Keseruan 10 Tradisi Unik Membangunkan Sahur di Berbagai Negara


Fida  May 10, 2020  0 Comment

Indonesia menawarkan berbagai kegiatan seru dan unik saat bulan Ramadhan, salah satunya adalah tradisi membangunkan sahur. Seperti halnya sarapan, sahur merupakan makan sebelum berpuasa dan dilakukan dua atau tiga jam sebelum azan subuh berkumandang. Ada cukup banyak tradisi membangunkan sahur di Indonesia saat bulan Ramadhan, salah satunya dengan keliling kampung dan menabuh alat musik.

Tradisi membangunkan sahur yang unik tidak hanya ada di Indonesia, melainkan juga ada di berbagai negara di dunia. Banyak negara yang menawarkan tradisi unik membangunkan sahur yang berbeda-beda saat bulan Ramadhan. Berikut tradisi unik membangunkan sahur di berbagai negara

1. Davuls di Turki

davuls
jatimtimes.com

Saat bulan Ramadhan, ada banyak tradisi unik membangunkan sahur di berbagai negara salah satunya Turki. Turki menawarkan tradisi Davuls yang mungkin tidak jauh berbeda dengan tradisi membangunkan sahur di Indonesia.

Davuls berarti drum dalam Bahasa Turki. Tradisi yang satu ini menghasilkan suara yang sangat keras karena setidaknya ada 2000 davuls yang di arak keliling kota. Tidak hanya itu, tradisi Davuls juga semakin unik karena penabuh drum kompak menggunakan pakaian tradisional kekaisaran Ottoman.

Gotravelly

Mengenal Suku Karen Di Desa Wisata Baan Tong Luang Chiang Mai

Exsotisme Goa Akbar Yang Sarat Akan Sejarah

2. Seheriwalas di India

Seheriwalas di India
bobo.grid.id

Beda dengan negara lainnya, India mempunyai tradisi unik membangunkan sahur yaitu adanya Seheriwalas atau Zohridaars. Seheriwalas atau Zohridaars merupakan sebutan bagi orang yang bertugas membangunkan sahur.

Cara yang dilakukan oleh mereka cukup unik yaitu dengan berkeliling di sekitar rumah rumah warga. Namun, bukan berkeliling biasa, mereka akan melantunkan pujian kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Pada pukul 02.30 seheriwalas mulai berkeliling. Tongkat tak lupa mereka bawa untuk mengetuk pintu warga agar warga bangun untuk sahur. Tak jarang jika terkadang warga mengajak mereka untuk sahur bersama.

3. Lodra di Albania

Lodra di Albania
mbak-minah.blogspot.com

Tradisi unik membangunkan sahur di berbagai negara memang sangat mengesankan, salah satunya Lodra. Lodra merupakan tradisi membangunkan sahur di Albania. Tradisi ini dilakukan oleh komunitas muslim di Albania.

Tradisi ini dilakukan di jam-jam sahur dengan memukul drum yang dibuat dari kulit kambing. Tradisi lodra banyak dilakukan di Kota Shokdra. Tidak jarang pemukul drum mendapat tawaran untuk sahur bersama di rumah warga. Selain itu, pemain lodra juga akan mendapatkan uang dari beberapa orang.

4. Nafar di Maroko

 Nafar di Maroko
bobo.grid.id

Tidak kalah dengan tradisi unik membangunkan sahur di berbagai negara lainnya, Maroko memiliki tradisi Nafar. Nafar merupakan tradisi membangunkan sahur yang cukup dikenal. Cara unik yang dilakukan adalah dengan menggunakan terompet sebagai alat musik. Suara keras yang dihasilkan oleh terompet membuat para warga terbangun untuk melakukan sahur.

Pemain Nafar menggunakan pakaian tradisional khas yakni Gandora. Tidak lupa, para pemain menggunakan sandal jepit saat melakukan tradisi Nafar.

5. Tebbal di Maroko

Tebbal di Maroko
riaubarometer.com

Selain Nafar, Maroko memiliki tradisi unik lain untuk membangunkan sahur yakni Tebbal. Jika tradisi Nafar menggunakan terompet kecil, Tebbal menggunakan drum sebagai alat musik untuk membangunakan sahur.

Biasanya, tradisi Tebbal dilakukan oleh banyak orang dan menggunakan pakaian tradisional khas Gandora. Pemain Tebbal akan berkeliling di kawasan rumah warga. Tidak jarang pemain Tebbal mendapat sambutan hangat hingga mendapat ajakan untuk sahur bersama.

6. Mesaharaty di Mesir

Mesaharaty di Mesir
m.medcom.id

Tradisi unik membangunakan sahur di berbagai negara memang cukup beragam. Mesir memiliki tradisi membangunkan sahur yang unik dan tidak kalah dengan negara lain.  Tradisi ini disebut Mesaharaty.

Mesaharaty memiliki arti pemanggil sebelum fajar. Tradisi ini dilakukan oleh seseorang yang menggunakan pakaian tradisional Mesir. Cara membangunakan sahur yang dilakukan adalah dengan menabuh drum kecil dan menyanyikan lagu religi. Meskipun kebanyakan meggunakan drum kecil, tetapi suara yang dihasilkan cukup keras dan bisa membangunkan para warga untuk sahur. Tradisi ini dilakukan di desa maupun kota di Mesir.

7. Musharati di Palestina

musaharati
muslimobsession.com

Ada banyak tradisi unik membangunkan sahur di berbagai negara, salah satunya Palestina. Di Palestina, para warga akan dibangunkan oleh Musharati.

Musharati merupakan tradisi turun-temurun yang sudah lama ada di Palestina yakni membangunkan sahur dengan cara menabuh drum berkeliling desa atau kota. Drum yang digunakan untuk tradisi ini berukuran cukup besar. Biasanya, Musharati menggunakan pakaian tradisonal yang khas. Tradisi ini bisa dilakukan oleh satu orang atau lebih di Palestina.

 8. Patrol di Indonesia

patrol
ngalam.co

Indonesia memiliki banyak tradisi unik untuk membangunkan sahur, salah satunya adalah Tradisi Patrol. Tradisi Patrol merupakan tradisi khas Jawa Timur yang diambil dari kata Patroli. Di Jawa Tengah, tradisi ini sering disebut sebagai tongtek yang berasalah dari alat music kentongan yang berbunyi “tek tek”.

Tradisi Patrol dilakukan oleh banyak orang di jam-jam sahur. Biasaya, setiap orang membawa alat musik dan membunyikannya secara bersamaan. Tidak heran jika suara yang dikeluarkan sangat keras, karena banyaknya alat musik yang dibawa. Jika kebanyakan tradisi unik membangunkan sahur di berbagai negara menggunakan pakaian khas, Patrol menggunakan pakaian bebas dalam pelaksanaannya.

9. Can Macanan di Indonesia

 Can Macanan di Indonesia
blog.misteraladin.com

Selain Patrol, Indonesia masih memiliki banyak tradisi unik untuk membangunkan sahur, salah satunya adalah tradisi Can Macanan. Tradisi unik Can Macanan berasal dari Kota Situbondo di Jawa Timur.

Kata Can Macanan berasal dari Bahasa Jawa yakni macan yang berarti harimau. Tradisi ini menggunakan replika harimau yang diarak menyusuri jalanan depan rumah warga. Tidak lupa alat musik pengiring Can Macanan juga sangat dibutuhkan untuk menghasilkan suara keras saat membangunkan sahur.

10. Pocong Banyuwangi di Indonesia

pocong banyuwangi
viral.id

Berbicara soal tradisi unik membangunkan sahur di berbagai negara, Indonesia memiliki tradisi yang sangat unik dan menarik. Salah satu tradisi unik untuk membangunkan sahur di Indonesia adalah Tradisi Pocong Banyuwangi.

Tradisi Pocong Banyuwangi dilakukan oleh sekelompok orang yang berpakaian dan berdandan ala hantu pocong dan berkeliling di depan rumah penduduk. Sekelompok warga yang berpakaian pocong ini menggunakan gamelan sebagai alat musik untuk membangunkan sahur. Biasanya, tradisi ini dilakukan dari pukul 1 hingga pukul 3 pagi. Meskipun terkesan horror, tradisi unik yang satu ini banyak disukai oleh warga Banyuwangi.

Nah, di atas merupakan daftar 10 tradisi unik membangunkan sahur di berbagai negara. Tradisi mana yang paling mengesankan menurut Anda?



Leave a Reply