10 Sup Asli Indonesia, Segar dan Menyehatkan


Fida  January 25, 2021  0 Comment

Indonesia menjadi salah satu negara yang dikenal kaya akan tempat wisata sekaligus kuliner khas. Sup menjadi salah satu hidangan yang banyak diminati di Indonesia. Ada cukup banyak jenis sup yang dibedakan dari bahan utama maupun bumbunya. Berikut Jenis sup asli Indonesia yang menawarkan cita rasa lezat serta menggugah selera

1. Sup Bunga Matahari

Sup Bunga Matahari
cookpad.com

Saat ingin mencoba sensasi sup yang tidak biasa, Anda bisa mencoba lezatnya sup bunga matahari yang berasal dari Solo. Sesuai dengan namanya, tampilan dari hidangan yang satu ini memang mirip seperti bunga matahari. Ada cukup banyak bahan yang digunakan seperti telur dadar yang diisi dengan serutan wortel, jamur kuping, jamur merang, kacang polong, irisan buncis, sosis, serta adonan ayam.

Berbagai bahan yang digunakan kemudian disajikan dengan bungkus telur dadar. Telur dadar dihidangkan dengan diiris dengan pola tertentu dan membentuk kelopak bunga matahari. Kuah gurih yang digunakan untuk siraman sup bunga matahari juga memiliki cita rasa yang gurih dan enak.

Review kuliner

1st Black Fish N Chips Di Indonesia Dari O!Fish… Rasanya GILAAAAA

Cobain Makanan Kereta Enak Gak Ya?

2. Sop Buntut

sop buntut
kompas.com

Berbicara tentang sup asli Indonesia, beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan lezatnya sop buntut. Kuliner yang satu ini tidak hanya digemari oleh warga lokal saja melainkan wisatawan dari mancanegara juga banyak memburunya. Kuliner yang satu ini biasanya dijual dengan harga yang lumayan mahal jika dibandingkan dengan sup lainnya. Karena termasuk hidangan yang lezat, sop buntut juga sering disuguhkan di Istana Presiden.

Sesuai dengan namanya, sop buntut memiliki bahan dasar potongan ekor sapi. Potongan ekor sapi tersebut dimasak hingga memiliki tekstur daging yang lembut. Terdapat beberapa tambahan isian seperti tomat, kentang, wortel, dan dicampur dengan kuah kaldu sapi yang sangat gurih dan menggugah selera.

3. Sop Iga

sop iga
kompas.com

Tidak kalah lezat dengan sop buntut, sop iga juga menjadi salah satu kuliner sup asli Indonesia yang wajib Anda coba. Hidangan yang satu ini memiliki bahan dasar daging iga yang dimasak hingga memiliki tekstur yang lembut dan empuk. Beberapa tambahan isi yang digunakan diantaranya kentang dan wortel serta beberapa sayuran lainnya. Sop yang satu ini dihidangkan dengan kuah kaldu daging yang sangat gurih dan memiliki aroma sedap.

Sebagai pelengkap, sop iga biasa disajikan dengan tambahan seledri dan taburan bawang goreng. Menikmati kuliner yang satu ini bersama dengan nasi hangat menjadi pilihan yang sangat tepat untuk Anda coba.

4. Sop Konro

sop konro
kompas.com

Pernah mendengar sebutan kuliner sop konro? Sup asli Indonesia ini berasal dari Sulawesi Selatan dan sudah cukup populer disana. Hidangan yang satu ini menggunakan bahan dasar iga sapi. Yang membedakan sop konro dengan sop iga biasa adalah sop konro menggunakan iga yang berukuran sangat besar. Daging iga diolah hingga memiliki tekstur yang lembut dan empuk saat dinikmati.

Kuah dari sop konro memiliki cita rasa yang sangat lezat dan terbuat dari berbagai bahan seperti ketumbar, cengkeh, lengkuas, bawang merah, bawang putih, daun salam, serta kluwek. Warna kuahnya yang kecoklatan menjadi ciri khas dari sop konro. Kuliner yang satu ini biasa disajikan dengan buras atau lontong khas Makassar.

5. Sop Ikan

sup ikan
selerasa.com

Jika bosan dengan berbagai sup asli Indonesia yang terbuat dengan bahan dasar daging sapi, Anda bisa mencoba lezatnya sop ikan yang cukup populer di daerah Batam. Sesuai dengan namanya, sop yang satu ini disajikan dengan bahan dasar daging ikan. Ikan yang digunakan adalah ikan tenggiri yang masih sangat segar.

Sop ikan memiliki tampilan ikan tenggiri segar yang berpadu dengan kuah bening serta tomat hijau sebagai pelengkapnya. Citarasa gurih dan segar bisa Anda nikmati saat mencoba kuliner yang satu ini.

6. Sop Tunjang

sop tunjang
food.detik.com

Sop tunjang menjadi salah satu kuliner sup asli Indonesia yang menawarkan cita rasa lezat dan menggugah selera. Yang satu ini menggunakan bahan dasar kaki sapi muda. Sop tunjang sangat mudah dijumpai di daerah Pekanbaru. Saat mencobanya, anda akan dimanjakan dengan cita rasa kuah yang gurih dan segar serta daging yang lembut.

Satu ini terdiri dari potongan tunjang atau tulang kaki sapi, tomat, wortel, kentang, dan daun bawang sebagai pelengkap. Kuah yang sangat gurih juga menjadi daya tarik tersendiri. Kuah sop tunjang dibuat dari berbagai bahan seperti kemiri, jahe, bawang merah, bawang putih, kayu manis dan juga cengkeh.

7. Sop Kaki Kambing

Sop Kaki Kambing
food.detik.com

Salah satu sup asli Indonesia yang mudah dijumpai adalah sop kaki kambing. Topi yang satu ini terdiri dari campuran kaki kambing serta aneka jeroan yang kemudian ditambahkan dengan kuah lezat. Ada dua jenis sop kaki kambing yakni yang berkuah bening dan berkuah putih atau santan.

Hidangan yang satu ini dibuat dengan bumbu khusus yang terdiri dari merica, kaldu kambing, kapulaga, cengkeh, pala, serta bumbu khas timur tengah. Tambahan minyak samin juga menjadikan kuliner satu ini sangat direkomendasikan untuk Anda coba.

8. Sop Kimlo

sop kimlo
resepmasakterbaru.com

Ada cukup banyak jenis sup asli Indonesia yang menawarkan cita rasa lezat serta menggugah selera, salah satunya adalah sop kimlo yang berasal dari daerah Solo. Sop yang satu ini merupakan perpaduan dari budaya Tionghoa dan Jawa. Ada cukup banyak isian yang digunakan pada sup ini seperti irisan wortel, jamur kuping, kembang tahu, soun, bunga sedap malam, serta suwiran ayam.

Berbagai bahan tersebut diolah hingga empuk dan mudah dinikmati. Tambahan kuah yang gurih dan lezat juga menjadikan kuliner yang satu ini sayang untuk Anda lewatkan.

9. Sop Galantin

Sop Galantin
tabloid-resep.blogspot.com

Salah satu sup asli Indonesia adalah sop galantin. Satu ini memiliki bahan dasar gulungan daging yang kaya akan bumbu. Gulungan daging tersebut kemudian dipotong-potong dan disiram kuah sup. Terdapat beberapa tambahan bahan seperti jamur kuping, kacang kapri dan potongan kol.

Kuah kaldu ayam memiliki cita rasa yang lezat, gurih dan sedikit pedas. Kuah yang menggugah selera ini dibuat dengan berbagai bahan seperti jahe, bunga lawang, merica, serta kaldu ayam. Sop galantin bisa dengan mudah Anda jumpai di Solo dan hidangan yang satu ini sering ditemukan dalam acara besar seperti pernikahan.

10. Sop Saudara

Sop Saudara
makassar.tribunnews.com

Salah satu suku asli Indonesia yang wajib Anda coba adalah sop saudara. Hidangan yang memiliki nama unik ini berasal dari daerah Pangkep, Sulawesi Selatan. Sop saudara memiliki cita rasa yang lezat dengan isian daging sapi, jeroan sapi, telur rebus, perkedel kentang, dan juga bihun. Kuah dari sop yang satu ini juga sangat gurih dan menggugah selera. Dengan tambahan berbagai bahan seperti ketumbar, pala, cengkeh, kayu manis, serai, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan jahe, cita rasa kelezatan sop saudara tidak perlu Anda ragukan lagi.



Leave a Reply