6 Kuliner Khas Balangan Rasanya Nendang!


Fida  January 10, 2022  0 Comment

Balangan merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Kalimantan Selatan. Daerah yang satu ini dikenal menawarkan banyaknya tempat wisata sekaligus kuliner lezat yang bisa kamu coba. Ada banyak rekomendasi kuliner khas Balangan yang bisa dicoba mulai dari makanan berat hingga jajanan yang menggugah selera.

Saat berkunjung ke Kabupaten Balangan, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mencoba salah satu kuliner khasnya. Beberapa kuliner khas Balangan tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung tetapi juga cocok sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Tidak perlu bingung, berikut daftar 6 rekomendasi kuliner khas Balangan yang populer dan wajib kamu coba.

1. Kulat

kulat
ninjaresep.web.app

Kulat dikenal sebagai salah satu kuliner khas Balangan yang cukup populer dan menarik untuk dicoba. Dalam bahasa Indonesia, kulat memiliki arti jamur. Makanan yang satu ini memang menggunakan jamur sebagai bahan utamanya. Kulat yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan tentunya sudah dipilih kualitas terbaik dan tidak mengandung racun.

Terdapat beberapa tanda-tanda kulat yang tidak mengandung racun diantaranya kulat dikerubungi binatang kecil yang disebut bari-bari, terdapat ulat, dan terdapat bagian kulat yang dimakan jamur. Tanda tanda tersebut menjadi hal yang wajib diperhatikan sebelum proses pengolahan kulat.

Kulat biasa diolah menjadi berbagai hidangan lezat seperti menjadi tumis, gulai, campuran sayur, dan juga campuran ikan. Kulat juga biasa dimanfaatkan sebagai obat. Tidak hanya dikenal menawarkan cita rasa yang lezat, olahan kulat juga tampak sangat menggugah selera. Tidak hanya membelinya di berbagai tempat makan, kulat juga biasa dibuat sendiri di rumah oleh masyarakat Balangan. Saat berkesempatan datang ke daerah yang satu ini, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu lezatnya olahan kuliner yang satu ini.

Gotravelly

Pecel Punten & Pecel Tumpang Bu Marni Kuliner Khas Blitar Yang Wajib Dicicipi

Aiola Canteen MERR : Nyobain Mie Pitik Hingga Bubur Ayam Mang Dudung Yang Super Lezat!

2. Gangan Asam

gangan asam
cookandrecipe.com

Selain olahan kulat, gangan asam juga dikenal sebagai salah satu kuliner khas Balangan yang menarik untuk kamu coba. Kuliner yang satu ini merupakan sayur asam khas Balangan yang tentunya memiliki tampilan yang berbeda dengan sayur asam pada umumnya. Jika dilihat dari tampilannya, gangan asam memiliki warna kekuningan. Hal itu berasal dari bahan utama pembuatan kuliner ini yakni menggunakan kunyit.

Beberapa bahan lain yang digunakan untuk pembuatan gangan asam diantaranya ikan patin, ikan haruan, ikan gabus, dan beberapa bahan lainnya. Saat mencoba kuliner gangan asam, kamu akan dimanjakan dengan perpaduan rasa gurih, asam, dan juga segar.

Kuliner yang satu ini tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung, tetapi juga biasa dinikmati bersama dengan satu porsi nasi hangat. Kuliner gangan asam juga sangat mudah dibuat sendiri di rumah mengingat bahan-bahan yang dibutuhkan cukup mudah untuk dicari.

3. Kalangkala

kalangkala
tribunnews.com

Rekomendasi kuliner khas Balangan berikutnya yang sayang untuk tidak kamu coba adalah kalangkala. Kuliner yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama buah kalangkala. Jika dilihat sekilas, buah kalangkala memiliki bentuk menyerupai alpukat. Bentuknya yang bulat dan berwarna merah muda menjadi ciri khas dari buah kalangkala.

Buah ini biasa diolah oleh masyarakat setempat menjadi sayur bening ditambahkan dengan beberapa bumbu seperti cabai dan juga garam. Untuk menikmatinya, tidak jarang masyarakat menambahkan lengkap seperti ikan, nasi, dan juga sambal.

Selain diminati oleh masyarakat lokal, sajian yang satu ini juga membuat beberapa wisatawan penasaran dan ingin mencobanya. Saat berlibur dan ingin mencoba salah satu kuliner khas Balangan, tidak ada salahnya bagi kamu untuk coba uniknya kuliner yang satu ini.

4. Kalalapon

kalalapon
lianoor.blogspot.com

Beberapa hari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan jajanan kalalapon. Ini juga biasa disebut dengan kelepon. Kalalapon merupakan salah satu kuliner khas balangan yang sangat menarik untuk kamu coba. Bagaimana tidak, kuliner yang satu ini memiliki tampilan yang sangat unik dan menggugah selera. Kalalapon memiliki warna yang mencolok dan khas yakni berwarna hijau. Sebelum disajikan kalalapon terlebih dahulu ditaburi dengan kelapa parut.

Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat jajanan ini diantaranya tepung ketan, pasta pandan, air kapur sirih, gula merah, garam, dan juga kelapa parut. Saat mencoba jajanan kalalapon, kamu akan dimanjakan dengan perpaduan rasa manis dan gurih. Tidak hanya itu, kamu juga akan merasakan sensasi pecahnya gula merah di dalam mulut.

Kuliner yang satu ini dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai pasar tradisional di Balangan. Kamu tidak perlu khawatir karena kalalapon biasa dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Selain dikenal unik dan manis, jajanan yang satu ini juga cukup mengenyangkan. Tertarik untuk mencobanya?

5. Pais Waluh

pais waluh
resep-masakan-rumahan.web.app

Kuliner khas Balangan selanjutnya yang sayang untuk tidak dicoba adalah pais waluh. Pais merupakan bahasa Banjar yang memiliki arti makanan yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan diolah dengan cara dikukus. Pais waluh dikenal sebagai rekomendasi kuliner khas Balangan yang sayang untuk kamu lewatkan.

Makanan yang satu ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau yakni sekitar Rp 3.000,- per biji. Tidak hanya cocok untuk dinikmati langsung, hidangan yang satu ini juga biasa dinikmati bersama dengan satu porsi nasi hangat. Saat berkunjung ke Balangan, tidak ada salahnya untuk mencoba lezat dan uniknya kuliner pais waluh.

6. Sirup Batumandi

Kuliner khas Balangan
shopee.co.id

Rekomendasi kuliner khas Balangan berikutnya yang sayang untuk kamu lewatkan adalah sirup batu mandi. Pernah mendengar sebutan sirup yang satu ini? Sirup batumandi juga biasa dengan Sirbam atau SBB. Sirup yang satu ini dibuat tanpa menggunakan pengawet serta pemanis buatan.

Sirup ini dikenal sangat khas dan sangat sulit dijumpai di daerah selain Balangan. Sirup ini diproduksi secara turun-temurun dan masih banyak diburu hingga saat ini. Sirup batu mandi tidak hanya populer di kalangan masyarakat lokal saja tetapi juga kerap dipilih wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Tidak semua toko oleh-oleh di Balangan menjual sirup ini. Sirup batu mandi biasa dijual dengan harga Rp 18.000,- untuk ukuran kecil, Rp 19.000,- untuk ukuran sedang, dan Rp 20.000,- untuk ukuran besar. Tidak jarang sirup ini juga dipamerkan di acara regional maupun nasional sebagai minuman unik khas Balangan. Menarik sekali bukan?

Nah itulah daftar 6 rekomendasi kuliner khas Balangan yang populer dan dikenal unik. Tidak hanya diminati oleh masyarakat lokal, berapa kuliner juga mampu membuat wisatawan penasaran dan ketagihan setelah mencobanya. Saat berkesempatan untuk datang ke Kabupaten Balangan, kuliner manakah yang tampak paling menarik dan ingin kamu coba?



Leave a Reply