10 Taman Nasional Terbaik di Malaysia


prita  June 20, 2021  0 Comment

Malaysia memang memiliki banyak destinasi wisata alam yang menawan untuk dijelajahi termasuk Taman nasional di Malaysia. Malaysia memang tak hanya seputar Menara Petronas saja, namun kamu juga bisa menjalajah sisi alam Malaysia yang indah. Nah, kalau kamu pecinta alam dan ingin menjelajahi keindahan alam Malaysia, kamu wajib untuk menjelajah Daftar Taman nasional di Malaysia

1. Taman Nasional Kinabalu

Taman Nasional Kinabalu
agoda.com

Taman Nasional Malaysia pertama yang wajib untuk kamu kunjungi adalah Taman Nasional Kinabalu. Taman nasional ini memang menjadi salah satu destinasi wisata alam utama saat berkunjung ke Malaysia, pasalnya disini kamu bisa menemukan salah satu gunung tertinggi di Asia Tenggara, yaitu Gunung Kinabalu.

Selain bisa melakukan pendakian gunung, disini kamu juga bisa menikmati aneka ragam hayati. Di taman nasional ini hidup berbagai spesies bunga, termasuk bunga Rafflesia dan anggrek yang tumbuh di hutan. Selain bisa menemukan ragam tumbuhan, taman nasional ini juga menjadi rumah bagi 4500 jenis hewan dan burung yang bersarang di pepohonan.

Gotravelly

Kilim Geoforest Park: Menyusuri Hutan Bakau Hingga Goa Kelelawar

Menikmati Pemandangan Dari Sky Bridge Fenomenal Pulau Langkawi

2. Taman Nasional Tunku Abdul Rahman

Taman Nasional Tunku Abdul Rahman
naturalis-expeditions.com

Taman Nasional Tunku Abdul Rahman juga menjadi salah satu taman nasional Malaysia yang memiliki keindahan luar biasa. Taman nasional ini juga berada di Kota Kinabalu dan sangat cocok dengan kamu yang suka wisata pantai.

Disini kamu akan dimanjakan dengan pantai berpasir putih berpadu dengan perairan biru jernih. Berbagai aktivitas disini, mulai dari snorkeling dengan ribuan ikan hingga menyelam untuk menikmati indahnya terumbu karang. Kamu juga bisa berkunjung ke Pulau Gaya, yang merupakan pulau terbesar di taman nasional ini.

Baca juga :  Hopping Island Jelajahi 5 Pulau Cantik di Bangka Belitung

3. Lembah Danum

Lembah Danum
river-junkie.com

Taman Nasional Malaysia yang wajib untuk dikunjungi selanjutnya adalah Lembah Danum. Lembah Danum ini memiliki hampir setengan dari flora dan fauna di dunia, termasuk gajah, orangutan dan tanaman pitcher pemakan daging.

Disini kamu bisa trekking menyusuri hutan dan melihat berbagai hewan yang hidup bebas disini. Tak hanya itu, kamu juga bisa berkunjung ke kawasan konservasi mereka. Tak perlu bingung soal penginapan karena disini telah disediakan hostel murah hingga hotel mewah dengan pemandangan hutan.

4. Taman Nasional Bako

Taman Nasional Bako
airasia.com

Taman Nasional Bako dikenal sebagai Taman Nasional Malayis tertua dan paling mudah diakses dari Sarawak. Taman nasional ini berada di semenanjung Muara Tebas, yang berada sekitar 23 kilometer di utara kota Kuching.

Untuk menuju Taman Nasional ini pengunjung harus mengendarai feri dan kamu akan disambut dengan rombongan monyet yang tinggal di dekat Markas Taman. Selain bisa menyusuri indahnya hutan hujan dan melihat ragam satwa, disini juga terdapat pantai dan air terjun yang tak kalah indah. Namun, jika kamu ingin menyusuri keindahan taman nasional ini kamu harus ekstra hati-hati karena banyak babi hutan yang hidup bebas di hutan ini.

5. Taman Nasional Niah

Taman Nasional Niah
borneotalk.com

Kalau kamu gemar caving atau menyusuri gua, taman nasional Malaysia yang satu ini memiliki keajaiban alam yang menawan berupa gua yang bernama Gua Niah.

Taman Nasional Niah ini merupakan gabungan dari formasi batuan dan gua yang menakjubkan dengan keanekaragaman hayati khas Borneo. Gua ini dikenal sebagai gua tertua di Malaysia yang di dalamnya sangat indah. Kamu juga bisa melihat kerangka manusia tertua Malaysia di usia 40.000 tahun. Mengunjungi taman nasional ini menjadi cara paling mudah untuk menikmati gua-gua Sarawak dalam waktu satu jam dari Miri.

Baca juga :  7 Pasar Malam di Kuala Lumpur Yang Selalu Ramai Pengunjung

6. Taman Nasional Similajau

 Taman Nasional Similajau
flickr.com

Taman Nasional Malaysia yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Taman Nasional Similajau. Taman Nasional ini merupakan perpaduan dari wisata pantai, hutan dan aneka margasatwa.

 Disini kamu bisa melihat langsung berbagai ekosistem dan habitat berbagai hewan liar, salah satunya adalah buaya. Kamu bisa menyusuri rawa-rawa dengan perahu untuk melihat buaya dari dekat. Atau kamu juga bisa berkunjung ke pantai yang memiliki pemandangan langsung ke Laut China Selatan yang sangat indah. Perairan disini pun sangat jernih sehingga sangat memungkinkan bagi kamu untuk bisa melakukan snorkeling.

7. Taman Nasional Batang Ai

Taman Nasional Batang Ai
id.pinterest.com

Taman Nasinal Batang Ai tak hanya menjadi salah satu taman nasional Malaysia yang menarik untuk dikunjungi, namun juga menjadi taman nasional yang paling susah aksesnya.

Meskipun sangat susah untuk diakses, namun taman nasional ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan sayang sekali untuk dilewatkan. Taman Nasional Batang Ai ini berada sejauh 250 kilometer kea rah timur kota Kuching. Disini kamu akan disuguhi dengan ragam satwa yang hidup bebas, seperti Orangutan, Rangkong dan Lutung.  Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat rumah tradisional Iban yang berjajar di tepi sungai. Wisatawan perlu menempuh perjalanan selama beberapa jam dan naik perahu untuk memasuki taman nasional ini. Memang perjalanan menuju taman nasional ini tidak mudah, namun pemandangan yang akan kamu dapatkan akan sebanding dengan rasa lelah selama perjalanan kamu.

8. Taman Nasional Endau-Rompin

Taman Nasional Endau-Rompin
tripzilla.com

Johor ternyata juga memiliki salah satu taman nasional Malaysia yang sangat menarik di kunjungi, yaitu Taman Nasional Endau-Rompin. Taman nasional ini berupa hutan hujan prasejarah yang masih alami sejak terbentuk jutaan tahun lalu.

Baca juga :  10 Wisata Anak di Kuala Lumpur Jadi Tempat Asyik Liburan Keluarga

Kawasan ini meliputi hutan dataran rendah yang terhampar lebih dari 870 kilometer persegi di Pahang dan Negara Bagian Johor. Sungai Endau dan Rompin menyatu dan menciptakan air terjun, kolam renang alami dan pemandangan alam yang sangat indah. Kamu bisa menyusuri indahnya jalan setapak seperti di Jurassic Park.

Salah satu kegiatan paling menarik untuk dilakukan disini adalah menjelajahi hutannya yang belum tersentuh. Kamu bisa mengiuti jalan setapak untuk menuju ke dalam hutan yang asri. Jika beruntung, sepanjang perjalanan menuju hutan ini kamu akan bertemu dengan Luwak, Babi Hutan dan Rangkong. Taman Nasional Endau-Rompin ini tutup pada musim hujan, yaitu sekitarbulan November-Maret.

9. Kilim Geoforest Park

Kilim Geoforest Park
langkawi.com

Pulau Langkawi memang memiliki daya Tarik berupa deretan pantai yang sangat indah. Namun ternyata pulau ini tak hanya memiliki pantai yang indah saja, namun kamu juga bisa menemukan salah satu taman nasional Malaysia yang cukup terkenal, yaitu Kilim Geoforest Park.

Taman nasional ini memang sangat besar dan untuk menjelajahinya pengunjung harus menggunakan perahu membelah perairan yang tenang menuju ke sebuah gua tersembunyi. Gua tersebut dipenuhi dengan jutaan kelelawar yang menembus tebing batu kapur. Untuk menuju ke taman nasional ini, wisatawan bisa memulai perjalanan dari Pantai Cenang dengan menggunakan perahu.

10. Taman Nasional Penang

 Taman Nasional di Malaysia
capturetheatlas.com

Taman Nasional Malaysia yang terakhir adalah Taman Nasional Penang. Taman nasional ini berada di Pulau Penang yang terkenal memiliki arsitektur colonial Inggris yang kental.

Keluar dari kawasan George Town ini kamu juga bisa menemukan taman nasional paling kecil namun pemandangannya sangat indah. Kawasan ini sangat terlindungi dan memiliki hutan hujan, pantai hingga jalur hiking yang layak. Beberapa pantai yang terkenal memiliki pemandangan yang indah adalah Monkey Beach dan Kerachut Beach.



Leave a Reply