10 Tempat Wisata di Jonggol Bogor, Pesonanya Tak Terlupakan


prita  October 20, 2021  0 Comment

Pernahkah kamu mendegar soal Jonggol? Jonggol merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Bogor yang terkenal dengan tanaman hortikulturalnya. Tak hanya itu, ternyata Jonggol juga menyimpan sederet tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Untuk kamu yang tertarik untuk menjelajah kawasan Jonggol, berikut ini adalah 10 tempat wisata di Jonggol Bogor yang wajib untuk kamu kunjungi.

1. Gunung Batu Jonggol

Gunung Batu Jonggol
alinea.id

Tempat wisata di Jonggol Bogor yang pertama adalah Gunung Batu Jonggol. Gunung Batu Jonggol ini sangat cocok bagi kamu yang suka hiking atau mendaki, pasalnya gunung ini menjadi salah satu destinasi wisata populer bagi para pendaki pemula.

Gunung Batu Jonggol ini memiliki ketinggian berkisar 850 hingga 875 meter di atas permukaan laut, sehingga sangat ramah bagi pendaki pemula. Tak hanya itu, medan yang harus ditempuh pun cukup mudah. Meskipun begitu, setibanya di puncak gunung kamu akan dimanjakan dengan keindahan panorama alam yang sangat menawan.

Gotravelly

Pengen Keliling Dunia Dalam Sehari? Bisa Banget Di The Legend Star!

Berburu Belimbing Segar Di Agrowisata Belimbing Desa Moyoketen Tulungagung

2. Situs Rawa Gede

Situs Rawa Gede
travelspromo.com

Situs Rawa Gede menjadi salah satu tempat wisata di Jonggol Bogor yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya. Situs Rawa Gede ini merupakan sebuah kawasan rawa yang disulap menjadi sebuah objek wisata air yang menarik untuk dikunjungi.

Disini pengunjung yang datang cukup membayar tiket sebesar Rp 20.000 per orang dan bisa menikmati ragam fasilitas. Seperti bermain air, berenang hingga menyewa perahu bebek untuk berkeliling rawa. Kamu yang hobi memancing pun bisa melakukan hobi tersebut disini karena disini terdapat kolam pancing dengan ragam jenis ikan yang hidup di dalamnya. Atau kamu hanya bisa bersantai di tepian Situs Rawa Gede ini untuk menikmati indahnya pemandangan sekitar.

3. Taman Wisata Penangkaran Rusa Cariu

Taman Wisata Penangkaran Rusa Cariu
bogorraincake.com

Tempat wisata di Jonggol Bogor yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Taman Wisata Penangkaran Rusa Cariu. Taman Wisata Penangkaran Cariu ini merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal di kalangan wisatawan.

Taman seluas 8 hektar ini merupakan bagian wilayah perhutani yang awalnya hanya dibuka untuk penelitian, namun di tahun 2003 kawasan ini dibuka untuk wisatawan umum. Kalau kamu pecinta hewan atau ingin mengajak anak-anak untuk lebih dekat dengan satwa, taman ini wajib untuk dikunjungi. Disini kamu bisa berinteraksi langsung dengan para rusa dan bebas memberikan mereka makanan berupa sayuran.

4. Jonggol Garden Park

Jonggol Garden Park
tripjalanjalan.com

Kalau kamu suka dengan wisata taman dengan banyak spot foto, kamu wajib berkunjung ke Jonggol Garden Park ini. Jonggol Garden Park ini menjadi destinasi favorit bagi mereka yang suka berfoto selfie.

Ragam spot cantik yang instagramable yang wajib untuk kamu coba Antara lain, spot zip bike atau  sepeda kayuh terbang. Tak hanya itu, spot favorit lainnya adalah spot kupu-kupu yang terdapat kerangka kupu-kupu model tiga dimensi yang cantik dengan latar pegunungan di belakangnya. Taman ini pun sudah cukup lengkap fasilitasnya, seperti café alam, gazebo, tampat ibadah dan toilet yang bersih. Tak heran jika Joggol Garden Park ini dijadikan sebagi salah satu tempat wisata di Jonggol Bogor yang paling populer.

5. Taman dan Kebun Buah Mekarsari

. Taman dan Kebun Buah Mekarsari
wisatabagus.com

Tempat wisata di Jonggol Bogor yang wajib untuk kamu kunjungi berikutnya adalah Taman dan Kebun Buah Mekarsari. Destinasi wisata yang satu ini memang cukup populer karena mengusung konsep wisata perkebunan dimana pengunjung bisa merasakan serunya bercocok tanam, mengurus kebun sampai memanen hasil kebunnya.

Tak hanya bisa berkebun, disini kamu juga bisa menikmati serunya ragam wahana bermain. Seperti wahana big balloon, bungee trampoline, 3D trick art hingga skuter dan sepeda bmx. Selain itu, ada juga wahana air yang menarik untuk dicoba, seperti rolling donut, bebek air, speed boat, perahu dan floating donut.

6. Curug Citiis

Curug Citiis
tempatwisata.pro

Kalau kamu suka berwisata ke air terjun, tempat wisata di Jonggol Bogor yang satu ini wajib untuk kamu kunjungi. Wisata Curug Citiis adalah satu destinasi wisata yang masih terjaga keasrian alamnya.

Berbeda dengan air terjun lainnya, Curug Citiis ini memiliki aliran yang mengalir teratur mengikuti pola tebing yang meliuk-liuk. Meskipun kondisinya yang masih asri, namun ada sederet fasilitas yang bisa kamu temukan disini, mulai dari rumah panggung yang cocok untuk beristirahat hingga café hutan yang menjual ragam menu makanan dan minuman hangat.

7. Curug Cipamingkis

 Curug Cipamingkis
travelspromo.com

Tempat wisata di Jonggol Bogor yang sayang untuk dilewatkan selanjutnya adalah Wisata Curug Cipamingkis. Wisata air terjun yang satu ini memang menjadi salah satu wisata unggulan di Jonggol karena pemandangannya yang menawan.

Curug Cipamingkis merupakan air terjun yang terbentuk dari muara pertemuan dua sungai, yaitu Sungai Cipamingkis dan Sungai Cisarua. Debit curug ini memang cenderung besar meskipun saat musim kemarau. Curug ini tidak terlalu tinggi, beriksar 10 sampai 15 meter sehingga sangat aman untuk bermain air di bawah aliran airnya.

8. Pemandian Sodong

Pemandian Sodong
suara.com

Pemandian Sodong juga masuk dalam daftar tempat wisata di Jonggol Bogor yang sayang sekali untuk dilewatkan. Pemandian ini sangat cocok untuk kamu yang suka mandi di pemandian alam karena airnya yang sangat jernih dan berasal dari sumber.

Pemandian ini memiliki dua kolam yang airnya berasal dari bagian hulu sungai. Pada kolam utama biasanya digunakan sebagai sumber irigasi bagi warga setempat, sementara di kolam kedua merupakan sambungan yang airnya berasal dari kolam utama. Meskipun ini adalah pemandian alam, kamu tak perlu khawatir dengan kebersihannya karena pihak pengelola selalu rutin untuk melakukan pembersihan setiap minggunya.

9. Heaven Memorial Park

Heaven Memorial Park
takenosatovilla.com

Pernahkah kamu berwisata di pemakaman? Jika belum kamu wajib untuk berkunjung ke salah satu tempat wisata di Jonggol Bogor yang satu ini. Heaven Memorial Park merupakan sebuah kompleks pemakaman yang terinspirasi dari Pemakaman Quiling di Tiongkong dengan konsep mewah dan megah.

Pemakaman ini justru lebih dikenal sebagai bjek wisata karena memiliki pemandangan alam yang indah. Pemakaman ini terkenal sebagai objek wisata karena dikelilingi oleh hutan yang berada di kaki gunung dan dialiri dengan sungai yang jernih. Tak hanya itu, bangunan-bangunan makam disini dibentukdan dihias sehingga terlihat sangat megah dan mewah. Untuk kamu yang ingin menikmati tempat wisata di Jonggol Bogor yang tak biasa, kamu wajib berkunjung kesini.

10. Kampoeng Sunda Siliwangi

tempat wisata terdekat
bersapedahan.wordpress.com

Tempat wisata di Jonggol Bogor yang terakhir adalah Kampoeng Sunda Siliwangi. Wisata ini merupakan sebuah desa budaya dimana pengunjung yang datang bisa mempelajari kearifan lokal masyarakat Sunda.

Selain bisa melihat kehidupan sehari-hari masyarakat lokal, kamu juga bisa berkeliling desa ini dengan menggunakan sepeda sambil menikmati alamnya yang masih asri. Salah satu destinasi menarik dari desa ini adalah Goa Ciwadon. Goa ini memang cukup populer karena pernah dijadikan sebagai lokasi pengambilan gambar salah satu sinetron laga Indonesia. Goa ini memang sangat cantik karena memiliki stalaktit dan stalakmit yang patut untuk diabadikan.



Leave a Reply