Mengerikan, Inilah 7 Pulau Berhantu di Indonesia


Fida  November 8, 2022  0 Comment

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara kepulauan yang memiliki banyak pulau dengan pemandangan indah dan menakjubkan. Tahukah kamu bahwa di Indonesia juga terdapat pulau horor atau yang dikenal berhantu? Bagi kamu yang ingin menguji nyali, tidak ada salahnya jika kamu datang ke beberapa pulau berhantu di Indonesia berikut ini. 

1. Pulau Onrust

pulau onrust
dream.co.id

Jika ingin mengunjungi salah satu pulau berhantu di Indonesia, tidak ada salahnya jika kamu datang ke Pulau Onrust. Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan pulau yang satu ini bukan? Pulau Onrust merupakan salah satu pulau yang terletak di kawasan Kepulauan Seribu. Pulau yang satu ini sempat menjadi sanatorium TBC dan juga pusat karantina jamaah haji pada tahun 1911 – 1933. Setelah itu, Pulau Onrust digunakan sebagai lokasi tawanan para pemberontak pada Kejadian Kapal Tujuh. 

Pulau ini dikenal angker dan berhantu, salah satunya karena adanya makam Maria van de Velve. Maria van de Velve adalah noni Belanda yang meninggal pada tahun 1721 dan konon noni tersebut meninggal karena bunuh diri. Sejak saat itu, arwah Maria van de Valve dipercaya sering bergentayangan di kawasan pulau. 

Terdapat banyak cerita dan mitos mengenai Pulau Onrust yang dipercaya oleh masyakarat. Pengunjung yang datang juga harus mematuhi beberapa peraturan yang ada. Salah satu contoh peraturan yang harus dipatuhi sebelum datang ke pulau ini adalah pengunjung dilarang mengenakan pakaian berwarna merah. Jika melanggar, maka tidak menutup kemungkinan bahwa kamu akan menjumpai hantu atau penampakan di pulau ini. 

Gotravelly

The Amazing Batu Screet Zoo, Kebun Binatang Modern Dengan Banyak Wahana Di Kota Batu

Makan Ramen Dengan Suasana Khas Jepang Di Sendai Ramen Madiun

2. Pulau Galang

pulau galang
batamnews.co.id

Bagi kamu yang ingin menguji nyali, Pulau Galang merupakan salah satu pulau berhantu di Indonesia yang bisa kamu datangi. Pulau yang satu ini terletak di kawasan Kepulauan Riau. Pada tahun 1976 – 1996, Pulau Galang menjadi lokasi untuk mengungsi bagi ribuan tentara Vietnam pada perang Vietnam kala itu. Pulau yang satu ini juga menjadi tempat pembunuhan keji sehingga tidak heran jika dikenal angker dan berhantu hingga saat ini. 

Selain pembunuhan, beberapa pengungsi juga melakukan aksi bunuh diri di Pulau Galang. Beberapa tragedi menyedihkan tersebut menjadikan Pulau Galang diselimuti aura mistis. Tidak sedikit wisatawan atau nelayan yang menjumpai adanya penampakan di pulau ini. Penampakan yang paling sering terlihat adalah penampakan tentara di pinggir pantai yang melambaikan tangan. Mengerikan bukan?

Meskipun begitu, Pulau Galang berhasil menarik perhatian wisatawan, khususnya pecinta wisata horor. Saat berada di kawasan Kepulauan Riau, beranikah kamu untuk datang dan menyusuri Pulau Galang?

3. Pulau Nusa Barong

pulau nusa barong
laros.id

Beberapa dari kamu mungkin sudah tidak asing dengan sebutan Pulau Nusa Barong. Pulau yang satu ini dikenal indah dengan pemandangan alamnya yang menakjubkan. Tetapi di balik keindahannya, siapa sangka jika Pulau Nusa Barong juga dikenal sebagai salah satu pulau berhantu di Indonesia?

Berada di sebelah selatan Pulau Jawa, tepatnya di Jember, Jawa Timur, pulau ini kini hanya dihuni oleh beberapa penduduk saja. Dulunya pulau ini dihuni oleh banyak penduduk, sebelum akhirnya dijajah oleh Belanda. 

Setelah penjajahan, pulau ini kemudian menjadi sepi dan dikenal angker. Masyarakat sekitar juga mempercayai bahwa Pulau Nusa Barong dihuni oleh seekor ular raksasa. Ular tersebut kerap dikunjungi oleh mereka yang ingin memperdalam ilmu hitam. Cukup mengerikan, ya?

4. Pulau Kembang

pulau kembang
lifesyle.sindonews.com

Ada cukup banyak pilihan pulau berhantu di Indonesia yang populer, salah satunya adalah Pulau Kembang. Pulau yang satu ini berlokasi di kawasan Sungai Barito, Kalimantan Selatan. Bagi kamu yang ingin menguji nyali, pulau misterius ini dapat menjadi tujuan tepat untuk kamu datangi. 

Pulau Kembang yang dikenal menjadi habitat dari monyet ekor panjang ini juga sekaligus menjadi tempat tinggal bagi beberapa bekantan. Masyarakat setempat percaya bahwa pulau ini terbentuk dari tenggelamnya kapal perang Belanda jaman dahulu. Tidak hanya itu, monyet dan bekantan yang ada di pulau ini juga dipercaya merupakan prajurit yang telah dikutuk oleh penunggu pulau. Sangat menyeramkan bukan? 

Meskipun dikenal mengerikan, tetapi tidak sedikit wisatawan yang penasaran dan ingin mengunjungi pulau ini. Bagi kamu pecinta tempat wisata horor, Pulau Kembang juga menjadi lokasi yang menarik untuk kamu datangi. 

5. Pulau Cipir

pulau cipir
travel.detik.com

Beberapa dari kamu mungkin masih asing dengan sebutan Pulau Cipir. Pulau Cipir merupakan salah satu pulau yang terletak di kawasan Kepulauan Seribu. Pulau yang kini dikenal sebagai salah satu pulau berhantu di Indonesia, dulunya sempat dijadikan sebagai tempat karantina bagi para penderita kusta. Oleh karena itu, tidak heran jika di Pulau Cipir banyak bangunan rumah sakit terbengkalai yang tampak angker. 

Tidak hanya wisatawan, masyarakat setempat juga banyak mengalami kejadian horor dan menyeramkan di pulau ini. Salah satunya adalah, konon kerap terdengar suara tangisan dan rintihan. Suara meminta tolong dan kesakitan tentu sangat menyeramkan untuk didengar. Beranikah kamu untuk menguji nyali dengan datang ke Pulau Cipir? 

6. Pulau Tidung Kecil

pulau tidung kecil
pulautidungpaket.com

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang menawarkan banyak pulau indah. Namun tahukah kamu jika terdapat juga pulau berhantu di Indonesia? Salah satu pulau yang dikenal angker dan mistis adalah Pulau Tidung Kecil. Pulau yang satu ini dapat dikunjungi di kawasan Kepulauan Seribu, Jakarta. 

Terdapat cerita yang beredar mengenai Pulau Tidung Kecil yakni konon katanya dulu ada seorang raja Suku Tidung yang diasingkan ke pulau ini. Raja Pandita diasingkan oleh Belanda dan menjadi penduduk satu satunya di Pulau Tidung. Tidak lama setelah itu, datanglah seorang petuah yakni Panglima Hitam dan mereka menghabiskan sisa hidup di Pulau Tidung .

Setelah raja dan panglima meninggal, kedua tokoh tersebut juga dimakamkan di Pulau Tidung Kecil. Sejak saat itu, Pulau Tidung Kecil dikenal sepi, gelap, dan angker. Konon sang raja dan panglima kerap menampakkan diri di pesisir Pulau Tidung Kecil. Beranikah kamu untuk mengunjunginya? 

7. Pulau Kelor

pulau kelor
ggwp.id

Satu lagi pulau berhantu di Indonesia yang menyeramkan dan wajib kamu ketahui yakni Pulau Kelor. Pulau yang satu ini juga terletak di kawasan Kepulauan Seribu, Jakarta. Menurut cerita yang beredar, konon Pulau Kelor menjadi pemakaman bagi para tentara yang gugur pada Perang Dunia 2. Di pulau ini, kamu juga dapat menjumpai adanya Benteng Martello yang merupakan peninggalan VOC. 

Saat Gunung Krakatau meletus pada 1883, hal itu menyebabkan kehancuran pada benteng di Pulau Kelor. Hampir semua penghuni tewas dan sejak saat itu pulau ini dianggap angker. Kerap terdengar suara hentakan kaki tentara di area bekas benteng. Mengerikan bukan? 

Nah, itulah daftar 7 pulau berhantu di Indonesia yang populer dan dikenal menyeramkan. Dari daftar pulau di atas, cerita dari pulau manakah yang paling mengerikan? 



Leave a Reply