10 Wisata Religi Terbaik di Indonesia Membawa Ketenangan Jiwa


Fida  December 4, 2021  0 Comment

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki berbagai agama di dalamnya. Saat ingin mengunjungi tempat wisata dengan tema keagamaan, wisata religi tentang menjadi pilihan tepat untuk Anda datangi. Anda dapat mengunjungi wisata religi yang ditawarkan di berbagai daerah di Indonesia. Berikut daftar 10 rekomendasi tempat wisata religi terbaik di Indonesia yang bisa Anda datangi.

1. Maha Vihara Mojopahit

vihara budha tidur
ihategreenjello.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan salah satu wisata religi terbaik di Indonesia yakni Maha Vihara Mojopahit. Wisata religi yang satu ini bisa Anda kunjungi di daerah Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Wisata religi umat Buddhis yang satu ini memiliki luas area sekitar 20.000 meter persegi. Pengunjung akan dimanjakan dengan arsitektur bangunan Vihara yang unik dan memiliki gaya Jawa yang kental. Hal yang paling menarik adalah adanya patung Budha tidur yang menjadi patung Budha tidur terbesar ke-3 di Asia Tenggara. Selain di Mojokerto, anda juga dapat menjumpai patung Budha tidur di Thailand lo.

Mahavihara Majapahit Patung Budha Tidur Di Mojokerto

Wisata Religi Ke Sunan Giri Gresik

2. Tanah Lot

tanah lot
travel.kompas.com

Tanah Lot dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Bali yang menawarkan panorama luar biasa. Tanah Lot juga dikenal sebagai salah satu wisata religi terbaik di Indonesia yang sayang untuk dilewatkan. Anda dapat mengunjungi wisata religi yang satu ini di daerah Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali.

Pura Tanah Lot menjadi salah satu pura paling penting bagi umat Hindu. Wisata religi ini memiliki beberapa pura yang berperan sebagai tempat pemujaan Dewa penjaga laut. Saat berkunjung ke Bali, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mampir ke salah satu tempat wisata religi Tanah Lot. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan saat matahari terbenam.

3. Masjid Cheng Ho

masjid cheng ho surabaya
simas.kemenag.go.id

Pernah mendengar sebutan masjid Cheng Ho? Masjid Cheng Ho merupakan salah satu masjid dengan arsitektur unik yang dikenal sebagai salah satu wisata religi terbaik di Indonesia. Wisata religi yang satu ini bisa Anda kunjungi di Jalan Gading nomor 2, Ketabang, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Sesuai dengan namanya, masjid yang satu ini memang memiliki arsitektur unik dan menyerupai bangunan kuil di Tiongkok. Masjid yang satu ini dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada sosok Laksamana Cheng Ho. Laksamana Cheng Ho merupakan pelaut asal Tiongkok yang menyebarkan agama Islam di nusantara. Saat berkunjung ke Surabaya, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mampir ke tempat wisata religi dengan arsitektur unik yang satu ini.

4. Patung Yesus Toraja

patung yesus toraja
cnnindonesia.com

Salah satu tempat wisata religi terbaik di Indonesia yang populer dan bisa Anda kunjungi adalah Patung Yesus Toraja. Wisata religi yang populer ini bisa Anda kunjungi di daerah Buntu Burake, Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Sesuai dengan namanya, Anda akan disuguhkan dengan adanya patung Yesus tertinggi. Apalagi yang satu ini dijuluki dengan sebutan Patung Yesus Memberkati. Untuk tiba di lokasi wisata, pengunjung juga akan melewati jalan yang sangat mudah dilalui. Meskipun dikenal sebagai simbol agama Nasrani, tetapi tidak sedikit wisatawan yang datang dari latar belakang agama yang berbeda.

5. Masjid Agung Jawa Tengah

masjid agung jawa tengah
qoobah.co.id

Masjid Agung Jawa Tengah dikenal menawarkan arsitektur yang unik dan menarik. Masjid yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu wisata religi terbaik di Indonesia. Anda dapat mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah di Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Dibangun dengan arsitektur perpaduan Jawa, Islam, dan Romawi. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan adanya museum kebudayaan Islam yang berada di lantai 2 dan lantai 3. Karena sudah dipersiapkan sebagai wisata religi di Indonesia, tidak heran jika masjid ini dilengkapi dengan penginapan dengan kapasitas 23 kamar.

6. Gereja Blenduk

gereja blenduk
kumparan.com

Wisata religi terbaik di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi adalah Gereja Blenduk. Gereja yang satu ini cukup populer dan bisa Anda kunjungi di Jalan Letjen Suprapto nomor 32, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Gereja ini juga dikenal memiliki bangunan tertua yakni telah dibangun sejak tahun 1735. Nama gereja blenduk diambil dari bahasa Jawa yang memiliki arti gundukan dimana gereja ini memiliki kubah cembung. Saat berkunjung ke Semarang, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mampir ke salah satu wisata religi yang satu ini.

7. Masjid Istiqlal

masjid istiqlal
travel.kompas.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan Masjid Istiqlal. Masjid Istiqlal merupakan salah satu masjid yang populer di daerah Jakarta Pusat. Masjid yang satu ini bisa Anda kunjungi di Jalan Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Masjid Istiqlal dikenal sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara.

Tidak sedikit wisatawan yang datang ke Jakarta dan menyempatkan untuk mengunjungi wisata religi yang satu ini. Masjid Istiqlal merupakan masjid besar yang mampu menampung hingga 200.000 jamaah. Masjid Istiqlal juga dikenal tidak pernah sepi khususnya saat hari besar Islam seperti Idul Fitri dan Idul Adha.

8. Wihara Dung Dewa Siantan

vihara dung dewa siantan
factsofindonesia.com

Saat ingin mengunjungi salah satu wisata religi terbaik di Indonesia, Anda dapat datang ke Wihara Dung Dewa Siantan. Wisata religi yang satu ini bisa Anda kunjungi di daerah Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau.

Vihara yang satu ini tidak hanya dikenal memiliki arsitektur yang menarik tetapi juga pemandangan alam yang menakjubkan. Tidak sedikit juga kawan yang datang karena penasaran dengan arsitektur Vihara yang instagramable. Vihara yang satu ini berfungsi untuk tempat belajar agama umat Budha serta pelayanan dan kegiatan umat Buddha. Adanya pemandangan laut lepas serta pegunungan hijau menjadikan salah satu wisata religi yang satu ini sayang untuk tidak dikunjungi.

9. Gua Maria Lourdes Puhsarang

gua maria puhsarang
jejakpiknik.com

Gua Maria Lourdes Puhsarang sebagai salah satu tempat wisata religi terbaik di Indonesia yang populer dan sayang untuk dilewatkan. Wisata religi yang satu ini dapat Anda datangi di daerah Sukorame, Puhsarang, Kecamatan Semen, Kediri, Jawa Timur.

Tempat wisata religi khususnya bagi umat Katolik ini memiliki luas mencapai 13 hektar. Pengunjung juga dapat melihat 12 pancuran air yang memiliki simbol 12 Rasul. Air yang mengalir dari pancuran dapat langsung diminum oleh pengunjung. Tempat wisata religi yang satu ini juga dikenal menawarkan keindahan alam yang luar biasa.

10. Graha Maria Annai Velangkanni

Wisata Religi Terbaik di Indonesia
swiss-belhotel.com

Saat ingin mengunjungi salah satu tempat wisata religi terbaik di Indonesia, Anda dapat datang ke Graha Maria Annai Velangkanni. Wisata yang satu ini berlokasi di Jalan Sakura 3, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara.

Tempat yang satu ini merupakan Gereja Katolik yang memiliki Gaya India Mughal. Tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah, banyak wisatawan yang datang dan berkunjung ke gereja ini karena penasaran dengan indahnya arsitektur yang ditawarkan.



Leave a Reply