15 Air Terjun Di Bangkinang Kampar – Riau yang Menakjubkan dan Recommended


Rio Handika  October 2, 2023  0 Comment

Air terjun di Bangkinang dapat menjadi pilihan wisata alam yang menakjubkan. Beragam keindahan dapat dinikmati oleh para wisatawan. Bangkinang sendiri merupakan daerah di kabupaten Kampar, Riau yang memiliki sejuta pesonanya. Setidaknya ada banyak air terjun yang masing-masing memiliki keunikan dan keindahannya sendiri.

air terjung di bangkinang
unsplash.com

Potensi wisata tersebut pun di Kelola dengan baik oleh pemerintah. Jadi, tidak heran jika air terjun di daerah ini memiliki banyak peminat. Selain terawat dengan baik, juga memiliki berbagai fasilitas memadai. Nah, jika kamu penasaran apa saja wisata air terjun tersebut, maka bisa Simak yang berikut.

Wisata Air Terjun di Bangkinang

1. Air Terjun Lubuok Nginio – Air Terjun di Bangkinang

Lubuok Nginio, merupakan salah satu keajaiban alam yang memukau di Bangkinang, Riau. Air terjun ini menawarkan pesona alam yang luar biasa dengan derasnya aliran air yang jatuh dari ketinggian. Tersembunyi di dalam hutan tropis, Air Terjun Lubuok Nginio adalah tempat yang sempurna bagi para pencinta alam dan petualang.

Keindahan alam sekitar yang masih alami dan eksotis menjadikan air terjun ini tempat ideal untuk berpiknik dan menikmati keindahan alam. Selain itu, Kamu juga bisa merasakan sensasi menyegarkan dari air terjun ini dengan berenang di kolam alami yang terbentuk di bawahnya.

Lokasi: Pulau Terap Kecamatan Kuok, Kab. Kampar, Riau.

HTM atau Tiket Masuk: Rp5.000/orang, parkir mobil Rp15.000.

Jam Operasional: –

2. Air Terjun Tj. Alai Kam par

Air Terjun Tj. Alai Kampar adalah sebuah tujuan alam yang menakjubkan di Bangkinang. Air terjun ini memikat dengan keindahan aliran air yang jatuh dari ketinggian, menciptakan pemkamungan yang memukau. Terletak di tengah hutan tropis yang masih alami, Tj.

Dengan suasana yang tenang dan lingkungan yang asri, ini adalah tempat yang sempurna untuk berlibur atau sekadar melepas penat. Kamu dapat menikmati keindahan alam sekitar serta merasakan kesegaran air terjun ini dengan berenang di kolam alami yang terbentuk di bawahnya.a

Baca juga :  11 Tempat Wisata di Bangkinang, Cocok Menjadi Tujuan Berlibur

HTM atau Tiket Masuk: -.

Jam Operasional: Buka setiap hari pukul 06.00 – 17.30.

3. Air Terjun Tambang Murai – Air Terjun di Bangkinang

Air Terjun Tambang Murai di Bangkinang, Riau, memiliki daya tarik unik yang mirip dengan bekas tambang. Terdapat gua kecil yang mengingatkan pada galian tambang, memberikan sensasi yang berbeda bagi pengunjung.

Untuk mencapai lokasi air terjun ini, Kamu akan menggunakan perahu warga dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Suasana alam yang asri dan indah menyertai setiap langkah Kamu, menghilangkan rasa lelah. Air Terjun Tambang Murai mempesona dengan batuan tebing yang mengapit aliran air jernih berwarna hijau tosca.

Lokasi: Tj. Alai Kecamatan XIII Koto Kampar, Kampar, Riau.

HTM atau Tiket Masuk: Gratis.

Jam Operasional: –

4. Air Terjun Pangkalan Kapas

Air Terjun Pangkalan Kapas, juga dikenal sebagai Air Terjun Batang Kapas, adalah keindahan alam di Bangkinang, Riau. Meskipun ketinggian yang pasti belum tercatat secara resmi, air terjun ini dianggap sebagai yang tertinggi di Riau.

Pengunjung harus menempuh perjalanan panjang melalui perkebunan karet dan hutan desa sejauh 4-5 km dari Desa Lubuk Bigau untuk mencapainya. Aliran air dari Sungai Batang Kapas menciptakan pemkamungan yang spektakuler bagi para pecinta alam. Jelajahi kecantikan alam Bangkinang ini di Air Terjun Pangkalan Kapas.

Lokasi: Lubuk Bigau, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kampar, Riau.

HTM atau Tiket Masuk: Rp5.000/orang.

Jam Operasional: Buka Setiap Hari 24 Jam.

5. Air Terjun Panisan

Air Terjun Panisan, di Desa Tanjung, Bangkinang, menawarkan aliran air deras yang memikat dan pemkamungan alam yang menawan. Di tengah hutan rindang, suasana asri dan kedekatan dengan alam sangat terasa.

Meskipun aksesnya tidak mudah, daya tarik alam ini terus memikat wisatawan yang datang. Harga tiket masuk yang terjangkau, sekitar 3000 rupiah per orang, membuatnya menjadi destinasi yang layak dikunjungi di Bangkinang.

Lokasi: Unnamed Road, Tanjung, Koto Kampar Hulu, Kampar, Riau.

HTM atau Tiket Masuk: Rp3.000/orang.

Jam Operasional: Buka Setiap Sabtu – Kamis Pukul 08.00 hingga 16.00. Jumat Libur.

6. Air Terjun Gulamo atau Green Canyon Kampar

Air Terjun Gulamo di Kabupaten Kampar, Riau, merupakan salah satu destinasi unggulan yang berpotensi menjadi geopark Indonesia. Pengunjung akan terpesona dengan pemkamungan alam yang asri dan keindahan Sungai Gulamo yang mirip “Green Canyon” selama perjalanan menuju Danau PLTA Koto Panjang.

Dikelilingi oleh pepohonan rindang, Gulamo menawarkan pengalaman alam yang memukau. Meskipun jaraknya sekitar 2,5 jam perjalanan dari Kota Pekanbaru, kecantikan alamnya menjadikannya destinasi yang patut dikunjungi di Bangkinang.

Lokasi: Jembatan. Tj. Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

Baca juga :  15 Pantai di Riau dengan Pemandangan Memukau

HTM atau Tiket Masuk: -.

Jam Operasional: Buka setiap hari 24 jam.

7. Air Terjun Sungai Osang – Air Terjun di Bangkinang

Air Terjun Sungai Osang di Bangkinang adalah hasil pertemuan indah dua sungai, Binamang dan Osang, dengan perbedaan ketinggian yang menciptakan pemkamungan spektakuler. Terletak di kawasan hutan yang alami, airnya sangat jernih, dikelilingi oleh vegetasi lebat dan asri.

Kolam yang terbentuk di bawah air terjun memungkinkan pengunjung untuk berendam dalam aliran air yang lembut. Keindahan alam dan suasana damai menjadikan Air Terjun Sungai Osang sebagai destinasi wisata alam yang menarik di Bangkinang.

Lokasi: Unnamed Road, Koto Tuo, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

HTM atau Tiket Masuk: Rp15.000/ orang.

Jam Operasional: Buka setiap hari pukul 07.00 hingga 17.00.

8. Air Terjun Koboko

Air Terjun Kaboko di Bangkinang, tersembunyi di Desa Lipat Kain Selatan, menawarkan pesona alam alami yang belum tersentuh. Perjalanan 30 menit berjalan kaki setelah tiba di desa mengantarkan pengunjung ke keindahan air terjun ini. Batuan-batuan di sekitar kolam dan air terjun menambah pesona alam yang menakjubkan.

Lokasi: Unnamed Road, Lipat Kain Sel, Kecamatan Kampar kiri, Kab. Kampar, Riau.

HTM atau Tiket Masuk: Rp15.000/orang.

Jam Operasional: Buka setiap hari pukul 08.00 hingga 17.00.

9. Air Terjun Pulo Simo

Air Terjun Pulo Simo di Bangkinang adalah destinasi menawan yang patut dikunjungi. Meskipun memiliki ketinggian hanya 12 meter, air terjun ini menarik banyak pengunjung yang suka cliff jumping. Kolamnya memiliki kedalaman hingga 5 meter, sehingga keahlian berenang diperlukan.

Lokasinya dapat dicapai dengan berjalan kaki sekitar 300 meter dari area parkir setelah perjalanan sekitar 3 jam dari Pekanbaru. Meskipun perjalanan tidak mudah, keindahan alam yang memukau di Air Terjun Pulo Simo sangat berharga.

Lokasi: Tj. Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

HTM atau Tiket Masuk: Rp5.000/orang.

Jam Operasional: Buka Setiap Hari pukul 06.00 hingga 18.00.

10. Air Terjun Batu Tilam – Air Terjun di Bangkinang

Air Terjun Batu Tilam di Desa Kebun Tinggi, Bangkinang, ditemukan pertama kali pada tahun 2009 dan diresmikan pada tahun 2015. Terletak di mulut gua puncak Bukit Barisan, akses menuju air terjun ini memerlukan tekad kuat.

Keunikan Air Terjun Batu Tilam bukan hanya ketinggiannya, melainkan bentuknya yang mirip parit dengan aliran air deras dan dinding yang sempit. Sudutnya yang miring lkamui menciptakan kolam tempat bermain air atau berenang, menjadikannya destinasi menarik di Bangkinang.

Lokasi: Lubuk Bigau, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar, Riau.

HTM atau Tiket Masuk: -.

Jam Operasional: –

Baca juga :  10 Oleh-oleh Unik Khas Polandia Cocok Untuk Buah Tangan

11. Air Terjun Putri Kayangan Desa Tanjung

Air Terjun Putri Khayangan di Desa Tanjung, Bangkinang, memikat banyak wisatawan dan sempat viral. Meskipun tidak tinggi, keindahannya membuatnya disebut ‘Surga Tersembunyi.’ Akses menuju Desa Tanjung melibatkan perjalanan menyeberangi danau, diikuti dengan perjalanan setapak yang menantang.

Air terjun ini memiliki dua aliran air yang berakhir di kolam yang ideal untuk berenang. Keunikan Air Terjun Putri Khayangan adalah tidak ada biaya masuk karena belum memiliki pengelola resmi. Ini adalah destinasi alam yang patut dikunjungi di Bangkinang.

Lokasi: Jalan Lintas Pekanbaru, Tabing, Kecamatan Koto Kampar, Kab. Kampar, Riau.

HTM atau Tiket Masuk: Gratis.

Jam Operasional: Buka setiap Sabtu hingga Kamis Pukul 08.00 sampai 17.30. Khusus Jumat Libur.

12. Stanum Bangkinang

Taman Rekreasi Stanum di Bangkinang adalah sebuah taman yang terletak di pusat kota, menawarkan lingkungan sejuk dan penuh pepohonan rindang. Dulu menjadi destinasi rekreasi paling populer di Bangkinang, taman ini diresmikan pada tahun 1991 oleh Jendral Tri Sutrisno dan Panglima Angkatan Udara Singapura.

Selain sebagai tempat rekreasi, Stanum juga sering digunakan untuk kegiatan pertemuan, seperti konferensi, seminar, dan pelatihan. Ini adalah salah satu ikon Kota Bangkinang yang patut dikunjungi.

Lokasi: Pulau Terap Kecamatan Kuok, Kab. Kampar, Riau.

HTM atau Tiket Masuk: Rp20.000/orang, parkir mobil Rp15.000.

Jam Operasional: Buka setiap hari pukul 07.00 hingga 17.30 WIB.

13. Air Terjun Batang Kapur

Air Terjun Batang Kapur di Bangkinang adalah destinasi alam yang menawan. Dengan ketinggian yang memukau dan aliran air yang deras, air terjun ini menawarkan pemkamungan spektakuler.

Terletak di lokasi yang asri, pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar. Meskipun aksesnya memerlukan usaha, kecantikan alamnya sangat memuaskan. Batang Kapur adalah salah satu air terjun terbaik di Bangkinang yang patut dikunjungi bagi para pecinta alam.

Lokasi: Tj. Belit, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar, Riau.

HTM atau Tiket Masuk:-

Jam Operasional: Buka setiap hari 24 jam

14. Air Terjun Sungai Gagak

Air Terjun Sungai Gagak di Bangkinang adalah destinasi alam menarik dengan aliran deras dan pemkamungan indah. Terletak di lingkungan asri, ini adalah tempat sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam. Meskipun akses memerlukan usaha, Sungai Gagak adalah salah satu air terjun terbaik di Bangkinang yang patut dikunjungi oleh pecinta alam.

Lokasi: Langgini, Bangkinang, Kab. Kampar, Riau.

HTM atau Tiket Masuk: -.

Jam Operasional: Buka setiap hari pukul 07.00 hingga 17.30.

15. Air Terjun Batu Dinding

Air Terjun Batu Dinding di Bangkinang adalah destinasi yang memukau. Terletak di Jl. Tanjung Belit, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, aksesnya memerlukan waktu sekitar 3 jam dari Pekanbaru dan perjalanan lanjutan berjalan kaki.

Meskipun jarak yang jauh dan tantangan perjalanan, banyak wisatawan yang datang untuk menikmati panorama alam yang luar biasa. Meski air terjunnya tidak tinggi, kolam yang luas menjadikannya tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. Air Terjun Batu Dinding adalah destinasi menarik di Bangkinang.

Lokasi: Tj. Belit, Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar, Riau.

HTM atau Tiket Masuk: Rp10.000/orang.

Jam Operasional: Buka setiap hari 24 jam.

source: https://www.youtube.com/@TRANSTVofficial

Itulah tadi 15 air terjun di bangkinang yang bisa menjadi tujuan wisata kamu. Memiliki pesona alamnya yang menakjubkan dengan fasilitas memadai. Tentunya, akan menjadi liburan yang menyenangkan.



Leave a Reply