Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

10 Teh Susu Dengan Rasa Unik Dari Berbagai Belahan Dunia


prita  June 30, 2020  0 Comment

Teh adalah minuman yang cukup populer di seluruh dunia. Minuman ini juga memiliki banyak khasiat bagi tubuh orang yang meminumnya. Berbagai khasiat yang dihasilkan dari mengonsumsi teh, misalnya seperti mampu mengurasi resiko diabetes juga kanker. Tak heran jika teh banyak sekali dikonsumsi oleh banyak orang dari berbagai negara. Teh memiliki rasa yang sangat nikmat dan bisa dikreasikan dengan beragam bahan lainnya, misalnya susu. Teh susu memang menjadi salah satu minuman yang cukup digemari, tak heran kalau minuman yang satu ini bisa kamu temukan di berbagai negara.

Nah, berikut ini adalah 10 teh susu dengan rasa unik dari berbagai mancanegara

1. Cha Yen (Thai Tea), Thailand

cha yen thai tea
futuready.com

Teh susu dengan rasa unik dari berbagai mancanegara yang pertama bisa kamu temukan di Thailand. Yap, teh susu yang satu ini memang cukup populer di Indonesia dan bisa ditemukan di berbagai sudut kota. Namun, tak ada salahnya untuk kamu mencobanya di negara asalnya langsung.

Thai Tea bisa dibilang salah satu teh susu yang cukup sederhana untuk membuatnya. Minuman ini terbuat dari seduhan teh yang dicampur dengan susu dan gula. Kemudian minuman ini disajikan dalam gelas atau cup yang berisikan es batu yang penuh. Thai Tea sangat cocok bila dinikmati saat cuaca panas.

2. Matcha, Jepang

matcha
sultra.antaranews.com

Matcha juga menjadi salah satu teh susu dengan rasa unik dari berbagai mencanegara yang patut kamu coba. Matcha juga banyak ditemukan di Indonesia, saking populernya Matcha bahkan sering diolah menjadi bentuk hidangan lain seperti es krim, kue hingga roti.

Matcha terbuat dari daun teh hijau yang dikeringkan dan ditumbuk hingga menjadi bubuk. Matcha memang memiliki rasa pahit yang cukup kuat, untuk itu biasanya matcha diseduh dengan tambahan gula dan susu agar terasa lebih nikmat.

3. Teh Tarik, Malaysia

teh tarik
suara.com

Teh susu dengan rasa unik dari berbagai mancanegara juga bisa kamu temukan di Malaysia. Teh tarik juga menjadi salah satu minuman teh susu yang cukup populer di dunia, khususnya di kawasan Asia.

Minuman yang satu ini disebut sebagai teh tarik karena dibuat dengan cara dituang dari cangkir satu ke cangkir lainnya dengan teknik seperti ditarik. Teh tarik dibuat dari campuran teh hitam bubuh dengan susu kental manis, sehingga menghasilkan rasa manis yang creamy di lidah. Agar lebih nikmat, minuman ini biasanya diberi tambahan es batu atau bisa juga disajikan hangat.

4. Masala Chai, India

masala chai
food.detik.com

India juga menjadi salah satu negara yang memiliki teh susu khas lho. Teh susu ini dikenal dengan nama Masala Chai dan menjadi minuman yang cukup populer tak hanya di India, namun juga di berbagai negara.

Masala Chai menjadi salah satu teh susu dengan rasa unik dari berbagai mancanegara karena sangat khas. Masala Chai dibuat dengan menggunakan beberapa rempah seperti kayu manis, kapulaga, lada hitam, jahe hingga cengkeh. Namun, tiap daerah di India memiliki resep yang berbeda untuk membuat Masala Chai, misalnya rempah-rempah ini diolah bersamaan dengan teh hitam, susu dan gula.

5. Noon Chai, Pakistan

noon chai
patelbros.com

Bergeser sedikit dari India menuju Pakistan. Pakistan juga menjadi salah satu negara yang memiliki teh susu dengan rasa khas, lho. Minuman ini bernama Noon Chai.

Noon Chai menjadi salah satu teh susu dengan rasa unik dari berbagai mancanegara yang cukup populer tak hanya di negara asalnya, tapi juga di berbagai negara sekitarnya. Noon Chai sering juga disebut sebagai Pink Tea karena warnanya pink dan membuatnya berbeda dengan teh pada umumnya.

Minuman ini terbuat dari teh, susu, gula, garam dan soda kue. Biasanya masyarakat Pakistan juga memberinya tambahan kacang-kacangan. Noon Chai biasanya disajikan pada saat upacara pernikahan di Pakistan.

6. Po Cha, Tibet

po cha
justapinch.com

Teh susu dengan rasa unik dari berbagai mancanegara selanjutnya adalah Po Cha yang berasal dari dataran tinggi Tibet. Kalau kamu terbiasa meminum teh manis, kamu akan merasakan sensasi yang berbeda saat mencicipi teh yang satu ini.

Po Cha sering juga disebut sebagai Tea Butter karena memiliki rasa yang asin. Rasa asin ini berasal dari butter dan sedikit garam yang ditambahkan pada minuman ini. Po Cha biasanya dinikmati bersamaan dengan roti khas Tibet bernama Tsampa. Tsampa ini dimakan dengan cara dicelupkan terlebih dahulu ke dalam Po Cha.

7. Pantyhose Tea, Hongkong

pantyhose tea
zolimacitymag.com

Teh susu dengan rasa unik dari berbagai mancanegara yang satu ini bisa kamu nikmati saat bertandang ke Hongkong. Teh susu ini bernama Pantyhose Tea atau yang juga dikenal sebagai Hongkong Style Silk Stocking Milk Tea.

Disebut demikian karena warna filter untuk memisahkan daun tehnya mirip dengan stocking setelah digunakan berulang kali. Pantyhose Tea terbuat dari teh hitam dengan campuran susu. Minuman ini terinspirasi dari Afternoon Tea yang dibawa oleh Inggris. Namun, karena saat itu harga susu segar di Hongkong sangat mahal, maka susu segar tersebut diganti dengan susu kental.

8. Suutei Tsai, Mongolia

suutei tsai
thedailymeal.com

Suutei Tsai asal Mongolia ini juga menjadi salah satu teh susu dengan rasa unik dari berbagai mancanegara yang patut untuk kamu coba. Keunikan teh ini adalah rasanya yang tak hanya manis, namun juga sedikit asin.

Suutei Tsai dibuat dari teh dengan susu yang diberi tambahan garam. Minuman ini dikonsumsi sebagai minuman sehari-hari masyarakat Mongol karena mereka jarang mengonsumsi air putih murni.

9. Bubble Tea, Taiwan

bubble tea
freepik.com

Kalau teh susu dengan rasa unik dari berbagai mancanegara yang satu ini kamu pasti sudah sangat familiar. Bubble Tea adalah salah satu minuman teh susu berasal dari Taiwan yang terbuat dari teh, susu yang creamy kemudian dipadukan dengan kenyalnya boba.

Meskipun minuman ini cukup populer belakangan ini, namun Bubble tea ternyata telah ada sejak tahun 1987. Minuman ini awalnya dibuat di kedai teh Chun Shui Tang, dimana sanga manajer dari kedai tersebut memasukkan tapioca pearl dalam minuman teh sebagai jamuan dalam pertemuan. Namun ternyata semua orang disana menyukainya. Hingga saat ini Bubble Tea menjadi sangat populer tak hanya di Taiwan, tapi juga hampir di seluruh dunia. Tentunya dengan berbagai variasi rasa yang membuatnya semakin nikmat.

10. British Milk Tea, Inggris

british milk tea
zepbrook.co.uk

Teh susu dengan rasa unik dari berbagai negara yang terakhir bisa kamu temukan di Inggris. Sudah buka rahasia lagi jika masyarakat Inggris sangat menyukai teh, bahkan minum teh telah menjadi budaya disana.

Salah satu budaya minum teh yang cukup populer adalah afternoon tea. Biasanya saat afternoon tea, masyarakat Inggris mengonsumsi teh susu. Mereka akan menambahkan susu pada teh yang mereka tuangkan dari teapot ke dalam cangkir.



Leave a Reply