12 Museum Musik di Dunia Yang Menarik Dikunjungi Para Pecinta Musik


prita  August 2, 2021  0 Comment

Siapa sih yang tidak ingin mengunjungi museum musik? Musik memang menjadi favorit semua orang untuk bisa didengarkan setiap saat atau pada saat tertentu. Musik juga memiliki banyak sekali jenis dan genre-nya yang bisa didengarkan. Jika kamu adalah seorang pecinta musik dan ingin mengetahui secara langsung bagaimana sang musisi membuat lagu-lagu tersebut atau bagaimana mereka mendapatkan inspirasi untuk lagu-lagu mereka, kamu bisa berkunjung ke museum musik yang ada di beberapa Negara. Berikut ini adalah daftar museum musik yang wajib untuk kamu kunjungi.

1. Motown Museum, Amerika Serikat

Motown Museum
aarp.org

Museum musik pertama yang wajib untuk kamu kunjungi adalah Motown Museum. Museum yang berada di kota Detroit, Hitsville, Amerika Serikat ini awalnya merupakan bangunan sederhana yang menjadi studio rekaman dan kantor label sekaligus kediaman dari pendirinya, yaitu Berry Gordy di tahun 1959 hingga 1989.

Setelah Motown pindah ke Los Angeles, rumah tersebut kemudian diubah menjadi museum yang menampilkan semua kostum, foto dan memorabilia bersejarah lainnya dari label ini. Museum ini berencana akan diekspansi hingga menjadi lebih megah.

Gotravelly

Berkunjung Ke Museum Angkut Batu, Museum Trasnportasi Pertama Di Asia Tenggara!

Tempat Nongkrong Baru Dan Hits Di Surabaya Timur Sult Cafe

2. The Museum of Pop Culture, Amerika Serikat

The Museum of Pop Culture
cntraveler.com

Masih di Amerika Serikat,kamu akan menemukan museum musik lainnya yang bernama The Museum of Pop Culture. The Museum of Pop Culture ini menjadi salah satu museum yang paling banyak di kunjungi di Seattle. Museum setinggi 140.000 kaki ini di desain oleh Frank Gehry dengan bentuk melengkung, yang memiliki maksa untuk menyampaikan semua energy dan fluiditas musik. Museum ini dulunya dikenal sebagai Experience Music Project dan didirikan oleh salah satu pendiri Microsoft, yaitu Paul Allen. Museum ini didedikasikan untuk mengeksplorasi kreativitas dalam segala bentuk, sejak awal Nirvana hingga Prince’s Purple Rain. Disana kamu juga bisa mengunjungi patung Chris Cornell.

3. Stax Museum of American Soul Music, Amerika Serikat

Stax Museum of American Soul Music
cityink.com

Stax Museum of American Soul Music ini juga menjadi salah satu museum musik di dunia yang wajib untuk dikunjungi oleh pecinta musik. Stax Museum of American Soul Music ini menjadi satu-satunya museum di dunia yang didedikasikan secara ketat untuk jiwa musik Amerika.

Museum yang berada di Memphis, Tennessee, ini merayakan bintang Soulsville, seperti Isaac Hayes, Rufus Thomas dan Otis Redding. Museum ini juga menawarkan harta karun sejarah yang cukup menarik, seperti kostum panggung flamboyant yang dikenakan oleh Thomas and Little Milton, saksofon Phalon Jones yang diselamatkan dari kecelakaan pesawat yang membawa Jones, Redding dan anggota The Bar-Keys serta permata mahkota asli milik Isaac Hayes, lengkap dengan karpet bulu kelinci dan wiper kaca depan emas padat.

4. Rock and Roll Hall of Fame, Amerika Serikat

Rock and Roll Hall of Fame
ohiomagazine.com

Museum musik yang wajib untuk kamu kunjungi berikutnya adalah Rock and Roll Hall of Fame. Museum yang berlokasi di Cleveland, Ohio, ini pertama kali dibuka pada tahun 1995 dan sejak saat itu menjadi tujuan wisata favorit untuk pecinta rock.

Museum ini memiliki tujuh lantai memorabilia rock yang langka, empat teater dan pameran yang menampilkan sejarah genre dari tahun ke tahun, mulai dari Robert Johnson hingga Def Leppard. Sejak awal dibangun, museum ini telah berkembang untuk memasukkan artefak dari hip hop dan pop, sehingga terdapat banyak genre yang ada disini.

5. The Grammy Museum, Amerika Serikat

The Grammy Museum
gallagherdesign.com

Sama halnya dengan Rock and Roll Hall of Fame, The Grammy Museum yang berada di pusat kota Los Angles ini juga sebuah museum musik yang memberikan penghormatan kepada semua genre music, mulai dari The Beatles hingga Backstreet Boys.

Museum ini sangat interaktif karena menawarkan tutorial musik dengan menggunakan alat music yang bisa kamu mainkan bersama dengan lirik lagunya. Tak hanya itu, mereka juga menyelenggarakan acara di teater yang ada disana, kamu bisa menonton dokumentasi Guns N Roses Duff McKagan yang menyanyikan album solonya.

6. Country Music Hall of Fame and Museum, Amerika Serikat

Country Music Hall of Fame and Museum
countrymusichalloffame.org

Museum musik yang satu ini juga layak untuk kamu kunjungi, khususnya jika kamu penikmat music country. Country Music Hall of Fame and Museum ini berada di Nashville, Tennesse, dan menjadi rumah musik bagi music country beserta bintang-bintangnya.

Museum ini memiliki tiga lantai yang terbagi dari beberapa sesuai dengan perkembangan music country. Kamu juga bisa menemukan pameran panggung bergili seperti Outlaws & Armadillos: Country’s Roaring 70s dan Emmylou Harris: Songbird’s Flight.

7. National Blue Museum, Amerika Serikat

National Blue Museum
nationalbluesmuseum.org

Kalau kamu adalah penyuka music blues, maka museum musik yang satu ini tentu wajib untuk dikunjungi. National Blues Museum ini sejak tahun 2016 telah didedikasikan untuk menjaga agar music blues tetap hidup.

Disini kamu bisa melihat arsip foto dan rekaman langka milik mereka yang terus berkembang. Kamu pun bisa menelusuri genre ini dari Afrika sampai sekarang. Disini mereka menawarkan sejarah walk through menggunakan pameran interaktif, kostum, artefak dan film documenter. Untuk menjaga agar music blues ini tetap hidup, mereka juga menyelenggarakan pertujukan langsung yang bisa kamu nikmati.

8. Graceland, Amerika Serikat

Graceland
housebeautiful.com

Rumah mitos Elvis Presley yang juga menjadi tempat tinggal sang legenda rock n roll paling terkenal sekarang telah berubah menjadi salah satu museum musik paling terkenal di dunia. Graceland merupakan tempat untuk mengenang serta merayakan karir Elvis yang menakjubkan.

Museum ini tak hanya untuk para penggemar Elvis saja, kamu yang bukan penggemar Elvis pun bisa melihat secara langsung kostumnya yang menghentikan pertunjukan dan Jungle Room yang legendaris, lengkap dengan air terjun dan karpet hijau. Elvis pertama kali membeli rumah ini pada tahun 1957 saat usianya memasuki 22 tahun.

Graceland pun mengalami perubahan yang cukup signifikan. Museum ini sekitar ratusan ribu pengunjung per tahun yang datang kesini untuk memberikan penghormtan kepada The King di kebun meditasi. Museum ini bisa kamu kunjungi di Memphis, Tennesse.

9. The Beatles Story, Inggris

The Beatles Story
liverpoolecho.co.uk

Jika berbicara soal museum musik paling terkenal di dunia, rasanya belum afdol jika belum membahas museum yang satu ini, yaitu The Beatles Story. The Beatles Story tentu menjadi wisata wajib saat kamu berkunjung ke kota Liverpool, Inggris dan museum ini terkenal sebagai museum terbaik di kota ini.

The Beatles Story ini merupakan kronik definitive dari kehiduan, budaya dan music The Beatles. Berlokasi di tepi laut, yaitu di Royal Alberth Dock, museum ini mendapatkan penghargaan yang akan membawamu ke masa kejayaan dari band ini, termasukn replica Cavern Club, bersama dengan instrument asli, foto langka dan banyak memoriabilia lainnya. Tak hanya koleksi permanen, museum ini juga menyelenggarakan pameran bergilir, seperti Beatles in India yang menyoroti waktu transformative band di Rishikesh.

10. Handel & Hendrix in London, Inggris

Museum musik di Dunia
handelhendrix.org

Masih di Inggris, kamu akan menemukan museum music lainnya yang juga menarik untuk dikunjungi, yaitu Handel & Hendrix yang berada di London. Museum ini merupakan rumah dari dua composer klasik legendaris, yaitu George Frideric Handel dan dua abad kemudian menjadi rumah bagi ikon rock Jimi Hendrix.

Museum ini merayakan dua innovator music yang dipisahkan oleh sejarah dan menyatukannya di museum yang untuk. Disini kamu juga bisa menonton pertunjukan langsung dari kedua musisi tersebut.

11. Musee Edith Piaf, Perancis

Musee Edith Piaf,
theparisreview.org

Perancis ternyata juga memiliki sebuah museum music yang cukup menarik untuk dikunjungi, yaitu Musee Edith Piaf yang berada di kota Paris. Museum ini memiliki daya Tarik tersendiri bagi mereka yang merupakan penggemar dari Edith Piaf.

Museum ini berada di sebuah apartemen pribadi yang berada di arondisemen ke-11. Museum ini berisikan banyak artefak pribadi mendiang penyanyi, termasuk pakaian, fotografi dan surat pribadi. Meskipun tidak ada pemandu, museum ini dijalankan oleh penggemar yang juga teman dari Piar, yang secara pribadi mengingat waktunya dengan “Little Sparrow”.

12. Bob Marley Museum, Jamaika

Bob Marley Museum
afar.com

Museum music yang terakhir adalah Bob Marley Museum yang berada di Kingston, Jamaika. Museum ini merupakan bekas tempat tinggalnya yang mana disana kamu bisa melihat sekilas tentang kehidupannya.

Disini kamu bisa melihat tempat dimana Bob merekam beberapa lagu di studio. Lalu, ada juga artefak pribadi dari bekas rumahnya yang ia tempati sejak tahun 1975 hingga kematiannya di tahun 1981.



Leave a Reply