6 Taman Burung di Indonesia Paling Favorit


Fida  June 29, 2021  0 Comment

Taman Burung di Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang kaya akan flora dan fauna. Ada cukup banyak pilihan tempat wisata di Indonesia yang menyuguhkan flora dan fauna serta pemandangan alam yang menakjubkan.

Taman burung di Indonesia menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin berwisata bersama teman, keluarga, maupun anak-anak. Taman burung juga merupakan sarana edukasi dan bisa Anda datangi di beberapa daerah di Indonesia. Berikut daftar rekomendasi 6 taman burung di Indonesia yang populer dan sayang untuk tidak dikunjungi.

1. Taman Burung Palembang

Taman Burung Palembang
jejakpiknik.com

Saat ingin mengunjungi salah satu taman burung di Indonesia, Anda dapat datang ke taman burung Palembang. Taman burung yang satu ini sudah cukup populer dan banyak didatangi oleh wisatawan lokal maupun dari berbagai daerah lainnya. Taman burung Palembang sudah beroperasi sejak tahun 2015.

Sesuai dengan namanya, pengunjung akan dimanjakan dengan banyaknya burung yang mencapai 3000 ekor dengan 10 spesies. Beberapa burung yang dapat dilihat oleh pengunjung suaranya burung hantu, burung parkit, burung jalak, dan masih banyak lagi. Pengunjung akan dimanjakan dengan banyaknya burung yang dapat berterbangan dengan bebas. Tempat yang satu ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga maupun anak-anak sebagai wisata edukasi.

Taman burung Palembang bisa Anda kunjungi di daerah apa Jalan Gubernur H A Bastari, Jakabaring, Kecamatan Rambutan, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Anda dapat mengunjungi tempat wisata yang satu ini mulai pukul 8 pagi hingga 6 sore setiap harinya.

Tidak hanya menikmati banyaknya jenis burung, juga dapat menikmati berbagai hewan lainnya seperti ikan dan juga reptil. Untuk datang dan menyusuri kawasan ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 50.000,- per orang.

Gotravelly

Lezatnya Bakso Pak San Cuma 10 Ribuan Saja Di San Diego Pakuwon City

Zabo Coffee : Tempat Ngopi Kekinian Di Jombang Dengan Desain Instagramable

2. Taman Burung Perak Tangerang

Taman Burung Perak Tangerang
liputan6.com

Salah satu taman burung di Indonesia yang sangat direkomendasikan untuk Anda kunjungi adalah Taman Burung Perak Tangerang. Taman burung yang satu ini bisa Anda kunjungi di Jalan Mochammad Yamin, Babakan, Tangerang. Pengunjung akan dimanjakan dengan 15 jenis burung dengan banyak mencapai 135 ekor.

Selain cocok dipilih sebagai tempat wisata dan bersantai, Taman Burung Perak juga dipilih sebagai sarana edukasi untuk anak-anak. Pengunjung dapat menikmati beberapa jenis burung seperti burung beo, burung merpati, burung kakaktua, dan masih banyak lagi.

Burung-burung yang ada pada taman ini didatangkan dari Pulau Jawa dan beberapa lainnya juga merupakan pemberian dari masyarakat maupun dapat dari penyuplai burung. Perawatan taman burung yang satu ini berasal dari APBD atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah pemerintah Tangerang. Yang menjadi daya tarik salah satunya adalah pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis untuk datang dan menyusuri taman burung yang satu ini. Saat berkunjung ke Tangerang, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mampir ke Taman Burung Perak.

3. Grafika Bird Park Bandung

Grafika Bird Park Bandung
lifestyle.sindonews.com

Ada cukup banyak pilihan taman burung di Indonesia yang bisa Anda kunjungi, salah satunya adalah Grafika Bird Park. Grafika Bird Park merupakan salah satu taman burung yang cukup populer dan bisa Anda kunjungi di Terminal Wisata Grafika Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Pengunjung dapat melihat sekaligus bermain langsung dengan banyaknya burung yang didatangkan dari berbagai wilayah. Bahkan yang menjadi daya tarik adalah terdapat burung Macaw yang diimpor dari Amerika Selatan.

Menurut data, burung yang ada pada taman ini berjumlah 43 ekor dan akan ditambah hingga mencapai 2500 ekor. Terdapat beberapa burung yang sudah jinak dan tenang saat didekati oleh pengunjung yang datang. Burung yang sudah jinak dan mau hinggap di tangan pengunjung biasa dipilih untuk diajak selfie.

Untuk datang dan menyusuri kawasan taman burung yang satu ini, pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 20.000,- per orang. Tiket masuk tersebut sudah meliputi pakan burung seperti kuaci dan juga buah-buahan. Saat berkunjung ke Bandung, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mampir ke taman burung yang satu ini.

4. Bali Bird Park

Bali Bird Park
rentalmobilbali.net

Tidak hanya dikenal dengan tempat wisata alamnya yang indah, bali juga memiliki salah satu taman burung di Indonesia yang cukup populer yakni Bali Bird Park. Burung yang satu ini bisa anda kunjungi di daerah Singapadu, Gianyar, Bali.

Pengunjung dapat menikmati banyaknya burung yang mencapai 1000 ekor dengan 250 spesies. Tidak hanya burung lokal saja, taman ini juga memiliki koleksi burung yang didatangkan dari negara lain seperti Amerika Selatan, Afrika, dan juga Australia. Untuk masuk dan menyusuri kawasan taman burung yang satu ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk berkisar Rp 385.000,- per orang. Selain dapat melihat langsung, pengunjung juga dapat mencoba untuk berinteraksi dengan burung-burung yang ada di taman burung yang satu ini.

5. Taman Burung TMII

Taman Burung TMII
travel.kompas.com

Saat ingin mengunjungi salah satu taman burung di Indonesia, beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan taman burung TMII yang cukup populer. Taman burung TMII merupakan taman burung tertua yang dibangun sejak tahun 1976. Pengunjung dapat menikmati banyaknya burung yang ditempatkan di 9 kubah besar.

Taman burung TMII memiliki koleksi burung mencapai ribuan ekor dengan 175 jenis. Burung yang tertata rapi tentu sangat memanjakan pengunjung dan menjadikan tempat ini cocok dipilih sebagai wisata edukasi untuk anak-anak.

Taman burung TMII juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kafetaria. Adanya kolam ikan juga membuat pengunjung betah. Tempat yang satu ini memiliki banyak spot menarik yang dapat di manfaatkan untuk berfoto. Saat ingin berwisata edukasi, salah satu taman burung di Indonesia yang satu ini sayang untuk tidak Anda kunjungi.

6. Bird and Bromelia Pavilion Bandung

Taman burung di Indonesia
jabar.tribunnews.com

Bird and Bromelia Pavilion Bandung dikenal sebagai salah satu taman burung di Indonesia yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Taman burung yang satu ini menawarkan 300 jenis burung serta tanaman daun hias bromelia. Pengunjung dapat melihat langsung burung burung yang terbang bebas serta dapat berinteraksi langsung.

Untuk masuk ke taman burung yang satu ini, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 35.000,- untuk hari biasa dan Rp 50.000,- untuk akhir pekan. Anda dapat mengunjungi taman burung yang satu ini mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore setiap harinya dan khusus akhir pekan hingga 6 sore. Taman burung ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti adanya tempat kuliner. Cukup lengkap bukan?

Saat berkunjung ke Bandung, taman yang satu ini tentu sangat cocok dipilih untuk berwisata bersama keluarga maupun menjadi wisata edukasi yang cocok dikunjungi bersama anak-anak. Bird and Bromelia Pavilion Bandung bisa Anda kunjungi di Jalan Akaza Utama Nomor 9, Mekarwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.



Leave a Reply