13 Wisata di Morowali, Cocok Dikunjungi Saat Liburan


Fida  December 12, 2022  0 Comment

Morowali merupakan sebutan bagi salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Tengah. Daerah yang satu ini dikenal menyuguhkan banyaknya destinasi wisata mulai dari wisata alam hingga wisata buatan. Terdapat cukup banyak pilihan wisata di Morowali yang sayang untuk kamu lewatkan. 

Jika bosan dengan kegiatan sehari hari dan ingin melepas penat, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berlibur dan menghabiskan waktu dengan mengunjungi tempat wisata. Inilah daftar 13 rekomendasi wisata di Morowali yang populer dan menarik untuk kamu datangi. 

Wisata di Morowali :

1. Pulau Langala

pulau lanagala
indozone.id

Pulau Langala dikenal sebagai salah satu destinasi wisata di Morowali yang populer dan menarik untuk kamu datangi. Pulau yang satu ini dikenal menyuguhkan pemandangan indah dengan ciri khas yakni adanya garis pantai yang panjang. Tidak hanya berhasil menarik perhatian masyarakat lokal, Pulau Langala juga banyak didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah. 

Untuk tiba di pulau ini, pengunjung harus menempuh perjalanan dengan menggunakan kapal dengan waktu tempuh 10 menit. Kamu dapat menyewa kapal dengan harga sekitar Rp 20.000,- untuk perjalanan pulang pergi. Terbilang cukup terjangkau bukan? Dengan begitu, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan sekaligus suasana yang masih sangat alami. 

Setibanya di Pulau Langala, pengunjung akan disambut dengan hamparan pasir yang putih dan lembut. Perairan yang jernih di sekitar pulau juga tentu sangat memanjakan mata. Pulau Langala menawarkan pengalaman berlibur yang sangat mengesankan. Bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran maupun menenangkan diri, datang menghabiskan waktu di Pulau Langala menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba. 

Mencoba Serunya River Tubing Sungai Oyo, Bikin Ketagihan!

Toko Kue Kho Sing Surganya Jajanan Pasar Murah Di Surabaya

2. Pulau Kayangan

pulau kayangan
itrip.id

Selain Pulau Langala, Pulau Kayangan juga menjadi salah satu destinasi wisata di Morowali yang menarik untuk dikunjungi. Pulau yang satu ini memiliki ciri khas yakni adanya garis pantai yang cukup panjang, yakni mencapai 50 meter. 

Selain hamparan pasir yang luas, Pulau Kayangan juga dikenal memiliki perairan yang jernih. Pulau ini juga dikelilingi dengan bebatuan karang yang membuat pemandangan semakin indah dan mengesankan. Tidak hanya dapat bersantai dan menikmati indahnya pulau, pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas seru seperti berenang. 

Pemandangan indah yang disuguhkan juga menjadikan Pulau Kayangan kaya akan spot foto menarik dan instagramable. Jika ingin menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi salah satu destinasi wisata di Morowali, Pulau Kayangan menjadi tujuan tepat yang sayang untuk kamu lewatkan. 

3. Pulau Sombori

pulau sombori
merdeka.com

Tidak kalah indah dengan pulau lainnya, Pulau Sombori juga menjadi salah satu destinasi wisata di Morowali yang direkomendasikan untuk kamu datangi. Selain mampu menarik perhatian wisatawan lokal, Pulau Sombori juga menjadi tujuan favorit wisatawan yang datang dari berbagai penjuru dunia. 

Untuk tiba di Pulau Sombori, kamu perlu menempuh perjalanan dengan menggunakan speedboat. Perjalanan yang memakan waktu sekitar 30 menit ini tentu akan memberikanmu pengalaman yang sangat berkesan. Selain dikenal dengan pulaunya yang indah, pemandangan bawah laut di sekitar Pulau Sombori juga tidak kalah mengesankan. 

Baca juga :  10 Destinasi Wisata Ala Aurel Hermansyah, Seru Banget!

Pengunjung yang datang dapat melakukan berbagai aktivitas seperti bersantai, berfoto, hingga mencoba sensasi snokerling. Selain indah, pemandangan bawah laut di Pulau Sombori juga sangat mengesankan dengan banyaknya biota yang hidup di dalamnya. 

Karena dikenal dengan bentuk khasnya yakni memiliki banyak bebatuan karang di tengah perairan, maka tidak heran jika Pulau Sombori kerap disebut sebagai Raja Ampat mini. Lokasinya yang terbilang cukup terpencil menjadikan Pulau Sombori menyuguhkan suasana yang masih sangat alami dan asri. Pulau Sombori menjadi tujuan wisata yang tepat untuk didatangi saat berada di Morowali. 

4. Air Terjun Veranomata

air terjun veranomata
penginapan.net

Tidak hanya pulau, kamu juga dapat mengunjungi destinasi wisata di Morowali berupa air terjun. Salah satu wisata air terjun yang populer dan menarik untuk kamu kunjungi adalah Air Terjun Veranomata. Air terjun yang satu ini terletak di kawasan Desa Betebete, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali. 

Untuk menyusuri kawasan wisata air terjun, hanya dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 5.000,- per orang. Cukup terjangkau bukan? Karena memiliki lokasi yang terpencil, maka tidak heran jika air terjun ini belum ramai didatangi wisatawan. Hal itu tentu menjadikan Air Terjun Veranomata menawarkan suasana yang masih sangat asri dan alami.

Saat tiba di lokasi, pengunjung akan merasa tenang karena derasnya suara air yang jatuh dari ketinggian. Air Terjun Veranomata juga dikenal memiliki ketinggian yang beragam yakni mulai 2 meter hingga 20 meter. 

Waktu terbaik untuk datang ke air terjun ini adalah saat cuaca cerah. Di waktu tersebut, kamu dapat melihat perairan yang jernih di kolam di bawah air terjun. Selain dapat bersantai dan menikmati indahnya pemandangan yang disuguhkan, pengunjung juga dapat bebas bermain air hingga berenang di bawah aliran air terjun. Menarik sekali bukan?

5. Gua Allo

gua allo
travel.detik.com

Gua Allo juga merupakan salah satu destinasi wisata di Morowali yang populer dan menarik untuk dikunjungi. Destinasi wisata yang satu ini memiliki lokasi yang terbilang cukup tersembunyi tepatnya berada di Desa Mbokita, Kecamatan Bungku, Kabupaten Morowali. 

Banyak yang mengatakan bahwa Gua Allo memiliki pemandangan yang mirip dengan Phi Phi Island di Thailand. Tidak hanya dapat menikmati keindahannya dari luar, pengunjung juga dapat memasuki gua dengan melalui celah di dinding tebing.

Di dalam gua, pengunjung dapat menjumpai adanya kolam dengan perairan yang sangat jernih. Pengunjung tentu akan dibuat kagum karena perairan yang jernih menjadikan dasar kolam dapat terlihat dengan jelas. Tidak hanya menyusuri gua, pengunjung juga dapat mencoba sensasi berendam di kolam dengan perairan jernih sembari memandangi langit-langit gua. Asik sekali bukan? 

Untuk menyusuri indahnya Gua Allo, pengunjung hanya perlu menyiapkan biaya tiket masuk sekitar Rp 10.000,- per orang.

6. Goa Berlian

goa berlian
wesata.id

Satu lagi rekomendasi wisata di Morowali berupa goa yang menarik untuk kamu datangi adalah Goa Berlian. Sesuai dengan sebutannya, Goa Berlian dikenal menyuguhkan pemandangan indah layaknya berlian di bagian dalamnya. Hal tersebut berasal dari stalaktit yang terkena sinar matahari. Stalaktit tersebut kemudian memancarkan cahaya dan berkulai seperti berlian. 

Jika ingin mengunjungi Goa Berlian, pengunjung harus mempersiapkan stamina yang ekstra serta peralatan yang lengkap. Bagaimana tidak, jalan yang akan dilewati memiliki debit kemiringan hingga 80 derajat. Oleh karena itu, pengunjung juga sangat disarankan untuk membawa peralatan mendaki tebing demi keselamatan. 

Baca juga :  Selalu Ingin Kembali ke 10 Wisata Terbaik di Nusa Dua Bali

Menyusuri Goa Berlian tentu menjadi salah satu pengalaman mengesankan yang bisa kamu coba. Indahnya stalakmit dan stalaktit Goa Berlian akan menyambut kedatangan pengunjung di Goa Berlian. Jika bingung menentukan pilihan wisata di Morowaloi, Goa Berlian dapat menjadi tujuan yang bisa kamu datangi.

7. Puncak Gunung Tingkea

gunung tingkea
wesata.id

Hobi mendaki? Gunung Tingkea dapat menjadi rekomendasi wisata di Morowali yang tepat untuk kamu datangi. Destinasi wisata yang satu ini menyuguhkan keindahan alam yang masih sangat alami. Pengunjung yang datang tidak hanya akan dimanjakan dengan pemandangan indah, tetapi juga suasana yang sejuk dan segar. 

Gunung Tingkea memiliki puncak yang menjadi destinasi favorit wisatawan. Selain menjadi tujuan wisata, Gunung Tingkea juga kerap menjadi lokasi diadakannya acara mulai dari acara nasional hingga internasional. Kamu dapat berwisata sekaligus mencoba berbagai kuliner lezat. Terdapat banyak pilihan makanan khas Morowali yang menggugah selera dan bisa kamu coba di sekitar Gunung Tingkea. Tertarik untuk mengunjunginya? 

8. Pemandian Bahoruru

pemandian bahoruru
wisatapalu.com

Bagi kamu yang bingung menentukan tujuan wisata di Morowali, tidak ada salahnya jika kamu datang ke Pemandian Bahoruru. Pemandian yang satu ini dikenal sangat unik karena berlokasi di atas gunung dan di tengah hutan. Oleh karena itu, tidak heran jika pengunjung dapat merasakan suasana yang sejuk dan segar saat datang ke Pemandian Bahoruru. Destinasi wisata yang satu ini dapat kamu datangi di kawasan Bahoruru, Bungku Tengah, Kabupaten Morowali. 

Selain suasananya yang sejuk dan segar, pengunjung juga akan merasakan perairan yang dingin saat berenang di Pemandian Bahoruru. Hal tersebut dikarenakan kolam di Pemandian Bahoruru diisi menggunakan air yang bersumber langsung dari pegunungan. Unik sekali bukan? 

Meskipun menjadi pemandian satu satunya, Pemandian Bahoruru menawarkan harga tiket masuk yang terbilang cukup terjangkau. Saat berada di Morowali, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan datang dan berenang di segarnya air Pemandian Bahoruru. 

9. Desa Wisata Sakita

desa wisata sakita
travel.detik.com

Tidak hanya Lombok yang dikenal dengan Desa Sade, Morowali juga memiliki Desa Wisata Sakita sebagai salah satu ikon tempat wisatanya. Desa wisata yang satu ini menyuguhkan suasana yang masih sangat asri dan alami, dan dapat kamu kunjungi di Desa Sakita, Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali. 

Karena belum banyak diketahui oleh wisatawan, maka tidak heran jika keindahan serta keasrian Desa Wisata Sakita masih sangat terjaga. Desa Wisata Sakita memiliki banyak potensi alam, salah satunya wisata air. Pengunjung dapat menyusuri desa wisata sekaligus beberapa air terjun di Desa Wisata Sakita. Tidak hanya itu, Desa Wisata Sakita juga memiliki beberapa area wisata lainnya seperti pegunungan dan juga hutan. Lengkap sekali bukan? 

Jika ingin datang dan menghabiskan waktu di Morowali, tidak ada salahnya jika kamu datang ke indahnya Desa Wisata Sakita. Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok dipilih sebagai tujuan berlibur bersama teman maupun keluarga. 

10. Puncak Fafo Baho

puncak fafo baho
keluyuran.com

Menikmati indahnya alam dari ketinggian tentu memiliki kesan yang berbeda. Di Morowali, terdapat salah satu wisata dimana pengunjung dapat mencoba sensasi menikmati alam dari ketinggian. Destinasi wisata tersebut dikenal dengan sebutan Puncak Fafo Baho. 

Baca juga :  6 Kastil di London Yang Tak Hanya Megah Tapi Juga Bersejarah

Puncak Fafo Baho dapat kamu kunjungi di Kelurahan Lamberea, Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali. Di Puncak Fafo Baho, pengunjung dapat melihat langsung indahnya Kota Bungku serta Laut Banda dari ketinggian. Dengan tinggi mencapai 200 meter di atas permukaan laut, maka tidak heran jika Puncak Fafo Baho menawakan udara yang sejuk dan segar. 

Bagi pecinta foto, Puncak Fafo Baho juga sangat cocok untuk dikunjungi karena terdapat banyak pilihan spot menarik dan instagramable. Meskipun harus melalui perjalanan dengan mendaki untuk tiba di puncak, tetapi hal itu tidak menyurutkan niat pengunjung untuk datang dan menikmati indahnya alam di Puncak Fafo Baho. 

Puncak Fafo Baho menjadi tujuan wisata yang tepat untuk dikunjungi bersama teman maupun keluarga. Waktu terbaik untuk datang ke puincak ini adalah pagi hari karena di saat irtulah pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan matahari terbit yang memukau.

11. Air Terjun Bahoumumpa

air terjun bahoumumpa
travel.detik.com

Air terjun menjadi rekomendasi wisata tepat yang cocok untuk dikunjungi bagi kamu pecinta wisata alam. Di Morowali, Air Terjun Bahoumumpa menjadi salah satu wisata air terjun yang populer dan bisa kamu datangi. Air terjun yang satu ini terletak di kawasan Desa Betebete, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali. 

Air Terjun Bahoumumpa memiliki keunikan tersendiri yakni airnya yang langsung turun ke laut. Hal itu tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Tidak hanya itu, lokasinya yang cukup terpencil juga menjadikan Air Terjun Bahoumumpa tidak banyak terjamah oleh tangan manusia. 

Selain dapat melihat perairan yang mengalir deras, pemandangan juga tampak semakin indah dengan adanya tebing dan pepohonan di sekitar aliran air. Pemandangan yang menakjubkan dan memanjakan mata tentu membuat pengunjung betah dan enggan pulang. 

12. Baho Pombine

baho pombine
kumparan.com

Tidak hanya wisata air laut, kamu juga dapat mengunjungi wisata air payau di Morowali yakni Baho Pombine. Luasnya perairan air payau yang dikelilingi oleh penghijauan tentu sangat memanjakan mata. Baho Pombine banyak didatangi wisatawan, baik lokal maupun dari berbagai daerah lainnya. 

Untuk menyusuri kawasan wisata Baho Pombine, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000,- per orang. Di tempat ini, terdapat jembatan panjang yang biasa dipilih wisatawan untuk berfoto. Mengabadikan momen bersama keluarga maupun orang tersayang di Baho Pombine tentu menjadi hal menarik yang sayang untuk dilewatkan. 

Bagi kamu yang ingin melepas penat dan menenangkan diri, Baho Pombine juga menjadi wisata yang tepat untuk kamu datangi. Udaranya yang sejuk dan segar menjadikan pengunjung betah dan enggan pulang saa berlibur ke Baho Pombine. 

13. Cagar Alam Morowali

cagar alam morowali
celebes.co

Cagar Alam Morowali dikenal sebagai salah satu destinasi wisata yang menyimpan banyaknya flora dan fauna. Cagar alam yang satu ini memiliki luas mencapai 209.400 Ha. Dengan begitu, Cagar Alam Morowali terdiri dari beberapa komposisi hutan seperti hutan alluvial, hutan rawa, hutan mangrove, hutan perbukitan, hutan pegunungan, hutan lumut, dan juga hutan sekunder. 

Beberapa satwa endemik juga dapat kamu jumpai di Cagar Alam Morowali seperti 156 spesies burung, babi rusa, hingga satwa yang dilindungi dan hampir punah lainnya. Menarik sekali bukan? 

Suku Wana merupakan suku asli yang tinggal di kawasan Cagar Alam Morowali. Pengunjung yang datang ke kawasan cagar alam ini tentu dapat merasakan sejuk dan segarnya udara yang disuguhkan. Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi indahnya Cagar Alam Morowali? 

Nah, itulah daftar 13 tempat wisata di Morowali yang populer dan bisa kamu datangi. Dari rekomendasi di atas, kira-kira tempat manakah yang tampak paling indah dan ingin kamu datangi? 



Leave a Reply