10 Wisata Sejarah di Yogyakarta Mulai Keraton, Benteng Hingga Gua


Fida  April 23, 2021  0 Comment

Yogyakarta menjadi salah satu daerah istimewa yang digemari wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan. Daerah yang satu ini menawarkan banyak tempat wisata alam, pusat perbelanjaan, hingga tempat-tempat bersejarah. Saat bosan mengunjungi tempat wisata alam, Anda bisa datang ke salah satu tempat wisata sejarah di Yogyakarta. Ada cukup banyak tempat wisata bersejarah di Yogyakarta yang bisa Anda datangi. Tempat bersejarah tersebut mulai dari benteng, monumen, museum, hingga goa. Berikut daftar

Wisata sejarah di Jogya Yang Wajib kamu kunjungi

1. Museum Perjuangan Yogyakarta

Museum Perjuangan Yogyakarta
njogja.co.id

Museum Perjuangan Yogyakarta menjadi salah satu wisata sejarah di Jogya yang bisa Anda datangi. Museum yang satu ini berlokasi di Jalan Kolonel Sugiono Nomor 24, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta. Museum yang telah dibuka sejak tahun 1961 ini memiliki sejarah dan cerita yang sangat penting.

Anda dapat menikmati bagian dalam museum yang menawarkan berbagai koleksi dengan nilai sejarah tinggi. Museum Perjuangan Yogyakarta memiliki nama awal yakni Monumen Setengah Abad Kebangkitan Nasional. Saat berada di Yogyakarta dan ingin mengunjungi tempat wisata bersejarah, tempat yang satu ini bisa Anda pilih sebagai destinasi yang tepat.

Agrowisata Bhumi Merapi, Tempat Edukasi Hingga Swafoto. Ada Santorini Disini!

JiwaJawi Jogja : Wisata Kuliner Yang Tersembunyi Di Yogyakarta

2. Benteng Vredeburg

benteng Vredeburg
travel.okezone.com

Saat mendengar kata Benteng Vredeburg, beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan tempat wisata yang satu ini. Benteng Vredeburg berlokasi di pusat kota Yogyakarta, tepatnya di dekat Malioboro. Benteng Vredeburg dibuat oleh Belanda dan memiliki tujuan utama untuk memberi efek intimidatif pada Keraton Jogja. Dulunya benteng yang satu ini memiliki nama Benteng Rustenberg.

Benteng Vredeburg menjadi salah satu tempat wisata sejarah di Jogya yang bisa Anda datangi. Banyak wisatawan yang datang dari berbagai daerah dan tertarik untuk mengunjungi Benteng Vredeburg. Selain memiliki banyak nilai sejarah, benteng yang satu ini juga dikenal memiliki bangunan yang unik dan menarik.

3. Monumen Serangan Umum Sebelas Maret

Monumen Serangan Umum Sebelas Maret
elshinta.com

Saat berencana untuk mengunjungi salah satu tempat wisata sejarah di Jogya, Anda dapat memilih untuk datang ke Monumen Serangan Umum Sebelas Maret. Monumen yang satu ini terletak di Jalan Margomulyo Nomor 6, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta. Monumen Serangan Umum Sebelas Maret dibangun untuk mengenang serangan besar-besaran guna merebut kembali Jogja.

Saat berada di daerah Yogyakarta, anda dapat mengunjungi monumen yang satu ini kapan saja. Karena memiliki sejarah yang sangat penting, tidak heran jika monumen yang satu ini didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

4. Museum Monumen Jogja Kembali

Museum Monumen Jogja Kembali
tribunjogjawiki.tribunnews.com

Saat mendengar kata Museum Monumen Jogja Kembali, beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan tempat yang satu ini. Salah satu tempat wisata sejarah di Jogya ini terletak di Jalan Ring Road Utara, Jongkang, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman. Museum Monumen Jogja Kembali biasa disebut dengan Monjali.

Museum yang satu ini telah dibangun sejak tahun 1985 dan bertujuan untuk menandakan keberhasilan perebutan Jogja dari penjajah. Selain memiliki banyak nilai sejarah, museum yang satu ini juga dikenal memiliki bangunan yang indah dan instagramable. Bangunan dari Museum Monumen Jogja Kembali terdiri dari 3 lantai dengan fungsi yang berbeda-beda.

5. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta
cnnindonesia.com

Saat ingin mengunjungi salah satu tempat wisata sejarah di Jogya, Keraton Yogyakarta tentu menjadi salah satu pilihan tepat yang bisa Anda datangi. Tempat ini merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan juga merupakan simbol kejayaan Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat hingga saat ini.

Di kawasan komplek keraton, Anda akan mendapati museum yang menyimpan berbagai koleksi Kesultanan. Berbagai koleksi tersebut diantaranya pemberian dari raja-raja Eropa, gamelan, hingga replika pusaka keraton. Salah satu pilihan tempat wisata bersejarah yang tepat untuk Anda datangi.

6. Taman Sari

Taman sari
bobobox.co.id

Salah satu tempat wisata sejarah di Jogya yang menawarkan keindahan dan keunikan bentuk bangunan salah satunya adalah Taman Sari. Tempat yang satu ini dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I yang bertujuan sebagai tempat peristirahatan para istri dan selir raja.

Tidak hanya menawarkan banyak nilai sejarah, Taman Sari juga ramai dikunjungi wisatawan karena bangunannya yang unik dan instagramable. Dapat 3 kolam besar di kawasan Taman Sari yang memiliki keunikan serta sejarah masing-masing. Saat berada di Yogyakarta, sayang untuk melewatkan tempat wisata bersejarah yang satu ini.

7. Situs Warungboto

Situs Warungboto
yogyes.com

Situs Warungboto menjadi salah satu tempat wisata sejarah di Jogya yang sayang untuk Anda lewatkan. Tempat wisata yang satu ini mulai populer saat Kahiyang Ayu yakni Putri Presiden Jokowi melakukan foto prewedding di situs ini. Tidak sedikit wisatawan yang datang dari berbagai daerah untuk mengunjungi Situs Warungboto.

Situs yang satu ini berlokasi di Jalan Veteran Nomor 77, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Situs yang satu ini juga sering dikenal dengan Pesanggrahan Rejowinangun dan banyak yang mengatakan mirip dengan Taman Sari. Bagi Anda yang suka berfoto dengan spot instagramable, Anda juga bisa mendapatkannya di Situs Warungboto.

8. Kotagede

kotagede
travel.kompas.com

Saat berencana untuk mengunjungi salah satu tempat wisata bersejarah di Yogyakarta, Kotagede bisa menjadi tujuan yang tepat untuk Anda datangi. Tempat yang satu ini merupakan salah satu lingkungan tertua di Yogyakarta. Tidak perlu diragukan lagi soal keindahannya, Kotagede masuk ke dalam 13 daftar kota terindah di Asia menurut CNN Travel.

Anda akan dapat merasakan suasana tradisional yang kental saat berkunjung ke Kotagede. Salah satu tempat wisata yang sayang untuk Anda lewatkan saat berada di Yogyakarta.

9. Museum Ullen Sentalu

museum Ullen Sentalu
nativeindonesia.com

Salah satu tempat wisata sejarah di Jogya yang bisa Anda datangi adalah Museum Ullen Sentalu. Nama museum yang satu ini merupakan akronim dari bahasa Jawa yakni “ulatin blencong sejatine tataraning lumaku” yang memiliki arti “nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”.

Pengunjung dapat menikmati berbagai koleksi yang ada di dalam museum seperti lukisan, foto-foto tokoh dinasti Mataram, gamelan, batik, hingga lukisan jumenengan. Meskipun beberapa orang menganggap museum ini kental dengan suasana mistis, tetapi Museum Ullen Sentalu pernah dinobatkan sebagai museum terbaik di Indonesia menurut Tripadvisor dan National Geographic. Museum ini beralamat di Jalan Boyong KM 25, Kaliurang, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman.

10. Museum History Of Java

Museum History Of Java
jogja.tribunnews.com

Museum History Of Java menjadi salah satu tempat wisata sejarah di Jogya yang sayang untuk Anda lewatkan. Tempat wisata yang satu ini memiliki bangunan khas yakni berupa piramid. Anda dapat melihat berbagai koleksi masa lampau yang berkaitan dengan kisah sejarah pulau Jawa serta budayanya. Pengunjung juga bisa menikmati sejarah dengan teknologi kekinian di Museum History Of Java.

Salah satu fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung adalah adanya Augmented Reality 3 dimensi yang membuat pengunjung dapat melihat lebih dekat dan mendengarkan cerita detail tentang koleksi benda bersejarah di sana. Museum yang satu ini bisa Anda datangi di kawasan Sewon, Bantul.



Leave a Reply