10 Sumber Mata Air atau Umbul Terkenal di Indonesia, Bening Banget!


Fida  September 7, 2021  0 Comment

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang menawarkan banyak tempat wisata. Mengunjungi tempat wisata alam tentu menjadi hal menarik yang bisa Anda coba untuk menghabiskan waktu berlibur. Sumber mata air atau umbul di Indonesia juga menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut daftar 10 rekomendasi sumber mata air atau umbul di Indonesia yang sayang untuk dilewatkan.

1. Sumber Jenon Malang

sumber jenon malang
kumparan.com

Sumber Jenon Malang dapat menjadi rekomendasi tepat bagi Anda yang ingin mengunjungi sumber mata air atau umbul di Indonesia. Tempat wisata alam yang satu ini bisa Anda kunjungi di daerah Gunung Ronggo, Tajinan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Sumber Jenon Malang menawarkan keindahan alam luar biasa serta suasana yang sangat sejuk dan asri. Pengunjung akan dimanjakan dengan adanya sumber mata air yang sangat bersih dan dapat digunakan untuk berenang. Tidak hanya memanjakan mata, sumber mata air yang satu ini juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Pengunjung juga dapat menjumpai adanya ikan sengkaring yang konon katanya sudah memiliki usia ratusan tahun.

Segarnya Sumber Mata Air Umbulan Yang Sejernih Kaca

Taman Sari Yogyakarta ~ Peninggalan Kerajaan Masa Lampau Yang Ramai Dikunjungi Wisatawan

2. Wisata Taman Sungai Mudal Kulon Progo

wisata taman sungai mudal
antarejatour.com

Ada cukup banyak pilihan sumber mata air atau umbul di Indonesia yang bisa anda kunjungi, salah satunya adalah wisata Taman Sungai Mudal. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di daerah Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pengunjung akan dimanjakan dengan air yang sangat jernih. Suasana yang sejuk juga akan dirasakan oleh pengunjung ditambah dengan suara gemericik air yang sangat menenangkan. Kawasan ini juga memiliki air terjun yang sangat eksotis. Mengunjungi wisata Taman Sungai Mudal menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin menyegarkan pikiran maupun menenangkan diri.

3. Pemandian Cibulan Kuningan

pemandian cibulan kuningan
jejakpiknik.com

Wisata alam yang dikenal dengan sebutan pemandian Cibulan Kuningan menjadi salah satu sumber mata air atau umbul di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata yang satu ini menawarkan perairan yang sangat jernih dan dapat digunakan untuk berenang. Pengunjung dapat mencoba sensasi berenang bersama dengan ikan ikan Dewa. Konon katanya, ikan-ikan tersebut merupakan prajurit-prajurit yang memberontak di masa pemerintahan Prabu Siliwangi. Prajurit yang memberontak tersebut kemudian dikutuk menjadi ikan.

Pemandian Cibulan Kuningan dapat Anda kunjungi di daerah Maniskidul, Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Karena memiliki perairan yang sangat jernih, tidak ada salahnya bagi pengunjung untuk mencoba sensasi berfoto di bawah air bersama banyaknya ikan-ikan yang ada.

4. Umbul Ponggok Jawa Tengah

umbul ponggok
riaupos.jawapos.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan tempat wisata alam Umbul Ponggok. Tempat yang satu ini sudah pernah viral dan menjadi salah satu sumber mata air atau umbul di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi.

Tempat wisata alam yang satu ini merupakan sumber mata air yang memiliki dasar kolam berupa pasir dan bebatuan. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat mencoba sensasi berenang bersama banyaknya ikan-ikan. Umbul Ponggok juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas salah satunya adalah banyaknya perabotan di dalam air. Hal itu tentu menjadikan tempat wisata yang satu ini memiliki banyak spot foto menarik. Umbul Ponggok dapat Anda kunjungi di daerah Desa Jeblogan, Ponggok, Kecamaran Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

5. Sumber Sirah Malang

sumber sirah
jejakpiknik.com

Saat ingin mengunjungi salah satu sumber mata air atau umbul di Indonesia, Anda dapat datang ke Sumber Sirah. Tempat wisata alam yang satu ini bisa Anda kunjungi di daerah Jalan Sunan Kalijaga 1, Kecamatan Gondanglegi, Malang, Jawa Timur.

Sumber Sirah Malang menawarkan suasana yang masih sangat alami serta perairan yang sangat jernih. Tempat yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin menyegarkan pikiran atau melepas penat. Mencoba sensasi berenang dan berfoto di bawah perairan yang sangat jauh menjadi hal menarik yang bisa Anda coba saat berkunjung ke Sumber Sirah Malang.

6. Sumber Krabyakan Malang

sumber krabyakan
tirtajayatravel.com

Malang dikenal sebagai salah satu daerah yang menawarkan banyaknya tempat wisata. Anda juga dapat menjumpai salah satu sumber mata air atau umbul di Indonesia yakni Sumber Krabyakan. Tempat wisata alam yang satu ini bisa Anda kunjungi di daerah Desa Sumber Ngepoh, Krajan, Kecamatan Lawang, Malang, Jawa Timur.

Hanya memiliki sumber mata air yang jernih, tempat wisata yang satu ini juga dikelilingi dengan pepohonan serta menawarkan suasana yang sejuk. Tidak hanya bermain air, pengunjung juga dapat mencoba sensasi terapi ikan. Mengunjungi tempat wisata alam yang satu ini tentu menjadi hal menarik yang bisa Anda coba saat datang ke Malang.

7. Sumber Maron Malang

sumber maron
wisatabagus.com

Ada cukup banyak pilihan sumber mata air atau umbul di Indonesia yang dikenal menawarkan panorama alam menakjubkan, salah satunya adalah Sumber Maron Malang. Tempat wisata alam yang satu ini tentu sudah tidak asing di kalangan warga lokal maupun wisatawan. Sumber Maron Malang juga populer dan banyak didatangi oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Pengunjung akan dimanjakan dengan suasana yang masih sangat asri dan alami. Perairan di Sumber Maron juga sangat jernih. Tempat wisata alam yang satu ini bisa Anda kunjungi di daerah Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Malang, Jawa Timur.

8. Umbul Manten Janti Polanharjo Klaten

umbul manten
inibaru.id

Umbul Manten Janti Polanharjo Klaten dapat menjadi tujuan tepat bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata berupa sumber mata air atau umbul di Indonesia. Tempat wisata alam yang satu ini bisa anda kunjungi di Jalan Janti Boto, Wunut, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Pengunjung akan dimanjakan dengan perairan yang sangat jernih saat datang ke tempat wisata alam yang satu ini. Saat datang ke Umbul Manten, tentu sangat disayangkan jika tidak mencoba untuk berenang atau berfoto dengan berbagai spot yang ditawarkan. Adanya pepohonan yang mengelilingi sumber mata air ini juga menjadikan suasana semakin asri dan sejuk.

9. Umbul Pengging

umbul pengging
travel.kompas.com

Salah satu destinasi sumber mata air atau umbul di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi adalah Umbul Pengging Boyolali. Tempat wisata alam yang satu ini bisa Anda kunjungi di daerah Umbulsari, Bendan, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Tempat yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin menyegarkan pikiran atau melepas penat. Pengunjung dapat mencoba sensasi berenang di sumber mata air yang sangat jernih. Tidak hanya itu, berfoto di bawah air juga menjadi hal menarik yang bisa Anda coba.

10. Umbul Sidomukti Semarang

umbul sidomukti
travelspromo.com

Saat ingin mengunjungi salah satu sumber mata air atau umbul di Indonesia, Anda dapat datang ke Umbul Sidomukti Semarang. Tempat wisata alam yang satu ini menawarkan perairan yang sangat jernih dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

Pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas menarik di kawasan wisata yang satu ini. Untuk menyusurinya, Anda hanya perlu membeli tiket masuk sebesar sekitar Rp 10.000,- per orang. Saat berkunjung ke Semarang, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mampir ke tempat wisata alam yang satu ini.



Leave a Reply