10 Pakaian Tradisional di Dunia Yang Unik Dan Menawan


prita  July 16, 2021  0 Comment

Banyak sekali pakaian adat atau pakaian tradisional di dunia ini. Pakaian adat memang menjadi salah satu identitas yang bisa membedakan sebuah Negara dengan Negara lainnya. Tak hanya itu, biasanya pakaian adat juga memiliki makna pada model dan warnanya. Misalnya seperti kelas social, pekerjaan dan masih banyak lagi lainnya. Banyak faktor yang mempengaruhi pakaian adat dari sebuah Negara, misalnya saja dari cuaca atau iklim, kepercayaan atau agama hingga social dan budayanya. Tapi, tahukah kamu dengan pakaian tradisional dari Negara-negara lainnya? Berikut ini adalah 10 Daftar pakaian Tradisonal di dunia

1. Gho, Bhutan

Gho Bhutan
thinkglobalschool.org

Pakaian adat paling terkenal di dunia yang pertama adalah Gho. Gho merupakan pakaian tradisional Bhutan yang khusus dipakai oleh pria saja.

Gho memiliki bentuk pakaian yang mirip dengan kimono namun bedanya Gho memiliki ukuran yang lebih panjang sampai ke lutut. Untuk mengencangkan dan membentuk pinggang, Gho juga dilengkapi dengan ikat pinggang khas Bhutan yang dikenal dengan nama Kera.

Pakaian tradisional ini memiliki berbagai motif, seperti kotak-kotak atau garis-garis. Warna pakaian ini juga beragam kecuali merah dan kuning, karena warna tersebut merupakan warna khusus biksu.

Paket Wisata murah

Arjuno Pool & Bar, Tawarkan Makan Malam Dengan Suasana Romantis

Wisata Air Rintisan Toyo Bening

2. Baju Melayu, Malaysia

Baju Melayu Malaysia
id.wikipedia.org

Malaysia juga memiliki pakaian adat paling terkenal di dunia bernama Baju Melayu. Sama halnya dengan Gho. Baju Melayu ini hanya digunakan oleh pria.

Baju Melayu terdiri dari kemeja lengan panjang yang dipadukan dengan celana panjang yang disebut dengan Seluar. Celana panjang tersebut kemudian dilengkapi dengan kain sarung atau kain songket yang terbuat dari katun atau campuran polyester. Sebagai pelengkap, mereka juga menambahkan tutup kepala berwarna hitam yang disebut dengan songkok. Baju Melayu ini biasanya digunakan oleh para pekerja kerajaan atau pejabat kerajaan pada setiap hari Jumat.

3. Cheongsam, Tiongkok

Cheongsam Tiongkok
wholesaledancedress.com

Pakaian tradisional yang satu ini pasti juga sudah banyak yang tahu. Cheongsam merupakan pakaian tradisional di Tiongkok yang hanya dikenakan oleh kaum wanita saja.

Pakaian adat yang memiliki nama lain Qipao ini berupa gaun terusan yang panjang dengan ciri kerah yang berdiri serta tambahan kancing pada bagian depannya. Agar yang memakai Cheongsam ini lebih mudah untuk bergerak, pakaian ini diberi belahan tinggi pada sisi kanan kirinya. Karena keindahan dan keunikannya, cheongsam maka menjadi salah satu pakaian adat paling terkenal di dunia.

4. Hanbok, Korea Selatan

Hanbok Korea Selatan
blog.inspiremekorea.com

Pakaian adat paling terkenal di dunia yang satu ini pastinya sudah banyak yang tahu, yaitu Hanbok. Hanbok merupakan pakaian tradisional Korea Selatan yang banyak digunakan secara formal atau semi formal dalam acara perayaan khusus ataupun festival tradisional.

Hanbok memiliki ciri khas wana yang cerah dan tidak memiliki saku. Hanbok dulunya dikenakan oleh raja-raja dari Dinasti Joseon. Terdapat dua jenis hanbok yang bisa dibedakan, yaitu hanbok untuk perempuan dan laki-laki. Perbedaan keduanya terletak pada warnanya, hanbok wanita biasanya memiliki warna cerah dan dipadukan dengan rok. Sementara hanbok untuk laki-laki biasanya memiliki warna netral dan dipadukan dengan celana.

5. Dirndl, Austria dan Jerman

Dirndl Austria dan Jerman
dismantlemag.com

Dirndl juga menjadi salah satu pakaian adat paling terkenal di dunia yang memiliki tampilan sangat indah. Dirndl merupakan pakaian tradisional yang berasal dari kawasan pegunungan Alpine, Bavaria dan Jerman.

Kata Dirndl sendiri berasal dari kata Dirndlgewand yang memiliki arti pakaian pembantu. Secara tampilan Dirndl memang memiliki bentuk yang mirip dengan pakaian pelayan dengan celemek di depannya. Namun, Dirndl ini digunakan dalam perayaan-perayaan khusus saja, seperti kegiatan gereja dan Festival Oktoberfest. Tak hanya itu, Dirndl juga sering digunakan sebagai pakaian bersantai oleh masyarakat. Pakaian tradisional ini masih banyak digunakan di kawasan pedesaan.

6. Poncho, Chili

Poncho Chili
pinterest.com

Pakaian adat paling terkenal di dunia selanjutnya adalah Poncho yang berasal dari Chili. Pakaian tradisional ini mungkin terlihat sangat sederhana, namun Poncho bisa membuat siapapun yang memakainya terasa nyaman.

Poncho terbuat dari selembar kain yang diberi lubang pada bagian tengah kain untuk kepala pemakainya bisa masuk dari sana. Poncho dikenal bisa membuat tubuh terasa hangat dan sangat cocok digunakan saat cuaca dingin.

7. Kilt, Skotlandia

Kilt Skotlandia
celticcornerstore.com

Kilt merupakan pakaian tradisional Skotlandia yang cukup populer, tak heran jika pakaian ini menjadi salah satu pakaian adat paling terkenal di dunia. Kilt berupa rok sepanjang lutut yang biasanya digunakan oleh bangsa Keltik.

Meskipun pakaian ini berupa rok, namun Kilt hanya digunakan oleh kaum lelaki saja. Kilt terbuat dari bahan wol dengan motif kotak-kotak atau tartan yang dipadukan dengan ikat pinggang, jaket, sporran dan sepatu. Pakaian tradisional ini digunakan oleh masyarakat tanpa adanya batasan kelas atau kasta sehingga baju ini cukup populer. Sekarang Kilt didgunakan dalam acara-acara formal atau saat kegiatan olehraga.

8. Saree, India

Saree India
kalkifashion.com

Kamu yang sering menonton film Bollywood pasti sudah tidak asing dengan pakaian yang satu ini. Saree merupakan salah satu pakaian adat paling terkenal di dunia yang berasal dari India.

Saree sejatinya adalah lembaran kain yang dililitkan di tubuh sedemikian rupa hingga salah satu sisinya tergerai di dalah satu bahu. Biasanya butuh sekitar 5 sampai 8 meter kain untuk membuat pakaian ini. Biasanya kain untuk saree ini terbuat dari kain sutera, katun, rayon atau polyester. Tak hanya menggunakan kain polos, saree juga bisa dibuat dengan kain bermotif yang membuatnya terlihat lebih cantik.

9. Deel, Mongolia

Deel Mongolia
pinterest.fr

Mongolia juga memiliki sebuah pakaian tradisional yang dikenal sebagai salah satu pakaian adat paling terkenal di dunia, yaitu Deel. Deel ini adalah pakaian tradisional yang terbuat dari katun, wol atau sutera.

Deel memiliki panjang mencapai bawah lutut dan biasanya diberi lapisan kulit kambing agar bisa menghangatkan badan saat musim dingin. Pakaian tradisional ini sekarang hanya digunakan pada acara-acara tertentu saja di Mongolia, misalnya seperti acara pernikahan.

10. Ao Dai, Vietnam

Pakaian Adat Terkenal di Dunia
fashion-history.lovetoknow.com

Pakaian adat paling terkenal di dunia yang terakhir adalah Ao Dai. Ao Dai berasal dari Vietnam dan hanya dikenakan oleh para wanita saja.

Secara harfiah, Ao Dai merupakan kata serapan yang berasal dari Bahasa Tionghoa dan berarti Pakaian. Pakaian ini dianggap sebagai simbol kecantikan oleh para wanita di Vietnam. Ao Dai terdiri dari atasan sepanjang tumit dan dipadukan dengan celana pantalon. Biasanya Ao Dai terbuat dari kain Sutera dan dikenakan pada saat acara-acara khusus.

Demikianlah 10 Pakaian adat paling terkenal di dunia yang wajib untuk kamu ketahui. Kamu bisa mencoba mengenakan pakaian adat tersebut saat berkunjung ke Negara asalnya, bahkan kamu bisa membelinya untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Selamat berlibur.



Leave a Reply