10 Oleh Oleh Khas Sragen Bikin Keluarga dan Teman Hepi


Fida  June 16, 2022  0 Comment

Sragen merupakan salah satu daerah yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Selain berlibur dengan mengunjungi tempat wisatanya, kamu juga dapat berburu oleh-oleh sebelum pulang untuk diberikan kepada keluarga atau kerabat di rumah. Ada banyak sekali pilihan oleh-oleh khas Sragen yang menarik untuk kamu coba. Tidak perlu bingung, inilah daftar 10 rekomendasi oleh-oleh khas Sragen yang sayang untuk kamu lewatkan.

1. Walangan

walangan
perpus.jatengprov.go.id

Rekomendasi oleh-oleh khas Sragen yang menarik untuk kamu coba adalah walangan. Walangan merupakan sebutan bagi salah satu jajanan yang dikenal lezat dan populer di Sragen. Jajanan yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama singkong. Saat mencoba walangan, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa manis dan gurih yang khas.

Jajanan yang satu ini sangat cocok dinikmati oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Walangan dibuat dengan cara mengolah singkong dan ditambahkan dengan gula merah sebelum melalui proses penggorengan. Walangan digoreng dalam minyak kelapa yang sudah dipanaskan. Jajanan yang satu ini dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Sragen.

Gotravelly

Hangatnya Soto Ayam Jalan Bank, Soto Khas Banyumas Yang Unik

Nongkrong Di Bunto’s Cafe, Cafe Hits Di Tengah Kota Purwokerto

2. Emping Garut

emping garut
bukalapak.com

Emping garut menjadi salah satu jajanan yang cukup populer dan sudah tidak asing lagi dijumpai di beberapa daerah. Jajanan yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Sragen yang sayang untuk tidak kamu bawa pulang. Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa gurih yang khas.

Sebutan garut pada jajanan ini berasal dari bahan utama yang digunakan yakni sejenis umbi-umbian. Emping Garut dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko oleh-oleh. Jajanan yang satu ini juga biasa dijual dengan kemasan praktis serta memiliki harga yang terjangkau.

3. Saci

saci
sonora.id

Rekomendasi oleh-oleh khas Sragen berikutnya yang sayang untuk tidak kamu coba adalah saci. Saci atau Sragen Munchies hidangan yang lezat dan tentu akan membuat kamu ketagihan. Jajanan yang satu ini menawarkan cita rasa manis dan legit.

Saci menggunakan beberapa bahan diantaranya tepung garut, santan, dan juga gula merah. Saat berkunjung ke Sragen, kamu dapat dengan mudah menjumpai jajaran ini di berbagai toko oleh-oleh. Seiring berjalannya waktu, saci dijual dengan berbagai varian rasa yang menarik untuk dicoba. Jajanan yang satu ini juga cocok dipilih sebagai oleh-oleh untuk keluarga maupun kerabat di rumah.

4. Ampyang

ampyang
jateng.tribunnews.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan jajanan ampyang? Ampyang merupakan salah satu jajanan yang dikenal sebagai oleh-oleh khas Sragen. Jajanan yang satu ini tidak hanya banyak disukai oleh masyarakat lokal tetapi juga berhasil membuat wisatawan penasaran. AMPI yang biasa dijual dengan kemasan praktis serta memiliki harga yang terjangkau dan dapat kamu jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Sragen.

Ampyang dibuat menggunakan bahan utama kacang berkualitas. Proses pembuatannya yang masih tradisional yakni menggunakan tungku kayu juga menjadikan jajanan ini memiliki aroma yang khas. Selain menggunakan kacang, gula merah juga menjadi salah satu bahan utama yang menjadikan jajanan memiliki cita rasa manis. Tertarik untuk mencobanya?

5. Intip Mini Sragen

intip mini sragen
sonora.id

Pernahkah kamu mendengar sebutan jajanan intip mini? Intip mini khas Sragen dikenal menawarkan cita rasa manis dan gurih yang cocok dinikmati oleh semua kalangan. Jajanan yang satu ini juga berhasil menarik perhatian wisatawan dan kerap diburu sebagai oleh-oleh khas Sragen untuk dibawa pulang.

Intip mini merupakan salah satu jajanan tradisional dengan cita rasa lezat dan sayang untuk kamu lewatkan. Sesuai dengan namanya, kudapan yang satu ini memang memiliki ukuran mini dan berbentuk bulat. Bahan utama yang digunakan untuk membuat intip mini khas Sragen adalah kerak nasi yang digoreng dan ditambahkan dengan gula merah, bawang putih, dan juga garam. Unik sekali bukan?

6. Gathot Sragen

gathot sragen
itrip.id

Ada banyak pilihan oleh-oleh khas Sragen yang menarik untuk kamu bawa pulang, salah satunya adalah olahan gathot. Gathot merupakan kuliner khas Sragen yang tidak hanya diminati oleh masyarakat lokal, tetapi juga wisatawan. Makanan yang satu ini menggunakan singkong sebagai bahan utamanya.

Hidangan ini juga biasa disajikan dengan berbagai varian rasa yang menarik untuk kamu coba. Karena dikenal unik dan khas, maka tidak sedikit wisatawan yang menyempatkan untuk berburu gathot sebelum pulang. Tertarik untuk mencobanya?

7. Wajik

wajik
putratravel.net

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan hidangan wajib bukan? Wajik merupakan salah satu hidangan yang juga dikenal sebagai oleh-oleh khas Sragen. Hidangan yang satu ini dibuat menggunakan bahan utama beras ketan dan ditambahkan dengan beberapa bahan lainnya seperti gula merah. Sebelum disajikan, wajik terlebih dahulu melalui proses pengukusan. Tidak lupa hidangan ini juga ditambahkan dengan daun pandan serta taburan kelapa parut.

Cita rasa manis dan menggugah selera yang ditawarkan menjadikan wajik sangat cocok dinikmati oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kamu dapat mencoba hidangan ini dengan harga yang terjangkau saat berkunjung ke Sragen.

8. Rengginang Tiwul

rengginang tiwul
liputan6.com

Rengginang Tiwul juga dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Sragen yang sayang untuk kamu lewatkan. Sesuai dengan namanya, rengginang yang satu ini sedikit berbeda dengan rengginang pada umumnya karena dibuat menggunakan bahan utama singkong. Saat dicoba, rengginang tiwul memiliki cita rasa gurih dan lezat serta tekstur yang renyah. Cita rasa gurih yang ditawarkan dihasilkan dari adanya tambahan santan pada pembuatan rengginang tiwul.

Oleh-oleh yang satu ini dapat kamu beli dalam keadaan mentah maupun siap dinikmati. Kamu dapat membeli olahan rengginang tiwul di berbagai toko oleh-oleh di Sragen. Tidak perlu khawatir, oleh-oleh yang satu ini dapat kamu beli dengan harga yang terjangkau setiap kemasannya.

9. Dawet Sragen

dawet sragen
javatravel.net

Dawet Sragen dikenal sebagai salah satu minuman khas sekaligus oleh-oleh khas Sragen yang menarik untuk kamu coba. Dawet Sragen dibuat menggunakan tepung beras sebagai bahan utamanya. Selain itu, beberapa bahan tambahan yang digunakan diantaranya gula merah dan juga santan.

Saat mencobanya, kamu akan dimanjakan dengan sensasi segar dengan perpaduan rasa manis dan gurih. Tidak hanya cocok di nikmati saat berkunjung ke Sragen, minuman ini juga kerap diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Bagaimana, tertarik untuk mencoba dawet Sragen?

10. Keripik Tempe

Oleh Oleh Khas Sragen
javatravel.net

Keripik tempe juga menjadi salah satu oleh-oleh yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Sragen. Meskipun dapat dijumpai di beberapa daerah lainnya, tetapi keripik tempe Sragen menawarkan cita rasa yang khas. Tidak hanya menawarkan perpaduan rasa yang gurih dan lezat, keripik yang satu ini juga menawarkan tekstur yang renyah.

Keripik yang satu ini dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Sragen. Tidak perlu khawatir, keripik tempe khas Sragen dijual dengan kemasan praktis serta memiliki harga yang terjangkau.



Leave a Reply