10 Tradisi Merayakan Halloween di Berbagai Negara Yang Unik


prita  October 31, 2020  0 Comment

Bulan Oktober memang identik dengan perayaan Halloween. Di Indonesia, perayaan Halloween memang tidak terlalu meriah dan mungkin hanya dirayakan oleh beberapa orang atau komunitas sambil berpesta kostum yang mengadaptasi dari Negara-negara barat yang lebih populer. Namun ternyata, Halloween di Negara-negara lain di dunia dirayakan dengan cara yang berbeda-beda, lho. Bahkan perayaan Halloween tersebut terkesan sangat unik. Nah, kalau kamu penasaran, berikut ini adalah 10 Tradisi Unik Merayakan Halloween yang menyenangkan

1. Trick or Treat, Amerika Serikat

Trick or Treat
matadornetwork.com

Tradisi unik Halloween di berbagai Negara yang pertama adalah Trick or Treat. Kamu yang gemar menonton film Hollywood, tentu sudah tidak asing lagi dengan tradisi yang satu ini.

Tradisi ini sangat terkenal di Amerika Serikat hingga diadaptasi di berbagai belahan dunia lainnya. Disana, saat Halloween tiba, masyarakat akan mendekorasi rumah mereka dan berbagai penjuru kota dengan dekorasi khas Halloween. Tak hanya itu, anak-anak juga akan mengenakan kostum-kostum hantu dan berkeliling dari rumah ke rumah sambil membawa keranjang berbentuk lentera labu untuk melakukan trick or treat. Ketika tuan rumah memilih untuk treat, maka ia harus memberikan permen, jika tidak mereka akan dikerjai oleh anak-anak berkostum tersebut atau trick.

Review kuliner

Nekat! Uji Nyali Di Museum Santet

Merinding Disco Di Museum Kematian

2. Day of the Dead, Meksiko

Day of the Dead
nationalgeographic.com

Meksiko juga memiliki sebuah tradisi unik merayakan Halloween di berbagai Negara. Tradisi ini dikenal dengan nama “Day of the Dead” yang bertujuan untuk mengenang orang-orang yang telah meninggal.

Perayaan Day of the Dead ini biasanya diselenggarakan selama 3 hari dan dimulai pada tangga 31 Oktober. Setiap daerah di Meksiko tentunya memiliki ciri khas masing-masing untuk merayakannya. Misalnya seperti di Janitzio yang selalu dimeriahkan dengan tarian budaya dan para nelayan yang mendayung sambil membawa obor juga berkunjung ke makam keluarga di malam hari. Satu hal yang menjadi khas dari acara Day of the Dead ini adalah atribut tengkorak yang ikonik.

3. Samhain Festival, Irlandia

Samhain Festival
rove.me

Tradisi unik Halloween di berbagai Negara selanjutya adalah Samhain Festival yang berasal dari Irlandia. Festival ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kamu, pasalnya festival ini telah ada sejak ribuan tahun lalu.

Samhain Festival ini disebut sebagai awal dari perayaan Halloween di seluruh dunia karena saat itu masyarakat Celtic percaya jika saat malam sebelum tanggal 1 November, roh dari orang yang sudah meninggal akan turun ke bumi. Sekarang, saat merayakan Halloween, masyarakat Irlandia menyalakan api unggun sambil berkumpul dan makan bersama. Mereka biasanya menghidangkan kue khas Iralandia yang bernama barmbrack.

4. Day of Dracula, Rumania

Day of Dracula
post-gazette.com

Rumania memang sangat terkenal dengan legenda drakula, maka tak heran jika ada tradisi Halloween disana yang bernama Day of Dracula. Tradisi ini juga dianggap sebagai salah satu tradisi unik Halloween di berbagai Negara yang cukup menarik perhatian.

Biasanya orang-orang dari berbagai belahan dunia datang ke Rumania untuk merayakan Halloween di Bran Castle yang dianggap sebagai kastil Vlad dan Dracula. Kastil ini dipercaya pernah didatangi oleh Vlad dan menjadi latar tempat dalam novel Dracula. Jika ingin mengikuti perayaan tersebut, kamu bisa mengikutinya dengan paket tur yang telah disediakan di Count Dracula for Halloween.

5. The Hungry Ghost Festival, Hong Kong

The Hungry Ghost
sea.mashable.com

Tradisi unik Halloween di berbagai Negara selanjutnya bisa kamu temukan di Hong Kong. Festival ini sering juga disebut sebagai ‘Yue Lan’ dan biasa diselenggarakan pada hari ke 15 pada bulan ke 7 dalam kalender Tiongkok.

Tradisi yang dilakukan saat festival ini adalah memberika sesaji persembahan berupa buah dan membakar uang kertas. Hal tersebut bertujuan agar roh-roh bisa menikmati buah-buahan tersebut dan juga uang kertasnya, sehingga mereka tidak mengganggu masyarakat. Selain perayaan tradisional, masyarakat Hong Kong juga merayakan Hallowee secara modern dengan kostum dan parade seperti umumnya.

6. Pangangaluluwa, Filipina

Pangangaluluwa
news.abs-cbn.com

Tak kalah dengan Negara-negara lainnya, Filipina juga memiliki tradisi unik dalam menyambut Halloween. Tradisi ini dikenal dengan nama Pangangaluluwa dan menjadi salah satu tradisi unik Halloween di berbagai Negara.

Saat Pangangaluluwa berlangsung, penduduk setempat menggunakan kostum-kostum khas Halloween dan berkeliling dari rumah ke rumah untuk menyanyikan lagu-lagu pujian khas Pangangaluluwa. Perayaan ini dilakukan bertujuan untuk mengenang kebaikan sekaligus mendoakan roh-roh yang masih terjebak di dunia agar bisa kembali ke surge dengan tenang.

7. Kawasaki Halloween Parade, Jepang

Kawasaki Halloween Parade
tokyocheapo.com

Tradisi unik Halloween di berbagai Negara yang menarik untuk disimak selanjutnya adalah Kawasaki Halloween Parade. Parade ini berlangsung di Kawasan Kawasaki Jepang dimana masyarakat Jepang yang memang gemar melakukan cosplay akan mengenakan kostum seram bertema Halloween dan akan berjalan mengelilingi kota.

Tradisi ini telah berjalan sejak tahun 1996 dan selalu diselenggarakan pada akhir bulan Oktober. Orang-orang yang ikut parade ini diwajibkan berdandan dengan berbagai tampilan khas Halloween, terutama karakter yang menyeramkan.

8. Pchum Ben, Kamboja

Pchum Ben
grantourismotravels.com

Tradisi unik Halloween di berbagai Negara berikut ini berasal dari Kamboja dan dikenal dengan nama Pchum Ben. Tradisi ini biasa diselenggarakan pada akhir September dampai pertengahan Oktober.

Pchum Ben biasanya dihadiri oleh Umat Buddha yang berkumpul untuk mengingat orang yang sudah meninggal. Mereka akan membawa makanan seperti kacang-kacangan yang dibungkus dalam daun pisang, kemudian mengunjungi kuil untuk menyajikan bunga sebagai tanda penghormatan untuk para leluhurnya.

9. Ognissanti, Italia

Ognissanti
lifeinitaly.com

Tradisi unik Halloween di berbagai Negara yang tak kalah menarik adalah Ognissanti di Italia. Perayaan ini biasanya dimulai pada beberapa hari sebelum tanggal 1 November yang telah ditetapkan sebagai hari libur Nasional di Italia.

Perayaan tersebut dimulai saat orang-orang mulai meninggalkan bunga-bunga segar di makam orang-orang terkasih yang telah meninggal hingga mengubah pemakaman Negara menjadi tampilan warna yang indah. Tak hanya itu, mereka juga akan memberikan upeti kepada orang yang meletakkan lilin merah di jendela saat matahari terbenam dan meletakkannya di meja guna menyambut roh-roh yang akan datang.

10. Hiding Knives, Jerman

Hiding Knives
partnershipinternational.ie

Tradisi unik Halloween di berbagai Negara yang terakhir adalah tradisi menyembunyikan pisau yang berlangsung di Negara Jerman. Saat Halloween tiba, masyarakat Jerman biasa mendekorasi rumah mereka dan sudut-sudut kota lainnya dengan dekorasi khas Halloween.

Tak hanya itu, mereka juga melakukan hal unik yaitu dengan menyembunyikan semua pisau yang ada di rumah. Hal tersebut dikarenakan kepercayaan masyarakat akan roh-roh jahat yang tidak akan bisa menyakiti mereka jika pisau disembunyikan.

Demikianlah 10 tradisi unik Halloween di berbagai Negara yang menarik untuk disimak. Bahkan jika memungkinkan untuk kamu datangi dan ikuti saat Halloween nanti.



Leave a Reply