10 Gunung Terangker di Indonesia Memiliki Cerita Mistis Menakutkan


Reni  August 28, 2019  0 Comment

Bagi kalian yang suka mendaki gunung, pastinya sudah tidak heran lagi kalau di setiap tempat di gunung pasti punya sisi mistis. Bahkan tidak jarang dari mereka yang gemar mendaki gunung sering mengalami hal-hal aneh selama pendakian. Gunung terangker di Indonesia ini bahkan menadi favorit pendakian.
Indonesia sendiri dikenal memiliki barisan gunung berapi yang masih aktif maupun yang sudah ‘mati’. Tidak hanya di Pulau Jawa, ada beberapa gunung cantik yang kerap menjadi tempat favorit pendakian di luar Pulau Jawa. Dari banyaknya gunung di Indonesia ini, hampir semuanya punya cerita misteri dan dipercaya dihuni oleh makhluk halus.


1. Gunung Salak

Gunung Salak
image credit : @firly_ardian


Gunung yang berada di Jawa Barat ini memang sudah lama dikenal cukup angker. Gunung Salak punya beberapa puncak seperti Puncak Salak I dan Puncak Salak II. Konon, yang membuat gunung menjadi angker adalah adanya makam Mbah Gunung Salak yang ada di puncak tertinggi Gunung Salak yaitu Puncak Salak I yang tingginya mencapai 2211 meter diatas permukaan laut.


Gunung Salak semakin dikenal angker setelah kejadian jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 pada tahun 2012 silam yang menewaskan seluruh penumpang dan awak kapalnya. Dan tidak hanya pesawat Sukhoi Superjet 100 ini saja yang pernah jatuh di Gunung Salak, namun ada beberapa pesawat lain hingga pendaki gunung yang tewas disini.\

Gotravelly

Merinding Disco Di Museum Kematian

Danau Kastoba Salah Satu Paradisenya Pulau Bawean


2. Gunung Cikuray

Gunung Cikuray
image credit : @_ehamz


Masih seputaran gunung di Jawa Barat, selain Gunung Salak ada Gunung Cikuray yang juga dikenal sebagai gunung angker di Indonesia. Gunung Cikuray merupakan salah satu gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggiannya mencapai 2818 meter diatas permukaan laut. Sama halnya dengan Gunung Salak, Gunung Cikuray juga punya makam keramat yang dipercaya sebagai sesepuh Cikuray.
Gunung Cikuray memiliki salah satu puncak yang bernama Puncak Bayangan dimana katanya sering kali terjadi kejadian aneh yang dialami oleh pendaki. Saat menjelang petang, mereka kerap melihat sosok perempuan misterius berbaju putih dengan wajah gelap yang menatap tajam para pendaki.


3. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai
image credit : @wapru


Gunung Ciremai dikenal sebagai gunung dengan pemandangan eksotis oleh banyak pendaki di Indonesia. Gunung setinggi 3.078 meter diatas permukaan laut ini juga punya cerita seram dan dikenal cukup angker. Salah satu spot yang dikenal cukup angker adalah Lintasan Kuburan Kuda.
Lintasan Kuburan Kuda adalah sebuah jalan yang menuju puncak yang katanya sering kali terdengar suara langkah kaki kuda, padahal kenyataannya sama sekali tidak ada kuda yang melintas disana. Konon, suara langkah kuda tersebut adalah arwah kuda dan prajurit Jepang yang tewas pada masa penjajahan. Tidak hanya itu, Gunung Ciremai dikenal angker karena menurut cerita gunung ini merupakan tempat pembuangan mayat para romusha oleh tentara Jepang.


4. Gunung Merapi

Gunung Merapi
image credit : @folk.jogja


Gunung Merapi yang berlokasi diantara Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta ini memang sudah lama dikenal sebagai salah satu gunung keramat di Indonesia. Gunung Merapi memang adalah salah satu gunung api paling aktif di Indonesia yang menyimpan banyak sekali kisah mistis. Salah satu cerita misteri yang cukup terkenal adalah konon di Kawah Merapi ini ada istana makhluk ghaib yang dulunya kerajaan ghaib ini pernah membantu Kerajaan Mataram dalam memenangkan perang dengan Kerajaan Pajang.
Gunung Merapi juga punya spot angker yang cukup terkenal di kalangan pendaki bernama Pasar Bubrah. Pasar Bubrah merupakan sebuah tempat berpasir dan berbatu yang dipercaya sebagai tempat berkumpulnya makhluk halus di Gunung Merapi ini.


5. Gunung Lawu

Gunung Lawu
image credit : @drajadbn


Berada di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, Gunung Lawu juga menjadi favorit pendakian dengan pemandangan yang cantik. Gunung terangker di Indonesia setinggi 3.265 meter diatas permukaan laut ini memiliki tiga puncak yang bernama Puncak Hargo Dumilah, Puncak Hargo Dumuling dan Puncak Hargo Dalem.
Banyak masyarakat di Jawa, terutama di sekitaran Gunung Lawu, yang percaya jika diketiga puncak gunung tersebut merupakan salah satu tempat paling sakral di Pulau Jawa. Konon, Puncak Hargo Dumilah sering dijadikan sebagai tempat meditasi dan oleh kemampuan batin. Lalu, Puncak Hargo Dumuling dipercaya sebagai tempat meditasi Ki Sabdopalon sementara Puncak Hargo Delam dipercaya sebagai tempat meditas Prabu Brawijaya Pamungkas.
Selain punya kisah sejarah yang membuatnya cukup dikeramatkan, Gunung Lawu juga punya Pasar Setan yang hanya bisa dilihat dan didengar oleh orang-orang tertentu saja.


6. Gunung Arjuno

Gunung Arjuno
image credit : @yoiki_malang


Beralih ke Provinsi Jawa Timur, ada Gunung Arjuno yang dikenal cukup mistis dan dikeramatkan oleh beberapa pendaki. Di gunung setinggi 3.339 meter diatas permukaan laut ini banyak sekali terdapat petilasan bekas Kerajaan Majapahit yang pernah berjaya di Indonesia.
Banyak sekali kejadian mistis yang dialami oleh pendaki di Gunung Arjuno ini, misalnya seperti pendaki yang kerap disapa oleh seseorang yang tidak dilihat oleh pendaki lainnya hingga pendaki yang sering tersesat meskipun sudah hafal jalan.
Seperti halnya Gunung Lawu dan Gunung Merapi, Gunung Arjuno juga punya tempat yang dikenal cukup angker bernama Alas Lali Jiwo yang berarti hutan lupa diri. Tak jauh dari situ, ada Pasar Dieng yang juga dikenal sebagai pasar hantu. Konon, untuk mendaki Gunung Arjuno ini ada beberapa pantangan yang harus dipatuhi seperti tidak mendaki dengan jumlah ganjil dan tidak menggunakan baju berwarna merah dominan.


7. Gunung Semeru

Gunung Semeru
image credit : @kabut_lembut


Gunung Semeru merupakan destinasi paling populer di kalangan para pendaki. Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini setiap tahunnya selalu didaki oleh banyak pendaki yang berasal dari banyak daerah. Gunung setinggi 3.676 meter diatas permukaan laut ini punya pemandangan yang sangat menawan, namun dibalik itu semua Gunung Semeru juga punya cerita mistis yang beredar dikalangan pendaki.
Salah satu spot yang cukup terkenal keramat adalah Arcapada atau arca kembar yang katanya hanya bisa dilihat oleh orang-orang tertentu. Lalu, ada juga kisah misteri di Gunung Semeru tentang hantu wanita yang sering menampakkan diri dan Ikan Mas ghaib di Ranu Kumbolo yang hingga saat ini tidak diketahui asal usulnya.


8. Gunung Latimojong

Gunung Latimojong
image credit : @tigadewaadventureindonesia


Tak hanya di Pulau Jawa, gunung terangker di Indonesia yang dikenal keramat juga ada di Provinsi Sulawesi Selatan yaitu Gunung Latimojong. Gunung ini berada di Kabupaten Luwu dan dikenal punya pemandangan yang indah. Tapi, dibalik keindahannya ternyata Gunung Latimojong menyimpan kisah mengerikan tentang Hantu Poppo.
Konon Hantu Poppo ini tinggal di Gunung Latimojong dan bentuknya digambarkan mirip manusia namun bisa terbang dan memiliki mata yang merah menyala. Hantu Poppo ini sering mencari mangsa di malam hari, sehingga pendaki sangat dianjurkan untuk berhati-hati. Apalagi jika mendengar suara “Pok.. Pok.. Pok” secara berulang kali. Suara tersebut diyakini sebagai suara Hantu Poppo yang sedang mencari mangsa.


9. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani
image credit : @mountainindonesiia_


Tak ada seorang pun yang meragukan soal keindahan Gunung Rinjani yang berlokasi di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini. Apalagi Danau Segara Anak yang dikenal sangat indah. Tapi, dibalik keindahannya, konon danau ini dihuni oleh bangsa jin yang dipimpin oleh Dewi Anjani.
Dewi Anjani dipercaya sebagai penguasa Gunung Rinjani karena dia lahir dari pasangan manusia dan jin serta masih merupakan keturunan Raja Selaparang.


10. Gunung Agung

Gunung Agung
image credit : @kevingohjiajun


Terakhir, gunung terangker di Indonesia di Provinsi Bali ada sebuah gunung megah yang dikenal sangat indah bernama Gunung Agung. Gunung Agung ini dikenal cukup dikeramatkan di Bali karena ada pantangan bagi orang-orang yang ingin mendakinya yaitu dilarang membawa makanan yang mengandung daging sapi.
Selain itu, para pendaki juga dilarang mendaki saat hari besar agama Hindu, mengenakan pakaian merah, larangan bagi wanita yang sedang datang bulan hingga wajib permisi jika akan buang air di gunung ini.



Leave a Reply