Bertualang Rasa mencicipi 10 Sashimi Paling Populer di Jepang


prita  July 31, 2021  0 Comment

Jika berbicara soal kuliner khas Jepang, kamu pasti akan terbayang dengan ramen dan sushi. Padahal sashimi juga menjadi salah satu sajian khas Jepang yang tak boleh untuk dilewatkan. Bisa dibilang sashimi merupakan makanan yang sangat sederhana, pasalnya sajian ini hanya berupa irisan ikan mentah tanpa tambahan lainnya. Sebagai pendampingnya, sashimi diberi wasabi dan soy sauce sebagai cocolannya. Meskipun begitu, sashimi sangat cocok bagi kamu yang suka berpetualang rasa. Sashimi menjadi sajian yang dikenal penuh estetika pasalnya ahli pembuat sashimi harus tahu betul soal seluk beluk ikan. Mereka juga harus memiliki perasaan artistik karena sashimi harus disajikan dengan gaya. Nah, untuk kamu yang tergoda untuk mencicipi sashimi, pahami dulu jenis sashimi populer di Jepang. Berikut adalah daftarnya.

1. Sake

Sake
youngocean.com

Jenis sashimi populer di Jepang yang pertama adalah Sake. Sake disini bukanlah minuman beralkohol khas Jepang yang terbuat dari fermentasi beras, melainkan jenis sashimi yang satu ini menggunakan bahan ikan salmon.

Ikan salmon memang menjadi salah satu jenis ikan yang sering diolah menjadi berbagai makanan khas Jepang, seperti Sashimi dan sushi. Irisan daging ikan salmon memiliki tekstur yang lembut dan memang memiliki rasa segar sehingga akan terasa semakin nikmat jika disantap dengan kecap ikan asin.

paket wisata termurah

Jalan-Jalan & Kulineran Di Gion Shirakawa: Mulai Dari Bangunan Tua Hingga Sushi

Miyako Soba Tennoji: Tempat Makan Soba Dan Udon Paling Mantap Di Osaka

2. Ikura

Ikura
pinterest.com

Tak hanya daging ikan salmon yang bisa disantap sebagai sashimi, telur dari ikan salmon ini pun juga bisa menjadi salah satu menu sashimi populer di Jepang. Ikura atau telur salmon memang dikenal sangat bermanfaat dan baik untuk tubuh.

Telur ikan salmon ini memiliki warna yang hampir sama dengan dagingnya, yaitu orange. Ikura memang menjadi salah satu jenis sashimi yang cukup populer karena rasanya segar dan lezat untuk dinikmati. Saat berkunjung ke Jepang dan kamu ingin mencicipi Ikura, kamu bisa pergi ke Hokkaidos, karena Hokkaido terkenal menawarkan ikura terbaik di Jepang.

3. Akami

Akami
shiki.sg

Selain ikan salmon, ikan tuna juga menjadi jenis ikan yang cukup sering menjadi bahan utama untuk membuah sashimi. Ikan tuna atau yang biasa dikenal dengan nama Akami ini memang menjadi salah satu jenis sashimi populer di Jepang.

Irisan daging ikan tuna memang memiliki rasa yang berbeda dan bisa membuat lidah bergoyang dan pastinya ketagihan. Sashimi dengan ikan tuna ini memang terkenal segar ditambal lagi dengan serutan es batu yang membuatnya semakin terasa nikmat. Apalagi jika cita rasa daging ikan tuna ini masih segar. Sebenarnya tidak hanya akami saja yang menggunakan daging ikan tuna, namun ada juga jenis lainnya, seperti chutoro dan otoro yang mana perbedaannya ada pada bagian mana yang digunakan untuk sashiminya.

4. Fugu

Fugu
allabout-japan.com

Jenis ikan yang satu ini memang sudah tidak asing lagi ditelinga, pasalnya fugu atau ikan kembung cukup banyak ditemukan di Indonesia. Namun, siapa sangka jika ikan kembung ini di Jepang menjadi salah satu jenis sashimi populer di Jepang, nama jenisnya adalah Fugu.

Ikan kembung memang menjadi salah satu bahan makanan yang cukup ekstrim untuk diolah. Hal ini dikarenakan beberapa bagiannya mengandung racun yang cukup berbahaya bagi tubuh. Meskipun begitu, jika diolah dengan tepat ikan kembung bisa menghasilkan cita rasa yang sangat lezat dan tentunya aman untuk dikonsumsi. Tak heran jika fugu menjadi salah satu jenis sashimi yang cukup digemari di Jepang. Selain karena cita rasanya yang nikmat, fugu juga memiliki bentuk yang instagramable, lho.

5. Ika

Ika
shizuokagourmet.com

Tak hanya ikan saja yang bisa menjadi sashimi, cumi juga bisa menjadi salah satu menu sashimi yang banyak digemari. Sashimi jenis ini dikenal dengan nama Ika dan menggunakan cumi sebagai bahan utama pembuatannya.

Ika biasanya disajikan dalam bentuk potongan tipis yang mirip dengan mi. saat dinikmati, rasa segar cuminya akan terasa dan akan semakin nikmat jika dinikmati dengan wasabi dan kecap asin. Ditambah lagi dengan teksturnya yang kenyal sehingga sangat cocok dijadikan sashimi.

6. Tako

Tako
dreamstime.com

Sashimi populer di Jepang berikut ini adalah Tako. Tako merupakan jenis sashimi yang menggunakan gurita sebagai bahan dasarnya.

Biasanya gurita diolah dengan cara direbus kemudian dipotong-potong. Proses pengolahan gurita dengan cara direbus ini membuat daging guritanya terasa lebih manis dan teksturnya lebih kecang. Potongan daging gurita ini biasanya menjadi lebih kecil. Saat tako disajikan, biasanya akan terasa lebih lezat apalagi jika dinikmati dengan saus dan sayuran sebagai menu pelengkapnya. Pastinya akan menjadikan pengalaman kulineran di Jepang kamu jadi lebih berkesan.

7. Amaebi

Amaebi
mogushop.asia

Amaebi juga menjadi salah satu jenis sashimi populer di Jepang yang wajib untuk kamu coba. Amaebi merupakan sashimi yang terbuat dari udang sebagai bahan dasarnya.

Udang memang menjadi salah satu seafood yang bisa diolah menjadi berbagai sajian yang lezat. Salah satunya sashimi. Di Jepang terdapat banyak jenis udang yang biasa dikonsumsi, namun Amaebi atau udang manis menjadi jenis udang yang paling banyak digunakan untuk sashimi. Amaebi ini memiliki cita rasa yang manis dan tekstur daging yang halus, tak heran jika udang ini lebih unggul dibandingkan udang jenis lainnya. Penyajiannya dalam sashimi pun hanya menyisakan ekor dan dagingnya karena sebagian besar dari kulitnya telah dilepas. Jadi tidak repot kan untuk memakannya?

8. Tai

Tai
sushidelivery.sg

Di beberapa daerah, tai memang direpresentasikan sebagai hal menjijikan. Namun hal tersebut tidak berlaku di Jepang. Pasalnya tai menjadi salah satu jenis sashimi populer di Jepang.

Dalam Bahasa Jepang, tai berarti sea bream yang menjadi bahan utama dari sashimi ini. Sea bream merupakan salah satu jenis ikan yang mirip dengan ikan bawal dan dikenal sebagai salah satu ikan terenak di Jepang. Tai ini memiliki rasa yang ringan dan teksturnya halus sehingga akan terasa lumer saat disantap. Biasanya ikan ini diolah pada saat acara perayaan tertentu, misalnya seperti saat tahun baru.

9. Saba

Saba
cupidojapan.com

Sashimi populer di Jepang yang wajib kamu coba selanjutnya adalah Saba. Saba memang menjadi bahan makanan yang mungkin cukup banyak ditemui di Jepang di berbagai tempat kuliner.

Saba merupakan jenis sashimi yang terbuat dari ikan makarel sebagai bahan utamanya. Daging ikan makarel memang terkenal memiliki cita rasa yang lezat, apalagi saat dinikmati dalam keadaan segar apalagi jika ditambah dengan saus pelengkapnya. Tak heran jika banyak orang yang langsung menyukainya saat pertama kali mencoba saba ini.

10. Hotate

Sashimi di Jepang
plotos.com

Sashimi paling populer di Jepang yang terakhir adalah Hotate. Hotate mungkin menjadi salah satu jenis sashimi yang kurang populer, namun kamu justru akan menemukan fakta saat berkunjung ke Jepang bahwa sashimi jenis ini memiliki popularitas yang sangat tinggi.

Hotate adalah jenis sashimi yang menggunakan daging kerang sebagai bahan dasarnya. Daging kerang memang dikenal memiliki konsistensi yang lembut dan kenyal sehingga menambah keunikan rasa yang ditawarkan. Hotate ini memiliki cita rasa manis dan lembut yang pastinya akan memanjakan lidahmu dan akan membuatmu ketagihan. Jika kamu ingin mencicipi Hotate terbaik di Jepang, kamu bisa berkunjung ke Hokkaido.



Leave a Reply