10 Gua Paling Angker di Jawa, Indah Berbalut Cerita Mistis


Fida  February 10, 2022  0 Comment

Mengunjungi tempat wisata alam untuk menjadi hal menyenangkan yang bisa kamu coba. Bagi kamu yang tertarik dengan tempat wisata dengan tema horor, tidak ada salahnya untuk menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi salah satu dari beberapa gua paling angker di Jawa. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 10 rekomendasi gua paling angker di Jawa yang dikenal mengerikan.

1. Gua Pindul, Yogyakarta

gua pindul
travel.detik.com

Yogyakarta dikenal sebagai salah satu daerah yang menawarkan cukup banyak tempat wisata dan salah satu yang populer adalah Gua Pindul. Tempat wisata yang satu ini dikenal menawarkan pemandangan indah sehingga tidak jarang didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Namun Tahukah kamu jika Gua Pindul juga dikenal sebagai salah satu gua paling angker di Jawa?

Gua yang satu ini berlokasi di daerah Seropan, Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Terdapat beberapa cerita mistis yang beredar mengenai tempat wisata yang satu ini, salah satunya adalah konon katanya kerap terjadi tragedi wisatawan yang hilang. Selain itu, kawasan Goa Pindul juga dipercaya dihuni oleh banyak makhluk tak kasat mata.

GoTravelly

Exsotisme Goa Akbar Yang Sarat Akan Sejarah

Wisata Goa Pote: Bukit Kapur Instagramable Ikon Kota Bangkalan

2. Gua Maharani, Lamongan

gua maharani
rayadventure.com

Saat berbicara tentang tempat wisata alam berupa Gua di Lamongan, beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Gua Maharani. Gua yang satu ini terletak di Jalan Raya Paciran, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Tidak hanya dikenal menawarkan indahnya pemandangan, siapa sangka jika gua ini juga dikenal sebagai salah satu gua paling angker di Jawa.

Saat pertama kali gua ini ditemukan, konon katanya terdapat warga yang mengaku didatangi oleh Dewi Maharani. Dewi Maharani merupakan makhluk halus yang menyampaikan pesan kepada warga tersebut untuk menjaga Gua Maharani dengan baik. Cukup mengerikan bukan?

3. Gua Kalak, Pacitan

gua kalak
travel.detik.com

Gua paling angker di Jawa yang cukup populer salah satunya adalah Gua Kalak. Gua yang satu ini sudah cukup dikenal dan bisa dikunjungi di Jalan Punung – Kala, Ngejring, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Gua yang satu ini sudah cukup populer dan dikenal sebagai salah satu lokasi ritual. Konon katanya, terdapat seekor naga yang menghuni di kawasan Gua Kalak. Bagi pecinta tempat wisata dengan tema horor, tidak ada salahnya untuk mengunjungi gua yang satu ini saat datang ke Pacitan.

4. Gua Sunyaragi, Cirebon

gua sunyaragi
jejakpiknik.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan Gua Sunyaragi? Gua Sunyaragi dikenal sebagai salah satu buah yang cukup populer di Cirebon. Gua yang satu ini bisa kamu kunjungi di daerah Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Tidak hanya dikenal akan keindahannya, gua ini juga memiliki beberapa cerita mistis yang beredar. Konon katanya gua ini sempat hancur dan diperbaiki oleh 2 orang arsitek pada tahun 1852. Namun setelah itu, konon kabarnya mereka terbunuh dan dipercaya bergentayangan hingga saat ini. Mengerikan sekali bukan?

5. Gua Ngerong, Tuban

gua ngerong
kompasiana.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan wisata Gua Ngerong? Gua Ngerong merupakan salah satu tempat wisata alam yang terletak di Jalan Raya Rengel, Dusun Purboyo Mayang, Rengel, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Selain dikenal akan keindahannya, gua yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu gua paling angker di Jawa.

Di dalam Gua Ngerong dipercaya terdapat ikan serta kura-kura gaib. Konon katanya, makhluk-makhluk tersebut merupakan jelmaan Bidadari serta Senopati yang dikutuk karena berbuat kesalahan. Selain itu, gua ini juga dihuni oleh banyak sekali kelelawar. Cerita mistis tersebut berhasil membuat beberapa wisatawan penasaran dan ingin mengunjungi tempat wisata di Tuban yang satu ini. Beranikah kamu untuk mengunjungi Gua Ngerong saat datang ke Tuban?

6. Gua Cerme, Yogyakarta

gua cerme
jejakpiknik.com

Gua Cerme dikenal sebagai salah satu tempat wisata alam berupa gua yang cukup populer di Yogyakarta. Gua yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu gua paling angker di Jawa dan kerap dipilih sebagai lokasi ritual. Ada cukup banyak cerita mistis yang beredar mengenai Gua Cerme.

Konon katanya, masyarakat sekitar mempercayai bahwa di dalam gua terdapat belut gaib. Belut tersebut dipercaya oleh masyarakat setempat dapat membawa keberuntungan. Hal itu tentu menjadikan beberapa orang penasaran dan ingin mengunjungi Gua Cerme saat datang ke Yogyakarta. Tertarikkah kamu untuk mengunjunginya?

7. Gua Gong, Pacitan

gua gong
travel.kompas.com

Rekomendasi gua paling angker di Jawa berikutnya adalah Gua Gong. Gua yang satu ini terletak di Jalan Salam, Bomo, Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Saat berbicara tentang tempat wisata mistis, gua Gong tentu sudah tidak asing lagi dikenal sebagai salah satunya.

Gua yang satu ini memiliki cukup banyak cerita mistis yang beredar dan dipercaya oleh masyarakat setempat. Salah satu cerita yang populer adalah konon katanya kerap terdengar suara gamelan dari kawasan gua yang tidak jelas sumbernya. Dari cerita tersebut, beranikah kamu untuk datang ke Gua Gong Pacitan?

8. Gua Terawang, Blora

gua terawang
indonesiatraveler.id

Tidak kalah menyeramkan dengan berapa gua paling angker di Jawa lainnya, Gua Terawang juga dikenal sangat menyeramkan. Gua yang satu ini bisa kamu kunjungi di daerah Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Jika dilihat sekilas, gua ini memang memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan serta tidak terkesan horor. Tetapi jangan salah, masyarakat sekitar mempercayai bahwa gua dengan pemandangan indah ini menjadi lokasi kerajaan kera gaib. Terdengar menyeramkan bukan?

9. Gua Jepang, Bandung

gua jepang bandung
travel.okezone.com

Berapa hari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Gua Jepang. Sesuai dengan namanya, Gua Jepang merupakan bangunan peninggalan tentara Jepang. Gua Jepang dapat dijumpai di beberapa daerah salah satunya adalah di Bandung. Gua Jepang yang terletak di Bandung juga dikenal sebagai salah satu gua paling angker di Jawa. Kamu dapat mengunjungi gua yang satu ini di daerah Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Dulunya tempat ini digunakan sebagai persembunyian tentara Jepang serta tahanan bagi bangsa Indonesia. Gua Jepang yang terletak di Bandung ini memiliki beberapa cerita mistis yang beredar dan dipercayai oleh masyarakat setempat. Salah satu hal misterius adalah kerap terdengar suara derap kaki tentara hingga teriakan yang cukup mengerikan.

10. Gua Jepang, Yogyakarta

gua jepang ypgyakarta
travel.kompas.com

Tidak hanya di Bandung, Yogyakarta juga memiliki Gua Jepang yang dikenal sebagai salah satu Gua paling angker di Jawa. Gua yang satu ini dulunya digunakan sebagai lokasi penyiksaan bangsa Indonesia. Salah satu cerita yang beredar dan populer mengenai gua ini adalah kerap terdengar suara di kawasan gua tetapi tidak aja wujud yang jelas. Berani untuk mengunjungi Gua Jepang saat datang ke Yogyakarta?



Leave a Reply