6 Destinasi Wisata Dekat IKN Nusantara, Sangat Menakjubkan!


Fida  January 16, 2023  0 Comment

Beberapa dari kamu tentu telah mengetahui bahwa Indonesia resmi akan memindahkan ibukota ke IKN Nusantara. Proyek pembangunan di kawasan IKN Nusantara untuk menjadi ibukota direncanakan selesai pada tahun 2045. Kawasan yang satu ini dinilai memiliki potensi tinggi baik dari segi kebudayaan maupun keindahan alam. Terdapat beberapa pilihan destinasi wisata di dekat IKN Nusantara yang menarik untuk kamu datangi. Beberapa wisata yang ditawarkan diantaranya ada desa wisata, kebun raya, dan masih banyak lagi. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 6 rekomendasi wisata dekat IKN Nusantara yang sayang untuk kamu lewatkan.

Wisata Dekat IKN Nusantara :

1. Titik Nol IKN Nusantara

titik nol ikn nusantara
kaltim.inews.id

Salah satu destinasi wisata dekat IKN Nusantara yang menarik untuk kamu datangi adalah kawasan titik nol. Titik Nol IKN Nusantara telah dibuka untuk umum sejak 14 Maret 2022. Tempat yang satu ini dibuat dengan tujuan sebagai penanda pusat ibukota baru nantinya. Sejak adanya kawasan penanda titik nol, tempat yang satu ini selalu ramai pengunjung atau wisatawan setiap harinya. Saat hari libur tiba, Titik Nol IKN Nusantara dipadati pengunjung yang datang dari berbagai daerah.

Untuk tiba di bangunan Titik Nol IKN Nusantara, pengunjung harus berjalan kaki dan menuruni puluhan anak tangga. Selain adanya penanda titik nol, kamu juga dapat menjumpai pendapa luas hingga ornamen khas Kalimantan. Selain bangunannya yang unik dan menarik, kawasan sekitar titik nol juga terbilang masih sangat asri dan alami. Oleh karena itu, pengunjung dapat merasakan suasana yang sejuk dan segar.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Takalar Bikin Mata Berbinar

Wisatawan juga biasa menyempatkan berfoto sebelum pulang karena bangunan titik nol dinilai sangat ikonik dan instagramable. Tertarik untuk mengunjunginya?

Islamic Centre Samarinda: Masjid Terbesar Di Asia Tenggara Ada Di Indonesia Nih!

Menikmati Lezatnya Hidangan The Beach House Balikpapan

2. Desa Budaya Pampang

kaltimprov.go.id

Selain Titik Nol IKN Nusantara, kamu juga dapat mengunjungi destinasi wisata dekat IKN Nusantara lainnya yakni Desa Budaya Pampang. Sesuai dengan sebutannya, destinasi wisata yang satu ini merupakan desa adat yang menyuguhkan berbagai budaya serta kesenian. Kamu dapat mengunjungi Desa Budaya Pampang di pinggir kota Samarinda, tepatnya berdekatan dengan bandara APT Pranoto Samarinda. Akses jalan menuju Desa Budaya Pampang terbilang cukup mudah dilalui.

Desa wisata yang satu ini juga dikenal menyuguhkan tarian khas dari suku Dayak yang dapat dinikmati oleh wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal, Desa Budaya Pampang juga banyak didatangi oleh wisatawan mancanegara.

Hal lain yang populer dari Desa Budaya Pampang adalah keindahan alamnya. Kamu dapat menjumpai adanya Sungai Pampang. Sungai yang satu ini dapat diakses kurang lebih 1,5 jam dari Lamin Utama Desa Pampang. Indahnya Sungai Pampang akan bermuara pada 3 air terjun. Menarik sekali bukan?

3. Kebun Raya Balikpapan

kebun raya balikpapan
kaltim.tribunnews.com

Kebun Raya Balikpapan jadi salah satu destinasi wisata dekat IKN Nusantara yang menarik untuk kamu datangi. Kebun raya yang satu ini sudah cukup populer baik di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan. Dari kawasan IKN Nusantara, kamu hanya perlu menempuh perjalanan dengan waktu kurang lebih 45 menit menggunakan kendaraan pribadi.

Di Kebun Raya Balikpapan, kamu juga dapat menjumpai banyaknya jenis tumbuhan. Kawasan ini merupakan kawasan konservasi tumbuhan kayu yang memiliki lebih dari 1200 spesies dilindungi. Selain itu, terdapat rumah anggrek dengan lebih dari 200 jenis. Menarik sekali bukan?

Baca juga :  10 Kota Terindah di Rusia Yang Wajib Untuk Kamu Singgahi

Tempatnya yang asri tentu akan membuat pengunjung betah. Selain itu, kebun Raya Balikpapan juga memiliki beberapa spot instagramable yang dapat dimanfaatkan untuk berfoto. Di bagian tengah kebun, kamu akan menjumpai adanya Embung Wain yang berfungsi untuk menampung air hujan serta menambah keindahan. Destinasi wisata yang satu ini tentu sayang untuk kamu lewatkan saat berada di kawasan IKN Nusantara.

4. Bukit Bangkirai

bukit bangkirai
tribunnewswiki.com

Saat berada di kawasan IKN Nusantara, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk mengunjungi destinasi wisata. Terdapat beberapa pilihan wisata dekat IKN Nusantara yang populer dan menarik untuk kamu datangi, salah satunya adalah Bukit Bangkirai. Bukit yang satu ini menyuguhkan suasana yang masih sangat alami.

Udara yang sejuk dan segar juga akan menyambut kedatangan pengunjung di bukit ini. Kamu dapat mengunjungi Bukit Bangkirai di kawasan Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Dari pusat Kota Balikpapan, kamu perlu menempuh perjalanan dengan waktu kurang lebih 1,5 jam.

5. Desa Wisata Mentawir

desa wisata mentawir
kaltim.tribunnews.com

Destinasi wisata dekat IKN Nusantara yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi berikutnya adalah Desa Wisata Mentawir. Desa wisata yang satu ini dapat kamu kunjungi di kawasan Penajam Utara. Lokasinya yang berdekatan dengan ibukota baru menjadikan wisata yang satu ini ramai didatangi wisatawan, terlebih saat hari libur tiba.

Di Desa Wisata Mentawir, kamu akan dimanjakan dengan adanya area hutan mangrove dan hutan bambu yang lebat. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat menyusuri desa wisata sembari berburu oleh-oleh kerajinan tangan.

Keindahan alam menakjubkan yang ditawarkan oleh Desa Wisata Mentawir juga menjadi daya tarik tersendiri. Terdapat banyak spot menarik dan instagramable di area wisata sehingga cocok dimanfaatkan untuk berfoto.

Baca juga :  Antimainstream Lewati 10 Jalur Kereta Paling Berbahaya di Dunia

Karena dinilai memiliki potensi wisata bahari yang besar, maka tidak heran jika Desa Wisata Mentawir dibentuk menjadi destinasi kunjungan baru oleh kemenparekraf. Menyusuri dan menikmati sejuknya udara di Desa Wisata Mentawir tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba untuk menghabiskan waktu berlibur.

6. Pantai Tanah Merah

pantai tanah merah
korankaltim.com

Ada beberapa rekomendasi wisata dekat IKN Nusantara yang menarik untuk kamu datangi, salah satunya adalah Pantai Tanah Merah. Pantai yang satu ini berlokasi di kawasan Tanjung Harapan, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Meskipun dikenal dengan sebutan Pantai Tanah Merah, tetapi pantai ini tetap memiliki hamparan pasir berwarna putih.

Saat datang ke Pantai Tanah Merah, kamu akan menjumpai deretan pohon cemara yang tumbuh di sepanjang pesisir. Bagi kamu yang hobi berkemah, pantai ini juga menjadi tujuan menarik untuk didatangi karena tersedia area camping ground yang luas. Tidak hanya berkemah, kamu juga dapat melakukan berbagai kegiatan lainnya seperti memancing ikan hingga mengolahnya langsung di pinggir pantai.

Pantai yang satu ini juga dikenal landai dan aman digunakan untuk bermain air hingga berenang. Saat berkunjung ke kawasan IKN Nusantara, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk menghabiskan waktu berlibur di pantai yang satu ini.

Nah, itulah daftar 6 rekomendasi wisata dekat IKN Nusantara yang populer dan sayang untuk kamu lewatkan. Dari beberapa rekomendasi di atas, tempat wisata manakah yang paling ingin kamu datangi?



Leave a Reply