10 Destinasi Wisata Gratis di Surabaya Yang Paling Menarik


Fida  November 24, 2020  0 Comment

Surabaya merupakan kota yang memiliki cukup banyak tempat wisata serta kuliner lezat. Berada di Surabaya, mengunjungi beberapa wisata sejarah atau menikmati lezatnya kuliner khas menjadi hal seru yang bisa Anda coba. Jika ingin berwisata namun tidak ingin menghabiskan banyak biaya, wisata gratis di Surabaya menjadi pilihan tepat untuk Anda datangi. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, berikut Destinasi wisata gratis di Surabaya

10 Wisata Gratis di Surabaya :

1. Monumen Jalesveva Jayamahe

monumen jalesveva jayamahe
treya.io

Salah satu tempat wisata gratis di Surabaya yang ramai dikunjungi Wisatawan adalah Monumen Jalesveva Jayamahe. Nama monumen yang satu ini diambil dari motto TNI Angkatan Laut yang memiliki arti “Di Laut Kita Berjaya”. Adanya patung besar menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke monumen yang satu ini.

Di kawasan ini, pengunjung juga bisa menyusuri museum dan menikmati miniatur kapal armada TNI AL serta diorama perjuangan pahlawan bahari. Anda bisa datang museum ini di hari Senin sampai Jumat pukul 7 pagi hingga 3 sore. Saat datang ke kawasan Monumen Jalesveva Jayamahe, pengunjung diwajibkan menggunakan baju rapi serta bersepatu.

Gotravelly

Ngadem Di Magrove Wonorejo, Sisi Teduh Kota Surabaya

Lezatnya Siomay Wonorejo, Jajanan Legendaris Kala SD!

2. Kebun Bibit Wonorejo

Kebun Bibit Wonorejo
gotravelly.com

Kebun Bibit Wonorejo menjadi salah satu wisata gratis di Surabaya yang menawarkan keindahan alam serta suasana yang sejuk. Lokasi yang satu ini cocok dikunjungi bersama keluarga maupun pasangan. Selain itu Kebun Bibit Wonorejo juga cocok dikunjungi oleh anak-anak karena merupakan salah satu wisata edukatif.

Baca juga :  Indahnya Wisata Mangrove Surabaya + Rute Lokasi

Tempat yang satu ini cocok digunakan untuk bersantai. Pengunjung akan ditawarkan dengan banyaknya tanaman hijau serta adanya kolam yang cukup luas. Tidak jarang Kebun Bibit Wonorejo dikunjungi untuk bersantai pagi maupun sore hari.

3. House of Sampoerna

house of sampoerna
merdeka.com

Beberapa dari Anda tentu tidak asing dengan wisata House of Sampoerna yang berada di Surabaya. Dulunya tempat ini merupakan pabrik dari rokok Sampoerna yang kini telah berganti menjadi museum atau tempat wisata. Saat berada di House of Sampoerna, pengunjung bisa melihat berbagai barang dan bahan yang digunakan untuk membuat rokok dari zaman dulu. Adanya wadah atau bungkus rokok juga masih tersimpan rapi dan menarik untuk dilihat.

Dari lantai 2, pengunjung bisa menyaksikan pabrik atau tempat membuat rokok Sampoerna pada zaman dulu. Salah satu wisata gratis di Surabaya ini juga menyediakan bus merah atau yang dikenal dengan Surabaya Heritage Track. Dengan bus merah ini, pengunjung bisa melakukan perjalanan keliling Surabaya dengan gratis.

4. Hutan Bambu Surabaya

hutan bambu keputih
gotravelly.com

Bagi Anda pecinta wisata alam, Hutan Bambu Surabaya menjadi salah satu tempat wisata yang bisa Anda datangi. Hutan Bambu Surabaya menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Meskipun tampak sederhana, namun banyak wisatawan yang datang untuk menikmati pemandangan hingga berburu foto instagramable. Pohon bambu yang tersusun rapi menjadikan kawasan hutan bambu ini sangat indah untuk dilihat maupun diabadikan.

Untuk mengunjungi hutan bambu Surabaya, pengunjung tidak dikenakan biaya masuk. Salah satu wisata gratis di Surabaya ini sayang untuk Anda lewatkan. Hutan Bambu Surabaya beralamat di jalan Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo, Kota Surabaya.

5. Mini Agrowisata Surabaya

Mini Agrowisata Surabaya
julajuli.com

Saat mendengar sebutan kota Surabaya, apa yang terlintas dipikiran Anda? Tidak hanya dikenal dengan kota yang sibuk dan panas, Surabaya juga memiliki beberapa tempat yang menawarkan suasana asri dan cocok untuk didatangi. Mini Agrowisata menjadi salah satu tempat wisata gratis di Surabaya yang menawarkan suasana sejuk.

Baca juga :  15 Pantai di Sekitar Surabaya Yang Bisa Kamu Jelajahi

Pengunjung akan dimanjakan dengan banyaknya tanaman serta pepohonan. Tanaman yang ditanam sangat beragam mulai dari tanaman obat-obatan hingga buah-buahan. Mini Agrowisata juga menawarkan berbagai hewan yang bisa Anda nikmati seperti biawak, burung, kelinci, dan masih banyak lagi. Tidak hanya sejuk, tempat wisata yang sangat edukatif ini cocok dikunjungi untuk anak-anak.

6. Ekowisata Mangrove Wonorejo

Ekowisata Mangrove Wonorejo
liputan6.com

Salah satu tempat wisata gratis di Surabaya yang bisa Anda datangi adalah Ekowisata Mangrove Wonorejo. Tempat wisata yang satu ini sudah tidak asing bagi masyarakat Surabaya. Pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas seperti jogging track dan banyak spot foto instagramable.

Anda juga bisa mencoba sensasi menyusuri Ekowisata Mangrove Wonorejo menggunakan perahu. Tempat yang satu ini cocok didatangi untuk bersantai atau sekedar menikmati suasana alam yang ditawarkan. Ekowisata Mangrove Wonorejo juga merupakan tempat wisata edukatif yang cocok dikunjungi untuk anak-anak.

7. Air Mancur Menari Jembatan Suroboyo

 Air Mancur Menari Jembatan Suroboyo
news.detik.com

Saat mencari tempat wisata gratis di Surabaya, anda bisa datang ke Jembatan Suroboyo yang terletak di kawasan Pantai Kenjeran, Kecamatan Kenjeran, Kota Surabaya. Jembatan yang dibangun dengan arsitektur indah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi warga kota Surabaya. Karena keindahannya, tidak jarang jembatan yang satu ini dikunjungi oleh wisatawan yang datang dari luar kota Surabaya.

Di sekitar Jembatan Suroboyo, pengunjung bisa menikmati indahnya air mancur menari dengan sorotan lampu warna-warni. Pertunjukan air mancur menari ini bisa anda nikmati hanya di hari Sabtu pukul 8 hingga 9 malam. Indahnya Jembatan Suroboyo juga cocok dikunjungi bagi Anda pecinta spot foto instagramable.

8. Surabaya Tempo Doeloe

Surabaya Tempo Doeloe
liputan6.com

Berburu wisata gratis di Surabaya, Anda bisa datang ke kawasan Surabaya Tempo Doeloe yang terletak di sekitar Jembatan Merah Surabaya. Disana, Anda akan menjumpai banyak bangunan tua yang masih mempertahankan desain lama yang sangat menarik. Biasanya pengunjung datang untuk berfoto di spot menarik di kawasan ini.

Baca juga :  Kuil Tua Berpadu dengan Keunikan Budaya, Nih 10 Wisata di Siem Reap

Jalan Karet dan Jalan Gula yang tidak jauh dari Jembatan Merah Surabaya juga menjadi wisata gratis yang menawarkan suasana Surabaya tempo dulu. Berbagai spot vintage yang menggambarkan suasana masa lampau akan Anda jumpai di jalanan tersebut.

9. Rumah Batik Surabaya

rumah batik surabaya
travel.detik.com

Saat ingin mengunjungi salah satu wisata gratis di Surabaya, Rumah Batik Surabaya bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda datangi. Di Rumah Batik Surabaya, pengunjung bisa melihat berbagai jenis dan motif batik yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur. Kurang lebih ada 2000 motif batik yang bisa dinikmati oleh pengunjung di Rumah Batik Surabaya.

Anda bisa datang untuk menikmati berbagai motif batik sekaligus membelinya dan membawa pulang sebagai oleh-oleh. Tidak hanya itu, Rumah Batik Surabaya menawarkan kursus pembuatan batik bagi Anda yang berminat dan ingin mencobanya.

10. Wisata Kampung Arab Ampel

Wisata gratis di Surabaya
gapuranews.com

Wisata Kampung Arab Ampel merupakan salah satu tempat wisata gratis di Surabaya yang sayang untuk dilewatkan. Pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai bangunan lama yang memiliki arsitektur indah. Bangunan lama yang masih berdiri kokoh diantaranya Masjid Ampel dan kelima gapuranya.

Selain menikmati bangunan yang khas, pengunjung bisa membeli berbagai barang yang ditawarkan oleh pedagang kanan kiri jalan seperti minyak wangi hingga roti maryam. Karena disebut kampung Arab, Anda juga bisa menikmati berbagai kuliner khas Arab seperti nasi kebuli dan nasi tomat yang sangat mudah dijumpai.

Saat berada di Surabaya dan ingin mengunjungi tempat wisata gratis, salah satu dari 10 tempat wisata diatas bisa Anda datangi.



Leave a Reply