Indahnya 7 Wisata di Penajam Paser Utara


Fida  December 21, 2022  0 Comment

Penajam Paser Utara merupakan sebutan bagi salah satu kawasan yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Daerah yang satu ini dikenal menyuguhkan banyaknya pilihan destinasi wisata sehingga tidak heran jika kerap dipilih sebagai tujuan berlibur bagi para wisatawan. Tidak perlu bingung menentukan tujuan, inilah daftar 7 rekomendasi tempat wisata di Penajam Paser Utara yang populer dan menarik untuk kamu datangi. 

Wisata di Penajam Paser Utara :

1. Waduk Sesulu

waduk sesulu
libur.co

Saat ingin mengunjungi salah satu destinasi wisata di Penajam Paser Utara, tidak ada salahnya jika kamu datang ke Waduk Sesulu. Sesuai dengan sebutannya, Waduk Sesulu dapat kamu kunjungi di kawasan Desa Sesulu, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara. Waduk dengan pemandangan indah dan memanjakan mata ini tidak hanya ramai dikunjungi masyarakat lokal, tetapi juga wisatawan dari berbagai daerah.

Waktu terbaik untuk datang ke Waduk Sesulu adalah saat sore hari. Di waktu tersebut, kamu akan dimanjakan dengan cantiknya pemandangan matahari terbenam. Waduk Sesulu juga menawarkan suasana tenang dan nyaman sehingga dapat membuatmu betah untuk berlibur dan berwisata. 

Jembatan panjang yang terdapat di area waduk juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Tidak jarang wisatawan memutuskan untuk berfoto dan mengabadikan momen bersama indahnya Waduk Sesulu. Destinasi wisata yang satu ini dapat menjadi tujuan tepat untuk menghabiskan waktu berlibur bersama teman maupun keluarga. 

Keraton Kadriah Pontianak: Mengintip Megahnya Istana Terbesar Di Kalimantan Barat

Es Krim Angi : Es Krim Legendaris Dari Pontianak Yang Siap Memanjakan Lidahmu

Baca juga :  Weekend Gateway! 10 Taman Hiburan Unik di Jakarta

2. Pulau Gusung

pulau gusung
celebes.co

Tidak hanya danau, kamu juga dapat mengunjungi tempat wisata di Penajam Paser Utara berupa pulau. Pulau Gusung menjadi salah satu pulau yang populer dan banyak didatangi wisatawan sebagai tempat untuk menghabiskan waktu berlibur.

Di pulau ini, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dan masih sangat alami. Suasananya yang tenang dan nyaman juga menjadikan Pulau Gusung sebagai destinasi favorit yang menarik untuk kamu datangi. Pengunjung dapat memilih untuk bersantai maupun melakukan berbagai aktivitas seru di sekitar pulau. Terdapat puluhan jenis ikan dan juga terumbu karang yang dapat kamu jumpai saat berada di Pulau Gusung. 

Untuk menuju ke lokasi Pulau Gusung, pengunjung harus menempuh perjalanan menggunakan speed boat dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dan dilanjut menggunakan kelotok atau perahu motor dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan. Keindahan yang disuguhkan tentu akan membuatmu betah dan enggan pulang.

3. Penangkaran Rusa Penajam

penangkaran rusa penajam paser utara
tribunnewswiki.com

Jika ingin menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga dengan mengunjungi salah satu tempat wisata di Penajam Paser Utara, ada salahnya jika kamu datang ke penangkaran rusa Penajam. Destinasi wisata yang satu ini tidak dapat dikunjungi sebagai sarana rekreasi tetapi juga sarana edukasi bagi anak-anak.

Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan penangkaran rusa yang tentunya dihuni oleh banyak sekali hewan rusa. Hamparan rerumputan yang luas serta suasana yang sejuk menjadikan tempat ini sayang untuk kamu lewatkan. Selain dapat melihat hewan rusa, pengunjung juga dapat berinteraksi langsung salah satunya dengan cara memberi makan rusa.

Penangkaran rusa Penajam dapat kamu kunjungi di kawasan Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara. Tidak perlu khawatir, tiket masuk menuju ke penangkaran rusa ini hanya di bandrol sekitar Rp 5.000,- per orang. Selain dapat melihat langsung rusa yang hidup di alam bebas, pengunjung juga dapat memutuskan untuk mengabadikan momen bersama rusa yang ada. Menarik sekali bukan? 

Baca juga :  10 Danau Terindah di Turki Pesonanya Nempel di Hati

4. Air Terjun Rimbawan

air terjun rimbawan
celebes.co

Bagi kamu pecinta tempat wisata alam, mengunjungi air terjun tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba. Air Terjun Rimbawan merupakan salah satu tempat wisata di Penajam Paser Utara yang populer dan banyak didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Kamu dapat mengunjungi indahnya air terjun ini di kawasan Kecamatan Penajam. 

Meskipun harus berjalan kaki untuk tiba di lokasi air terjun, tetapi hal itu tidak menyurutkan niat pengunjung untuk datang ke indahnya Air Terjun Rimbawan. Di sepanjang perjalanan, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat memanjakan mata.

Setibanya di lokasi, aliran air terjun yang deras dan jernih akan menyambut kedatangan wisatawan. Pemandangan indah dan menakjubkan dapat kamu nikmati selama berada di kawasan Air Terjun Rimbawan. Pepohonan dan juga bebatuan di sekitar air terjun juga menambah kesan alami pada air terjun ini. Pengunjung yang datang dapat memilih untuk bersantai maupun bermain air hingga berenang di bawah air terjun. Asik sekali bukan?

5. Nipah Nipah Beach

nipah nipah beach
celebes.co

Saat membahas tentang destinasi wisata di Penajam Paser Utara, berapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan Nipah Nipah Beach. Nipah Nipah Beach merupakan wisata pantai yang cukup populer dan ramai didatangi wisatawan. Pantai ini menyuguhkan hamparan pasir yang luas serta birunya perairan yang bersih dan jernih. 

Pengunjung yang datang dapat memilih untuk bersantai sembari menikmati deburan ombak serta angin yang sejuk. Datang dan menghabiskan waktu berlibur bersama teman maupun keluarga ke pantai ini tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba.

 Untuk menyusuri kawasan pantai, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per orang. Nipah Nipah Beach dapat kamu kunjungi di Jalan Coastal, Kabupaten Penajam Paser Utara. 

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Melaka Paling Rekomended Buat Liburan

6. Pantai Corong

pantai corong
travel.tribunnews.com

Salah satu destinasi wisata di Penajam Paser Utara yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Pantai Corong. Pantai Corong dikenal sebagai tempat wisata populer yang dapat dikunjungi di kawasan Tanjung Tengah, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara. 

Selain dikenal menyuguhkan pemandangan yang indah, ini juga kerap menjadi lokasi diadakannya acara dan pertunjukan. Salah satu acara yang kerap digelar di Pantai Corong adalah festival layang. Pengunjung juga tentu akan dibuat betah dengan suasananya yang sejuk dan segar. 

Untuk menyusuri kawasan pantai, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk yang terbilang cukup terjangkau. Indahnya Pantai Corong tentu sangat cocok dipilih untuk menghabiskan waktu berlibur bersama teman maupun keluarga. 

7. Goa Besiang

goa besiang
libur.co

Ingin merasakan suasana berbeda saat berlibur? Goa Besiang menjadi tujuan menarik yang bisa kamu datangi. Salah satu tempat wisata di Penajam Paser Utara ini berhasil menarik perhatian wisatawan untuk mengunjunginya.

Di Goa Besiang, kamu akan dimanjakan dengan adanya stalakmit dan stalaktit yang indah dan masih sangat alami. Untuk mengunjunginya, pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat karena akses jalan menuju goa terbilang cukup mudah dilalui. 

Goa Besiang berlokasi di kawasan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara. Tempatnya yang indah dan masih sangat alami menjadikan Goa Besiang sangat cocok untuk dikunjungi bagi kamu pecinta wisata alam. 

Nah, itulah daftar 7 rekomendasi wisata di Penajam Paser Utara yang populer dan menarik untuk kamu datangi. Dari rekomendasi di atas, tempat manakah yang tampak paling indah dan ingin kamu kunjungi?



Leave a Reply