9 Wisata Aquarium di Indonesia Koleksi Ragam hewan laut


prita  June 30, 2021  0 Comment

Wisata Aquarium di Indonesia memang menjadi salah satu wisata edukasi yang cocok untuk mengisi hari libur. Tujuan wisata edukasi di Indonesia memang ada banyak pilihan, salah satunya adalah aquarium. Taman aquarium memang menjadi salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi karena kamu bisa melihat ragam koleksi hewan dan tumbuh-tumbuhan bawah laut yang lengkap. Bahkan, beberapa taman aquarium di Indonesia memiliki desain interior yang megah. Nah, jika kamu berencana untuk berkunjung ke taman aquarium, berikut ini adalah 9 aquarium di Indonesia.

1. Jakarta Aquarium, Jakarta Barat

 Jakarta Aquarium
tiket.com

Wisata aquarium di Indonesia yang pertama adalah Jakarta Aquarium. Jakarta Aquarium memang baru-baru ini cukup banyak dibicarakan dan fotonya banyak tersebar di sosial media karena keindahan dan keunikannya.

Jakarta Aquarium ini merupakan sebuah aquarium besar yang lokasinya berada di dalam sebuah mall, yaitu Neo Soho Mall yang berada di Jakarta Barat. Aquarium ini diklaim sebagai indoor aquarium terbesar di Asia Tenggara yang mengusung konsep rekreasi keluarga berbasis urban. Disini kamu bisa menemukan lebih dari 600 jenis satwa bawah laut Indonesia. Tak hanya itu, kamu juga bisa menonton pertunjukan teater bertajuk Pearl of the South Sea yang sangat menghibur. Terlebih, mereka juga menghadirkan program edukasi yaitu AquaCamp yang akan mengajak SuperKids dan SuperParents untuk menginap dan berinteraksi lebih lama dengan satwa yang berada dalam aquarium.

Gotravelly

AQUARIA KLCC: Babyshark Sampe Jumboshark Ada Disini!

Wisata Murah Sambil Mengenal Ratusan Satwa Di Kebun Binatang Surabaya (KBS) 2019!

2. Aquarium Pulau Putri, Kepulauan Seribu

Aquarium Pulau Putri
goodnewsfromindonesia.id

Masih di Kawasan DKI Jakarta, kamu yang suka menikmati keindahan Kepulauan Seribu ternyata tak hanya bisa berkunjung ke pantai-pantainya saja, lho. Disini kamu juga bisa menemukan salah satu wisata aquarium di Indonesia di salah satu pulau yang ada di Kepulauan Seribu, yaitu Pulau Putri.

Aquarium Pulau Putri ini memang cukup populer di kalangan wisatawan dan kerap menjadi salah satu destinasi wisata di Kepulauan Seribu yang sering dikunjungi. Menariknya, aquarium ini berbentuk sebuah terowongan bawah laut yang kedalamannya mencapai 5 meter dan panjangnya mencapai 15 meter. Dari terowongan ini kamu bisa melihat secara langsung indahnya perairan di sekitar Pulau Putri lengkap dengan terumbu karang serta biota laut lainnya. Disini kamu bisa menikmati keindahan bawah laut Kepulauan Seribu tanpa perlu repot snorkeling ataupun diving.

3. Seaworld Ancol, Jakarta Utara

Seaworld Ancol
berwisata.id

Wisata aquarium di Indonesia yang patut untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Seaworld Ancol yang berada di Jakarta Utara. Seaworld merupakan kawasan lengkap untuk memberikan hiburan serta edukasi seputar dunia laut.

Seaworld ini menjadi rumah bagi sekitar 7.300 biota air tawar yang terdiri dari 48 jenis ikan, 1 jenis reptil yang terdiri dari 138 jenis ikan dan avertebrata serta tiga jenis reptil. Biota laut yang ada disini ditampilkan dalam 28 display yang terbagi dalam Sembilan aquarium air tawar dan 19 aquarium juga empat kolam terbuka.

Kamu pun juga bisa berinteraksi dengan ragam biota laut disini karena disini terdapat Kolam Sentuh. Namun, kamu juga bisa bertemu dengan hewan laut dalam museum yang berisi hewan-hewan laut yang diawetkan, salah satunya adalah Ikan Purba – Raja Laut atau Coelacanth.

4. Dunia Air Tawar TMII, Jakarta Timur

Dunia Air Tawar TMII
alifatf.web.id

Dunia Air Tawar yang berada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah atau TMII ini juga menjadi salah satu wisata aquarium di Indonesia yang cukup menarik untuk dikunjungi. Berdiri sejak tahun 1994, wisata aquarium ini berisikan aneka ragam hayati yang berasal dari air tawar dengan menyajikan simulasi dan replika ekosistem dari lahan basah aslinya.

Dunia Air Tawar ini dikenal sebagai taman biota air tawar terbesar dan terlengkap kedua di dunia dan menjadi yang terbesar di Asia. Disini terdapat 6.000 ekor dari 126 spesies yang terdiri dari berbagai jenis dan ukuran. Ragam jenis biota air tawar terseut berasal dari berbagai perairan di Indonesia maupun dari belahan dunia lain, meliputi tanaman air, reptilian, ikan dan crustacean. Terlebih lagi, taman air ini dilengkapi dengan perpustakaan, museum, Pojok Reptilia, auditorium, aquarium Nusantara, Lorong Gurame dan ruang karantina.

5. Aquarium Taman Pintar, Yogyakarta

Aquarium Taman Pintar
tamanpintar.co.id

Wisata aquarium di Indonesia yang layak untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Aquarium Taman Pintar yang berada di kota Jogja. Aquarium ini berada dalam Taman Pintar Jogja, yang memang terkenal sebagai salah satu wisata edukasi di Kota Gudeg tersebut.

Aquarium ini berada di zona pertama Gedung Oval. Aquarium ini memiliki bentuk setengah lingkaran sehingga pengunjung yang datang bisa berjalan di lorong tersebut dan merasakan sensasi dikelilingi oleh ikan-ikan di sisi kanan kiri maupun di atas. Ikan-ikan yang hidup dalam aquarium ini merupakan ikan air tawar, seperti lele, koi, nila, patin putih, patin hitam, silver dollar, sapu-sapu, arwana, tomang, udang dan masih banyak lagi lainnya. Disini kamu juga bisa mengenal perbedaan dan karakteristik ikan-ikan tersebut juga pengetahuan seputar ikan-ikan.

6. Purbasari Pancuran Mas, Purbalingga

wisata Aquarium di Indonesia
idntimes.com

Tak hanya Jakarta dan Yogyakarta saja yang memiliki wisata aquarium di Indonesia, kota Purbalingga pun juga punya, lho. Aquarium ini hadir di Taman Wisata Pendidikan Purbasari Pancuran Mas dan menjadi salah satu wisata edukasi bagi keluarga di kota Purbalingga.

Wisata ini telah berdiri sejak tahun 2001 dan didirikan oleh seorang yang suka dengan pendidikan, untuk itu beliau mengumpulkan koleksi aneka air tawar yang cukup lengkap. Fasilitas dari Aquarium Pancuran Mas ini juga cukup lengkap dan koleksinya cukup banyak. Disini kamu bisa melihat ikan Arapaima Gigas, yaitu ikan air tawar yang hidup di Sungai Amazon di Brazil.

7. Aquarium Kebun Binatang Surabaya, Surabaya

Aquarium Kebun Binatang Surabaya
sepradik.com

Kamu yang berada di Surabaya juga bisa menemukan salah satu wisata aquarium di Indonesia, lho. Aquarium ini berada dalam Kebun Binatang Surabaya dan menjadi salah satu destinasi wisata edukasi yang cukup populer di Kota Pahlawan tersebut.

Aquarium ini memang tidak terlalu besar, namun cukup banyak menyimpan koleksi ikan. Di setiap aquarium juga telah dilengkapi dengan papan informasi seputar ikan yang ditampilkan. Lokasinya yang berada di dalam kebun binatang tentu bisa sekaligus membuatmu bebas menjelajah untuk melihat satwa lainnya.

8. Fantastic Aquarium, Batu

Fantastic Aquarium
kelloggsnyc.com

Selain di Surabaya, wisata aquarium di Indonesia yang berada di Jawa Timur selanjutnya adalah Fantastic Aquarium. Fantastic Aquarium ini berada dalam Jatim Park 2 yang berada di kota Batu.

Sesuai dengan namanya, aquarium ini menawarkan pengalaman menikmati bawah laut yang berbeda dengan aquarium lainnya. Tak hanya hadir dengan ratusan spesies ikan dan terumbu karang, Fantastic Aquarium ini juga memiliki fitur unik, salah satunya adalah 3D Aquarium.

9. Seaworld Bali, Denpasar

Seaworld Bali
kintamani.id

Wisata aquarium di Indonesia yang terakhir adalah Seaworld Bali. Seaworld Bali ini berlokasi di By Pass Ngurah Rai, Denpasar yang mana memang sangat dekat dengan bandara.

Disini kamu bisa menemukan banyak koleksi biota laut yang sangat lengkap. Jenis ikannya pun cukup beragam, seperti ikan badut dan ikan pari. Tak hanya itu, disana kamu juga bisa melihat ragam biota laut lainnya eperti terumbu karang dan kuda laut. Seaworld Bali ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati keindahan bawah laut tanpa harus menyelam.



Leave a Reply