10 Tradisi Unik Rayakan Hari Kemerdekaan di Berbagai Negara


prita  August 16, 2022  0 Comment

Berbicara tentang tradisi hari kemerdekaan di berbagai negara, tentunya sangat menarik karena setiap negara memiliki tradisi yang berbeda. Hari kemerdekaan menjadi hari yang spesial bagi setiap negara di dunia. Mengetahui bagaimana cara mereka merayakan Hari Kemerdekaan rasanya menari karena bisa membuat kuta belajar lebih banyak tentang budaya negara lain.Di Indonesia, kita biasa merayakan Hari Kemerdekaan dengan melangsungkan upacara bendera dan lomba-lomba yang seru. Nah, berikut ini adalah beberapa tradisi unik saat merayakan hari kemerdekaan di beberapa negara.

1. Indonesia

Indonesia
grid.id

Tradisi hari kemerdekaan paling unik yang pertama bisa kamu temukan di negara kita tercinta, yaitu Indonesia. Tepat pada tanggal 17 Agustus di pagi hari, masyarakat Indonesia biasanya melakukan upacara pengibaran bendera merah putih. Upacara biasanya dilakukan di perkantoran, sekolah hingga istana negara.

Setelah upacara bendera, setiap penjuru negeri ini bersiap untuk menggelar tradisi perayaan kemerdekaan yang diisi dengan perlombaan serta karnaval. Ada satu tradisi yang tak pernah hilang setiap perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia, yaitu adanya perlombaan panjat pinang. Perlombaan ini menantang peserta untuk memanjat pohon pinang yang licin untuk memperoleh hadiah di puncak.

Menurut sejarah, permainan ini dulunya diselenggarakan oleh Belanda saat masih menjajah Indonesia. Saat itu, permainan ini disuguhkan sebagai hiburan bagi mereka, tetapi yang bermain adalah orang-orang pribumi yang memperebutkan bahan makanan dan pakaian.

Gotravelly

Museum HOS Tjokroaminoto: Rumah Guru Besar Yang Menyimpan Banyak Sejarah

Tempat Peraduan Dalam Keabadian Sang Pahlawan Tan Malaka

2. Filipina

Filipina
cpsctech.org

Tradisi hari kemerdekaan yang tak kalah unik selanjutnya ada di Filipina. Filipina merayakan kemerdekaannya setiap tanggal 2 Juni dan bagi masyarakat Filipina, libur kemerdekaan merupakan hari khusus untuk menghabiskan waktu dengan keluarga.

Masyarakat Filipina biasanya akan menggelar acara di kediaman masing-masing dengan menjamu keluarga dan kerabat. Mereka biasanya akan menyajikan aneka santapan yang lezat untuk memperingati hari ketika Emillio Aguinaldo mendeklarasikan kemerdekaan dari kekuasaan Spanyol. Selain itu, masyarakat Filipina biasanya juga menyelenggarakan pawai Hari Kemerdekaan yang berupa pertunjukan budaya.

3. India

India
firstpost.com

India juga menjadi salah satu negara yang memiliki tradisi hari kemerdekaan yang cukup unik dan meriah. Perayaan Hari Kemerdekaan di India dimulai dengan melangsungkan upacara bendera yang didahului oleh pasukan berkuda.

Setelah melakukan upacara, warga India biasanya akan mengadakan acara penerbangan layang-layang sebagai simbol kebebasan nasional. Pada hari itu, langit di India akan terlihat sangat indah dan berwarna-warni karena dipenuhi oleh layang-layang. Mereka juga akan memberikan penghormatan kepada para pemimpin yang sudah berjuang demi kemerdekaan mereka di masa lalu.

4. Korea Selatan

Korea Selatan
mobile.twitter.com

Tradisi hari kemerdekaan yang tak kalah seru selanjutnya bisa kamu temukan di Korea Selatan. Korea Selatan memperingati hari kemerdekaannya setiap tanggal 15 Agustus dan dikenal dengan istilah Gwangbokjeol.

Gwangbokjeol ini dimulai dengan upacara resmi di Aula Kemerdekaan Korea di Cheonan, dimana presiden berbicara dan publik menyenyikan lagu resmi Gwangbokjeol. Setelah itu, di seluruh penjuru negeri akan diadakan parade dan festival. Menariknya, Pemerintah Korea Selatan juga akan memperikan pengampunan hukuman khusus untuk tahanan pada hari tersebut. Tak hanya itu, berbagai museum dan situs bersejarah seperti Istana di Korea Selatan akan dibuka secara gratis untuk umum.

5. Australia

Australia
pointrussell.opencities.com

Dikenal dengan Australia Day, tradisi hari kemerdekaan yang diperingati di Negeri Kanguru ini juga tak kalah meriah. Hari Kemerdekaan Australia diperingati setiap tanggal 26 Januari.

Pada malam Hari Kemerdekaan, masyarakat Australia akan merayakannya dengan pesta kembang api dan upacara kemerdekaan. Selain itu, Australia juga memiliki perlombaan unik yang dikenal dengan nama Ferrython. Ferrython merupakan lomba balap kapal feri yang berlangsung secara rutin di Sydney Harbour. Saking meriahnya, tradisi ini sudah dikenal hingga ke seluruh dunia.

6. Norwegia

Norwegia
scandinaviastandard.com

Tradisi hari kemerdekaan yang tak kalah unik bisa kamu temukan di Norwegia. Masyarakat Norwegia memiliki cara unik untuk merayakan Hari Kemerdekaannya yang jatuh setiao tanggal 17 Mei, yaitu dengan memakan es krim dalam porsi besar dan diiringi dengan makan sosis sebanyak-banyaknya.

Selain es krim, mereka juga merayakan Hari Kemerdekaan dengan memberikan hadiah berupa sarapan “ Block Party Style” untuk keluarga, saudara dan teman-teman mereka.

7. Meksiko

Tradisi Unik Rayakan Hari Kemerdekaan
usatoday.com

Meksiko merayakan hari kemerdekaannya pada tanggal 15 September. Pada hari istimewa tersebut, masyarakat Meksiko juga memiliki tradisi hari kemerdekaan yang tak kalah unik dan meriah, yang mana mereka akan turun ke jalan dan meneriakkan “Grito de Dolores” yang merupakan seruan tentara Meksiko saat melawan Spanyol di tahun 1821.

Perayaan kemeredekaan dimulai pada malam tanggal 15 September dan baru selesai keesokan malamnya di tanggal 16 September. Biasanya, perayaan kemerdekaan tersebut dihelat di alun-alun kota di seluruh Meksiko kemudian diisi dengan parade, pesta pora, konser hingga kembang api yang menghiasi langit malam seluruh kota di Meksiko.

8. Amerika Serikat

Amerika Serikat
worldsteelgroup.com

Tradisi hari kemerdekaan negara Amerika Serikat juga digelar cukup meriah, lho. Hari kemerdekaan Amerika Serikat jatuh pada tanggal 4 Juli dan banyak dari perayaan modern Hari Kemerdekaan Amerika Serikat berakar pada perayaan pada masa lampau.

Dulu, saat merayakan hari kemerdekaan, biasanya mereka akan membacakan kembali deklarasi secara lantang dan diiringi dengan tembakan senapan juga meriam. Sekarang, masyarakat Amerika Serikat biasa merayakan hari kemerdekaan dengan menyalakan kembang api yang indah, mengadakan parade di seluruh kota, memasak barbeque hingga memasang bendera Amerika Serikat di setiap rumah.

9. Afrika Selatan

Afrika Selatan
twitter.com

Afrika Selatan juga menjadi negara yang memiliki tradisi hari kemerdekaan yang tak kalah meriah. Hari kemerdekaan Afrika Selatan dirayakan setiap tanggal 27 April dan pada tanggal tersebut juga menjadi hari terpilihnya Nelson Mandela sebagai presiden pertama Afrika Selatan sekaligus menandai berakhirnya Rezim Aprtheid atau sistem pemisah ras yang diterapkan oleh pemerintah kurit putih kepada rakyat Afrika Selatan sejak tahun 1948.

Dikenal dengan sebutan Freedom Day, pada hari kemerdekaan tersebut masyarakat Afrika Selatan biasa akan mengundang teman atau keluarga untuk menyantap berbagai sajian lezat, salah satunya adalah fitur braai atau daging panggang.

10. Perancis

Perancis
booking.com

Tradisi hari kemerdekaan yang meriah selanjutnya adalah Bastille Day di Perancis. Hari kemerdekaan Perancis ini diperingati pada tanggal 14 Juli dan pada hari tersebut, kamu mungkin tidak akan menemukan toko maupun restoran yang buka.

Masyarakat Perancis akan menutup toko dan restoran untuk merayakan hari istimewa ini bersama keluarganya. Perayaan Bastille Day sendiri dimulai dengan parade militer di Champs Elysees dan berakhir dengan pesta kembang apai di Menara Eiffel di malam hari. Untuk memeriahkan, masyarakat Perancis akan membuka pintu rumah mereka dan mengundang tetangga untuk berpesta sepanjang hari.



Leave a Reply