5 Makanan Khas Rantau Prapat Bercita Rasa Nikmat


Fida  February 14, 2022  0 Comment

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki keragaman budaya hingga berbagai kuliner khas. Saat berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk mencoba salah satu kuliner khas yang ditawarkan. Biasanya, setiap daerah menawarkan cita rasa yang berbeda-beda dari kuliner yang ditawarkan.Rantau Prapat merupakan sebutan salah satu kota atasan Sumatera Utara dan Riau. Daerah yang satu ini juga dikenal memiliki cukup banyak tempat wisata hingga kuliner yang sangat beragam. Oleh karena itu, tidak heran jika Rantau Prapat banyak didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Ada cukup banyak pilihan rekomendasi makanan khas Rantau Prapat yang menarik untuk dicoba mulai dari jajanan hingga makanan berat. Tidak perlu bingung, berikut 5 rekomendasi makanan khas Rantau Prapat yang sayang untuk kamu lewatkan.

1. Mie Gomak

mie gomak
masakapahariini.com

Salah satu rekomendasi makanan khas rantau Prapat yang cukup populer adalah mie gomak. Pernahkah kamu mendengar sebutan makanan yang satu ini? Mie gomak merupakan salah satu hidangan yang dibuat dengan cara unik yakni menggunakan tangan telanjang. Mie yang satu ini juga disebut gomak karena dibuat dengan cara diaduk-aduk.

Mie yang satu ini juga disajikan bersama dengan kuah khas yang dibuat dari campuran santan. Adanya tambahan berupa taburan teri kacang serta potongan tahu dan telur balado tentu menjadikan hidangan yang satu ini semakin lengkap dan menarik untuk dicoba. Dalam satu porsinya, mie gomak biasa dibanderol dengan harga sekitar Rp 5.000,- saja. Terjangkau sekali bukan?

Hidangan yang satu ini juga masih dibuat dengan cara tradisional yakni menggunakan tungku, hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Selain itu, adanya berbagai bumbu pilihan khas suku Batak juga menjadikan hidangan ini memiliki cita rasa khas dan berbeda dengan daerah lainnya. Tidak hanya tampilannya, mie gomak juga memiliki aroma yang sangat menggugah selera. Saat ingin mencoba salah satu rekomendasi makanan khas Rantau Prapat, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk menikmati lezatnya mie gomak.

GoTravelly

New Dewata Cafe, A Perfect Place To Enjoy Seafood In Jimbaran

Serunya Ngopi Di Basement Ala RodGronn Coffee & Lab

2. Anyang Buas Buas

anyang buas buas
pdipkreatif.id

Rekomendasi makanan khas Rantau Prapat berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah anyang buas buas. Sesuai dengan namanya, hidangan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama daun buas buas. Tanaman buas buas biasanya mudah didapati di kawasan dataran rendah. Selain dikenal memiliki aroma yang khas dan cenderung harum, daun buas buas juga dikenal kaya akan gizi yang baik bagi tubuh. Dalam proses pembuatannya, hanya ujung daun saja yang digunakan sebagai bahan pembuatan anyang buas buas.

Langkah pertama pembuatan makanan ini adalah dengan cara mencuci pucuk daun buas buas dengan air hingga bersih. Sebelum diolah, daun buas buas dipotong lebih kecil dengan tujuan agar daun cepat matang dan memiliki tekstur yang lebih lembut.

Karena memiliki cita rasa yang sangat khas, maka tidak heran jika makanan yang satu ini banyak diminati oleh masyarakat sekitar Rantau Prapat. Selain itu, anyang buas buas juga menjadi kuliner yang berhasil membuat wisatawan penasaran dan ingin mencobanya. Saat berkunjung ke Rantau Prapat, kamu dapat dengan mudah menjumpai makanan anyang buas buas di kawasan pantai. Hidangan yang satu ini juga sangat mudah dijumpai saat bulan Ramadhan tiba. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

3. Roti Bakar Akur

roti bakar akur
seringjalan.com

Tidak kalah menarik dengan makanan khas Rantau Prapat lainnya, roti bakar akur juga menjadi salah satu yang bisa kamu coba. Jika penasaran dan ingin mencobanya, kamu dapat datang ke Kedai Akur. Hidangan yang satu ini juga dikenal sangat legendaris karena sudah ada sejak tahun 1896.

Roti bakar akur menggunakan roti tawar yang dibuat sendiri sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Selain itu, proses pembuatan roti bakar akur adalah dengan dipanggang menggunakan arang. Hal itu tentu menambah aroma sedap pada hidangan yang satu ini.

Roti bakar yang berpadu dengan olesan selai kental tentu sangat menarik untuk kamu coba saat berkunjung ke Rantau Prapat. Selain cocok untuk dinikmati langsung, hidangan ini juga biasa dipilih sebagai oleh-oleh bagi beberapa wisatawan.

4. Mie Ayam Bandung Simpang Enam

mie ayam bandung simpang enam
seringjalan.com

Ada yang suka kuliner mie ayam? Mie Ayam Bandung Simpang Enam menjadi salah satu rekomendasi makanan khas Rantau Prapat yang sayang untuk tidak dicoba. Kuliner yang satu ini diberi nama mie ayam Bandung karena dulunya merupakan Kedai Kopi Bandung. Lokasinya yang berada di kawasan Simpang Enam Rantau Prapat juga menjadikan kuliner ini memiliki sebutan Mie Ayam Bandung Simpang Enam.

Jika dilihat sekilas, mie ayam yang satu ini memang memiliki tampilan tidak jauh berbeda dengan mie ayam pada umumnya. Jika ingin mencoba cita rasa yang ditawarkan, pengunjung harus rela mengantri. Cita rasa yang ditawarkan oleh kedai mie ayam yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain dikenal menawarkan cita rasa lezat, kuliner yang satu ini juga dikenal sangat legendaris karena sudah ada sejak tahun 1955. Untuk menikmatinya, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya mahal yakni sekitar Rp 7.000,- per porsi. Saat ingin mencoba salah satu rekomendasi makanan khas Rantau Prapat, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk mencoba lezatnya Mie Ayam Bandung Simpang Enam.

5. Bolu Kampung Ika La Iya

Makanan Khas Rantau Prapat
pesonanusantara.co.id

Saat berkunjung ke kawasan Rantau Prapat, ada salahnya jika kamu memutuskan untuk mencoba salah satu makanan khas yang ditawarkan yakni Bolu Kampung Ika La Iya. Sesuai dengan namanya, makanan khas Rantau Prapat yang satu ini merupakan kue bolu yang cukup populer dan banyak diburu tidak hanya oleh masyarakat lokal tetapi juga oleh para wisatawan. Karena memiliki kemasan yang praktis dan menarik, tidak heran jika bolu yang satu ini selalu meningkat penjualannya.

Saat mencoba lezatnya Bolu Kampung Ika La Iya, kamu akan dimanjakan dengan sensasi lembut dan rasa manis yang khas. Bolu yang satu ini juga dikenal memiliki proses pembuatan dan pengolahan yang sangat higienis dan profesional. Saat ingin menikmati lezatnya salah satu makanan khas Rantau Prapat, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu lezatnya Bolu Kampung Ika La Iya.

Nah, itulah daftar 5 rekomendasi makanan khas Rantau Prapat yang cukup populer dan dikenal lezat. Saat berkesempatan datang ke kawasan Rantau Prapat, makanan manakah yang tampak paling menarik dan ingin kamu coba?



Leave a Reply