Berada di Ujung Timur Pulau Jawa berikut 10 Pantai Keren di Banyuwangi


sisil angelin  March 16, 2020  0 Comment

Banyuwangi merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang lokasinya ada di ujung Pulau Jawa. Tak heran jika kota kecil ini kaya akan budaya, wisata kuliner dan wisata alam pastinya, terutama wisata pantai. Pantai memang menjadi wisata paling favorit bagi semua kalangan karena sangat cocok dikunjungi oleh Anda yang ingin berlibur bersama pasangan, sahabat ataupun keluarga. Saat berkunjung ke pantai, tentunya Anda bisa bermain air, berenang ataupu  hanya bersantai sambil berfoto dengan latar belakang laut. Banyuwangi sendiri memiliki banyak sekali wisata pantai keren yang pastinya wajib Anda kunjungi saat berlibur kesana. Berikut adalah pantai keren di Banyuwangi

1. Teluk Hijau (Greenbay)

Teluk Hijau
blogkulo.com/

Teluk Hijau atau yang sering disebut sebagai Greenbay merupakan salah satu pantai keren di Banyuwangi yang wajib Anda singgahi, bahkan bisa dibilang kalau pantai ini menjadi yang paling favorit dan sering dikunjungi oleh wisatawan.

Disebut sebagai Teluk Hijau karena pantai ini memiliki air laut yang berwarna biru kehijauan dan sangat memanjakan mata. Pantai ini dikelilingi hutan tropis yang rimbun dan sangat cantik. Jika Anda berkunjung di siang hari, Anda bisa melihat air laut yang hijau berkilauan karena terkena cahaya matahari. Pantai ini menjadi favorit banyak wisatawan karena suasananya sangat tenang sehingga cocok untuk bersantai.

Gotravelly

Pesona Fantasi Dan Instagenic Di Hutan De Djawatan Banyuwangi

Pesona Watu Dodol : Kawasan Wisata Menarik Di Banyuwangi

2. Pantai Boom

pantai boom
qupas.id

Pantai keren di Banyuwangi selanjutnya berada tak jauh dari pusat kota, yaitu Pantai Boom. Pantai ini bisa Anda datangi hanya dengan menggunakan sepeda ataupun berjalan kaki dari Alun-alun Blambangan.

Pantai Boom kerap menjadi destinasi wisata bagi keluarga karena suasananya yang sangat nyaman dan asri meskipun berada di pusat kota. Pantai ini memiliki ciri khas pasirnya yang berwarna hitam dan sata berada disini Anda juga bisa melihat Pulau Bali dari kejauhan.

Pantai Boom juga menjadi cukup populer di kalangan wisatawan karena pantai ini sering dijadikan tempat pelaksanaan acara besar, seperti Gandrung Sewu yang merupakan pertunjukan tari Kolosal Gandrung yang dibawakan oleh lebih dari seribu penari. Selain itu, event lain yang bisa diselenggarakan di pantai ini adalah Banyuwangi Beach Jazz Festival.

3. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung
superadventure.co.id

Pantai Plengkung atau sering juga disebut sebagai G-Land juga menjadi salah satu pantai yang cukup populer di kalangan wisatawan, terutama di kalangan peselancar. Pantai keren di Banyuwangi yang satu ini mendapat julukan “The Seven Giant Waves Wonder” dari para peselancar kelas dunia karena memiliki tujuh gulungan ombak yang memiliki ketinggian hingga enam meter.

Tak hanya bagus untuk peselancar, Pantai Plengkung juga sangat cocok untuk dikunjungi bagi Anda yang suka berwisata ke pantai. Pantai Plengkung masih berada satu kawasan dengan Taman Nasional Alas Purwo yang asri dan rindang, sehingga Anda bisa menikmati indahnya pantai yang cantik dan tenang.

4. Pantai Pulau Merah

pantai pulau merah
wisatamantap.com

Disebut sebagai Pantai Pulau Merah karena di pantai ini terdapat sebuah bukit di dekat bibir pantai yang tanahnya berwarna kemerahan. Anda bisa mengunjungi bukit ini saat air laut sedang surut.

Pantai keren di Banyuwangi yang satu ini kerap dikunjungi para peselancar karena memiliki ombak yang cukup tinggi. Tak heran jika pantai ini dijadikan tempat untuk menyelenggarakan acara tahunan “International Surfing Competition”.  Namun, jika Anda tak bisa bermain selancar pun Anda tetap bisa menikmati keindahan pantai ini dengan bersantai di tepinya dan berfoto dengan latar bukitnya yang cantik.

5. Pantai Sukamade

 Pantai Sukamade
wisatagunungbromo.com

Sama halnya dengan Teluk Hijau, Pantai Sukamade ini juga berlokasi di kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Pantai ini menjadi salah satu pantai keren di Banyuwangi yang menjadi favorit wisatawan karena memiliki daya tarik keberadaan penyu yang sering datang ke daratan dan bertelur di Pantai Sukamade. Untu itulah, Pantai Sukamade menjadi penangkaran telur penyu.

Selain menikmati indahnya pantai, Anda juga bisa ikut melepas tukik yang baru menetas. Biasanya, penyu-penyu ini mendarat di Pantai Sukamade sekitar jam setengah 8 malam. Kemudian, pelepasan tukik biasanya akan dilangsungkan saat pagi harinya.

6. Pantai Wedi Ireng

 Pantai Wedi Ireng
telusurindonesia.co

Pantai Wedi Ireng adalah salah satu pantai keren di Banyuwangi yang wajib masuk dalam list destinasi Anda. Pantai ini berada sekitar 4 kilometer dari Pantai Pulau Merah dan disebut-sebut sebagai replika Raja Ampat karena banyak tebing yang mengelilingi pantai ini.

Sekilas, pasir di Pantai Wedi Ireng ini terlihat berwarna putih, namun jika diperhatikan dengan jeli, pasir tersebut memiliki butiran berwarna hitam yang tersembunyi. Untuk itulah pantai ini disebut sebagai Pantai Wedi Ireng, yang memiliki arti pasir hitam.

Pantai ini tergolong masih asri karena masih jarang dikunjungi wisatawan, sehingga suasana di pantai ini sangat tenang dan nyaman. Fasilitas di pantai ini pun sangat minim, namun keindahan dari pantai ini mampu membuat siapapun terpukau.

7. Pantai Trianggulasi

Pantai Trianggulasi
banyuwangibagus.com

Pantai keren di Banyuwangi yang satu ini juga menjadi bagian dari Taman Nasional Alas Purwo dan masih belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan. Namun, keindahan pantai ini sangat luar biasa karena alamnya masih asri dan suasananya tenang.

Pantai Trianggulasi memiliki pasir berwarna putih dengan air laut yang berwarna biru jernih, tentunya mampu membius siapapun yang datang kesana. Anda bisa menghabiskan waktu untuk berjemur atau bersantai di tepi pantai sambil menikmati deburan ombak. Tak hanya itu, jika beruntung Anda juga bisa bertemu rusa yang berjalan di bibir pantai ini.

8. Pantai Syariah

Pantai Syariah
travelingyuk.com

Pantai keren di Banyuwangi saat ini memang cukup unik dan menjadi pantai khusus wanita pertama di Indonesia. Pantai ini berada di Pulau Santen, disebut sebagai Pulau Santen karena pulau ini banyak ditumbuhi oleh pohon-pohon Santen.

Pantai Syariah memiliki area yang terpisah bagi pengunjung wanita dan pria. Alasannya adalah untuk mengusung wisata halal di Banyuwangi. Warung-warung di kawasan pantai ini pun menyajikan menu halal yang lezat dan patut Anda coba.

9. Pantai Ngagelan

Pantai Ngagelan
ksmtour.com

Selain Pantai Sukamade, Anda juga bisa melepas tukik di Pantai Ngagelan. Pantai ini berlokasi di Purwoagung, Tegaldlimo menyuguhkan suasana pantai yang tenang karena pantai ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Penyu-penyu yang berada di Pantai Ngegelan ini biasanya bertelur di bulan Mei – September. Anda bisa menyaksikan berbagai jenis penyu bertelur saat malam hari dan melepas tukik ke lautan saat sudah menetas. Pantai ini juga memiliki pemandangan laut yang sangat cantik dengan ombak yang tidak terlalu besar.

10. Pantai Rajegwesi

pantai rajegwesi
wisatajatim.info

Pantai keren di Banyuwangi yang terakhir adalah Pantai Rajegwesi. Pantai ini menjadi pantai ketiga yang berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Pantai Rajegwesi ini termasuk dalam kawasan Samudera Hindia sehingga ombak di pantai ini sangat besar, jadi bila Anda ingin berenang harap berhati-hati.

Pantai Rajegwesi memiliki pemandnagan yang tak kalah cantik dari pantai lainnya di Banyuwangi. Pantai ini dikelilingi oleh hutan tropis yang tenang dan memiliki pasir berwarna kecokelatan karena endapan lumpur di sungai yang terbawa dan bermuara di pantai ini.



Leave a Reply