10 Tempat Wisata di Balangan Nan Elok Dipandang


Fida  January 23, 2022  0 Comment

Balangan merupakan nama salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Kalimantan Selatan. Balangan dikenal menawarkan cukup banyak tempat wisata yang bisa kamu datangi untuk menghabiskan waktu berlibur. Beberapa tempat wisata yang ditawarkan diantaranya tempat wisata alam hingga tempat wisata bersejarah. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, berikut daftar 10 rekomendasi tempat wisata di Balangan yang menarik untuk kamu datangi.

10 Tempat Wisata di Balangan :

1. Air Terjun Manyandar

air terjun manyandar
dinaspariwisatabalangan.com

Salah satu rekomendasi tempat wisata di Balangan yang sangat menarik untuk kamu kunjungi adalah Air Terjun Manyandar. Air terjun yang satu ini berlokasi di daerah Uren, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan. Untuk tiba di lokasi air terjun, pengunjuk harus melewati jalanan yang cukup sulit dilalui. Meskipun perjalanan yang dilakukan cukup menguras tenaga, tetapi rasa lelah akan terbayar lunas saat tiba di lokasi air terjun.

Akan dimanjakan dengan aliran air yang sangat jernih. Tidak hanya itu, adanya tebing-tebing dan pepohonan di sekeliling air terjun juga menambah keindahan yang luar biasa. Tempat yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin menenangkan diri karena Air Terjun Manyandar menawarkan suasana yang sangat tenang dan

Gotravelly

Islamic Centre Samarinda: Masjid Terbesar Di Asia Tenggara Ada Di Indonesia Nih!

Historica Cafe, Cafe Industrial Minimalis Yang Pas Untuk Kamu Pecinta Work From Cafe Dan Meeting

.

2. Gunung Hantanung

gunung hantanung
banjarmasin.tribunnews.com

Rekomendasi tempat wisata di Balangan selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Gunung Hantanung. Tempat wisata yang satu ini tentu cocok dikunjungi bagi kamu yang hobi mendaki. Dimanjakan dengan jalur pendakian dan pemandangan indah di sekelilingnya, kamu juga dapat menikmati adanya aliran sungai yang jernih. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat menjumpai adanya gua dengan stalakmit yang indah dan menakjubkan.

Baca juga :  10 Pantai Terbaik Untuk Berselancar di Indonesia, Ombaknya liar!

Pengunjung dapat mencoba untuk mendaki sampai puncak untuk menikmati indahnya pemandangan dari ketinggian. Meskipun perjalanan menuju puncak terbilang cukup melelahkan, tetapi rasa lelah akan hilang saat melihat indahnya pemandangan yang ditawarkan. Gunung ini berlokasi di kawasan Gunung Batu, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan.

3. Gunung Hauk

gunung hauk
kompasiana.com

Rekomendasi tempat wisata di Balangan selanjutnya adalah Gunung Hauk. Gunung yang satu ini berlokasi di daerah Ajung, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan. Gunung ini juga dikenal memiliki ketinggian mencapai 1325 mdpl. Tidak sedikit wisatawan yang memutuskan untuk mendaki hingga ke Puncak Gunung Hauk.

Di sepanjang perjalanan saat melakukan pendakian, pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan alam serta udara yang segar. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati indahnya pemandangan alam dari ketinggian saat tiba di puncak Gunung Hauk. Saat berkesempatan datang ke daerah Balangan, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mendaki dan menikmati keindahan alam di Gunung Hauk.

4. Danau Baruh Bahinu

danau baruh bahinu
m.tribunnews.com

Danau Baruh Bahinu menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata di Balangan yang populer dan ramai didatangi wisatawan. Sesuai dengan namanya, tempat wisata yang satu ini merupakan danau dengan pemandangan hijau di sekelilingnya.

Saat berkunjung ke tempat wisata yang satu ini, kamu akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan alam serta banyaknya spot menarik yang dapat dimanfaatkan untuk berfoto. Pengunjung juga dapat mencoba sensasi seru menyusuri danau menggunakan rakit yang disediakan. Hal itu tentu menjadi pengalaman seru yang bisa kamu coba. Menarik sekali bukan?

5. Goa Berangin

goa berangin
meratusgeopark.org

Rekomendasi tempat wisata di Balangan yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Goa Berangin. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di kawasan kaki Gunung Belawan tepatnya berada di daerah Malutu, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan.

Baca juga :  Jelajahi Kearifan Lokal 10 Desa Wisata Jawa Barat

Buah yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri yakni dengan adanya terowongan yang menghubungkan goa dengan dasar gunung. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan goa dan sekelilingnya yang sangat memukau. Karena keindahannya, tidak heran jika gua ini kerap dipilih sebagai destinasi wisata tujuan favorit wisatawan yang datang ke Balangan. Tertarik untuk mengunjunginya?

6. Bukit Balawanai

bukit balawanai
banjarmasin.tribunnews.com

Ada cukup banyak pilihan tempat wisata di Balangan yang menarik untuk kamu kunjungi, salah satunya adalah Bukit Balawanai. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di daerah Puyun, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan. Sesuai dengan namanya, pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan perbukitan sekaligus dapat menikmati pemandangan indah dari ketinggian. Bukit yang satu ini memiliki ketinggian mencapai 284 mdpl. Meskipun terbilang tidak terlalu tinggi, tetapi pengunjung akan dimanjakan dengan suasana yang sangat sejuk serta pemandangan yang indah.

Tidak hanya dapat menikmati indahnya pemandangan dari puncak bukit, kamu juga dapat menikmati indahnya pemandangan yang ditawarkan di jalur pendakian. Jika tiba di puncak saat pagi hari, kamu dapat menikmati indahnya pemandangan awan putih yang dapat dilihat dengan jelas.

7. Gunung Titi

gunung titi
janganlupapiknik.blogspot.com

Rekomendasi tempat wisata berikutnya yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Balangan adalah Gunung Titi. Gunung Titi juga biasa disebut dengan sebutan Gunung Pihandam. Tempat wisata yang satu ini tentu sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang hobi mendaki.

Pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan selama proses pendakian. Tidak hanya itu, pemandangan indah yang ditawarkan saat tiba di puncak juga tidak kalah menakjubkan. Lelah selama proses pendakian akan terbayar lunas saat tiba di puncak dan menikmati indahnya pemandangan dari ketinggian. Menarik sekali bukan?

Baca juga :  6 Wisata di Malang Seperti Luar Negeri, yuk kepoin!

8. Sungai Maranting

sungai maranting
banjarmasin.tribunnews.com

Salah satu pilihan tempat wisata di Balangan yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Sungai Maranting. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di daerah Gunung Batu, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan.

Tempat wisata yang satu ini menawarkan suasana yang sangat sejuk dan tenang sehingga sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran. Sungai ini menjadi rekomendasi tempat wisata alam yang sangat cocok untuk dikunjungi saat datang ke Balangan.

9. Air Terjun Tumatee

air terjun tumatee
celebes.co

Air Terjun Tumatee juga menjadi tempat wisata di Balangan yang sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di daerah Aniungan, kecamatan Halong, Kabupaten Balangan.

Tidak hanya akan dimanjakan dengan jernih dan bersih nya aliran air terjun, pengunjung juga dapat menikmati indahnya pemandangan alam berupa tebing dan pepohonan di sekelilingnya. Suasana yang sejuk dan masih sangat alami untuk membuat pengunjung betah dan enggan pulang saat berkunjung ke air terjun ini. Tidak hanya berfoto, pengunjung juga dapat mencoba untuk bermain air di aliran air terjun.

10. Benteng Tundakan

benteng tundakan
banjarmasin.tribunnews.com

Saat ingin datang ke salah satu tempat wisata di Balangan, tidak ada salahnya jika kamu mengunjungi tempat wisata bersejarah yakni Benteng Tundakan. Benteng yang satu ini dikenal menyimpan sejarah perjuangan pahlawan Pangeran Antasari melawan Belanda.

Saat ingin datang ke Benteng Tundakan, kamu dapat menuju ke daerah Tundakan, Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan. Tertarik untuk mengunjungi tempat wisata alam sekaligus bersejarah yang satu ini?



Leave a Reply