7 Gunung Berapi di Nusa Tenggara Dengan Keindahan Luar Biasa


sisil angelin  May 31, 2021  0 Comment

Indonesia memang membuat siapa saja kagum dari pantai, air terjun, sungai, danau, hutan, dan gunung juga menjadi daya tarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia. Namun kali ini GoTravelly bakalan bahas beberapa Gunung berapi yang ada di Kepulauan Nusa Tenggara yang terbagi dari 3 Provinsi yaitu Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Bali. Tenyata Kepulauan Nusa Tenggara ini memiliki banyak sekali gunung berapi yang ganas, menyeramkan, inda, dan cocok banget untuk kalian yang suka berpetualang. Jadi tunggu apalagi yuk simak artikel kali ini, dan pastikan kalian juga menjelajahi beberapa gunung yang menakjubkan ini guys! Daripada penasaran langsung aja yuk simak artikel Gunung Berapi di Nusa Tenggara

1. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani
bisnis.tempo.co

Gunung Rinjani memang sangat terkenal di Indonesia, dan gunung berapi ini masih aktif di Indonesia. Jadi Gunung Rinjani ini memiliki ketinggian sekitar 3.726 meter berada di Pulau Lombok, dan menjadi Gunung Api tertinggi kedua di Indonesia. Gunung Rinjani menawarkan pemandangan danau kawah yang diberi nama Segara Anak yang berada diketinggian 2.000 meter dengan kedalaman danau kawah sedalam 200 meter, dan pemandangan yang ada di Gunung Rinjani memang tidak perlu diragukan lagi Gunung Rinjani ini memang sangat mengagumkan. Kalian akan dimanjakan dengan pemandangan pegunungan, kawah, dan pepohonan hijau dikawasan Gunung Rinjani menambah keindahan alam yang ada di Gunung Rinjani. memang untuk mendaki Gunung Rinjani ini cukup extrime, dan melelahkan. namun semua ini akan terbayar dengan view Gunung Rinjani yang eksotik. Destinasi wisata yang satu ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Lombok, jadi jangan lewatkan untuk hiking ke Gunung Rinjani ya!

gotravelly

Sembalun Surga Tersembunyi Di Pulau Lombok

Kuta Mandalika, Wisata Yang Harus Ada Di List Kamu Saat Di Lombok

2. Gunung Tambora

Gunung Tambora
kumparan.com

Jika berada di Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Barat maka jangan lewatkan untuk mampir ke Gunung Tambora yang memiliki ketinggian 4.300 meter, dan Gunung Tambora ini pernah meletus pada tahun 1815 sehingga membuat puncak gunung di Gunung Tambora ini hilang, dan kini Gunung Tambora hanya memiliki ketinggian sekitar 2.850 meter saja. Padahal dulu Gunung Tambora ini menjadi puncak tertinggi di Indonesia loh! Namun sangat disayangkan letusan gunung vulcanik di Gunung Tambora ini sangat besar, dan dahsyat saking besarnya letusan Gunung Tambora ini terdengar hingga Pulau Sumatra yang memiliki jarak sekitar 2 ribu km dari Pulau Sumbawa. Jad Gunung Tambora ini termasuk gunung berapi yang aktif di Nusa Tenggara yang menakjubkan, dan pemandangan alam yang ada dikawasan Gunung Tambora juga masih terlihat masih asri.

3. Gunung Sirung

Gunung Sirung
wadaya.rey1024.com

Gunung Sirung menjadi salah satu gunung berapi yang aktif berada di Pulau Pantar Nusa Tenggara Timur, dan memiliki kawah yang indah. Gunung Sirung ini pernah meletus pada tahun 1970, dan terakhir 2012. Hingga saat ini Gunung Sirung ini masih aktif dan pemandangan yang ada di Gunung Sirung memang sangat indah. membuat siapa pun takjub dengan view indah yang ada di Gunung Sirung.

4. Gunung Kelimutu

Gunung Kelimutu
travelkompas.com

Gunung Berapi yang kita bahas diurutan keempat ini memang sangat populer di Indonesia, dan Gunung Kelimutu ini berada di Pulau Flores Nusat Tenggara Timur. Jadi Gunung ini memiliki Danau Kelimutu yang termasuk dikawasan Taman Nasional Kelimutu ini yang memiliki pemandangan sangat mengagumkan. Karena danau ini memiliki tiga warna, dan memiliki makna disetiap warnanya. Danau yang pertama berwarna biru yang diberi nama Tiwu Nuwa Muri Koo Fai (Jiwa muda yang meninggal, dan berkumpul) sedangkan warna merah diberi nama Tiwu Ata Polo (termpat jiwa-jiwa orang yang selama hidup melakukan kejahatan), dan yang terakhir adalah warna Putih diberi nama Tiwu Ata Mbupu (tempat jiwa-jiwa orang tia yang sudah meninggal). Danau Kelimutu yang memiliki beraneka legenda ini juga menjadi tempat tinggal monyet, dan monyet-monyet ini biasanya hidup disekitar tebing-tebing yang ada di Danau Kelimutu. Jadi untuk kalian yang berkunjung ke Pulau Flores Nusa Tenggara Timur jangan lewatkan untuk mampir ke Gunung Kelimutu yang memiliki danau indah ini ya!

5. Gunung Sangeang Api

 Gunung Sangeang Api
barefoot-cruising-indonesia.com

Gunung Sangeang Api ini adalah gunung api yang masih aktif di Pulau Sangeang Nusa Tenggara Barat, dan Gunung Sangeang Api ini menjadi salah satu gunung yang masih aktif di Kepulauan Nusa Tenggara. Letusan pertama terjadi pada tahun 1512, dan pada tahun 1989 Gunung Sangeang Api ini meletus sebanyak 17 kali sehingga membuat beberapa penduduk yang tinggal didekat Gunung Sangeang Api ini dipindahkan pemerintah ke tempat yang aman agar tidak terkenal letusan Gunung Sangeang Api. Namun meskipun Gunung Sangeang Api ini terlihat extrime, dan menyeramkan pemandangan yang ada di Gunung Sangeang Api ini ternyata sangat menakjubkan loh! Jadi Gunung Sangeang Api ini memiliki pemandangan pegunungan, dan hutan yang masih asri.

6. Gunung Egon

Gunung Egon
sinarharapan.net

Gunung Egon ini berada di Pulau Flores Nusa Tenggara Timur, dan Gunung Egon ini menjadi gunung aktif di Kepulauan Nusa Tenggara. Gunung Egon pernah meletus pada tahun 1925 dengan ledakan yang dahsyat, dan pada tahun 2004 Gunung Egon ini terjadi tanah longsor serta gunung meletus sehingga membuat warga dikawasan Gunung Egon ini di evakuasi bahkan ada yang meninggal loh! Sehingga Gunung Egon ini sering disebut gunung berapi dengan level waspada di Indonesia. Jadi Gunung Egon ini sangat bahaya, dan tidak banyak pendaki yang berani mendaki Gunung Egon.

7. Gunung Rokatenda

Gunung Rokatenda
nasional.tempo.co

Gunung berapi yang ada diurutan terakhir ini ada Gunung Rokatenda, dan Gunung Rokatenda ini berada di Pulau-e Nusa Tenggara Timur. Gunung Rokatenda ini pernah meletus sangat dasyat ditahun 1928, dan letusan Gunung Rokatenda ini menyebabkan gempa bumi serta tsunami. hanya dengan 7 menit Gunung Rokatenda ini meletus bisa menyemburkan asap 2 kilometer keudara, dan karena letusan ini menyebabkan beberapa penduduk banyak yang meninggal dipulau ini. Jadi Gunung Rokatenda ini sangat berbahaya di Indonesia, dan meskipun Gunung Rokatenda ini berbahaya dengan gunung berapinya yang menyeramkan. Namun tidak membuat penduduk dipulau ini pergi, dan mereka hingga saat ini masih terbiasa dengan aktifitas Gunung Rokatenda yang aktif. Jadi kalian berani gak nih mampir ke Gunung Rokatenda?

Itulah 7 Gunung berapi di Nusa Tenggara yang extrime, indah, dan pastinya membuat siapa saja takjub dengan keindahannya. Jadi untuk kalian yang belum menjelajahi beberapa Gunung Berapi diatas wajib banget nih menjelajahi 7 Gunung berapi di Nusa Tenggara yang ada diatas, dan sebelum mendaki pastikan kalian juga tau banyak informasi tentang gunung berapi yang ingin kalian kunjungi itu. Semoga info ini bermanfaat untuk kalian yang ingin mendaki dibeberapa gunung berapi yang ada diatas ya!



Leave a Reply