah satu daftar kategori seven summit of Indonesia, yaitu Gunung Latimojong. Gunung Latimojong memiliki ketinggian 3.478 meter diatas permukaan laut yang disebut sebagai Puncak Rantemario.

Titik awal pendakian Gunung Latimojong ini adalah melalui Desa Karangan yang jalurnya bisa diakses dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Desa ini juga menjadi pos registrasi sebelum mendaki puncak Rantemario. Untuk menuju ke puncak, Anda harus melewati 8 pos dimana setiap pos bisa ditempati sebagai tempat istirahat dan mendirikan tenda. Tak hanya itu, Anda juga bisa menemukan sumber air di pos 2, 5 dan 7.

Gunung Latimojong menyajikan pemandangan yang sangat luar biasa dari ketinggian. Lelahnya perjalanan selama 15 jam tentu akan langsung terbayar dengan keindahan yang disuguhkan didepan mata.

Gotravelly

Menjelajah Sulawesi Bagian Utara, Wajib Banget Ke Danau Linow

Wisata Pemandian Laut Dan Panorama Matahari Terbenam Di Katobengke Cliffs

2. Gunung Simbolong

gunung simbolong
amberasima.wordpress.com

Puncak tertinggi di Sulawesi yang kedua adalah Gunung Simbolong atau Buntu Simbolong. Gunung ini berada di wilayah kecamatan Masalle, kabupaten Enrekang, Desa Batu Ke’de. Puncak gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.054 dengan pemandangan yang sangat luar biasa.

Gunung Simbolong selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari Enrekang bahkan hingga dari luar kabupaten Enrekang. Gunung Simbolong dicintai oleh wisatawan karena memiliki pemandangan awan yang indah, seolah membuat Anda berada diatas awan. Tak hanya itu, Anda juga bisa menikmati keindahan sunrise dan sunset dari atas puncaknya.

Tak hanya itu, sejauh mata memandang Anda akan disuguhkan perkebunan dan hutan serta bukit batu yang sangat cantik. Banyak perkampugan penduduk yang juga bisa Anda nikmati dari ketinggian. Untuk menikmati pemandangan disini, Anda pun tak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk mendaki. Tak heran jika Gunung Simbolong ini cocok bagi pendaki pemula.

3. Gunung Tolangi Balease

Gunung Tolangi Balease
latimojong.wordpress.com

Gunung Tolangi Balease berada di Desa Bantimurung, Kecamatan Bone-Bone, Kabupaten Luwu Utara. Gunung ini dikenal sebagai salah satu puncak tertinggi di Sulawesi karena memiliki ketinggian hingga 3.016 meter diatas permukaan laut.

Gunung Tolangi Balease dikenal sebagai gunung yang memiliki jalur pendakian yang panjang dan tanjakan yang sulit. Tak hanya itu, gunung ini juga sangat minim sumber air bersih sehingga setiap pendaki yang ingin berkunjung harus membawa ekstra tempat air.

Gunung ini memiliki 7 pos pendakian dan juga hutan lumut yang sangat indah. Gunung Tolangi Balease ini berupa hamparan pegunungan yang sangat luas dan mencakup 6 kabupaten hingga di perbatasan Sulawesi Tengah. Tolangi dan Balease adalah nama puncak dari gunung ini yang memiliki ketinggian berbeda.

4. Gunung Bawakaraeng

Gunung Bawakaraeng
travelingyuk.com

Gunung Bawakaraeng ini berada di Kabupaten Gowa dengan tinggi mencapai 2.700 meter diatas permukaan laut. Gunung ini juga menjadi salah satu puncak tertinggi di Sulawesi dan juga dikenal sebagai titik terdingin di Sulawesi Selatan.

Jalur pendakian gunung ini memang dikenal cukup terjal dan tak mudah dilalui, namun hal inilah yang menjadikan gunung ini sangat menarik untuk didaki. Disini Anda bisa mengunjungi Lembah Ramma yang merupakan dataran luas dengan pemandangan bukit hijau yang menyejukkan mata. Dari atas puncak gunung ini juga Anda bisa menikmati lautan awan yang cantik.

Gunung ini memang memiliki sejumlah mitos dan cerita mistis, namun tentu tak menyurutkan keinginan para pendaki untuk menaklukan gunung ini. Terbukti dengan banyaknya pengunjung setiap harinya yang mendaki untuk menikmati keindahan alam dari puncaknya.

5. Gunung Sikolong

Gunung Sikolong
travelingyuk.com

Puncak tertinggi di Sulawesi selanjutnya adalah Gunung Sikolong. Gunung ini berada di sekitaran Pegunungan Latimojong, tepatnya di perbatasan Kabupaten Luwu dan Kabupaten Tana Toraja. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 2.754 dan terkenal memiliki jalur pendakian yang ekstrim untuk mencapai puncaknya.

Hal menarik dari Gunung Sikolong ini adalah puncaknya yang merupakan sebuah batu setinggi 30 meter dengan lebar 7 meter. Hal inilah yang membuat gunung ini menjadi sangat sulit untuk didaki dan cukup mengerikan untuk mencapai puncaknya. Terlebih lagi jika semakin keatas batunya akan semakin mengecil dengan posisi condong ke arah barat.

Untuk memulai jalur pendakiannya, ada beberapa rute yaitu melalui Desa Tabang dan Desa Rante Kabupaten Luwu, Desa Kumila di Kabupaten Luwu, Desa Roni dan Desa Uluwai di Kabupaten Tana Toraja dan Desa Karangan di Kabupaten Enrekang. Namun, jalur yang terkenal cukup aman dan tercepat untuk menuju puncaknya adalah dengan melalui Desa Uluwai, Kecamatan Mingkendek, Kabupaten Tana Toraja.

6. Gunung Bulusaraung

Gunung Bulusaraung
bizlaw.id

Gunung Bulusaraung juga menjadi salah satu puncak tertinggi di Sulawesi yang tak boleh Anda lewatkan. Mendaki gunung ini sangat cocok bagi Anda yang merupakan pendaki pemula karena gunung ini hanya memiliki ketinggian 1.535 diatas permukaan laut. Meskipun tak setinggi gunung-gunung lainnya yang ada di Sulawesi, tapi gunung ini menyuguhkan tantangan dan pengalaman mendaki yang tak akan terlupakan.

Gunung Bulusaraung ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung yang terkenal dengan habitat berbagai jenis kupu-kupu. Berlokasi di Desa Tompio Bulu, Kecamatan Balocci, Kabupaten Pangkep, gunung ini juga menjadi lokasi pendakian favorit. Meskipun ketinggiannya tidak terlalu mencolok, namun mendaki gunung ini tidaklah mudah.

Menariknya, sepanjang jalur pendakian menuju puncak Gunung Bulusaraung, Anda bisa menemukan berbagai macam jenis tumbuhan mulai dari Pohon Kemiri, Pohon Rotan dan Kelapa. Tak hanya tumbuhan, Anda juga bisa bertemu dengan beberapa fauna khas seperti musang, kera hitam dan tentu saja kupu-kupu.

7. Gunung Bambapuang

 Gunung Bambapuang
organisasipecintaalambumi.blogspot.com

Puncak tertinggi di Sulawesi yang terakhir adalah Gunung Bambapuang. Gunung setinggi 1.021 meter diatas permukaan laut ini berada di Desa Bambapuang, Kabupaten Enrekang dan lebih dikenal sebagai Buntu Kabobong.

Gunung ini memiliki bentuk seperti tebing batu dan kerap dijadikan sebagai tempat latihan mountain climbing. Gunung Bambapuang ini memang tidak terlalu tinggi dan bisa didaki hanya dalam kurun waktu beberapa jam saja, namun tetap saja butuh stamina yang fit untuk mencapai puncaknya.

Setelah tiba dipuncaknya, tentu Anda akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa cantiknya sehingga semua lelah selama perjalanan akan menguap. Gunung ini juga cocok dikunjungi bila Anda merupakan pendaki pemula karena untuk menuju puncaknya Anda tak perlu terus berjalan kaki, ada jasa ojek yang siap mengantar Anda menuju jalur awal pendakian.

Mendaki ke puncak tertinggi di Sulawesi tentunya akan menjadi sebuah pencapaian yang membanggakan. Tak hanya itu, aktivitas mendaki juga menjadikan pengalaman liburan Anda lebih berkesan. Namun, sebelum melakukan pendakian ke puncak tertinggi di Sulawesi ini jangan lupa untuk siapkan stamina yang fit dan memahami rutenya agar tidak tersesat. Selamat berlibur.



Leave a Reply

3 Comments
  1. ams says:

    Inimah 7 gunung tertinggi di Sulawesi Selatan. Kaya Gandang dewata, Mekonggo, Sojol kayanya lebih tinggi dr Bulusaraung

  2. Murdiono says:

    Masih ada Gunung Gandangdewata, min