Nggak Hanya China, Berikut 10 Tembok Besar Terkenal di Dunia


prita  June 22, 2020  0 Comment

Berbicara soal bangunan bersejarah memang tak melulu soal tugu ataupun museum. Beberapa bangunan bersejarah di dunia ini merupakan bangunan besar yang menjadi dinding pembatas ataupun sebuah banteng. Saat ini, dinding-dinding tua ini menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang berkunjung. Dinding atau tembok tua bersejarah tersebut ternyata banyak sekali ditemukan di berbagai negara. Karena bentuknya yang megah dan masih kokoh berdiri hingga saat ini, tak heran jika beberapa diantaranya dianggap sebagai sebuah keajaiban dunia. Tembok besar atau great wall terkenal di dunia

1. Tembok Besar China, China

tembok besar china
loket.com

Tembok besar atau great wall terkenal di dunia yang pertama ini sudah bukan rahasia lagi ya, pasalnya hampir semua orang mengetahui tembok besar ini, bahkan beberapa diantaranya telah berhasil menaklukannya.

Tembok Besar China ini bisa dibilang cukup terkenal dibandingkan dengan tembok besar lainnya, karena bangunan ini merupakan salah satu keajaiban dunia yang dibangun pada masa Dinasti Qin, Dinasti Han dan Dinasti Ming dengan panjang mencapai 8.851 kilometer.

Tembok Besar China ini digunakan sebagai banteng untuk mencegah invasi dari negara lain. Karena sangat besar dan panjang, bahkan China pernah mengklaim bahwa The Great Wall of China ini memiliki panjang lebih dari setengah keliling Bumi.

Gotravelly

Fushimi Inari: Kuil Cantik Dengan Ribuan Gerbang Unik

Osaka Castle, Istana Yang Paling Sering Dikunjungi Wisatawan Di Jepang

2. Tembok Berlin, Jerman

tembok berlin
thecrazytourist.com

Tembok besar atau great wall terkenal di dunia selanjutnya adalah The Berlin Wall atau Tembok Berlin. Tembok Berlin ini dibangun oleh Pemerintah Jerman Timur di tahun 1961 dimana saat itu diduduki oleh Soviet.

The Berlin Wall dulunya berfungsi sebagai pemisah antara Jerman Barat dan Jerman Timur yang juga digunakan untuk melindungi warganya dari berbagai ancaman. Awalnya, pembatas ini dibuat dengan menggunakan kawat berduri sepanjang 100 mil. Kemudian kawat berduri tersebut diganti dengan dinding beton setinggi enam meter dan panjangnya mencapai 161 kilometer yang juga dilengkapi dengan Menara jaga dan pos senapan mesin juga lampu sorot.

3. Tembok Hadrian, Inggris

 Tembok Hadrian
visitbritain.com

Inggris ternyata juga memiliki tembok besar atau great wall terkenal di dunia, lho. Tembok besar ini bernama Tembok Hadrian atau yang sering disebut sebagai Hadrian’s Wall.

Tembok Hadrian berfungsi sebagai tembok pertahanan yang terbuat dari batu dan tanah. Tembok yang dibangun pada masa Kekaisaran Romawi ini dibangun untuk melindungi dari dua suku barbar di Celtics.

Tembok ini dibangun atas perintah Kaisar Romawi Hadrian yang dibangun dalam kurun waktu enam tahun oleh sekitar 15.000 tentara infanteri. Tembok ini memiliki panjang mencapai 117 kilometer yang membentang dari Segedunum, Wallsend, Sungai Tyne hingga Pantai Solway Firth.

4. Sacsayhuaman, Peru

Sacsayhuaman
aracari.com

Di Peru, kamu juga bisa menemukan salah satu tembok besar atau great wall terkenal di dunia yaitu Tembok Besar Sacsayhuaman. Sacsayhuaman ini adalah reruntuhan dari kerajaan Inca, yaitu kekaisaran terbesar sebelum Colombus datang ke Amerika.

Sacsayhuaman ini dipercaya telah berdiri sejak abad ke-13 yang dibangun dengan menggunakan batu besar dan bentuknya tidak teratur. Meskipun begitu, tembok setinggi 8,2 meter ini dibangun dengan kerapatan sempurna tanpa celah. Namun, saat ini hanya dinding bagian luar saja yang masih bisa dilihat.

5. Tembok Ratapan, Jerusalem

tembok ratapan
theisraelboutique.com

Tembok Ratapan atau Wailing Wall merupakan salah satu tembok besar atau great wall terkenal di dunia yang kerap dikunjungi oleh wisatawan. Berlokasi di Jerusalem, tembok ini dibangun pada abad ke-19 Sebelum Masehi oleh Herodes Agung.

Tembok ini terbuat dari batu kapur kuno yang pernah menjadi bagian dari kuil Yahudi. Memiliki panjang hingga 488 meter, tembok ini menjadi tempat paling suci bagi orang Yahudi untuk memanjatkan doa. Tembok Ratapan ini biasa menjadi destinasi wisata religi bagi umat Kristiani.

6. Tembok Babylonia, Irak

tembok babylonia
khanacademy.org

Tembok besar atau great wall terkenal di dunia juga bisa kamu temukan di negara Irak. Tembok ini bernama Tembok Babylonia atau sering disebut Wall of Babylon. Tembok ini adalah peninggalan Kota kuno Mesopotamia pada tahun 575 Sebelum Masehi.

Tembok Babylonia ini pernah masuk dalam daftar salah satu keajaiban dunia karena keindahannya. Gerbang dan dindingnya dibangun dengan ubin mengkilap berwarna biru dengan relief-relief menarik.

7. Tembok Besar Zimbabwe, Zimbabwe

tembok Besar Zimbabwe
livescience.com

Zimbabwe juga punya salah satu tembok besar atau great wall terkenal di dunia lho. Tembok besar ini dikenal sebagai Tembok Besar Zimbabwe atau Great Zimbabwe Walls.

Tembok besar ini dulunya adalah ibukota Kerajaan Zimbabwe, namun saat ini yang tersisa hanyalah reruntuhannya. Reruntuhan ini dikelilingi oleh dinding yang cukup tinggi seolah mengingatkan betapa kuat dan tangguhkan Kerajaan Zimbabwe ini. Tembok Zimbabwe memiliki tinggi mencapai 36 kaki dan panjang hingga 820 meter.

8. Tembok Antonine, Skotlandia

Antonine
historic-uk.com

Tembok besar atau great wall terkenal di dunia selanjutnya ada di Skotlandia, yaitu Tembok Antonine atau Antanine Wall. Meskipun tidak seterkenal Tembok Hadrian, namun Tembok Antonine ini juga merupakan peninggalan Kerajaan Romawi.

Tembok Antonine ini dibangun atas perintah Antoninus Pius, yang merupakan penerus Hadrian. Menariknya, Tembok Antonine ini dibangun dengan menggunakan rumput dan kayu. Saat ini, sedikit dari tembok kuno ini masih bisa terlihat. Tembok Antonine ini dibangun bertujuan untuk menandai perbatasan utara Kekaisaran Romawi.

9. Tembok Troy, Turki

tembok troy
flickr.com

Di Turki, kamu juga akan menemukan salah satu tembok besar atau great wall terkenal di dunia, bernama Tembok Troy atau Walls of Troy. Tembok Troy ini berlokasi di barat laut Turki dan dipercaya dibangun pada abad ke-13 Sebelum Masehi.

Meskipun saat ini hanya bersisa lapisan reruntuhannya saja, namun tembok besar ini banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pasalnya, Tembok Troy diduga sebagai salah satu peninggalan Perang Troya, yaitu sebuah peristiwa paling penting dalam mitologi Yunani.

10. Tembok Ston, Kroasia

Ston
croatiaweek.com

Tembok besar atau great wall terkenal di dunia yang terakhir adalah Tembok Ston atau yang sering disebut sebagai Wall of Ston. Berada di Republik Kroasia, tembok besar yang dibangun pada abad ke-15 ini menjadi tembok besar kedua di Eropa setelah Tembok Hadrian.

Tembok sepanjang 3,5 mil ini menghubungkan dua kota yaitu Ston dan Mali Ston. Tak hanya itu, tembok yang berada di Semenanjung Peljesac ini berfungsi sebagai garais pertahanan kedua untuk Kota Dubrovnik.

Demikianlah 10 tembok besar atau great wall terkenal di dunia yang bisa kamu kunjungi. Megah sekali kan? Yuk segera agendakan perjalananmu untuk mengunjungi salah satu diantaranya.



Leave a Reply