10 Oleh-Oleh Makanan Khas Thailand Dijamin Semua Pasti Hepi


prita  November 3, 2021  0 Comment

Thailand merupakan salah satu Negara di Asia Tenggara yang menawarkan keindahan. Negeri Gajah Putih ini memang memiliki keunikan tersendiri yang membuat banyak wisatawan tertarik untuk berkunjung kesana. Tak hanya itu, Thailand juga memiliki banyak pasar yang menjual barang-barang dengan harga terjangkau. Namun, hal lain yang wajib untuk kamu lakukan saat berkunjung kesana adalah membeli oleh oleh. Nah, buat kamu yang akan berkunjung ke Thailand dan bingung untuk memberli oleh oleh, khususnya makanan, berikut ini adalah Oleh-oleh makanan khas Thailand

1. Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice
plantd.co

Oleh-oleh makanan khas Thailand yang pertama adalah Mango Sticky Rice. Mango Sticky Rice memang menjadi salah satu kuliner khas Thailand yang sekarang sudah banyak ditemukan di Indonesia, meskipun begitu kamu wajib mencoba Mango Sticky Rice asal Negeri Gajah Putih tersebut.

Mango Sticky Rice ini terdiri dari ketan yang gurih kemudian dilapisi dengan saus krim santan dan irisan buah mangga matang yang sangat enak. Jenis mangga yang digunakan pun beragam, mulai dari Mangga Nam Dok Mai yang berukuran besar dan rasanya manis atau Mangga Aok Rong yang ukurannya lebih kecil dengan rasa yang lebih asam.

tour wisata murah

Nongkrong Di Ploen Ruedee Night Market, Tempat Kulineran Dan Belanja Souvenir Khas Chiang Mai

Akhirnya Keturutan Nyobain Mango Sticky Rice! Gimana Rasanya Ya?

2. Keripik Durian

Keripik Durian
yearofthedurian.com

Thailand memang terkenal dengan buah Durian, namun jika membeli durian untuk dibawa pulang terasa lebih repot, kamu bisa membeli Keripik Durian sebagai salah satu oleh-oleh makanan khas Thailand.

Durian biasanya diolah menjadi es krim atau kue yang lezat, namun durian juga bisa diolah menjadi keripik dalam kemasan yang sangat nikmat untuk camilan. Keripik durian ini dibuat dari durian yang belum matang yang kemudian dipotong tipis-tipis, lalu digoreng hingga renyah. Keripik ini juga cocok bagi kamu yang tidak suka dengan aroma durian namun penasaran dengan rasanya. Aroma keripik durian ini tidak terlalu kuat namun rasa duriannya masih sangat terasa.

3. Keripik Kulit Salmon

Keripik Kulit Salmon
simplykai.com

Kamu suka dengan ikan salmon? Oleh-oleh makanan khas Thailand yang satu ini tentu wajib untuk kamu bawa pulang. Keripik Ikan salmon memang menjadi salah satu oleh oleh khas Thailand yang cukup populer.

Keripik ikan salmon ini merupakan salah satu camilan sehat yang memiliki rasa yang enak. Keripik ini hadir dalam dua varian rasa, yaitu original dan wasabi. Jika kamu suka pedas, rasa wasabi adalah yang wajib kamu coba. Keripik ini 100 persen terbuat dari kulit ikan salmon sehingga rasanya sangat lezat dan nikmat.

4. Khanom Ping

Khanom Ping
marinaohkitchen.wordpress.com

Oleh-oleh makanan khas Thailand yang wajib kamu bawa pulang selanjutnya adalah Khanom Ping. Khanom Ping merupakan kue bangkit ala Thailand yang terkenal memiliki tekstur lembut dan meleleh di mulut.

Istimewanya lagi, Khanom Ping ini memiliki tekstur renyah di bagian luarnya dengan rasa kelapa yang lebih kuat dengan rasa manis dan aroma yang sangat nikmat. Sekarang Khanom Ping ini hadir salam berbagai varian warna dan rasa, seperti pink, kuning dan hijau. Biasanya Khanom Ping ini dikemas dalam toples kecil yang kemudian diberi pita dan terlihat sangat cocok dijadikan sebagai hadiah.

5. Camilan Ikan Taro

Camilan Ikan Taro
thairatchada.com

Camilan Ikan Taro ini juga bisa menjadi alternatif oleh-oleh makanan khas Thailand yang tak hanya enak tapi juga bernutrisi. Camilan yang telah diproduksi sejak tahun 1983 ini memang menjadi salah satu camilan yang cukup terkenal di Thailand.

Camilan Ikan Taro ini terbuat dari 80 persen ikan putih segar yang dikenal memiliki protein yang baik. Makanan ringan yang satu ini memiliki tekstur yang sedikit keras, kenyal dan memiliki rasa yang pedas. Camilan ini memiliki bentuk memanjang seperti stick dan cenderung pipih. Snack ini bisa menjadi pilihan oleh oleh karena memiliki rasa yang unik dari ikan laut berkualitas yang memiliki nutrisi yang baik.

6. Camilan Rumput Laut Tao Kae Noi

Camilan Rumput Laut Tao Kae Noi
discoversg.com

Selain Camilan Ikan Taro, oleh-oleh makanan khas Thailand yang satu ini juga tak kalah populer. Camilan Rumput Laut Tao Kae Noi ini memang menjadi salah satu makanan ringan asal Thailand yang cukup populer, bahkan sudah ada film yang menceritakan tentang kisah sukses pembuatan Tao Kae Noi ini.

Tao Kae Noi memang cukup banyak ditemukan di supermarket di Indonesia, namun di Indonesia sendiri kamu bisa mencicipi semua rasa. Di Thailand, kamu bisa mencicipi rasa lain dari Tao Kae Noi ini karena disana camilan rumput laut ini diproduksi dalam berbagai macam rasa, mulai dari pad thai, tom yan gong, tomato sauce, chicken ramen, salted egg, durian dan masih banyak lagi lainnya.

7. Camilan Bento Squid

Camilan Bento Squid
tsunghsing.com.tw

Makanan ringan berbahan dasar seafood yang wajib untuk kamu beli selanjutnya adalah Camilan Bento Squid. Camilan Bento Squid ini memang bisa menjadi salah satu alternatif oleh oleh makanan khas Thailand yang wajib dibawa pulang.

Sesuai dengan namanya, camilan ini terbuat dari cumi kering yang berbentuk pipih memanjang dan sangat cocok dinikmati sebagai makanan ringan saat bersantai. Camilan ini tersedia dalam 3 varian, yaitu seasoned squid original, thai spicy chili food dan sweet & spicy sauce.

8. Kacang Koh-Kae

Kacang Koh-Kae
lazada.com.my

Oleh oleh makanan khas Thailand yang tak boleh ketinggalan selanjutnya adalah Kacang Koh-Kae. Kacang Koh-Kae menjadi salah satu camilan yang legendaris dan populer di Thailand karena sudah diproduksi sejak puluhan tahun lalu.

Kacang Koh-Kae merupakan kacang panggang yang dilapisi doleh ayam khas Koh-Kae yang lezat. Lapisan tersebut membuat rasanya renyah dan gurih. Kacang ini juga terdapat varian rasanya, seperti nori wasabi, udang, kopi dan kelapa. Kamu bisa menemukan Kacang Koh-Kae ini di banyak supermarket di Thailand.

9. Keripik Serangga

rekomendasi Oleh Oleh Makanan Khas Thailand
npr.org

Kalau kamu ingin mencicipi camilan yang berbeda dengan camilan lainnya, kamu wajib untuk membawa pulang Keripik Serangga ini. Keripik Serangga ini bisa dijadikan oleh oleh makanan khas Thailand yang cukup populer dan banyak diburu wisatawan.

Keripik serangga ini ditawarkan dalam berbagai varian, mulai dari jangkrik hingga ulat sutra dalam berbagai rasa, seperti rasa keju, barbeque dan rumput laut.

10. Thai Tea Instan

Oleh Oleh Makanan Khas Thailand
idntimes.com

Oleh oleh makanan khas Thailand yang terakhir adalah Thai Tea Instan. Rasanya belum afdol ke Thailand jika belum membawa pulang Thai Tea. Thai Tea merupakan salah satu minuman khas Thailand yang mendunia karena terkenal memiliki rasa manis yang segar.

Perpaduan dari manisnya teh dan susu ini memang terasa sangat sempurna, tak heran jika Thai Tea menjadi minuman yang banyak digemari. Di Thailand sendiri kamu sudah bisa menemukan thai tea dalam bentuk instan yang praktis untuk dijadikan oleh oleh dan proses membuatnya cukup mudah karena tinggal dicampur dengan air.



Leave a Reply