10 Sumber Mata Air Ajaib di Dunia Terkenal Memiliki Kesaktian Tersendiri


prita  October 14, 2021  0 Comment

Sumber mata air dengan mitos ajaib di dunia ini ternyata cukup banyak. Kebanyakan sumber mata air memang dimanfaatkan sebagai kebutuhan sehari-hari oleh masyarakat setempat, bahkan tak sedikit juga yang dijadikan sebagai destinasi wisata. Nah, jika kamu tertarik untuk berlibur ke sumber mata air di dunia, jangan lewatkan untuk berkunjung ke deretan sumber mata air yang terkenal dengan mitos ajaibnya berikut ini.

1. Air Terjun Asik-Asik, Filipina

Air Terjun Asik-Asik
omivil.myportfolio.com

Sumber mata air dengan mitos ajaib di dunia yang pertama bisa kamu temukan di Filipina. Air terjun indah ini cukup dikenal keramat bagi masyarakat setempat karena mampu menyembuhkan berbagai penyakit.

Berlokasi di Kota Bato, air terjun ini terbilang cukup unik karena airnya tidak mengalir dari sungai dataran tinggi. Di bukit yang berada di atas air terjun ini tidak ditemukan sungai atau mata air. Bahkan, sebagian tanahnya telah dijadikan sebagai lahan pertanian. Masih menjadi misteri bagaimana air terjun ini bisa mengalir dari retakan-retakan tepian tebing yang ditutupi oleh tanaman hijau.

Gotravelly

Segarnya Sumber Mata Air Umbulan Yang Sejernih Kaca

Sumber Ubalan, Daya Tarik Timur Dari Kediri

2. Chinoike Jigoku, Jepang

Chinoike Jigoku
kcpinternational.com

Jepang juga memiliki salah satu sumber mata air dengan mitos ajaib di dunia bernama Chinoike Jigoku. Mata air ini sering juga disebut sebagai kolam air darah yang merupakan salah satu dari delapan sumber air panas terkenal di Jepang. Suhu air panas ini juga mencapai 90 derajat Celsius, tak heran jika masyarakat setempat menyebutnya sebagai neraka.

Chinoike Jigoku ini memiliki keunikannya tersendiri karena airnya berwarna merah darah. Bukan hanya airnya, uap yang keluar pun juga berwarna kemerahan. Air panas di kolam alami ini dipercaya memiliki khasiat bagi Kesehatan, bahkan disini pengunjung juga bisa membeli salep khusus yang terbuat dari tanah liat di sekitar kolam. Disebut sangat baik bagi Kesehatan karena air panas ini tercipta karena konsentrasi tinggi garam besi di daerah tersebut.

3. Boiling Lake, Republik Dominika

Boiling Lake
justgodominica.com

Sumber mata air dengan mitos ajaib di dunia yang unik berikutnya adalah Boiling Lake atau danau mendidih. Danau mendidih ini berada di Dominika, tepatnya di Morne Trois Pitons National Park.

Jika biasanya danau dialiri dengan air yang dingin, maka danau ini dialiri dengan air panas bahkan mendidih. Kamu bisa melihat kepulan asap panas dan tebal dari kejauhan saat akan berkunjung ke danau ini. Suhu air danau ini berkisar 89 hingga 91,5 derajat Celsius. Danau yang pertama kali ditemukan oleh Watt dan Dr Nicholls di tahun 1870 ini telah masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Di tahun 2007, seorang filmmaker Bernama George Kourounis berhasil menyeberangi danau ini dan sejak saat itu popularitas danau ini meningkat hingga ke beberapa negara.

4. Hot Water Beach, Selandia Baru

Hot Water Beach
hahei.co.nz

Jika kamu berkunjung ke Selandia Baru, kamu juga akan menemukan salah satu sumber mata air dengan mitos ajaib di dunia yang dikenal dengan nama Hot Water Beach. Hot Water Beach ini merupakan sumber air panas yang keluar di Kawasan pantai timur Semenanjung Coromendel, tepatnya di sebuah pantai Bernama Hot Water Beach.

Sumber air panas ini berada di tepi pantai dan banyak pengunjung yang datang hanya untuk berendam di sumber air panasnya. Kamu cukup menggali pasir pantai untuk menampung air yang keluar dari dalam permukaan bumi, semakin dalam kamu menggali maka suhu air yang akan didapatkan akan semakin hangat.

5. Yanar Bulaq, Azerbaijan

Yanar Bulaq
atlasobscura.com

Yanar Bulaq merupakan salah satu seumber mata air dengan mitos ajaib di dunia yang cukup menarik untuk dikunjungi karena terbilang cukup unik. Seperti yang kita ketahui, air dan api merupakan dua zat yang saling berlawanan, namun mata air disini bisa menyala meskipun terkena api. Inilah yang membuat Yanar Bulaq ini menjadi unik.

Yanar Bulaq ini mengalir dengan pipa logam yang berdiri dalam sebuah pavilion kecil. Mata air yang juga dikenal dengan nama Burning Spring ini bisa terbakar karena air disini mengandung gas metana yang sangat tinggi sehingga mudah terbakar. Penduduk setempat percaya bahwa mata air ini memiliki sifat perbaikan atau penyembuhan. Meskipun api bisa menyala dengan air ini, mereka juga masih sering mengambilnya untuk diminum.

6. Grand Prismatric Hot Spring, Amerika Serikat

Grand Prismatic Hot Spring
smithsonianmag.com

Sumber mata air dengan mitos ajaib di dunia berikutnya bisa kamu temukan di Wyoming, Amerika Serikat, yaitu Grand Prismatic Hot Spring. Grand Prismatric Hot Spring ini merupakan kolam sumber air panas raksasa yang menjadi bagian dari Yellowstone National Park.

Sumber mata air disini memiliki warna bagaikan Pelangi, yaitu bagian tengahnya berwarna biru cerah, hijau dan kuning di bagian luar dan di sisi terluar berwarna merah jingga. Warna-warna tersebut berasal dari sejenis bakteri yang membentuk lapisan mikrobal di sekeliling perairan danaunya. Tak hanya warnanya yang unik, suhu air di danau ini pun berubah-ubah dan mempengarungi pigmen warna yang dihasilkan oleh bakteri.

7. Fly Geyser, Amerika Serikat

Fly Geyser
christianklepp.com

Masih di Amerika Serikat, ada sebuah sumber mata air dengan mitos ajaib di dunia yang tak boleh untuk kamu lewatkan, yaitu Fly Geyser. Fly Geyser ini merupakan wisata alam yang berada di Washoe County, Nevada dan menjadi wisata yang unik karena berupa geyser geothermal yang berwarna Pelangi.

Fly Geyser ini bukanlah fenomena alam yang terbentuk secara alami, melainkan sebuah sumur yang sengaja digali di tahun 1964 untuk mengeksplorasi sumber energi geothermal. Saat sumur tersebut harus ditutup Kembali, upaya tersebut tidaklah berhasil sehingga sumur tersebut mulai menyemburkan mineral terus menerus hingga menumpuk di sekitar geyser dan mengendap menjadi gundukan travertine yang terus berkembang.

8. Mata Air yang Bisa Mengubah Sesuatu Menjadi Batu, Inggris

Knaresborough
historic-uk.com

Sumber mata air dengan mitos ajaib di dunia yang cukup unik berikutnya bisa kamu temukan di Inggris. Mata air ini berada di tepi Sungai Nidd Knaresborough di Yorkshire Utara dan dikenal mampu mengubah benda apapun menjadi batu. Konon, tak hanya benda mati saja yang bisa berubah menjadi batu, namun makhluk hidup juga bisa menjadi batu jika terkena air disini.

Masyarakat setempat percaya jika sumber mata air disini telah dikutuk oleh setan sehingga berbagai objek di sekitarnya menjadi batu setelah beberapa bulan terkena air tersebut. Meskipun terdengar cukup mengerikan, namun seorang sejarawan Bernama John Lelon mengatakan bahwa mata air disini justru mampu menyembuhkan penyakit. Seorang ilmuwan yang meneliti air ini mengatakan jika mata air ini mengandung mineral yang sangat tinggi sehingga mampu membentuk lapisan di permukaan objek. Lapisan ini yang akan mengeras dan menjadi batu dalam waktu yang lama.

9. Kawah Hijau Dallol, Ethiopia

Kawah Hijau Dallol
outlookindia.com

Kawah Hijau Dallol yang berada di Ethiopia ini juga menjadi salah satu sumber mata air dengan mitos ajaib di dunia. Dallol ini merupakan sebuah kawah gunung berapi yang berada di jantung gurun Danokil.

Jika diperhatikan sekilas, kawah ini bagaikan danau dengan air berwarna hijau yang indah. Tak hanya itu, pemandangan di sekitarnya pun sangat indah dengan bebatuan berwarna hijau terang dan kuning menyala. Kawah Hijau Dallol ini terdiri dari sumber air panas dengan kandungan asam tinggi, bukit belerang, gundukan garam dan geyser yang sesekali akan menyemburkan gas. Kawah ini disebut sebagai salah satu tempat terpanas di bumi yang suhunya mencapai 94 derajat Fahrenheit dan memiliki gas beracun yang mampu menyembur sewaktu-waktu. Tak heran jika Kawah Hijau Dallol ini menjadi salah satu tempat paling indah namun juga membahayakan.

10. Kawah Ijen, Indonesia

Kawah Ijen
id.pinterest.com

Sumber mata air dengan mitos ajaib di dunia yang terakhir adalah Kawah Ijen yang berada di Indonesia. Kawah Ijen ini berada di antara Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi atau tepat di puncak Gunung Ijen.

Kawah Ijen memiliki pemandangan yang indah dengan warna air yang cantik, yaitu biru muda kehijauan. Kawah cantik ini juga dikenal sebagai salah satu danau kawah dengan kandungan asam paling tinggi di dunia. Kandungan asam disana sangatlah pekat sehingga mampu melenyapkan benda yang diceburkan ke dalamnya.



Leave a Reply