10 Destinasi Wisata Susur Sungai Terbaik di Indonesia


prita  March 27, 2021  0 Comment

Indonesia memang memiliki beragam destinasi wisata yang menawan. Mulai dari pantai, gunung, danau, hutan hingga sungai, semua ada di Indonesia. Berbicara soal sungai, Indonesia memiliki ratusan sungai yang keindahannya sangat luar biasa, bahkan tak jarang sungai-sungai tersebut dijadikan sebuah destinasi wisata yang menarik banyak wisatawan. Nah, buat kamu yang tertarik untuk mencoba wisata susur sungai, Berikut adalah isata susur sungai terbaik di Indonesia

1. Sungai Sekonyer, Pangkalan Bun

Sungai Sekonyer
republika.co.id

Wisata susur sungai terbaik di Indonesia yang pertama adalah Sungai Sekonyer. Sungai ini berada di kawasan Taman Nasional Tanjung Puting, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Sungai Sekoyer ini menawarkan sensasi river cruising atau menyusuri indahnya sungai dengan pemandangan hutan di kanan kirinya. Kamu bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan klotok dan menikmati pemandangan hutan beserta hewan khasnya, mulai dari orang utan, kera hingga burung-burung yang indah. Sungai Sekonyer ini juga kerap disebut sebagai Amazon-nya Indonesia karena keindahannya mampu menarik banyak wisatawan dari berbagai negara.

Gotravelly

Menyusuri Indahnya Sungai Maron

Kalimas Boat Ride: Rasakan Pengalaman Seru Menyusuri Kota Surabaya Dengan Perahu

2. Sungai Arut, Pangkalan Bun

Sungai Arut
youtube.com

Masih di Kalimantan Tengah, kamu bisa menemukan wisata susur sungai terbaik di Indonesia selanjutnya yang tak kalah dari Sungai Sekoyer. Sungai ini bernama Sungai Arut yang berada di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Sungai Arut ini tak hanya menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat setempat, namun juga bisa menjadi destinasi wisata yang menawan. Kamu bisa naik getek untuk menyusuri indahnya sungai ini dengan perjalanan sepanjang 2 kilometer. Waktu terbaik untuk menyusuri sungai ini adalah saat sore hari karena kamu bisa menikmati indahnya matahari terbenam yang indah. Setelah matahari terbenam, kawasan Sungai Arut ini akan diterangi oleh lampu-lampu dari kampong sekitar bantaran sungai. Warga setempat menyebutnya sebagai Kampung Pelangi karena lampu-lampu tersebut berwarna-warni seperti pelangi.

Baca juga :  10 Sungai Paling Angker di Indonesia Konon Memakan Banyak Korban

3. Sungai Kahayan, Palangkaraya

Sungai Kahayan
djavavista.co.id

Jika berbicara soal wisata susur sungai terbaik di Indonesia memang Pulau Kalimantan yang menjadi juaranya. Tak hanya ada Sungai Sekoyer dan Sungai Arut, sungai lain yang cukup terkenal untuk wisata susur sungai di Provinsi Kalimantan Tengah adalah Sungai Kahayan.

Sungai Kahayan ini telah lama dikenal sebagai salah satu destinasi wisata dimana kamu akan dibawa menyusuri indahnya Sungai Kayan yang panjangnya mencapai 600 kilometer ini dengan perahu besar. Menyusuri sungai ini tentu menghadirkan suasana yang berbeda, karena rutenya yang berkelok-kelok dan pemandangan hutan rimba juga Suku Dayak yang hidup di sekitaran sungai ini.

4. Sungai Mahakam, Samarinda

sungai mahakam
indonesiakaya.com

Wisata susur sungai terbaik di Indonesia yang satu ini juga masih berada di Pulau Kalimantan, tepatnya di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Sungai Mahakam ini dikenal menjadi ikon kota Samarinda sejak dulu kala dan selalu menjadi destinasi wisata utama saat wisatawan berkunjung ke kota ini.

Untuk menyusuri indahnya Sungai Mahakam ini kamu bisa menumpang kapal wisata yang besar. Dalam perjalanannya kamu bisa melihat indahnya pemandangan di sekitar sungai. Mulai dari Islamic Center, Jembatan Mahkota dan Jembatan Mahakam. Untuk menyusuri Sungai Mahakam ini tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam, karena tiket kapal wisatanya sekitar Rp 50.000 saja per orangnya.

5. Sungai Tamborasi, Kolaka

Sungai Tamborasi
ksmtour.com

Dari Pulau Kalimantan beranjak ke Pulau Sulawesi dimana kamu bisa menemukan salah satu wisata susur sungai terbaik di Indonesia. Sungai ini bernama Sungai Tamborasi yang berada di Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Sungai Tamborasi ini dikenal sebagai sungai terpendek di dunia karena hanya memiliki panjang 20 meter dengan lebar 15 meter. Hulunya pun hanya berjarak 20 meter dari hilir yang langsung bermuara ke laut. Air sungai ini berwarna hijau jernih yang cantik dang dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan di sisi lainnya berbatasan langsung dengan pasir dan Pantai Tambosari. Meskipun berbatasan dengan laut, air sungai ini terasa dingin dan segar.

Baca juga :  Susuri Keindahan 10 Sungai Terpanjang di Indonesia

6. Sungai Kampar, Pelalawan

 Sungai Kampar
lifestyle.okezone.com

Jika kamu mencari tempat wisata susur sungai terbaik di dunia, rasanya kamu tidak boleh melewatkan sungai yang satu ini. Sungai Kampar ini cukup terkenal di Kabupaten Pelalawan, Riau, karena memiliki ombak yang sangat indah.

Fenomena ombak pada sungai air tawar ini terjadi karena adanya arus sungai yang naik dan bertemu dengan arus air laut. Keduanya berpapasan sehingga membentuk gelombang dan terjadi ombak yang menuju muara sungai. Ombak ini dikenal dengan Ombak Bono dan menjadi salah satu ombak terbesar di dunia, meskipun begitu ombak ini hanya terjadi pada waktu tertentu saja.

7. Tebat Rasau, Belitung Timur

Tebat Rasau
marulioides.com

Belitung memang terkenal memiliki sejumlah pantai yang indah. Namun tidak hanya ada pantai, Negeri Laskar Pelangi ini juga memiliki wisata susur sungai terbaik di Indonesia yang tidak boleh kamu lewatkan.

Sungai ini bernama Tebat Rasau dan berada di Kabupaten Belitung Timur. Tebat Rasau ini merupakan sebuah hutan yang berada diatas aliran Sungai Lenggang. Untuk menyusuri sungai ini kamu tidak perlu naik perahu karena terdapat jembatan kayu sepanjang 180 meter yang bisa kamu lewati. Istimewanya lagi, kamu bisa menikmati rindangnya pepohonan di sekitar dan jernihnya air sungai yang ada dibawah.

8. Sungai Musi, Palembang

Sungai Musi
srivijaya.id

Palembang tak hanya terkenal dengan Pempeknya. Di kota ini pun kamu akan menemukan salah satu wisata susur sungai terbaik di Indonesia yang juga menjadi ikon kota Palembang, yaitu Sungai Musi.

Kamu akan dibawa menyusuri Sungai Musi ini dengan menggunakan getek dan menuju Pulau Kemaro. Dalam perjalanannya, kamu bisa melihat indahnya pemandangan tepi sungai, seperti pagoda di Pulau Kemaro dari kejauhan. Pulau ini berjarak sekitar 5 kilometer dari Jembatan Ampera dan untuk berwisata kesini kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp 200.000 hingga Rp 400.000.

Baca juga :  Mengenal Lebih Dekat Tradisi Imlek di 7 Kelenteng Terbesar di Indonesia

9. Cukang Taneuh, Ciamis

 Cukang Taneuh
piknikdong.com

Wisata susur sungai terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Cukang Taneuh. Cukang Taneuh ini juga dikenal sebagai Green Canyon dan berlokasi di Kabupaten Ciamis.

Saat berkunjung kesini, kamu akan disambut dengan deretan perahu kayu yang disebut dengan ketinting. Perahu inilah yang akan membawa pengunjung untuk menyusuri indahnya sungai ini. Cukang Taneuh ini dikenal memiliki air berwarna hijau yang indah dan menyegarkan, ditambah dengan aneka pepohonan hijau di sepanjang tepiannya yang membuatnya semakin indah. Tak hanya itu, disini juga terdapat gua dengan air terjun di dalamnya yang sangat memukau.

10. Sungai Maron, Pacitan

sungai maron
tempatwisata.pro

Wisata susur sungai terbaik di Indonesia yang terakhir bisa kamu temukan di Provinsi Jawa Timur, tepatnya di kabupaten Pacitan. Sungai ini memiliki air yang berwarna hijau dan dikelilingi oleh pepohonan kelapa sehingga menimbulkan suasana yang asri dan tenang.

Untuk menyusurinya, kamu bisa menyewa perahu dengan harga sekitar Rp 100.000 sampai Rp 150.000 per perahu yang bisa diisi dengan 5 orang. Dengan menaiki perahu ini kamu akan dibawa menikmati indahnya alam sekitar Sungai Maron yang panjangnya mencapai 4,5 kilometer ini.



Leave a Reply