10 Oleh-oleh Khas Temanggung Dijamin Bakal Lebih Beruntung


Fida  October 1, 2021  0 Comment

Temanggung dikenal sebagai salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki banyak tempat wisata. Berlibur menyusuri daerah Temanggung, tidak ada salahnya jika Anda memutuskan pulang dengan membawa oleh-oleh.Ada banyak pilihan oleh-oleh khas Temanggung mulai dari makanan hingga kerajinan tangan yang cocok dipilih untuk dibawa pulang. Berikut daftar rekomendasi 10 oleh-oleh khas Temanggung yang populer dan bisa Anda coba.

1. Ketan Gudig Temanggung

ketan gudig
putratravel.net

Salah satu oleh-oleh khas Temanggung yang populer dan menarik untuk dicoba adalah ketan gudig Temanggung. Pernah mendengar sebutan jajanan yang satu ini? Ketan gudig Temanggung merupakan jajanan manis yang kerap dijadikan jamuan pada acara pesta atau hajatan. Seiring berjalannya waktu, jajanan yang satu ini semakin populer dan dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Temanggung yang banyak diburu oleh wisatawan.

Ketan gudig Temanggung dapat dengan mudah Anda jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Temanggung. Salah satu jajanan tradisional yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama beras ketan serta ditambah dengan campuran kacang delandang. Kacang gelandang menambah cita rasa gurih yang menjadikan jajanan ini sangat menarik untuk dicoba. Tekan gudik sangat cocok dinikmati saat bersantai pagi maupun sore hari.

Gotravelly

Nyobain Segernya Es Permen Karet Suroboyo Viral Di Jombang

Nasi Tahu Dan Lontong Bu Wilis Kuliner Khas Blitar

2. Lento Temanggung

lento temanggung
javatravel.net

Tidak hanya dikenal sebagai salah satu kuliner khas Temanggung, lento juga kerap diburu oleh wisatawan sebagai salah satu oleh-oleh khas Temanggung yang cocok untuk dibawa pulang. Jika dilihat sekilas, makanan yang satu ini memiliki tampilan yang menyerupai perkedel.

Lento Temanggung dibuat dengan menggunakan bahan utama singkong. Hanya singkong muda yang dapat dipilih sebagai bahan utama pembuatan makanan yang satu ini. Singkong yang telah dimasak hingga lembut kemudian ditambah dengan berbagai campuran bahan seperti tepung, kacang hijau, dan bumbu lainnya.

3. Keripik Emping Temanggung

keripik emping temanggung
republikseo.net

Tidak perlu bingung menentukan pilihan oleh-oleh khas Temanggung yang cocok untuk dibawa pulang, Anda dapat membeli keripik emping Temanggung. Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan tampilan serta cita rasa keripik emping. Saat mencoba jajanan yang satu ini, Anda akan dimanjakan dengan tekstur yang renyah serta cita rasa gurih.

Keripik emping yang satu ini tentu sangat mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh di Temanggung. Cita rasanya yang khas menjadikan banyak orang tertarik untuk mencobanya. Tidak hanya itu, kemasannya yang praktis serta harganya yang terjangkau menjadikan keripik emping Temanggung sayang untuk Anda lewatkan.

4. Anyaman Pelepah Pisang

anyaman pelepah pisang
kesekolah.com

Tidak hanya makanan, berbagai kerajinan juga cocok dipilih sebagai oleh-oleh khas Temanggung yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu kerajinan yang populer adalah anyaman pelepah pisang.

Di Temanggung, Anda dapat menjumpai berbagai kerajinan yang dibuat dengan bahan utama pelepah pisang tetapi bernilai tinggi. Masyarakat yang memiliki jiwa kreativitas tinggi berhasil membuat berbagai kerajinan dari pelepah pisang yang sangat menarik minat wisatawan. Tidak hanya dijual di daerah Temanggung saja, kerajinan yang satu ini juga banyak dikirim dan dijual di berbagai daerah di luar kota.

5. Anyaman Mendong

anyaman mendong
lemkertas.com

Tidak hanya anyaman pelepah pisang, anyaman mendong juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Temanggung yang menarik untuk Anda pilih. Anyaman yang satu ini dibuat menjadi berbagai bentuk benda yang bermanfaat seperti tas, sandal, tempat tisu, tempat pensil, dan masih banyak lagi.

Harga yang ditawarkan untuk setiap barang kerajinan anyaman sangatlah bervariasi mulai dari murah hingga harga tinggi sesuai dengan tingkat kesulitan pembuatan. Anda dapat membeli berbagai kerajinan anyaman mendong di beberapa toko oleh-oleh di Temanggung. Tidak hanya itu, yang satu ini juga dijual online dan dapat dikirim ke berbagai daerah.

6. Balung Kuwuk

balung kuwuk
cookpad.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan jajanan balung kuwuk bukan? Jajanan yang satu ini cukup mudah dijumpai di berbagai daerah di Indonesia dan dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Temanggung.

Balung kuwuk merupakan jajanan yang dibuat dengan menggunakan bahan utama singkong atau ketela. Singkong atau ketela yang sudah diiris tipis kemudian melalui proses penjemuran dan penggorengan. Bahan yang satu ini kemudian diberi bumbu khas dan unik yang memiliki cita rasa lezat dan gurih. Balung kuwuk biasa dijual dengan kemasan praktis dan dapat dijumpai di berbagai toko oleh-oleh di Temanggung. Tidak hanya itu, harganya yang terjangkau juga menjadikan balung kuwuk banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke Temanggung.

7. Batik Miliwis Temanggung

batik miliwis
antaranews.com

Ada cukup banyak pilihan oleh-oleh khas Temanggung yang cocok untuk dibawa pulang, salah satunya adalah batik miliwis Temanggung. Batik yang satu ini dapat dibeli dalam bentuk lembaran kain maupun siap pakai seperti baju atau pakaian lainnya.

Batik yang satu ini dikenal memiliki corak khusus yakni berupa gambar burung yang menggambarkan mitos keberadaan Angling Dharmo. Jenis kain yang satu ini telah dilestarikan sejak tahun 1966. Anda dapat membeli batik miliwis dengan harga yang sangat bervariasi. Jika ingin membelinya, Anda dapat datang ke berbagai pusat oleh-oleh atau pusat batik di Temanggung.

8. Kerajinan Bambu

kerajinan bambu
bp-guide.id

Salah satu oleh-oleh khas Temanggung yang sangat menarik perhatian wisatawan adalah kerajinan bambu. Sesuai dengan namanya, yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama yakni bambu.

Bambu biasanya diolah menjadi berbagai kerajinan yang lucu dan cocok digunakan sebagai hiasan seperti kapal-kapalan, lampu bambu, hingga miniatur kendaraan. Harga yang ditawarkan pada kerajinan ini cukup beragam sesuai dengan tingkat kerumitan pembuatan.

9. Kerajinan Tangan Gerabah Tanah Liat

gerabah tanah liat
summareconbekasi.com

Salah satu oleh-oleh khas Temanggung yang cocok dipilih untuk dibawa pulang adalah kerajinan tangan gerabah tanah liat. Sesuai dengan namanya, kerajinan tangan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama tanah liat. Tanah liat dengan kualitas terbaik dibentuk hingga menjadi berbagai gerabah seperti gelas, tatakan gelas, teko, dan masih banyak lagi.

Jika menggunakan tanah liat dengan kualitas buruk, hal itu tentu akan mempengaruhi tingkat keawetan gerabah. Harga yang ditawarkan sangat beragam tetapi terbilang cukup terjangkau.

10. Ndas Borok

Oleh-oleh Khas Temanggung
jejakbocahilang.wordpress.com

Ndas borok dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Temanggung yang banyak diburu oleh wisatawan. Meskipun memiliki sebutan yang sedikit aneh, tapi jajanan yang satu ini dikenal menawarkan cita rasa lezat dan khas.

Ndas borok dibuat dengan menggunakan bahan utama singkong serta tambahan gula jawa dan parutan kelapa. Anda dapat menjumpainya di berbagai toko di Temanggung. Karena dikenal unik, tidak heran jika jajanan yang satu ini populer dan banyak diburu wisatawan yang datang ke Temanggung.

Nah, itulah daftar rekomendasi 10 oleh-oleh khas Temanggung yang populer dan sayang untuk dilewatkan. Oleh-oleh manakah yang tampak paling menarik dan ingin Anda beli saat datang ke Temanggung?



Leave a Reply