Suka Jet Lag? Konsumsi 5 Makanan Sehat ini Selama perjalanan


Reni  December 29, 2019  0 Comment

anti jet lag
washingtonpost.com

Makanan sehat selama perjalanan dibutuhkan untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat dan bugar meskipun sedang berlibur. Makanan sehat tersebut juga akan membantu Anda untuk memenuhi kandungan nutrisi yang terdapat dalam tubuh. Seringkali orang mengalami berbagai gangguan ketika di dalam perjalanan karena berbagai faktor. Jika Anda terserang sebuah penyakit atau mengalami jet lag, tentu akan merasakan ketidaknyamanan saat diperjalanan.
Hal tersebut tentu akan mempengaruhi suasana perjalanan Anda. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu mengetahui apa saja makanan yang bisa meringankan keluhan jet lag. Kondisi ini seringkali melanda seseorang yang melakukan perjalanan dalam kurun waktu lama. Agar Anda bisa menghindari jet lag, maka Anda juga perlu memahami apa saja faktor yang bisa menjadi penyebabnya.

Jet lag memang biasa terjadi ketika Anda melakukan perjalanan yang jauh dan cukup lama. Namun kondisi tersebut bisa saja membuat Anda merasa tidak nyaman dan justru ingin beristirahat. Hal ini tentu bisa merusak liburan Anda. Untuk itu ketahuilah beberapa penyebab jet lag agar Anda bisa menghindarkan diri dari kondisi tersebut. Berikut ulasannya.

Arah bepergian
Arah bepergian ternyata bisa menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami jet lag. Jika Anda bepergian ke arah utara atau selatan biasanya tidak akan mengalami jet lag karena zona waktu tidak terlalu mengalami perubahan.
Namun jika Anda bepergian ke arah timur maka tubuh harus beradaptasi, karena perubahan zona waktu terasa lebih cepat. Mau tidak mau tubuh harus mampu beradaptasi, salah satu bahwa tubuh sedang beradaptasi adalah dengan mengalami jet lag.

Perubahan terhadap tekanan udara
Semakin jauh jarak tempuh sebuah perjalanan, biasanya pesawat akan membutuhkan ruang yang lebih tinggi di atas awan agar bisa melaju dengan lebih cepat. Namun batas ketinggian tersebut kadang akan membuat tekanan udara semakin rapat sehingga bisa saja sesaat Anda akan merasakan sesak nafas.
Selain itu, ketika tekanan udara berkurang, maka orang akan cenderung pusing dan mual. Hal inilah yang bisa menyebabkan Anda mengalami jet lag. Berbeda dengan Anda yang mungkin sudah terbiasa bepergian jauh, tubuh cenderung bisa beradaptasi dengan lebih cepat sehingga bisa dengan mudah lebih rileks.

Kekurangan sinar matahari yang cukup
Tubuh membutuhkan sinar matahari untuk menghasilkan zat melatonin yang berfungsi untuk mengatur jam tidur seseorang. Hal inilah yang nantinya akan menjadi pertanda dimana tubuh sudah lelah dan mengisyaratkan untuk beristirahat.
Namun ketika di pesawat, maka bisa saja kekurangan sinar matahari. Kondisi tersebut bisa membuat Anda mengalami jet lag. Untuk itu tidak ada salahnya jika sebelum bepergian Anda makan makanan yang sehat agar mencegah jet lag.

Mengalami gangguan jam biologis
Ketika melakukan perjalanan menggunakan pesawat biasanya harus menempuh jarak yang jauh. Hal tersebut membuat perubahan iklim atau suhu terjadi saat perjalanan. Kondisi ini membuat Anda kehilangan pola tidur atau mengalami gangguan biologis yang lainnya.
Hal tersebut tentu akan membuat Anda tidak nyaman, kondisi tersebutlah yang bisa menyebabkan Anda mengalami jet lag. Namun Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan berbagai hal seperti makanan sehat, beristirahat dan lain sebagainya.


Konsumsi makanan sehat selama perjalanan bisa membuat Anda terhindar dari jet lag. Saat berlibur Anda juga tetap harus memenuhi asupan makanan yang seimbang agar bisa menghasilkan energi untuk bisa menjalani liburan dengan lebih maksimal. Jika tubuh sehat dan bugar, Anda bisa menikmati suasana liburan dengan lebih berkesan.
Berikut beberapa makanan yang bisa dikonsumsi agar tidak mengalami jet lag saat perjalanan. Dengan mengetahui informasi ini Anda bisa menyiapkan liburan dengan lebih baik.

1. Oatmeal

Oatmeal
alodokter.com


Kebanyakan orang tentu mengetahui bahwa oatmeal biasanya digunakan sebagai bahan sarapan sehat. Di dalam oatmeal terdapat kandungan gizi yang seimbang. Hal tersebut bisa membantu Anda untuk menjaga asupan tubuh tetap stabil. Selain itu oatmeal juga bisa mengatur kandungan gula darah yang terdapat di dalam tubuh agar tidak berlebihan.
Kandungan karbohidrat di dalam oatmeal bisa membuat Anda kenyang sehingga bisa nyaman menjalani aktivitas ketika berlibur. Untuk itu oatmeal menjadi salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat berlibur.

Gotravelly

Kedai Kum Kum: Beneran Asik Buat Ngumpul!

Ngopi Dan Makan Enak Di Warung Kopi Imah Babaturan

2. Ceri

Ceri
arah.com


Buah ceri memiliki bentuk yang menarik dan rasa yang manis. Tidak heran jika banyak orang yang menggunakannya sebagai pelengkap kue. Namun dimakan langsung saja buah ceri akan terasa enak. Di dalam buah ceri, terdapat kandungan melatonin yang bisa mengatur kualitas tidur saat berlibur.
Dengan menjaga kualitas tidur, maka kondisi tubuh Anda bisa tetap stabil dan sehat. Sehingga ketika Anda sudah merasakan gejala jet lag, maka segeralah makan ceri untuk mengatasinya. Reaksi dalam buah ceri bisa bekerja dengan cepat sehingga Anda bisa merasakan efeknya dengan cepat.

3. Daging ayam

Daging ayam
ifestyle.kompas.com


Kebanyakan orang tentu sangat menyukai olahan daging ayam. Selain rasanya yang lezat, daging ayam ternyata memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah mengatasi jet lag selama perjalanan. Jika Anda sudah merasakan gangguan seperti pusing atau mual, sebaiknya konsumsi daging ayam untuk mengatasinya.
Kadar protein di dalam daging ayam membantu kandungan zat dalam tubuh bisa tetap stabil. Jika asupan didalam tubuh bisa dijaga tetap seimbang, maka Anda akan terhindar dari berbagai keluhan seperti jet lag.

4. Pisang

Pisang
wikimedia.co.id


Perbedaan zona waktu ketika Anda perlu berlibur tentu akan mempengaruhi pola hidup yang sudah menjadi kebiasaan bagi Anda. Hal tersebut bisa berpengaruh pada kualitas tidur yang semakin menurun. Jika Anda tidak bisa tidur dengan kualitas yang baik, maka tubuh akan memiliki berbagai gangguan.
Untuk mengatasi hal tersebut, konsumsi pisang akan sangat membantu. Di dalam buah pisang terdapat kandungan tryptophan yang bisa berfungsi untuk meningkatkan produksi hormon serotonin. Hormon ini bisa mempengaruhi kinerja otak agar bisa lebih rileks dan bisa menghindarkan diri Anda dari gangguan tidur.

5. Lemon

Lemon
ralali.com


Perjalanan jauh menggunakan pesawat akan membuat Anda pusing dan mual. Untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda bisa menyeduh irisan buah lemon dengan segelas air hangat. Hal tersebut bisa terjadi karena lemon memiliki kadar air yang tinggi dan mampu menutrisi tubuh agar tidak mudah dehidrasi. Hal ini dilakukan agar kondisi jet lag yang Anda rasakan tidak semakin parah.
Jika kondisi jet lag Anda biarkan terus menerus, maka bisa mengakibatkan gangguan kesehatan yang lainnya. Untuk itu segera atasi jika Anda sudah mengalami pusing selama perjalanan.
Memilih makanan sehat selama perjalanan diperlukan agar Anda bisa tetap sehat dan nyaman ketika menjalani liburan. Jangan sampai karena Anda terlalu asik dengan suasana liburan, maka Anda melupakan asupan penting untuk tubuh. Hal tersebut bisa membuat tubuh Anda justru akan drop atau mengalami sakit setelah berlibur. Untuk itu persiapkan liburan Anda dengan baik dan berkualitas.



Leave a Reply