Menyusuri Cantiknya 5 Gua di Tuban


Fida  December 11, 2022  0 Comment

Tuban merupakan sebutan bagi salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Terdapat banyak pilihan destinasi wisata alam yang dapat kamu kunjungi saat berada di Tuban, salah satunya adalah wisata gua. Dengan suasana yang masih sangat alami, wisata gua di Tuban berhasil menarik perhatian wisatawan. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 5 rekomendasi wisata gua di Tuban yang sayang untuk kamu lewatkan.

Gua di Tuban :

1. Gua Kancing

gua kancing
ihategreenjello.com

Gua Kancing menjadi salah satu gua di Tuban yang populer dan menarik untuk kamu datangi. memiliki lubang yang mirip sumur dengan kedalaman sekitar 5 meter. Gua dengan suasana asri dan dikelilingi dengan penghijauan ini dapat kamu datangi di kawasan Desa Jarum, Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding, Tuban. 

Untuk mengunjungi Gua Kancing, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000,- per orang. Selain gua, adanya tebing yang merupakan ciri khas dari Gua Kancing juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Tebing yang berdiri megah ini tidak hanya memanjakan mata, tetapi juga tidak jarang dipilih sebagai spot foto favorit pengunjung saat datang ke Gua Kancing. 

Waktu terbaik untuk datang ke Goa Kancing adalah saat pagi hingga sore hari. Pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam di sekitar gua. Karena memiliki hamparan penghijauan yang luas, maka tidak heran jika Gua Kancing menawarkan udara yang sejuk dan segar. 

Bagi kamu pecinta destinasi wisata alam, mengunjungi Gua Kancing tentu menjadi hal tepat yang bisa kamu coba. Kamu dapat mengunjungi Gua Kancing mulai pukul 05.30 pagi hingga pukul 6 sore setiap harinya. Selain menyenangkan, menyusuri Gua Kancing juga akan memberikanmu pengalaman berkesan. 

Baca juga :  10 Pantai di Tuban Dengan Pantai Biru Menawan

Tertawan Pantai Remen, Bali Nya Kota Tuban

Lezatnya Kuliner Rajungan Di Rajungan Ndoro Bei Tuban

2. Gua Akbar

gua akbar
travel.kompas.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Gua Akbar bukan? Gua yang satu ini dikenal sebagai gua populer yang banyak didatangi oleh wisatawan. Jika ingin mengunjunginya, kamu dapat langsung menuju ke Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. 

Pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan banyaknya relief di bagian dinding goa. Bukan relief biasa, relief yang terdapat di dinding Gua Akbar menceritakan tentang sejarah Tuban, budaya Tuban, hingga penyebaran agama di Tuban. 

Di bagian dalam gua, kamu akan dimanjakan dengan adanya stalakmit dan stalaktit yang meneteskan air. Gua Akbar juga memiliki lorong berkelok dengan panjang mencapai 1,2 kilometer. Konon katanya, gua ini diperkirakan telah berusia 20 juta tahun. 

Selain dikenal indah, Gua Akbar juga memiliki sumber mata air alami yang disebut dengan Kedung Tirta Agung. Gua ini juga dikenal sebagai tempat yang dulunya digunakan sebagai perkumpulan wali songo serta tokoh besar lainnya. Destinasi wisata yang satu ini dapat kamu datangi mulai pukul 7 pagi hingga pukul 6 sore setiap harinya. 

Pemandangan indah dan memanjakan mata tentu tidak akan mengecewakan pengunjung. Untuk menyusuri Gua Akbar, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 4.000,- per orang untuk hari kerja, dan Rp 10.000,- untuk akhir pekan dan hari libur. Cukup terjangkau bukan?

3. Gua Suci

gua suci
tugujatim.id

Rekomendasi gua di Tuban berikutnya yang menarik untuk kamu datangi adalah Gua Suci. Gua yang satu ini berlokasi di Dusun Suci, Desa Wangun, Kecamatan Palang, Tuban. Gua Suci merupakan gua buatan dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Hal itu dikarenakan adanya pahatan pahatan pada bagian dinding gua. 

Baca juga :  7 Cafe di Tuban Instagrammable yang murah meriah

Dengan kedalaman mencapai 14 meter, Gua Suci memiliki bentuk yang unik yakni beratap kerucut dan berlubang. Gua yang satu ini telah ditemukan sejak tahun 70-an. Tidak hanya ramai didatangi wisatawan lokal, Gua Suci juga menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan yang datang ke Tuban. 

Indahnya pahatan pahatan di dinding gua juga menjadikan banyak wisatawan kagum. Di dinding gua, kamu akan menjumpai adanya angka Jawa yang bertuliskan 1026 yang menunjukkan tahun pembuatan pahatan gua. Unik sekali bukan?

Wisatawan yang datang tidak lupa untuk mengabadikan momen dengan berfoto saat datang ke Gua Suci. Jika bingung menentukan tujuan berlibur, tidak ada salahnya jika kamu datang ke indahnya gua di Tuban yang satu ini. 

4. Gua Ngerong

gua ngerong
travl.okezone.com

Tidak kalah menarik dengan gua di Tuban lainnya, Gua Ngerong juga menjadi salah satu tujuan tepat yang bisa kamu datangi. Gua yang satu ini berlokasi di Jalan Raya Rengel no. 155, Kecamatan Rengel, Tuban. Tidak kalah populer dengan gua lain, Gua Ngerong juga selalu ramai pengunjung terlebih saat hari libur tiba. 

Tidak hanya dapat menikmati indahnya alam dan megahnya gua, pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas seru. Salah satu aktivitas yang sayang untuk dilewatkan adalah menyusuri Gua Ngerong menggunakan perahu karet. Indahnya gua dengan panjang mencapai 1,8 kilometer ini akan membuatmu betah dan enggan pulang. 

Sembari menyusuri sungai Gua Ngerong dengan menggunakan perahu, pengunjung juga dapat menyaksikan langsung adanya hewan hewan seperti ikan nila, ikan bader, hingga kura kura yang berukuran sangat besar. Tidak hanya itu, Gua Ngerong juga dihuni oleh banyak sekali kelelawar.

Gua Ngerong dapat dikunjungi mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore setiap harinya. Untuk menyusuri kawasan gua, pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya mahal karena harga tiket masuk hanya dibandrol Rp 3.000,- untuk orang dewasa dan Rp 2.000,- untuk anak anak. Sangat terjangkau bukan? 

Baca juga :  Indahnya Air Terjun Coban Sewu Lumajang, Surga Tersembunyi

5. Gua Putri Asih

gua putri asih
phinemo.com

Satu lagi rekomendasi wisata gua di Tuban yang sayang untuk dilewatkan yakni Gua Putri Asih. Gua yang satu ini memiliki lokasi yang terbilang cukup jauh yakni berjarak sekitar 29 kilometer dari pusat Kabupaten Tuban. 

Gua Putri Asih menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dengan adanya stalaktit dan stalakmit. Dengan warna yang sedikit kemerahan, stalakmit dan stalaktit di Gua Putri Asih sangatlah menakjubkan. Di dalam gua, pengunjung juga dapat menjumpai adanya mutiara gua yang biasa disebut dengan cave pearl. Saat terkena cahaya, mutiara tersebut akan tampak makin indah. Oleh karena itu, tidak sedikit wisatawan yang menyebutnya cahaya surga. 

Gua Putri Asih dapat kamu kunjungi di kawasan Desa Nguluhan, Kecamatan Montong. Setiap harinya, gua ini mulai dibuka untuk wisatawan pada pukul 8 pagi dan tutup pukul 4 sore. Harga tiket masuk yang ditawarkan juga terbilang cukup terjangkau yakni Rp 5.000,- untuk anak anak dan Rp 10.000,- untuk orang dewasa. 

Nah, itulah daftar 5 rekomendasi gua di Tuban yang populer dan menarik untuk kamu datangi. Dari 5 rekomendasi di atas, gua manakah yang tampak paling indah dan ingin kamu kunjungi? 



Leave a Reply