5 Makanan Khas Sukoharjo, Ada Alakatak Hingga Soto


Fida  August 8, 2022  0 Comment

Sukoharjo dikenal sebagai salah satu daerah yang tidak hanya memiliki banyaknya tempat wisata, tetapi juga menawarkan berbagai kuliner lezat. Ada cukup banyak pilihan makanan khas Sukoharjo yang populer dan menarik untuk kamu coba. Berbagai makanan disajikan dengan cita rasa lezat serta memiliki tampilan menggugah selera.

Saat memutuskan untuk menghabiskan waktu berlibur di Sukoharjp, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk berburu kuliner lezat yang ditawarkan. Kamu juga tidak perlu khawatir karena beberapa makanan khas Sukoharjo juga cocok dipilih sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang. Tidak perlu bungung, inilah daftar 5 rekomendasi makanan khas Sukoharjo yang bisa kamu coba.

1. Jenang Krasikan

jenang krasikan
akurat.co

Saat ingin mencoba salah satu makanan khas Sukoharjo, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk mencicipi lezatnya jenang krasikan. Jenang krasikan merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup mudah dijumpai hingga saat ini. Makanan yang satu ini juga diminati oleh banyak kalangan mulai dari anak anak hingga orang dewasa.

Jenang krasikan dibuat menggunakan bahan utama beras ketan. Beberapa bahan lain yang dibutuhkan diantaranya gula merah dan juga santan kelapa. Setelah semua bahan tercampur, langkah selanjutnya adalah dengan cara memasak semua bahan pada tungku hingga matang. Setelah matang, adonan kemudian dicetak. Proses pengolahannya yang masih menggunakan cara tradisional menjadikan makanan yang satu ini memiliki aroma serta rasa yang khas.

Saat mencoba jenang krasikan, kamu akan dimanjakan dengan rasa manis yang berpadu dengan gurihnya santan. Tidak hanya itu, kamu juga dapat merasakan tekstur yang legit dan pas. Makanan khas Sukoharjo yang satu ini dapat kamu beli dengan harga berkisar Rp 30.000,- hingga Rp 70.000,- per kemasan. Karena dikenal khas, tidak heran jika jenang krasikan kerap dipilih sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang dari Sukoharjo. Kamu tidak perlu khawatir karena makanan ini mampu bertahan cukup lama dan awet jika dijadikan oleh oleh.

Gotravelly

Sate Bumbon Khas Kabupaten Kendal Yang Menggoda Lidah

Bali Ndeso Resto Banyak Banget Spot Instagramable Yang Keche!

2. Alakatak

alakatak
solo.suaramerdeka.com

Ada cukup banyak pilihan makanan khas Sukoharjo yang menarik untuk kamu coba, salah satunya adalah alakatak. Beberpa dari kamu tentu masih asing mendengar sebutannya bukan? Alakatak dikenal sebagai makanan yang dibuat menggunakan bahan bahan sederhana seperti tempe dan mie.

Siapa sangka jika makanan yang dibuat menggunakan bahan bahan sederhana ini justru mampu menarik perhatian masyarakat lokal hingga wisatawan? Alakatak biasa disajikan dengan dibalut menggunakan daun jati. Daun jati juga dikenal sebagai ciri khas pada sajian makanan yang satu ini. Saat mencoba alakatak, kamu akan mencium aroma serta merasakan cita rasa khas dari koro benguk yang ada pada tempe. Tekstur tempe yang lembut dan berpadu dengan mie yang kenyal menjadikan makanan yang satu ini sayang untuk kamu lewatkan.

Meskipun disajikan dengan sederhana, tetapi alakatak dikenal sangat otentik. Resep yang digunakan untuk membuat alakatak juga masih sama sejak dulu. Kamu dapat dengan mudah menjumpai makanan yang satu ini di beberapa pasar tradisional di Sukoharjo. Satu porsi alakatak dapat kamu nikmati dengan harga mulai dari Rp 5.000,-. Cukup terjangkau, ya? Alakatak menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin mencoba salah satu makanan khas Sukoharjo.

3. Gempol Pleret

gempol pleret
soloposfm.com

Pernah mendengar sebutan gempol pleret? Gempol pleret dikenal sebagai salah satu makanan khas Sukoharjo yang menarik untuk kamu coba. Sajian yang satu ini dibuat dari tepung beras. Tepung beras yang diolah dan dibentuk bulat warna warni itulah yang disebut gempol.

Gempol pleret biasa disajikan dengan tambahan gula aren atau gula kelapa dan juga es batu. Hidangan yang satu ini menawarkan sensasi segar dan cocok dinikmati saat cuaca sedang panas panasnya. Tampilan serta warnanya yang cantik menjadikan hidangan ini tampak sangat menggugah selera dan wajib kamu coba.

Saat mencoba gempol pleret, kamu akan dimanjakan dengan perpaduan rasa manis dan gurih. Selain melepas dahaga, satu porsi gempol pleret juga cukup mengenyangkan. Cita rasa serta sensasi segar yang ditawarkan tentu akan membuatmu ketagihan setelah mencobanya.

Makanan khas Sukoharjo yang satu ini sangat mudah kamu jumpai di beberapa tempat seperti pasar tradisional atau di pinggir jalan. Biasanya, gempol pleret disajikan dalam satu mangkuk kecil dengan porsi yang pas. Kamu tidak perlu khawatir soal harga karena gempol pleret dijual dengan harga yang terjangkau yakni mulai dari Rp 3.000,- per porsi. Terjangkau sekali, ya?

4. Soto Carikan

soto carikan
javatravel.net

Soto carikan dikenal sebagai salah satu makanan khas Sukoharjo yang menarik untuk kamu coba. Sesuai dengan namanya, hidangan yang satu ini pada dasarnya merupakan kuliner soto.

Yang membedakan soto carikan dengan soto pada umumnya adalah pada kuahnya. Kuah soto carikan tampak lebih bening dan segar jika dibandingkan dengan soto pada umumnya. Hidangan yang satu ini juga disajikan bersama dengan daging ayam kampung sehingga terasa lebih gurih.

Sebutan kuliner ini juga merupakan nama tempat yakni warung soto carikan. Warung ini selalu ramai pengunjung, khususnya di jam makan siang. Warung soto carikan juga dikenal legendaris dan memiliki resep serta rasa yang sama sejak dulu.

Satu porsi soto carikan disajikan dengan isian nasi, kuah soto, suwiran ayam, toge, dan juga bawang goreng. Pecinta soto, kamu tentu akan dibuat ketagihan setelah mencoba lezat dan uniknya soto carikan. Saat ingin mencoba salah satu makanan khas Sukoharjo ini, pastikan kamu sabar mengantri, ya.

5. Roti Widoro

Makanan Khas Sukoharjo
wisata.harianjogja.com

Makanan khas Sukoharjo yang melegenda dan wajib kamu coba berikutnya adalah roti widoro. Jika dilihat sekilas, roti yang satu ini memang tampak sederhana atau bahkan biasa saja. Tetapi siapa sangka jika roti widoro sudah ada sejak tahun 1922.

Jika biasanya roti dibuat menggunakan bahan telur ayam, tetapi tidak dengan roti widoro. Roti widoro dibuat menggunakan bahan telur bebek dengan tambahan gula yang banyak. Oleh karena itu, tidak heran jika roti widoro menawarkan cita rasa manis serta tekstur yang lembut saat dicoba.

Kamu dapat menikmati lezatnya roti legendaris yang satu ini di Jalan Solo – Wonogiri KM 16, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo. Penasaran dengan lezatnya makanan khas Sukoharjo yang satu ini?

Nah, itulah daftar 5 rekomendasi makanan khas Sukoharjo yang sayang untuk kamu lewatkan. Berbagai makanan disajikan dengan tampilan serta cita rasa unik dan menggugah selera. Saat berkesempatan datang ke Sukoharjo, kira kira makanan manakah yang paling ingin kamu coba?



Leave a Reply