12 Situs Warisan UNESCO di Indonesia Yang Wajib Kamu Ketahui


prita  August 15, 2021  0 Comment

Sudah bukan rahasia lagi jika Indonesia memiliki banyak keajaiban alam, sejarah dan budaya yang indah dan menarik perhatian tak hanya wisatawan lokal saja, namun juga mancanegara. Hal ini pun telah diakui oleh salah satu organisasi dibawah naungan PBB, yaitu UNESCO. UNESCO telah mendaftarkan sederet situs warisan dunia yang ada di Indonesia. Apa saja? Berikut adalah daftar Situs Warisan UNESCO di Indonesia

1. Cultural Landscape Subak, Bali

Cultural Landscape Subak
id.wikipedia.org

Situs warisan UNESCO di Indonesia yang pertama bisa kamu temukan di Pulau Bali, yaitu Cultural Landscape Subak. Kawasan ini masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2012.

Subak merupakan organisasi pengelolaan sawah berbasis kearifan lokal masyarakat Bali yang menggambarkan hubungan harmonis Antara manusia, alam dan Tuhan. Situs warisan dunia ini meliputi kawasan subak Pakerisan dan Catur Angga Batukaru. Lalu ada dua pura utama yaitu Pura Ulun Danu Batur, Pura Taman Ayun dan Danau Batur.

paket wisata termurah

Wisata Taman Langit, Explore wisata di Malang lagi yuk!

Milenial Glow Garden, Wahana Baru Super Instagenic Yang Memadukan Proyeksi Cahaya!

2. Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur

Taman Nasional Komodo
travel.okezone.com

Bergeser ke Provinsi Nusa Tenggara Timur, disini kamu juga bisa menemukan salah satu Situs Warisan unesco di Indonesia, yaitu Taman Nasional Komodo. Taman Nasional Komodo ini telah masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991.

Taman nasional seluas 173.300 hektar ini memiliki tiga pulau besar, yaitu Pulau Komodo, Pulau Padar dan Pulau Rinca berserta pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya. Ketiga pulau besar tersebut dikenal sebagai habitat alami dari Komodo, yaitu reptile terbesar di dunia yang hanya ada di Indonesia.

3. Situs Purbakala Sangiran, Jawa Tengah

Situs Purbakala Sangiran
sejarahlengkap.com

Situs Purbakala Sangiran memang menjadi salah satu tempat wisata di Sragen yang cukup populer. Tak hanya menjadi tempat wisata yang populer, Situs Purbakala Sangiran ini juga masuk dalam Situs Warisan UNESCO di Indonesia sejak tahun 1996, lho.

Situs Purbakala Sangiran ini memiliki luas yang mencapai 56 kilometer persegi dan menyimpan koleksi peninggalan masa purbakala serta sisa-sisa kehidupan manusia, hewan hingga tumbuhan. Fosil-fosil yang bisa kamu temukan disini bisa membantumu untuk mengetahui bagaimana kehidupan masa lalu.

4. Candi Borobudur, Jawa Tengah

Candi Borobudur
pegipegi.com

Situs Warisan UNESCO di Indonesia yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita, pasalnya Candi Borobudur menjadi salah satu tempat yang cukup populer di Indonesia, bahkan di dunia.

Candi yang telah masuk dalam Situs Warisan UNESCO di tahun 1991 ini telah diakui sebagai candi terbesar di dunia dengan 1460 relief dan 504 stupa di dalamnya. Candi Borobudur berdiri diatas sebuah bukit yang dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan. Tak heran jika candi Buddha ini tak hanya menawarkan wisata sejarah dan budaya, namun juga pemandangan alam yang indah.

5. Candi Prambanan, Jawa Tengah

Candi Prambanan
unsplash.com

Masih di Jawa Tengah, Situs Warisan UNESCO di Indonesia yang satu ini juga berupa candi, yaitu Candi Prambanan yang ada di Klaten. Candi Prambanan dikenal sebagai salah satu Candi Hindu terbesar yang telah terdaftar dalam Situs Warisan Dunia UNESCO di tahun 1991.

Candi Prambanan memiliki gaya bangunan yang tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya. Kamu juga bisa menemukan Candi Dewa Shiwa sebagai candi utama disini yang memiliki ketinggian hingga 47 meter.

6. Taman Nasional Ujung Kulon, Banten

Taman Nasional Ujung Kulon
highlight.id

Situs warisan UNESCO di Indonesia selanjutnya adalah Taman Nasional Ujung Kulon yang berada di Provinsi Banten. Taman nasional yang berlokasi di Semenanjung Ujung Kulon ini secara khusus diperuntukkan sebagai habitat alami hewan langka Badak Bercula satu.

Selain bisa melihat badak bercula satu, disini kamu juga akan disuguhi dengan beragam pemandangan alam yang menarik untuk dijelajahi, mulai dari hutan mangrove, hutan hujan tropis, hutan rawa air dan padang rumput.

7. Tambang Batubara Ombilin, Sumatera Barat

Tambang Batubara Ombilin
riaumagz.com

Tambang Batubara Ombilin yang berada di Provinsi Sumatera Barat ini juga menjadi salah satu Situs Warisan UNESCO di Indonesia pada tahun 2019 lalu. Tambang batubara ini dikenal sebagai tambang batubara tertua di Asia Tenggara karena telah ada sejak tahun 1892.

Wisatawan yang berkunjung kesini juga bisa melihat bekas lokasi penambangan dimana bangunan asli dari tambang tersebut masih terjaga. Misalnya seperti terowongan Mbah Soero, gedung pemerintah, perumahan untuk para pekerja dan masih banyak lagi lainnya.

8. Taman Nasional Sembilang, Sumatera Selatan

Taman Nasional Sembilang
kawanbumi.wordpress.com

Tak hanya Sumatera Barat, Provinsi Sumatera Selatan juga memiliki Situs Warisan UNESCO di Indonesia, yaitu Taman Nasional Sembilang. Taman Nasional Sembilang ini terdiri dari hutan rawa gambut, hutan tepian sungai dan hutan rawa air tawar.

Menariknya, kamu bisa melihat berbagai spesies burung yang hidup di bebas di kawasan taman nasional ini. Apalagi jika kamu berkunjung pada bulan Oktober, kamu bisa melihat kawanan burung yang bermigrasi dari Siberia. Selain burung, Taman Nasional Sembilang juga menjadi habitat Harimau Sumatera yang sekarang sudah semakin sulit untuk ditemui.

9. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Sumatera Selatan

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan
campatour.com

Situs Warisan UNESCO di Indonesia yang satu ini juga berada di Provinsi Sumatera Selatan, yaitu Taman Nasional Bukt Barisan Selatan. Taman nasional ini dibuat khusus untuk tempat konservasi dan perlindungan bagi sederet hewan, seperti Harimau Sumatera, Gajah dan Badak yang semakin lama jumlahnya semakin berkurang.

Selain berbagai macam hewan yang terancam punah, disini kamu juga bisa menemukan aneka ragam hayati unik. Tak heran jika taman nasional ini juga menyandang sebagai Global 200 Ecoregions.

10. Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatera Utara

Situs UNESCO di Indonesia
dolandolen.com

Taman Nasional Gunung Leuser yang berada diantara Provinsi Aceh dan Sumatera Utara juga masuk dalam daftar Situs Warisan UNESCO di Indonesia yang layak untuk dikunjungi. Kawasan ini sangat terkenal dan memiliki daya Tarik berupa Bukit Lawang yang menjadi tempat pengamatan Orangutan Sumatera.

Selain orangutan, taman nasional ini juga menjadi rumah bagi gajah Sumatera. Tak hanya hewan darat, perairan Taman Nasional Gunung Leuser ini dihuni oleh berbagai macam ikan yang panjangnya mencapai satu meter.

11. Taman Nasional Kerinci Seblat, Jambi

Taman Nasional Kerinci Seblat
mytrip.co.id

Masih di Pulau Sumatera, ada satu lagi taman nasional yang masuk dalam Situs Warisan UNESCO di Indonesia, yaitu Taman Nasional Kerinci Seblat. Taman nasional yang ada di Provinsi Jambi ini merupakan taman nasional terbesar di Sumatera yang mana disinilah kamu bisa melihat sebagian besar dari bukt barisan, salah satunya adalah gunung tertinggi di Sumatera, Gunung Kerinci.

Disini kamu bisa menemukan banyak wisata alam yang indah, salah satunya adalah danau tertinggi di Asia Tenggara, yaitu Danau Gunung Tujuh. Selain danau, kamu juga bisa berkunjung ke air terjun, goa hingga sungai-sungai cantik beraliran deras. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat bunga terbesar di dunia, yaitu Rafflesia Arnoldi atau yang dikenal dengan nama bunga bangkai.

12. Taman Nasional Lorentz, Papua

Taman Nasional Lorentz
bareksa.com

Situs Warisan UNESCO di Indonesia yang terakhir adalah Taman Nasional Lorentz yang ada di Papua. Kawasan ini telah ditetapkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1999 karena menyimpan banyak flora dan fauna khas yang dilindungi.

Taman nasional seluas 2,4 juta hektar ini juga terkenal dengan adanya Puncak Cartenz yang masuk dalam daftar seven summits di dunia dan menjadi gunung tertinggi di Indonesia dengan tinggi mencapai 4.884 meter diatas permukaan laut. Puncak Cartenz ini tertutup dengan salju abadi yang membuatnya memiliki pemandangan alam yang indah. Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan destinasi wisata menarik di kawasan taman nasional ini, seperti danau.



Leave a Reply