10 Oleh-Oleh Khas Tulungagung Yang Enak Dan Murah


Fida  March 22, 2021  0 Comment

Saat berlibur ke Tulungagung Jawa Timur, anda bisa mencoba datang ke berbagai tempat wisata yang ada sekaligus menikmati lezatnya kuliner khas. Tulungagung menawarkan banyak sekali makanan khas dengan cita rasa lezat dan menggugah selera. Tempat wisatanya yang indah juga menjadikan Tulungagung sering didatangi oleh wisatawan.Sepulang berlibur di Tulungagung, berbagai oleh-oleh khas Tulungagung bisa Anda pilih untuk dibawa pulang. BerikutOleh-oleh khas Tulungagung

1. Enting Enting Kacang

enting enting kacang
shopee.co.id

Salah satu oleh-oleh khas Tulungagung yang cukup populer adalah enting enting kacang. Anting-anting kacang juga sering disebut sebagai kue geti. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini dibuat dengan bahan dasar kacang tanah. Ada beberapa tambahan yang digunakan seperti wijen dan adonan gula merah. Kacang tanah yang dicampur dengan wijen kemudian dilarutkan dalam adonan gula merah hingga mengering.

Enting enting kacang memiliki rasa yang gurih dan legit. Tidak heran jika banyak orang menyukai dan berburu oleh-oleh yang satu ini. Anda bisa menjumpai enting enting kacang di berbagai pusat oleh-oleh di Tulungagung. Harga dari jajanan yang satu ini juga cukup terjangkau.

Review kuliner

Lugo Coffee House

Ranu Gumbolo, Gabungan Ciptaan Yang Indah Dari Tulungagung

2. Kue Sagon

Kue Sagon
cookpad.com

Saat bingung menentukan oleh khas Tulungagung yang bisa Anda bawa pulang, kue sagon menjadi salah satu pilihan yang tepat. Berbagai bahan yang digunakan untuk membuat kue yang satu ini diantaranya tepung kanji, kelapa, tepung sagu, dan masih banyak lagi.

Kue sagon biasa dinikmati bersama dengan teh atau kopi. Kue yang memiliki aroma harum ini cocok dinikmati untuk bersantai. Kue sagon cukup mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh di Tulungagung. Harganya yang sangat terjangkau dan cita rasanya yang khas juga menjadikan kue yang satu ini sebagai pilihan oleh-oleh yang tepat.

3. Jenang Syabun

 Jenang Syabun
javatravel.net

Ada cukup banyak oleh-oleh khas Tulungagung yang menawarkan cita rasa lezat sekaligus keunikan tersendiri. Salah satu oleh-oleh khas Tulungagung yang sayang untuk dilewatkan adalah jenang syabun. Jika dilihat sekilas, jenang syabun memiliki tampilan seperti jenang dodol. Proses pembuatan makanan yang satu ini bisa terbilang cukup lama. Jenang syabun diolah dengan proses pengadukan yang sangat lama. Hal tersebut bertujuan agar makanan yang satu ini memiliki tekstur yang lembut dan halus.

Selain disebut dengan jenang syabun, oleh-oleh yang satu ini juga dikenal dengan nama jenang licin. Jenang licin atau jenang syabun mampu bertahan hingga 3 bulan lamanya. Hal itu menjadikan jajanan yang satu ini sangat cocok dipilih sebagai oleh-oleh.

4. Madumongso

madumongso
cookpad.com

Madumongso menjadi salah satu oleh-oleh khas Tulungagung yang bisa Anda pilih untuk dibawa pulang. Beberapa dari anda tentu sudah tidak asing dengan jajanan yang satu ini. Madumongso khas Tulungagung menawarkan cita rasa yang legit dan manis. Jajanan yang satu ini dibuat dengan berbagai bahan seperti ketan putih dan ketan hitam yang dicampur dengan madu, gula, kelapa, dan juga ragi. Jangan lupa mencoba dan membeli oleh-oleh yang satu ini saat berada di Tulungagung.

5. Kerupuk Rambak Tulungagung

Kerupuk Rambak Tulungagung
medium.com

Beberapa dari anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan kerupuk rambak. Kerupuk rambak merupakan kerupuk yang dibuat dengan bahan dasar kulit sapi atau kerbau. Cita rasanya yang lezat dan gurih menjadikan kerupuk ini banyak diburu oleh penduduk lokal maupun wisatawan yang datang ke Tulungagung. Kerupuk rambak khas Tulungagung dikenal memiliki rasa yang lebih nikmat jika dibandingkan kerupuk rambak dari daerah lainnya. Salah satu produsen kerupuk rambut terbaik berada di kawasan Botoran Pangungrejo. Anda dapat membelinya sebagai oleh-oleh dalam keadaan matang maupun mentah,

6. Kacang Atom

Kacang Atom
bukalapak.com

Saat berada di Tulungagung, camilan yang lezat dan pas untuk dinikmati adalah kacang atom. Kacang atom juga sering diburu sebagai oleh-oleh khas Tulungagung. Berbagai bahan yang digunakan untuk membuat kacang atom diantaranya kacang pilihan, bawang, tepung, dan juga garam, serta tambahan bumbu lainnya. Dengan melalui proses pengolahan, kacang atom khas Tulungagung dikenal renyah dan gurih.

Kemasannya yang praktis dan tahan lama menjadikan jajanan yang satu ini sebagai pilihan oleh-oleh yang tepat. Anda bisa membelinya di berbagai toko oleh-oleh di Tulungagung.

7. Kue Manco

Kue Manco
tokopedia.com

Oleh-oleh khas Tulungagung yang sayang untuk Anda lewatkan salah satunya adalah kue manco. Kue yang satu ini biasa dihidangkan bersama dengan minuman hangat saat pagi hari. Rasanya yang manis dan gurih menjadikanku yang satu ini banyak diminati oleh semua kalangan. Saat ini, kue manco dapat dinikmati dengan berbagai varian rasa.

Anda dapat membeli kue manco sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Kue manco biasa disajikan dengan bungkus plastik bening. Harganya yang cukup terjangkau dan mudah dijumpai menjadikan jajanan yang satu ini sangat direkomendasikan sebagai oleh-oleh yang tepat.

8. Ledre Pisang

ledre pisang
javatravel.net

Selain dapat diperoleh di Bojonegoro, pisang juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Tulungagung yang menawarkan cita rasa lezat dan khas. Anda dapat dengan mudah menjumpai jajanan yang satu ini di berbagai pusat oleh-oleh di Tulungagung. Jika dilihat sekilas, bentuk ledre pisang mirip dengan kue semprong. Aroma pisang yang kuat menjadikan jajanan yang satu ini sangat khas dan beda dengan yang lain.

Selain ledre pisang putri coklat yang memiliki rasa tidak kalah lezat. Harganya yang terjangkau dan rasanya yang nikmat menjadikan jajanan yang satu ini sebagai oleh-oleh yang tepat dan bisa Anda pilih.

9. Gethuk Pisang

Gethuk Pisang
tokopedia.com

Salah satu oleh-oleh khas Tulungagung yang cukup populer adalah gethuk pisang. Makanan yang satu ini menawarkan cita rasa yang khas dan lezat. Jika dilihat sekilas, getuk pisang memiliki tampilan seperti lontong yakni dibungkus memanjang dengan menggunakan daun pisang. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat getuk pisang adalah pisang kepok atau pisang ambon.

Selain mudah dijumpai dan menawarkan cita rasa lezat, makanan yang satu ini juga memiliki harga yang sangat terjangkau. Tidak heran jika getuk pisang sering diburu oleh wisatawan yang datang ke Tulungagung.

10. Kopi Cethe

oleh-oleh khas Tulungagung
liputan6.com

Salah satu oleh-oleh khas Tulungagung yang sayang untuk tidak Anda coba adalah kopi cethe. Kopi cethe merupakan kopi yang memiliki ciri khas biji kopi berwarna hijau kehitaman. Oleh karena itu, tidak jarang juga kopi yang satu ini disebut dengan kopi ijo. Aroma kopi cethe sangat khas dan menawarkan rasa yang nikmat.

Orang-orang Tulungagung biasa melakukan tradisi nyethe atau mengoleskan ampas kopi cethe pada rokok. Anda dapat menjumpai kopi jati di berbagai toko oleh-oleh di Tulungagung. Harga yang sangat terjangkau juga menjadikan oleh-oleh khas Tulungagung yang satu ini sayang untuk Anda lewatkan.



Leave a Reply