7 Makanan Khas Magetan, Enaknya Kebangetan


Fida  July 22, 2022  0 Comment

Magetan dikenal sebagai salah satu daerah di Jawa Timur yang menawarkan banyaknya tempat wisata serta kuliner lezat. Tidak hanya populer dengan adanya wisata Telaga Sarangan, Magetan juga menawarkan berbagai makanan khas yang sayang untuk kamu lewatkan. Kamu dapat mencoba berbagai makanan mulai dari camilan hingga makanan berat saat ada di Magetan. Tidak perlu bingung, inilah 7 rekomendasi makanan khas Magetan yang menarik untuk kamu coba.

1. Tepo

tepo
anekaresepmasakantahu.web.app

Pernahkan kamu mendengar sebutan makanan tepo? Tepo dikenal sebagai salah satu makanan khas Magetan yang menarik untuk kamu coba. Makanan yang satu ini disajikan dengan berbagai isian diantaranya potongan lontong serta sayur-sayuran. Sayur-sayuran yang disajikan dalam 1 porsi tepo antara lain kangkung, kol, tauge, dan sayur bayam.

Selain dikenal lezat, tepo khas Magetan juga dikenal menyehatkan. Adanya tambahan irisan tahu yang disajikan di atas tepo menjadikan makanan yang satu ini kerap disebut sebagai tepo tahu. Karena dibuat menggunakan bahan-bahan yang mudah dijumpai, tidak heran jika makanan yang satu ini banyak dipilih untuk dibuat sendiri di rumah.

Tepo tahu disajikan dengan kuah yang memiliki cita rasa unik. Kuah khas tepo tahup dibuat dari berbagai bahan seperti kacang tanah goreng, bawang putih, cabai, serta garam. Tidak lupa tambahan air gula dan kecap yang menjadikan kuliner ini semakin menggugah selera. Saat berkunjung ke Magetan, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu dan mencoba lezatnya tepo tahu.

Gotravelly

Rujakk Nyampleng : Cafe Rujak Terlengkap Anti Musiman Di Magetan!

Ing Lathi Coffee, Cafe Baru Yang Ada Di Kaki Gunung Lawu Magetan. Viewnya Juara!

2. Ayam Panggang Gandu

ayam panggang gandu
kompasina.com

Rekomendasi makanan khas Magetan berikutnya yang tidak kalah menarik untuk kamu coba adalah ayam panggang gandu. Kuliner yang satu ini sudah sangat populer dan dapat kamu coba di kawasan Desa Gandu, Magetan. Proses pemanggangan ayam yang masih menggunakan cara tradisional tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Ayam panggang gandu diolah dengan cara memanggang ayam di atas tungku tanah liat dengan menggunakan kayu sebagai pembakar. Selain menawarkan tekstur daging ayam dengan tingkat kematangan yang pas, ayam panggang gandu juga dikenal memiliki rasa lezat dan bumbunya meresap hingga ke dalam.

Di kawasan Desa Gandu, kamu dapat memilih salah satu dari banyaknya penjual ayam panggang gandu. Salah satu tempat yang populer adalah Ayam Panggang Bu Setu Gandu. Lezatnya ayam dengan cita rasa khas yang satu ini tentu sayang untuk kamu lewatkan saat datang ke Magetan.

3. Sate Kelinci khas Magetan

sate kelinci
gotravelly.com

Kabupaten Magetan dikenal dengan salah satu tempat wisata yang populer yakni Telaga Sarangan. Selain menyusuri tempat wisata, tidak ada salahnya jika kamu mencoba salah satu makanan khas Magetan yakni sate kelinci. Sate kelinci menjadi kuliner yang mudah dijumpai di kawasan Telaga Sarangan.

Sate kelinci biasa disajikan bersama dengan potongan lontong serta bumbu dengan cita rasa yang khas. Hidangan yang satu ini biasa dijual dengan harga berkisar Rp 15.000,- per porsi. Saat mencoba sate kelinci, kamu tentu dapat merasakan tekstur daging yang khas dan berbeda dengan daging lainnya.

Sate kelinci sangat cocok dinikmati oleh semua kalangan dan kamu akan dibuat ketagihan setelah mencobanya. Menikmati lezatnya sate kelinci dengan suguhan indahnya pemandangan alam Telaga Sarangan tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Berani mencoba uniknya sate kelinci saat datang ke Magetan?

4. Sate Jamur khas Magetan

Makanan Khas Magetan
kataomed.com

Tidak hanya sate kelinci, sate jamur juga menjadi rekomendasi makanan khas Magetan berikutnya yang bisa kamu coba. Sesuai dengan namanya, buat menggunakan bahan utama jamur. Seperti sate pada umumnya, sate jamur juga disajikan bersama dengan bumbu kacang di atasnya.

Tidak hanya dikenal memiliki cita rasa lezat, sate jamur juga memiliki manfaat baik bagi tubuh. Kamu dapat menjumpai lezatnya sate jamur di beberapa daerah atau tempat wisata di Magetan. Sate yang satu ini diminati oleh cukup banyak kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Selain cocok untuk dinikmati langsung, sate jamur juga biasa disajikan bersama dengan nasi atau lontong. Sate jamur tidak hanya populer di kalangan masyarakat lokal Magetan, tetapi juga berhasil menarik minat wisatawan untuk mencobanya. Menarik sekali bukan?

5. Pecel Pincuk Magetan

pecel pincuk
food.detik.com

Saat ingin mencoba salah satu lezatnya makanan khas Magetan, kamu dapat menikmati pecel pincuk. Pecel pincuk untuk menjadi kuliner yang sudah tidak asing dan dapat dijumpai di beberapa daerah di Indonesia. Yang membedakan pecel pincuk Magetan dengan pecel lainnya adalah pada bumbu kacangnya.

Sesuai dengan namanya, pecel pincuk Magetan biasa disajikan dengan wadah pincuk yang dibuat dari daun pisang. Selain memberi kesan alami, pecel pincuk yang disajikan dengan wadah daun pisang juga memiliki sensasi yang berbeda.

Pecel pincuk dapat dengan mudah dijumpai di beberapa daerah di Magetan. Kamu juga tidak perlu khawatir karena makanan yang satu ini biasa dijual dengan harga yang terjangkau. Pecel pincuk sangat cocok kamu pilih sebagai rekomendasi sarapan enak di Magetan. Menarik sekali ya?

6. Ayam Tulang Lunak

ayam tulang lunak
masakapahariini.com

Tidak perlu bingung menentukan pilihan makanan khas Magetan yang bisa kamu coba, kamu dapat menikmati lezatnya sajian ayam tulang lunak. Salah satu tempat yang dapat kamu kunjungi untuk mencoba lezatnya ayam tulang lunak adalah di Rumah Makan Pringgondani.

Sesuai dengan namanya, ayam tulang lunak menyajikan ayam dengan tulang yang lunak dan dapat dikonsumsi. Sajian ayam yang diolah menggunakan berbagai bumbu khas ini menghasilkan cita rasa lezat dan menggugah selera. Menikmati lezatnya sajian ayam tulang lunak bersama dengan satu porsi nasi hangat tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba saat datang ke Magetan.

7. Jerangking

jeranging
firmankasan.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan jerangking? Jerangking merupakan salah satu makanan khas Magetan. Makanan yang satu ini sudah cukup populer dan tidak hanya disukai oleh masyarakat lokal, tetapi juga kerap diburu oleh wisatawan.

Jerangking merupakan camilan yang dibuat menggunakan bahan utama beras ketan. Karena dikenal awet dan mampu bertahan lama, tidak jarang jerangking diburu wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Selain dijual dengan kemasan yang praktis, kamu juga dapat membeli Jerangking dengan harga yang terjangkau. Cemilan khas Magetan yang satu ini tentu sayang untuk kamu lewatkan.

Nah, itulah daftar 7 rekomendasi makanan khas Magetan yang populer dan menarik untuk kamu coba. Dari 7 rekomendasi di atas, makanan khas Magetan manakah yang paling ingin kamu coba?



Leave a Reply