10 Wisata Dekat Malioboro, Seru dan Ada yang Bikin Kaget!


Jehan  November 16, 2023  0 Comment

Wisata Dekat Malioboro – Saat datang ke Jogja sebagai seorang turis, tentu tujuan sederhana yang tak boleh dilewatkan adalah kawasan Malioboro yang ada di sana. Malioboro dikenal sebagai salah satu kawasan wisatawan yang popular.

wisata dekat malioboro
unsplash.com

Di sepanjang jalan Malioboro tersebut, kamu bisa menikmati berbagai macam hal yang menarik dari kota Jogja, mulai dari bangunan ikonik, kulineran khas, pasar tradisional, dan beragam toko yang buka untuk menjual cendera mata ke padamu.

Ternyata, di sana juga banyak tempat wisata yang cukup dekat dengan lokasi Malioboro loh. Kali ini GoTravelly akan membagikan rekomendasi tempat wisata yang dapat kamu kunjungi selagi di Jogja. Penasaran di mana saja tempat wisata tersebut? yuk, cari tahu di sini!

Wisata Dekat Malioboro

1. Taman Pintar Yogyakarta

taman pintar yogyakarta
instagram.com

Rekomendasi wisata pertama yang dapat kamu tuju dengan titik lokasi yang dekat dari Malioboro adalah Taman Pintar Yogyakarta. Tempat yang satu ini merupakan sebuah wahana edukatif yang cocok untuk anak hingga orang dewasa.

Di sana, kamu bisa merasakan rekreasi sekaligus pengalaman penuh edukasi yang menyenangkan dan santai. Setelah puas bermain di Taman Pintar, berikutnya kamu bisa berbelanja buku di kawasan toko buku Shopping Centre yang berada di area sama.

Lokasi Wisata

Jalan Panembahan Senopati No. 1 – 3, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, DIY 55122, Indonesia.

Baca juga :  Pemandangan Kebun Binatang Siantar + Spot Foto

Jam Operasional

Buka Senin – Minggu, pukul 08:30 am – 04:00 pm.

2. DINO Adventure

dino adventure
google.com

Masih di kawasan Taman Pintar Yogyakarta, ada Dino Adventure juga loh! Tempat bermain sekaligus edukasi ini menawarkan pengalaman dengan berbagi pengetahuan seputar hewan purba dinosaurus.

Dino Adventure bisa menjadi pilihan tempat wisata dengan lokasi yang dekat dari Malioboro. Di sana kamu akan disuguhkan dengan replika dinosaurus yang lengkap dengan sejarah kehidupan binatang purba tersebut.

Lokasi Wisata

Jalan Panembahan Senopati No. 1 – 3 (Gedung Kotak), Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, DIY 55122, Indonesia.

Jam Operasional

Buka setiap hari, pukul 09:00 am – 04:00 pm.

3. Titik Nol Kilometer Yogyakarta

titik nol yogyakarta
pexels.com

Kalau sobat GoTravelly datang ke kota wisata ini, maka Titik Nol tidak boleh kamu abaikan begitu saja. Di jalan tersebut, ada banyak spot bersantai sehingga saat kamu datang ke sana akan banyak bertemu dengan ragam ekspresi hingga aktivitas dari para turis atau pun orang lokal Jogja.

Titik Nol seringkali menjadi spot yang dimanfaatkan sebagai area kreasi dan kreatif. Maka itu, tidak jarang di Titik Nol Kilometer Yogyakarta tersebut sering terlihat beberapa para seniman beratraksi. Wow, keren ya!

Lokasi Wisata

Jalan Pangurakan No. 1, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, DIY 55122, Indonesia.

Jam Operasional

Buka setiap saat.

4. Pasar Beringharjo

pasar beringharjo jogja
instagram.com

Sebagai salah satu pasar yang ada di kawasan wisata Jogja, Pasar Beringharjo turut menjadi tempat yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Di sana kamu bisa mendapatkan berbagai macam cendera mata yang bisa menjadi kenang-kenangan dari Jogja.

Ada beragam kerajinan dari tangan-tangan kreatif lokal yang dapat kamu temukan, seperti pakaian, tas, sandal, dompet. Selain ada juga makanan dan racikan rempah-rempah jamu yang juga banyak dicari para turis saat datang ke Jogja.

Baca juga :  7 Bukit Terindah di Jogja dengan Spot Foto Kece Yang Instagenic

Pasar Beringharjo tidak sekadar menjadi tempat berbelanja oleh-oleh saja loh. Di area dalam pasar, kamu bisa menemukan beberapa spot para pedagang makanan yang menjual beraneka menu masakan rumahan khas Jogja. Yuk, cobain ke Pasar Beringharjo!  

Lokasi Wisata

Jalan Pabringan, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, DIY 55122, Indonesia.

Jam Operasional

Buka setiap hari, pukul 04:00 am – 05:00 pm.

5. Taman Sari

taman sari
pexels.com

Tempat wisata berikutnya yang dapat dijangkau dengan mudah dari kawasan Malioboro adalah sebuah istana taman air Jogja. Taman Sari memiliki sejarah sebagai kawasan pemandian untuk para keluarga kerjaan masa lalu.

Masuk ke dalam Taman Sari, kamu dapat melihat berbagai peninggalan bernilai sejarah yang masih dijaga dan dirawat hingga saat ini. Jika sobat GoTravelly datang ke Taman Sari, agar perjalananmu semakin menyenangkan, cobalah untuk memakai jasa seorang pemandu yang ada di sana.

Kamu akan mendapatkan kesempatan untuk berjalan-jalan di area Taman Sari dipandu dengan seorang handal yang mampu membagikan cerita sejarah tempat tersebut. Jasa pemandu di Taman Sari dikenakan biaya suka rela. Gimana menurutmu?

Lokasi Wisata

Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, DIY 55133, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 09:00 am – 03:00 pm.

6. Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

keraton ngayogyakarta hadiningrat
unsplash.com

Jika sobat GoTravelly datang Jogja, coba deh sempatkan untuk ke keraton. Tempat yang satu ini adalah rumah istirahat dari keluarga kesultanan Jogja yang pada waktu tertentu dapat menjadi salah satu tempat wisata Jogja.

Lokasi wisata satu ini cukup dekat dengan kawasan Malioboro. Di sana kamu bisa mengitari area keraton yang megah dengan bangunan khasnya yang indah. Selain itu di Keraton juga terdapat banyak sudut menarik untuk diabadikan sebagai kenangan perjalananmu dari Jogja.

Baca juga :  13 Hidden Gems Solo Terbaik yang Recommended!

Lokasi Wisata

Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, DIY, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari kecuali Senin, pukul 08:30 am – 02:30 pm

8. Museum Vredeburg

museum vredeburg
google.com

Apa salahnya wisata untuk mengikuti kisah kilas balik dari sejarah? yuk, ke Museum Vredeburg yang ada di Jogja! Tempat wisata yang satu ini bisa kamu jangkau dengan berjalan kaki, karena lokasinya masih sangat dekat dengan Malioboro.

Kamu bisa mengeksplor lebih jauh mengenai sejarah Indonesia sebagai negara yang merdeka dari museum yang satu ini. Ada banyak koleksi bernilai yang dapat kamu kenali di sana terkumpul dengan rupa bangunan, diorama, lukisan, maket, hingga miniatur.

Lokasi Wisata

Jalan Margo Mulyo No. 6, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, DIY 55122, Indonesia.

Jam Operasional

Buka setiap hari kecuali Senin, pukul 08:00 am – 3:30 pm | hari Jumat, pukul 08:00 am – 04:00 pm.

9. Rumah Hantu Malioboro

rumah hantu malioboro
google.com

Setelah puas dengan tempat wisata penuh sejarah, Rumah Hantu Malioboro berikut ini akan menjadi wahana wisata yang memberikan sensasi hiburan berbeda. Rumah Hantu Malioboro berada di kawasan Malioboro, jadi kamu dapat menjangkaunya dengan mudah.

Apakah kamu pemberani atau seorang penakut? Tempat ini akan mengajakmu ke alam lain dengan talent-talent yang siap mengejutkanmu. Atraksi wisata ini telah banyak membuat para turis mendapatkan sensasi kaget yang seru. Tunggu apalagi?

Lokasi Wisata

Jalan Mallioboro, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, DIY, Indonesia.

Jam Operasional

Setiap hari, pukul 04:00 – 06:00 pm | 06:30 – 09:30 pm.

10. Bioskop Sonobudoyo

bioskop sonobudoyo
google.com

Ingin bersantai di tengah wisata Jogja dengan berkualitas? kamu bisa mencoba datang ke Bioskop Sonobudoyo yang lokasinya tidak jauh dari titik 0 Jogja. Bioskop ini akan memberimu kesempatan menikmati sebuah produksi film lokal secara gratis.

Lokasi Wisata

Jalan Pangurakan No. 6, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, DIY 55122, Indonesia.

Jam Operasional

Informasi pemutaran film, cek secara berkala di sini.

source: https://www.youtube.com/@ninatwins

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata dengan lokasi yang dekat dari Malioboro untukmu. Jadi, wisata mana nih yang akan kamu tuju? yuk, bagikan bersama GoTravelly kisah perjalananmu dengan Jogja di sini.



Leave a Reply